DESA CILEMBU

Budayakan Sikap Gotong Royong

Gotong royong dalam kehidupan berbangsa “Bergotong royonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan janganlah bergotong royong dalam berbuat dosa dan permusuhan” (Q.S.Al-Maidah: 2).

Gotong royong sebenarnya merupakan kewajiban setiap individu didalam masyarakat. Karenanya pada dasarnya sikap gotong royong ini merupakan hal yang positif, asalkan jangan bergotong royong dalam keburukan karena itu merupakan sebuah dosa, seperti yang diungkapkan dalam Surat Al-Maidah ayat 2 di atas.
Budayakan Sikap Gotong Royong
Gotong royong dalam kebaikan perlu dilestarikan, karena sikap ini sangat baik dan dapat mendukung pada kenyamanan hidup kita! Karena jika kita terbiasa untuk bergotong royong, maka kita akan senantiasa untuk bekerjasama, tolong menolong dan menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama dengan sukarela tanpa adanya imbalan. Selain itu, gotong royong juga akan sangat bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan kesejahteraan kita! Mari kita terus pelihara sikap gotong royong dalam semua aktivitas kehidupan kita!
Dengan ini, kita akan dapat merasakan manfaat bahwa gotong royong akan mampu memecahkan berbagai permasalahan. Selain itu, kita juga akan memperoleh pengalaman bahwa dengan bergotong royong, kita akan mampu melakukan banyak hal dengan baik dan berkualitas, daripada kita melakukannya sendiri- sendiri. Pada dasarnya manusia sesuai dengan fitrahnya merupakan makhluk sosial yang tidak biasa hidup sendiri melainkan membutuhkan pertolongan orang lain. Karenanya, didalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya sikap gotong royong. Dengan adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan cepat terselesaikan. Gotong royong juga akan sangat bermanfaat pada proses pembangunan bangsa, karena pembangunan akan cepat terlaksana bila masyarakat bergotong royong dan berpartisipasi. Gotong royong dalam pembangunan bangsa merupakan bentuk tanggungjawab kita sebagi warga negara yang baik, termasuk partisipasi kita untuk bergotong royong dalam bidang perekonomian bangsa. Hal ini bisa dilihat dari sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan azas gotong royong, sebagaimana diatur oleh Undang-undang Dasar 1945 pasal 33.
  1. Budaya Tolong Menolong, Budaya yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun kecuali keridhoan Allah SWT atas yang dilakukan untuk membantu sesama. misalnya membantu tetangga yang sedang dalam kesulitan, membantu membuat rumah, perkawinan, dan kematian, serta hal lain yang dilakukan berdasarkan keikhlasan.
  2. Kerja Bakti, Kegiatan gotong royong kerja bakti merupakan aktivitas atau kegiatan kerja bersama antar warga untuk tujuan menyelesaikan suatu proyek yang berguna bagi kepentingan umum. Kerja bakti ini terdiri dari dua bentuk yang berbeda satu sama lain, yaitu kerja bakti yang timbul dari inisiatif warga masyarakat itu, dan kerja bakti yang pelaksanannya dipaksakan dan diatur dari atas yang sifatnya lebih luas dimana kegiatan atau pelaksanaanya ditujukan untuk kepentingan umum atau masyarakat. Misal memperbaiki jalan-jalan desa, memperbaiki saluran air. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara gotong royong dan pembangunan, terdapat pengertian pengertian dasar yang sama atau dengan kata lain dapat dikemukakan bahwa aspek-aspek dari pembangunan tersebut dapat dijangkau dan dilaksanakan dalam bentuk gotong royong.
    Mengingat gotong royong sesungguhnya adalah budaya bangsa ini, maka, mari...sejak saat ini, dilingkungan terkecil kita, dan dimuai dari sekarang, Mari "Budayakan sikap gotong royong" sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari.
Semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

Setuju kang , gotong royong emang sangat penting di kehidupan kita kang.


Pertamax nih kang, hehehe

salam dan suport dari DS kang

Balas

tidak ada kata kata lain selain kata setuju 100%,...hep.


happy blogging

Balas

@duniasharing...segera digembok pertamax kang,,mangga diicpicp budaya gotong royong nya kang wilujeung ng'blog dan sehat selalu okeh

Balas

@kampungku corolla..Xixi teu kudu kumbalian ai 100 persen mah atuh nya'? vi na keur sayah mana?..sehat kang?!

Balas

Kelimax

kita sebagai manusia harus bersosialisasi, karena manusia tidak bisa hidup sendirian... "gotong royong" budaya yg sejak dulu ada..

dulu dikampung saya setiap hari minggu pagi pasti ngadain kerja bakti(gotong royong), dan sangat menyenangkan bila pekerjaan itu di kerjakan bersama-sama ^_^


salam persahabatan

Balas

dengan gotong royong pekerjaan berat jadi terasa ringat itu mengapa manusia di sebut makhluk sosial

Balas

kita tak bisa hidup sendirian,,,,

Punten Pak Kades,

Sob lebetkeun rinaihujan07 dot blogspot dot com ka "10 blog kujang". Rinai hujan urang garut udah resmi jadi member dan udah pasang url blog kita semua di blogrollnya "Blog Cinta Sunda".

wilujeng ngeblog

Balas

@Kang Asep...xixi 3 hari ini mulek ngoprek template 5 x gonta ganti..jadi rada paciweuh, maklum tea geuning...wkwkwk atos ngan unik.com naha teu aya dina daftar yg saya ikuti nya? kudu pake URL kitu?
nuhun kasumpinganna.

Balas

@wahid sahidu..persis...karenanya semua dipasang-pasangkan, lelaki dan wanita...?!

Balas

@nini Bawel..betul ni, sayangnya budaya itu sudah mulai pudar, dikota mungkin malah sudah hilang.
nuhun kasumpinganna.

Balas

Gotong royong ini sepertinya di masyarakat perkotaan sudah mulai luntur yah...

Terima kasih sharenya sahabat telah benyak mengingatkan akan budaya yang baik dari Bangsa kita yang tercinta ini

Balas

yukk gotong royong :D
pak desa, rumahnya baruuu~~ cantik ^^

Balas

@Blog Keperawatan..amiin, ngga berarti apa-apa tuh, cuman sebutir pasir tak berarti bila tidak kita mulai lagi dari kita sendiri..ahaaay
terimakasih kunjungannya semoga sehat dan banyak rezeki yah

Balas

@Nurmayanti Zain..yu mariii
xixi..menghabiskan dana se'M nih..wahahahaa

Balas

Alhamdulialh Kang di dieu atanapi di lembur abdi masih keneh kental sifat masyarakat akan gotong-royongnya.
Itulah Kang keuntungan dari gotong royong,pekerjaan serasa mudah dan ringan.Cuma ada satu tradisi gotong-royong yang ga patut ditiru,gotong royong dalam korupsi,lama terungkapnya,hehe.
Nuhun tos sharing,happy blogging.

Balas

punten kang OOT,,

Eta template versi selulerna gntos atuh knu warna terang ,, eta gening warna hurufna hideung, jd teu jelas katingalna oga,,

Balas

@Raihan Marie Ramadhan..amiin budaya yang kian pudar, perlu dienyodkeun deui kang...korupsi gotong royong justru yang kian marak ayeuna teh...mari kita brantas..hidup cinta deras..(sambil mengepalkan tinju)wkwkwk.
nuhun kasumpinganna kang

Balas

@Yusup Laskar..hehe..hapunten kang, eta teh bakat paciweuh teuing jeng acara ganti rumah, nuhun kasumpinganna sareng info na, atos ca'ang da ayeuna mah...maklum da sayah mah teu tiasa OL nganggo Hp teh...aslina!!
hepi malam jumat

Balas

Woh kang cilembu apal pasal, percuma jadi kades kalo ga apal ya kang... gotong royong emang salah satu ciri khas indonesia sebagaimana yang dipaparkan dalam UUD pada artikel diatas...semoga semua orang tidak pilih kasih dlm melakukan gotong royong...(ada juga lo sob org mw gotong royong dlm hal tertentu saja)

Balas

@ARMAN..Apal we da menang nyontek hehehe..
nuhun kasumpinganna, semoga sehat selalu untuk kang arman dan keluarga, salam cinta dari warga desa.

Balas

Kenapa gotong royong sudah mulai hilang ya agn

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger