DESA CILEMBU

Varietas Ubi Cilembu

Varietas Ubi Cilembu
Budidaya pertanian tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan, baik dari sisi waktu panen, kwalitas hasil panen, kwantitas hasil panen dan harga pasar yang stabil, beberapa  varietas ubi yang unggul karena hasil  produktivitasnya tinggi dan menguntungkan untuk dibudidayakan.
antara lain adalah :
  1. Varietas Borobudur : merupakan hasil persilangan antara ubi varietas daya dan varietas filipina. Hasil persilangan ini (Borobudur) memiliki 
  • potensi hasil produksi 35 ton/hektar, 
  • berumur pendek, yaitu 3,5 s/d 4 bulan.
  • kandungan protein dalam ubmi 0,6 %, 
  • kandungan Beta Karoten 12,26 % mg/100gram bahan,
  • rendeman tepung 28%
  • kulit umbi dan daging berwarna oranye,
  • berbentuk lonjong
  • rasanya sangat manis
  • sangat cocok untuk industri saos dan selai
  • tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh cendawanElsinoe sp
Varietas Ubi Cilembu

    2.   Varietas Daya : Merupakan hasil persilangan dari verietas Jonggol
  • potensi hasil panen35 ton.hektar,
  • memiliki usia tanam kira-kira 4 bulan,
  • kandungan protein dalam umbi 0,8 %,
  • kandungan betakaroten dalam umbi 279 mg per 100 gram bahan.
  • kulit umbi berwarna kuning, dengan daging berwarna oranye,
  • berbentuk oval
  • rasanya manis,
  • cocok untuk industri saos, selai atau jam
  • tahan terhadap penyakit
    3.  Varietas Prambanan  : Hasil persilangan antara varietas daya dengan varietas centenial II,
  • potensi produksi hasil panen 30 ton/hektar
  • usia tanam 4 s/d 4,5 bulan,
  • kandungan protein 0,64 %,
  • kandungan betakaroten614 gr/100 gr bahan
  • rendeman tepung 5,4 %
  • kulit berwarna oranye, dengan daging juga berwarna oranye,
  • bentuknya oval,
  • rasanya manis gurih,
  •  cocok untuk industri saos, selai atau jam,
  • tahan terhadap hama penyakit.
   4.   Varietas Kalasan : Varietas ini merupakan introduksi ari Taiwan.
  • potensi hasil panen 42,5 ton / hektar,
  • usia panen 3 s/d 3,5 bulan,
  • kulit berwarna coklat muda, dengan daging berwarna oranye,
  • daging umbi bertekstur masir, rasanya agag manis
  • cocok untuk industri saos, selai dan jam,
  • memiliki daya adatasi luas terhadap lingkungan(daerah kering sampai basah basah dan lahan marginal)
  • tahan terhadap serangan hama pengerek umbi (Cylas sp) 
   5.   Varietas Mendut  :  merupakan klon MLG 12653 introduksi IITA Nigeria.
  • potensi hasil panen 50 ton/ Ha,
  • usia  panen 4 bulan,
  • kulit berwarna merah muda,
  • daging berwarna jingga muda, rasanya manis, dengan umbi berbentuk bulat panjang dan tekstur umbi kasar
  • tahan terhadap penyakit.
   6.  Varietas Gajah Rente  :  merupakan klon unggulan Blitar,
  • potensi pasar dapat menghasilnkan 30 ton/ Ha,
  • kulit berwarna merah dengan daging umbi berwarna oranye
  • memiliki kadar air tepung 55, 59%.
  • permukaan umbi rata, dengan rasa yang enak,
  • cocok untuk industrisaos, selai, jam, dan mie instant.
segitu yang cilembu ketahui...bagaiman dengan ubi cilembu sendiri?...terserah sohib-sohib yang kebetulan mampir atau malah sedang kesasar kerumah desa...untuk menelaah sendiri dengan fikiran masing-masing "termasuk pada jenis mana ubi cilembu"...sok mangga diantos jawaban-na dikotak komentar...okeh..?

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

17 komentar

ada banyak varietas ubi yah, ehehee
saya kurang tau banyak, makasih bnyak infonya :13
jadi lebih tau ..

Balas

Nama Ubi Cilembu itu diambil dari nama desanya ya gan?

Balas

@OM ladida anu kasep:...siswa saya yg tak suruh bikin tugas..hasilnya diposting kesini..hehehe:12

Balas

@virtual forest::..betul..karena hanya ubi dari desa cilembu yang mengeluarkan cairan seperti madu...klw virtual liat ada kios ubi cilembu mampir dan coba beli deh...pokoknya ma'nyus-lah...:14

Balas

BaguZ ini Blog Emm Genre Pemberdayaan Hebatt Euyy.
siP Semoga Semua desa bisa Lebih Maju Seperti Di desaku tP msih Belum maju" juga sih :)

Balas

Kalau main ke Puncak, pasti disempatin beli. Enak habisnya. :)

Ohya, itu bisa ditanam di tempat lain juga, Om?

Balas

gan/sis mau tanya kalo mau beli tepung ubi cilembu dmna tempatnya? makasih

Balas

silahkan hub. no. Hp yang ada di kanan atas (sidebar)

Balas

sering-sering maen kepuncaknya yah...

bisa, cuman kualitasnya ngga bisa sama dengan kalau ditanam dicini

Balas

aaaamiiiiin...blog akang juga keren banget deh ih...;o)

Balas

ubi cilembu yang pasti varietas maniiiis, semanis madu, nggak tertandingi

Balas

Menarik Kang Lembu artikelnya saya simak sambil manggut-mangut
Sambil nyantai minum kopi. enak lho apa lagi kalau kuenya ubi cilembu
Rebuh wah pastinya lebih nikmat ya Kang?

Balas

Nyimak artikel Varietas Ubi nih Kang makasih

Balas

Wah ternyata varietas ubi banyak macamnya ya kang :)
Semoga makin sukses aja dengan ubi cilembunya...........

Balas

Varietas Mendut potensi hasil panen 50 ton/ Ha,sangat luarbiasa,berapa tuh uang yang dihasilkan dari 50 ton itu Kang pasti banyak yah hehe

Balas

kalau ubi cilembu kayaknya masih galur murni, hehehe

Balas

Menu pada blog memang sangat membantu para pengguna untuk menemukan apa yang dicari,
makasih tipsnya, sangat bermanfaat

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger