DESA CILEMBU

Ciri Ubi Cilembu Asli

Ciri Ubi Cilembu yang Asli, Ke-Jenis/Varietas ubi asli cilembu sebetulnya sudah sedikit dibahas pada postingan Tips Membeli Ubi Cilembu Yang Asli,  kali ini kita coba bahas tentang ciri-cirinya, karena memang masih banyak yang bertanya bagaimana membedakan ketiga jenis ubi ini.
Bagi kebanyakan sohib 'sulit' untuk dapat membedakan antara ubi cilembu yang asli dengan yang bukan asli, sebab hal tersebut, banyak konsumen yang was-was pada saat membeli ubi cilembu di kios-kios tepi jalan.  
Sebagai pengetahuan dasar bagi para konsumen agar tidak merasa ragu-ragu saat membeli ubi, inilah ciri-cirinya
    Ciri Ubi Cilembu Asli
    • Jenis NIRKUM (Ubi Super yang pertamakali Bo0ming pada tahun 1990-an), jenis ini sudah tidak dibudidayakan lagi secara massal sebagai produk unggulan karena ternyata jenis ini kurang memberikan nilai ekonomis, karena masa panen yang lama, dan pembudidayaan yang sangat rumit, selain itu jenis ini sangat rentan terkena hama ulat(lanas), karena alasan demikian para petani sekaligus pengusaha ubi mengembangkan jenis ubi yang baru, hasil silang antara ubi jenis nirkum dengan jenis lain dan menghasilkan jenis baru yang disebut ' Ubi Rancing/Ubi Mene's" = Nirkum Ketan yang kwalitasnya sama dengan Jenis nirkum tetapi memiliki keunggulan lain yaitu :  masa tanam (panen)yang tidak terlalu lama, rasa yang manis, cairan "madu" yang keluar dari dagingnya-pun sama banyaknya, memiliki warna kulit kuning, bentuk yang bagus dan tahan akan serangan hama ulat(lanas) yang sekarang menjadi ubi primadona di pasaran ubi dalam dan luar negeri. 
    • Meskipun demikian masih ada beberapa petani yang menanam jenis NIRKUM, tetapi hanya untuk dijual didalam desa Cilembu Sendiri (tidak untuk didistribusikan keluar daerah atau keluar negeri...karena tidak akan dapat memenuhi permintaan pasar(karena stok yang terbatas), meskipun harga jualnya sangat tinggi, tetapi para petani tidak berani ambil resiko(karena sangat rentannya jenis ini pada hama Ulat(lanas), bila sohib ingin tau lebih dalam mengenai ubi jenis nirkum dan siapa saja yang menanamnya...silahkan datang sendiri ketempat kami didesa cilembu...hehehe
    Jenis Ubi Cilembu Yang kini ada dipasaran, baik lokal maupun Luar negeri  :
    1. Hasil silang Ubi Nirkum = Jenis Ubi Rancing/Mene'sJenis Rancing/Mene's ini adalah nama lain dari ubi "nirkum ketan"
      mempunyai ciri :
      • rasa yang manis seperti ubi nirkum, betuk lonjong panjang, dagingnya berwarna kemerahan, banyak mengeluarkan cairan seperti madu, kulit (ubi mentah)warnanya putih kekuningan sedang(tidak terlalu tebal) sehingga makan waktu yang tidak lama dalam penyimpanan dan penjemuran setelah dicuci, untuk kemudian bisa dioven. klik : (Cara meng'oven yang benar)
      • Lebih banyak dijual di super market dan dikirim keluar negeri, seperti Jepang, Singapura, Malaysia dan Korea. 
       
    2. Jenis Ubi Jawer/ubi Odos mempunyai ciri : Kulit (ubi mentah) berwarna putih kekuningan, kulit tebal bentuknya lonjong panjang, daging berwarna kuning kemerahan, cairan seperti madu lebih sedikit dibanding jenis ubi no. 1
    3. Jenis Ubi "inul" adalah jenis ubi kelas tiga dengan ciri-ciri : bentuk bulat seperti kentang, warnanya kuning pudar, rasanya tidak manis, cairan seperti madu sangat sedikit, tetapi tahan akan hama ulat (lanas). Selain kondisi tanah yang sangat berpengaruh dalam penanaman ubi, pengolahan pasca panen dengan pencucian dari mata air yang ada di cilembu juga sangat berperan penting dalam menentukan rasa dari ubi bakar cilembu, dengan kata lain ubi cilembu ini selain ditanam dicilembu juga harus dicuci di cilembu juga.
    WARNING!! 

    []Semoga berguna                                                                                                        by: sang Istri 

    Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
    Print PDF
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    27 komentar

    Okeh bos..haturnuhun

    Balas

    oooo....jadi :33

    Balas

    Belum lama ini pernah lihat program di TV tentang Ubi Cilembu...
    Tapi sayang pas di tengah acara beberapa canel program TV di Magetan mati karena kerusakan transmisi.
    Jadi gak lengkap deh lihat acaranga.

    Balas

    hehee...ko bisa begitu ya?..informasinya jadi cuman sepotong yah..

    Balas

    sayamah membayangkan ubi cilembu dibeuleum,,,, moal teu pelemmmm nya,,,

    Balas

    gak peduli ubi darimana yang pasti saya suka banget sama ubi kang,,boleh donk di kirimin saya ubi cilembu,,mau tau rasanya,,,hehehe,,,makasih...

    Balas

    jadi ngidam nih ubi cilembu...
    sepertinya enak ubinya..
    apalagi gratis kang , lebih maknyus lagi :) hhiihihihih


    #Salam sehat selalu kang..

    Balas

    hehee...pasti pelem pisan kang, komo mun makanna dikampung...iraha mulang atuh?

    Balas

    boleh, alamat lengkapnya azh...jangan lupa di catet No. rek desa cilembu yah...wkwkwk

    Balas

    belum tentu yang gratis itu maknyus lo om...soalnya kalau gratis palingan dikasih ubi yang jeleknya..hehee

    Balas

    jadi penasaran kang sama ubi cilembunya
    insya-allah klu ada rizki dan jodoh dapat bertemu akang,saya main lah ke depo ubi cilembu akang.....tapi insya-allah kang

    Balas

    ada banyak ternyata jenisnya ya. Jadi penasaran pingin nyoba satu2

    Balas

    ada ya kang jenis ubi "inul". kayak nama penyanyi goyang ngebor...xixixixi

    salam sehat ya kang.

    Balas

    mau tahu rasanya kang.....
    tapi dah bisa bayangkan enaknya ubi cilembu....


    #Salam sukses kang..

    Balas

    kalau deket mah pasti disuguhin ubi cilembu yang asli deh om
    terimakasih silaturahminya yah.
    salam sehat selalu

    Balas

    aaamiiiin...semoga berlimpahlah rezeki akang dan kita berjodoh bisa ketemu darat..insyaallah bakal dioleh-olehi ubi sekarung.

    terimakasih silaturahminya.
    salam sehat ya kang

    Balas

    iya tuh...silahkan diicipi hidangannya kalau gituh...:o)

    Balas

    hehee...itu sih bisa-bisanya para petani azh supaya menarik gituh.
    waktu ditemukan varietas ini, pas inul lagi naek daun
    salam sehat juga ya kang

    Balas

    d tempat akang memangnya mayoritas petani ubi ya kang?

    Balas

    sepertinya ubi tersebut blom nyampe ke makassar, jd penasaran pengen lihat langsung... *smile

    Balas

    pengennya sih bisa ekspansi kemakasar, sayangnya ngga ada orang makasar yang mau buka toko ubi disana, padahal labanya 100 % bisa lebih lo kang, bila berkenan silahkan baca artikel terkait soal "buka kios ubi"

    makasih suportnya, salam sehat selalu

    Balas

    BAGI SOHIB DESA yang belum paham betul dengan komentar SPAM...nah 3 contoh diatas
    1. pengobatan asam urat
    2. terapi asam urat
    3. pengobatan keputihan

    itu semua yang disebut SPAM.
    JANGAN DITIRU YAH, dagangannya laku?..malah bikin sebel para blogger.

    Balas

    wah jadi pengen makan ubi..." nyam-nyam" tapi ngomong2 cilembu itu nama ubi atau nama daerah ya sob...

    Balas

    kalo ada yg berusaha nanam ubi cilembu, dan menjual kembali hasil panennya entar gimana?

    Balas

    ya ngga gimana gimana juga seh..(;))/

    Balas

    Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger