DESA CILEMBU

Pendayagunaan Ubi

Sebagai salah satu komoditas pertanian penghasil karbohidrat sudah banyak dikenal dan diketahui masyarakat kita, bahkan ubi merupakan cadangan pangan apabila produksi padi dan jagung tidak/kurang mencukupi. Dibeberapa daerah di Indonesia seperti, di Maluku dan Irian ubi merupakan bahan makanan pengganti kentang.
Pendayagunaan Ubi 
Di negara maju, seperti Jepang, Taiwan, Korea, Cina dan Amerika, penggunaan ubi senagai bahan pangan sudah dilakukan secara optimal. Ubi diolah menjadi produk makanan, misalnya Mie Instant, Tepung Granula, Saos, Kremes, Kue, Roti, Sirup, makanan Bayi, dan manisan yang semuanya disajikan dalam kaleng atau kemasan lainnya yang menarik, selain dari itu ubi juga dapat diolah menjadi gula fluktosa yang dapat digunakan sebagai pemanis dalam industri minuman, industri tekstil, industri kosmetik, dan industri lem.
Pendayagunaan Ubi

Jika dilihat dari pendayagunaan ubi, makamsesungguhnya ubi memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan, peningkatan ini dapat dikembangkan melalui agroindustri pengolahan hasil panen menjadi produk-produk yang unggul, menarik, dan awet sehingga laku dipasaran, baik pasar lokal maupun pasar eksport. Untuk itu peran pemerintahsangat ditunggu dengan mendorong petani ubi terus mengembangkan melalui penyuluhan, promosi, pameran-pameran, sehingga memberi gambaran bahwa ubi ternyata dapat diangkat menjadi sumber pangan alternatif dan tidak lupa pemerintah juga dapat memberikan kebijakan harga dasar yang layak untuk merangsang minat petani untuk lebih bersemangat mengembangkan dan bertani ubi sebagai salah satu program diversifikasi pangan.
Semoga postingan ini menjadi motifasi untuk seluruh masyarakat petani ubi dicilembu untuk tetap semangat dan terus memacu diri agar menjadi petani ubi yang handal dan tidak sekedar terfokus pada varietas yang turun temurun mengembangkan jenis yang sama, karena ternyata dari litelatur yang ada bahwa ubi dapat dijadikan bahan makanan olahan yang lebih dahsyat dari sekedar ubi'Oven-madu'cilembu saja....seperti yang telah dilakukan oleh negara negara maju...

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger