DESA CILEMBU

Makan Sayur Mengurangi Penyumbatan Arteri

Berbagai penelitian pada manusia menunjukan diet yang kaya sayuran dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit "kardiovaskuler", dan juga penurunan tekanan darah dan peningkatan kolesterol baik. Penelitian ini merupakan yang pertama merujuk pada efek mengkonsumsi banyak sayuran dan buah pada terjadinya aterosklerosis.
Fakultas Kedokteran Wake Forest University, Amerika Serikat, belum lama ini telah mengadakan penelitian yang menyimpulkan bahwa diet yang tinggi dengan mengkonsumsi banyak sayuran dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke....
Tim peneliti telah mengadakan percobaan pada hewan tikus, sebagian tikus diberi diet sayuran, sebagian lagi tidak. Setelah 16 minggu mengalami perlakuan tersebut, para peneliti mengukur kadar kolesterol dikedua kelompok tikus tersebut.

Ternyata, pembentukan plak lemak pada dinding pembuluh darah tikus yang mendapat diet sayuran yang tinggi, 38% lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat diet sayuran. Tikus yang hanya mendapat diet sayuran, berat badan dan kadar kolesterol dalam darahnya meningkat sedikit saja, sementara itu, tikus yang tidak mendapat diet sayuran mengalami penyumbatan arteri atau aterosklerosis, yang ditandai denganpembentukan plak lemak pada dinding pembuluh darah arteri sehingga menghambat aliran darah. Kadar kolesterol jahat(LDL) dalam darah kelompok tikus tersebut juga meningkat sangat tinggi. Seperti diketahui, kolesterol merupakan salah satu faktor resiko aterosklerosis pada manusia.
Selain dari pada itu, tikus yang mendapat diet sayuran yang tinggi, penyebab peradangan arteri turun hingga 37%, hal inimenunjukan bahwa konsumsi sayur-mayur dapat menghambat aktifitas peradangan.
Akhir kesimpulan dari penelitian ini adalah"mengkonsumsi banyak sayuran dapat menghambat terjadinya aterosklerosis melalui jalur antioksidan dan anti peradangan.
Jadi, jangan segan-segan segeralah perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau dan juga bauh-buahan..!!
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger