DESA CILEMBU

Syarat Tumbuh Tanaman Ubi

Ubi memiliki daya adaptasi yang luas terhadap lingkungan hidup sehingga dapat dipada berbagai jenis lahan, ketinggian tempat, dan tingkat kesuburan tanah, oleh karena itu tanaman ubi dapat menyebar keseluruh belahan bumi manapun terutama didaerah tropis, dan daerah subtropis. Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman ubi meliputi temperatur dan kelembaban udara, curah hujan, penyinaran matahari, keadaan angin dan keadaan tanah, letak geografi tanah, topografi, dan sifat kimia tanah.

Syarat Tumbuh Tanaman Ubi 
1.  Temperatur dan Kelembaban Udara
Ubi dapat tumbuh optimal apabila temperatur udara optimumnya berkisar antara 21 derajat sampai dengan 27 derajat, sedangkan kelembaban udara yang cocok harus berkisar antara 50% sampai dengan 60%.
Temperatur yang rendah dapat mengakibatkan rendahnya karbohidrat dalam ubi sehingga dapat menghambat pertumbuhan umbi.
Syarat Tumbuh Tanaman Ubi

2.  Curah Hujan
Pada umumnya ubi tidak menghendaki iklim yang basah (curah hujan tinggi)karena sistem perakaran tidak tahan terhadap genangan air. Daerah yang memiliki curah hujan antara 750 mm sampai dengan 1500 mm pertahun sangat cocok untuk dapat membudidayakan ubi agar menghasilkan panen yang optimal.
3.  Peninaran Matahari
Cahaya matahari merupakan sumber energi untuk proses asimilasi yang dapat berpengaruh secara langsung terhadap pembentukan organ-organ vegetatif tanaman, misalnya batang, cabang, daun, perakaran, dan pembentukan organ-organ generatif seperti bunga, buah, biji, dan umbi.
Tanaman ubi memerlukan sinar matahari penuh setiap hari, lama penyinaran matahari yang ideal untuk tanaman ini adalah 11 sampai dengan 12 jam per hari. lama penyinaran ini berpengaruh terhadap pembentukan umbia pada saat umbi terbentuk dan pada masa perkembangannya.
4.  Letak Geografi Tanah
Tanaman ubi yang ditanam didaerah yang beriklim dingin kurang cocok karena tingkat produktivitasnya menjadi rendah, disamping itu kandungan karbohidratnya jadi lebih rendah dan kandungan gula menjadi lebih tinggi, (itu sebabnya mengapa ubi cilembu disebut juga "ubi madu", karena cilembu merupakan daerah yang beriklim dingin)
5.  Topografi Tanah
Letak topografi pengaruhnya hanya kepada biaya pengolahan dan penyiapan lahan, karena bila tingkat kemiringan tanah terlalu terjal, pengolahannya akan lebih lama dan memakan biaya yang tinggi.
6.  Jenis dan Sifat Tanah
Jenis tanah yang sangat baik dan akan menghasilkan ubi yang optimal adalah jenis tanah LATOSOL dan REGOSOL dengan tekstur pasir berlempung, selain dari pada itu keadaan tanah :
  • Sifat fisika tanah (remah, gembur, mudah mengikat air, dan solum tanah dalam),
  • Sifat kimia tanah (keasaman tanah (Ph)yang cocok adalah 4,5 sampai dengan 7,5)
  • Sifat Biologi tanah (tanah yang banyak mengandung bahan organik(humus), subur, banyak mengandung organisme yang berguna bagi kesuburan tanah).
Semoga Syarat Tumbuh Tanaman Ubi bermanfaat...

    Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
    Print PDF
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »
    Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger