logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Budayakan Sikap Gotong Royong

www.desacilembu.com
Gotong royong dalam kehidupan berbangsa “Bergotong royonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan janganlah bergotong royong dalam berbuat dosa dan permusuhan” (Q.S.Al-Maidah: 2).

Gotong royong sebenarnya merupakan kewajiban setiap individu didalam masyarakat. Karenanya pada dasarnya sikap gotong royong ini merupakan hal yang positif, asalkan jangan bergotong royong dalam keburukan karena itu merupakan sebuah dosa, seperti yang diungkapkan dalam Surat Al-Maidah ayat 2 di atas.
Budayakan Sikap Gotong Royong
Gotong royong dalam kebaikan perlu dilestarikan, karena sikap ini sangat baik dan dapat mendukung pada kenyamanan hidup kita! Karena jika kita terbiasa untuk bergotong royong, maka kita akan senantiasa untuk bekerjasama, tolong menolong dan menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama dengan sukarela tanpa adanya imbalan. Selain itu, gotong royong juga akan sangat bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan kesejahteraan kita! Mari kita terus pelihara sikap gotong royong dalam semua aktivitas kehidupan kita!
Dengan ini, kita akan dapat merasakan manfaat bahwa gotong royong akan mampu memecahkan berbagai permasalahan. Selain itu, kita juga akan memperoleh pengalaman bahwa dengan bergotong royong, kita akan mampu melakukan banyak hal dengan baik dan berkualitas, daripada kita melakukannya sendiri- sendiri. Pada dasarnya manusia sesuai dengan fitrahnya merupakan makhluk sosial yang tidak biasa hidup sendiri melainkan membutuhkan pertolongan orang lain. Karenanya, didalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya sikap gotong royong. Dengan adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan cepat terselesaikan. Gotong royong juga akan sangat bermanfaat pada proses pembangunan bangsa, karena pembangunan akan cepat terlaksana bila masyarakat bergotong royong dan berpartisipasi. Gotong royong dalam pembangunan bangsa merupakan bentuk tanggungjawab kita sebagi warga negara yang baik, termasuk partisipasi kita untuk bergotong royong dalam bidang perekonomian bangsa. Hal ini bisa dilihat dari sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan azas gotong royong, sebagaimana diatur oleh Undang-undang Dasar 1945 pasal 33.
  1. Budaya Tolong Menolong, Budaya yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun kecuali keridhoan Allah SWT atas yang dilakukan untuk membantu sesama. misalnya membantu tetangga yang sedang dalam kesulitan, membantu membuat rumah, perkawinan, dan kematian, serta hal lain yang dilakukan berdasarkan keikhlasan.
  2. Kerja Bakti, Kegiatan gotong royong kerja bakti merupakan aktivitas atau kegiatan kerja bersama antar warga untuk tujuan menyelesaikan suatu proyek yang berguna bagi kepentingan umum. Kerja bakti ini terdiri dari dua bentuk yang berbeda satu sama lain, yaitu kerja bakti yang timbul dari inisiatif warga masyarakat itu, dan kerja bakti yang pelaksanannya dipaksakan dan diatur dari atas yang sifatnya lebih luas dimana kegiatan atau pelaksanaanya ditujukan untuk kepentingan umum atau masyarakat. Misal memperbaiki jalan-jalan desa, memperbaiki saluran air. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara gotong royong dan pembangunan, terdapat pengertian pengertian dasar yang sama atau dengan kata lain dapat dikemukakan bahwa aspek-aspek dari pembangunan tersebut dapat dijangkau dan dilaksanakan dalam bentuk gotong royong.
    Mengingat gotong royong sesungguhnya adalah budaya bangsa ini, maka, mari...sejak saat ini, dilingkungan terkecil kita, dan dimuai dari sekarang, Mari "Budayakan sikap gotong royong" sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari.
Semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger