DESA CILEMBU

26.746 Desa Se-Indonesia Masih Tertinggal

Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal meluncurkan program bedah desa sebagai instrumen dalam rangka percepatan pembangunan daerah tertinggal. Menurut Menteri PDT Helmy Faishal Zaini, ada 183 Kabupaten diwilayah Indonesia yang masih tertinggal, menurut data RPJMN 2010-2014, dari 183 kabupaten tersebut Papua sebanyak 27 kabupaten, Nusa Tenggara Timur 20 kabupaten, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah masing-masing 10 kabupaten. Kabupaten tertinggal itu mencakup 26.746 desa atau 35,47 % dari total desa yag ada di Indonesia.

26.746 Desa Se-Indonesia Masih Tertinggal
Program bedah desa ini bertumpu pada tiga pilar pendekatan yaitu agribisnis, berbasis mata pencaharian berkelanjutan, dan berbasis hak, yang bermuara bagi suatu kerangka kerja yang bertumpu pada tiga aspek dasar yakni partisipasi, penguatan akses, dan reformasi agrarian, serta akuntabilitas, selain dari pada itu program ini mengarah pada tiga area penting dalam humanisasi yakni kemandirian, demokrasi, dan kesejahteraan.
26.746 Desa Se-Indonesia Masih Tertinggal

Menteri mengakui, pembangunan perdesaan didaerah tertinggal bukan satu-satunya cara penanganan. Namun, melalui Bedah Desa diharapkan pembangunan perdesaan diwilayah tertinggal mampu mempercepat upaya agar dapat sejajar dengan daerah lain yang lebih maju. Selama ini konsentrasi masalah kemiskinan, kesenjangan, dan ketidakadilan didaerah terdapat diperdesaan, padahal segala potensi sumber alam sangat berlimpah diperdesaan, untuk itu Program Bedah Desa ini berfungsi untuk mengorganisir berbagai input untuk percepatannya.
Menteri melanjutkan, opersional Bedah Desa dijalankan pada tahun ini (2011), melalui tiga tahapan.
  • tahap penguatan meliputi fase identifikasi, pengembangan kapasitas, dan penguatan tata kelola, serta fase perdesaan terpadu. 
  • tahap konsolidasi, yakni fase pembentukan pasar.
  • tahap kemandirian, yakni fase pencapaian dampak.
Sengaja dishare untuk penguatan kinerja para aparatur desa terutama dicilembu, agar lebih semangat dalam menjalankan amanat negara..cie..cie..karena nun jauh diseberang lautan masih banyak sohib-sohib desa tertinggal yang harus berjuang lebih berat untuk berubah menjadi desa yang lebih maju...HAYOOOO MAJU TERUS CILEMBU..RAWE-RAWE RANTAS MALANG-MALANG PUTUNG...muley dah tuh..!!hehehe..

bagus deh pa menteri...semoga programnya sampai dan juga tepat pada sasarannya.
Untuk Fasilitator(sarjana pendamping program)...terbuka peluang tuh.

26.746 Desa Se-Indonesia Masih Tertinggal...banyak banget kan?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Banyak sekali ya.. moga2 pemerintah segera menangani masalah desa tertinggal ini dengan baik

Balas

semoga...alon-alon asal klakon dan dilakoni, perlu proses yang panjang dan tentunya semua yang terkait harus menyatukan niat.

terimakasih kunjungannya

Balas

wwaah...shiiiippp Bang...dan semoga anggaran dana bwt alokasi hal demikian tidak di curangi..alias di korupsi...sehingga tapat sasaran dan berguna bagi Rakyat...amien...

Balas

amiin...semua bertanggungjawab untuk mengawal program ini.
terimakasih sudah mampir sehatlah selalu y

Balas

Dalam menghadapi masalah desa tertinggal di kawasan Indonesia, apakah masih ada program kemandirian desa di masing-masin wilsaya yang di jalanakan oleh masayrakatnya ya Kang ? Sebab dengan adanya pasa bebas 2015 nanti tidak menetup kemungkinan ada sebuah desa yang bisa menerobos peluang melalui ekonomi kemandirian kreatif dari masing-masing putra daerah di sestiap desa loh Kang. Semoga saja wilayah desa yang menyabar di Indonesia bisa memanfaatkan peluang ini.

Salam

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger