DESA CILEMBU

Ajari Anak Mengelola Anggaran RT

Duit...duit...banyak ga cukup, sedikit apalagi...bagusnya sih banyak alhamdulillah, sedikit alhamdulillah, cukup atau ga cukup tergantung "hati"..setuju ga tuh?,
menyangkut soal hati perlu juga anak-anak kita diberi pemahaman soal kondisi finansial keluarga, agar kelak mereka selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki...ciiah ellahh.
Menurut Ellie Kay dalam bukunya "Price Living", ada 6 topik keuangan keluarga yang bisa didiskusikan dengan sang anak:
  1. Anggaran Anak >> Jika anak menghabiskan uang jajannya lebih sedikit dari yang diberikan, ia boleh menyimpannya sebagai tabungan, bersama-sama kita dapat membuat anggaran kegiatan untuk mereka.
  2. Delegasi Tanggung Jawab >> Selain membantu pengeluaran dana, bisa mengajari anak nilai etos. misalnya, anak suka masak, jadikan mereka juru masak pada hari libur, dengan begitu pengeluaran makan diretoran dapat dipangkas, masing-masing keluarga dapat meniptakan bentuk tanggungjawab yang bisa didelegasikan.
  3. Memilih Merek >>  Ajari anak untuk memilih, bila sang anak ingin merek barang yang mahal, anak harus rajin menabung, sehingga mereka akan tahu berapa lama harus menghemat untuk memiliki sesuatu yang bermerek.
  4. Menghemat >>  Berikan kesempatan setiap anggota keluarga untuk mencurahkan idenya dalam mencari cara menghemat anggaran keluarga, perlu bijak melakukan penghematan bila hanya ada satu ide.
  5. Mendapatkan Uang >>  Keluarga bisa mendiskusikan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan, lakukan secara bersama dalam melakukan bisnis rumahan.
  6. Membelanjakan Uang >>  Seluruh anggota keluarga perlu memiliki cara membelanjakan uang, khususnya untuk hiburan dan liburan. Diskusikan tentang rencana liburan keluarga yang menyenangkan, wujudkan dengan menabung bersama dalam mewujudkannya.
[]Semoga manfaat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Hello and good Monday
Last week of the year.
Teb.

Balas

Thank's tebinfae, happy new years 2012

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger