DESA CILEMBU

Memori Otak Saya Hilang

Menurut ahli saraf dari Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia, Dr. Jan Sudir Purba, Ph.D, lupa dan kehilangan memori Otak, terutama terjadi akibat kondisi cortex-bagian dari otak yang menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lama, tidak bagus atau rusak. Hal ini terlihat pada kasus demensia, mundurnya fungsi otak dalam mengingat dan berfikir, dimana neuron-neuron yang ada dibagian cortex mengalami kerusakan :
  1. Kekurangan makanan. Asupan yang baik untuk kesehatan otak anda adalah makanan yang mengandung omega-3, vitamin C dan E sebagai sumber antioksidan, vitamin B komplek, folat, hingga ginkgobiloba - jika otak anda memang bermasalah.
  2. Banyaknya radikal bebas, sementara antioksidan dalam tubuh tidak mencukupi.
  3. Stres yang membuat produksi hormon kortisol meningkat. Tinggi kortisol ini akan merusak metabolisme sel, sehingga mitokondria, atau sel yang disebut juga sel energi, menjadi mati.
  4. Cedera kepala yang berimbas pada rusaknya jaringan otak.
  5. Stroke sangat potensial merusak cortek manakala : peredaran darah kecortek terhambat dan lokasi pendarahan (stroke) terjadi dicortek. Juga harus diperhatika sebesar apa(kuantitas) jaringan yang rusak. Jika gumpalan darah yang terjadi lebih dari 100 ml3, maka akan ada gangguan ingatan (gila)
  6. Mengakulah bahwa anda sudah semakin TUA...
Memori Otak Saya Hilang
Tips Mengatasi Memori Otak Saya Hilang
Caranya mudah dan sederhana :
  1. menghindari hal-hal yang bisa merusak otak" diantaranya
  2. Menghindari metabolisme otak yang terlalu tinggi, seperti stres yang berlebihan. Stres adalah racun, oleh karena itu anda harus mencari konpensasi dari stres. Seperti mencari dan mendapatkan udara yang bagus dan bersih...(seperti berpikniklah anda ke tempat wisata di Cilembu)
  3. Menghindari bahan-bahan dari luar yang dapat merusak otak..::makanan yang banyak mengandung logam, zat-zat aditif yang mempengaruhi sistem neurotransmiter, dan lain sebagainya.
  4. Melatih otak dengan banyak membaca dan berbicara, main catur, mengisi teki-teki silang, mendengarkan musik, berkesenian, dan olah raga yang teratur, karena olahraga dapat mengaktifkan komponen tubuh termasuk otak.
Jika Memori Otak Saya Hilang, kewajiban Anda mencarikan gantinya


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger