DESA CILEMBU

Membangun Desa dengan Wirausaha

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'mualaiqum.Wr.Wb....Sampurasun...Rampes.
Postingan cilembu kali ini rada serius nih, soalnya artkelnya digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar di Program Labsite (Blockgrand) Kegiatan Budidaya dan Olahan Bahan Makanan Berbahan Dasar Ubi Cilembu yang dilaksanakan oleh PNFI desa Cilembu, materinya soal Kewirausahaan, siapa tau' diantara sohib ada yang sedang berupaya membangun usaha kecil-kecilan dirumah gituh?! lumayan buat nambahin pusing...hehehe
Menjadi Wirausaha :
Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seorang wirausaha, antara lain:
  1. Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita.
  2. Kesempatan untuk menciptakan perubahan.
  3. Untuk mencapai potensi penuh Anda.
  4. Untuk menuai keuntungan yang mengesankan.
  5. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan 
  6. Pengakuan untuk usaha Anda.
Selain kelebihan menjadi seorang wirausaha, juga terdapat beberapa 
kekurangan dan resiko yang harus dipatahkan oleh wirausahawan, antara lain:
  1. Ketidakpastian pendapatan, mendirikan dan menjalankan bisnis tidak memberikan jaminan akan    mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup.
  2. Adanya risiko kehilangan seluruh investasi, tingkat kegagalan  
  3. bisnis kecil relatif tinggi
  4. Jam kerja yang panjang dan bekerja keras
  5. Kualitas hidup lebih rendah sampai bisnis didirikan.
  6. Tanggung jawab kompleks, banyak pengusaha diharuskan untuk   
  7. Membuat keputusan mengenai isu-isu di luar bidang ilmu.
  8. Putus asa, sangat membutuhkan dedikasi, disiplin, dan keuletan untuk mengatasinya.
Langkah-langkah menjadi Wirausaha Sukses.
  1. Mengolah ide menjual gagasan
  2. Memulai usaha
  3. Mengatur strategi bisnis
  4. Mematahkan belenggu kegagalan
  5. Memegang Kunci Sukses.
Kunci Sukses
a.   Pilar Sukses Wirausaha Sejati.
  1. Mampu Memanfaatkan WaktuMemiliki Keseungguhan dan Kemampuan Kerja secara Kontinyu
  2. Kreatif dan Inovatif
  3. Percaya Diri
  4. Kemampuan Meraih Teman (Networking)
  5. Kemampuan mempengaruhi orang lain.
b.   Lima Prinsip Kerja Wirausaha
  1. Kerja Ikhlas (Aspek Spiritual)
  2. Kerja Mawas (Aspek Emosional)
  3. Kerja Cerdas (Aspek Intelektual)
  4. Kerja Keras (Aspek Fisik)
  5. Kerja Tuntas (Aspek Manajemen Diri)
c.    Etos Kerja Wirausaha Unggul
  1. Kerja itu suci, kerja adalah panggilanku, aku sanggup bekerja benar.
  2. Kerja itu sehat, kerja adalah aktualitasku, aku sanggup bekerja keras
  3. Kerja itu rahmat, kerja adalah terima kasihku, aku sanggup bekerja tulus.
  4. Kerja itu amanah, kerja adalah tanggung jawabku, aku sanggup bekerja tuntas.
  5. Kerja itu seni/permainan, aku adalah kesukaanku, aku sanggup bekerja kreatif.
  6. Kerja itu ibadah, kerja adalah pengabdianku, aku sanggup bekerja serius.
  7. Kerja itu mulai, kerja adalah pelayananku, aku sanggup bekerja sempurna.
  8. Kerja itu kehormatan, kerja adalah kewajibanku, aku sanggup bekerja unggul.
Sifat-sifat individu seorang pengusaha :

  1.  Motivasi Berprestasi
  2.  Kemandirian
  3.  Kreatifitas
  4.  Pengambilan Resiko
  5.  Keuletan
  6.  Orientasi Masa Depan
  7.  Komunikatif dan Reflektif
  8.  Kepemimpinan
  9.  Perilaku Instrumenal
  10.  Penghargaan Terhadap Uang
Sebab Kegagalan usaha kecil :
  1. Individu atau kelompok bisnis tidak punya komitmen secara total.
  2. Karena ukuran bisnisnya yang kecil maka mereka mengabaikan prinsip-prinsip operasional perusahaan yang sehat.
  3. Tidak Punya perencanaan yang jelas.
  4. Perusahaan kecil biasanya enggan menggunakan promosi dan penelitian sebagaimana perusahaan besar.
  5. Pengusaha kecil berlagak sebagai pengusaha besar yang sukses.
  6. Dalam hal pemasaran - biasanya tidak ada yang kecocokan antara produksi dan pemasaran.
  7. Banyak usaha kecil yang gagal karena tak jelas akan persoalan keorganisasian perusahaan.
  8. Tak Jarang pengusaha pemula melakukan perluasan tanpa analisis dan perencanaan matang.
[] Semoga bermanfaat
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

Mantep pak postingannya, seorang pengusaha emang seperti yang sob paparin diatas... yang paling saya ga suka pada poin ke 4. jam kerja yang panjang dan bekerja keras istilah kerennya time is money...jarang libur...tapi efeknya sukses dapet untumg banyak (semoga komment saya nyambung hihihi)

Balas

Memang nambahin pusing,tapi tidak buat dompet.Saya bookmark Kang yach,siapa tau nanti saya pindah rumah ke Cilembu,hehe.
Nice sharing,barokalloh,amin.

Balas

Yang pentingmah sudah kenal sama Pak Kades gampaaanglah mun sayah sudah pansiun di Tasik rek dagang hui,, palagi trick2 wirausahanya sudah dishare di atas...

Barikallah Pak Kades ,,, :)

Balas

@ARMANnyambung senyambung nyambungnya ko kang...biarin lah ngga nyambung juga yang penting mah selalu asooy.
makasih udah mertamu
hepi ng'blog kang

Balas

keren...!! sukses pak desaaa~

Balas

makasih may. sukses juga yah

Balas

hebat si akang euy...masalah bisnis berbisnismah disini tempatnya geunungnya ..ah moal tebih tebih atuh nyari trik jadi pengusahama,...
he...he sukses atuh kang

Balas

Yang namanya kewirausahaan, saya sangat awam. Sebab, kemampuan saya dalam dunia usaha masih serba "merangkak"... Jadi, dengan membaca artikel ini, saya pun jadi mengeti; sayang.. saya tak mungkin mengaplikasikannya dalam keseharian.. Mudah-mudahan kelak dapat melaksanakan.. amine.
Salam sahabat...

Balas

corolla78:..bisnis kecil, bisnis paciwit ciwit lutung jeung petani kang..hehe

Balas

CahNdeso:..wah kehormatan cilembu didatangi cahndeso, terimakasih gan, itu artikel dicopi dari tutorial untuk KBM labsite salah satu program desa ko gan.
sekali lagi terimakasih kunjungannya, salam sohib juga dan semoga sehat selalu..amin

Balas

WADUH PUNTEN Cinta Deras juga Kang Asep:..meni teu diwaler ku sayah, kebiasaan langsung kerumah atu da, hehehe...lagian keburu aya maya jadi hilap, maklum we nya'....
Raihan kan kelak kuliahnya pasti dibandung dong.
Kang asep : sok-lah nanti saya pemasokna.
semoga kita selalu dalam lindunganNYA...amin

Balas

waww... artikel yang sangat bermanfaat sekali kang. apalagi saat ini teh "kawula muda" sedang getol-getolnya berwirausaha... termasuk si rinai hujan yang juga punya keinginan membuka usaha sendiri

Balas

@Hana Nurainiamin..amin..semoga begitu, hayu urang bermimpi dan membangun harapan, seperti postingan "Laboratorium Ubi cilembu" mulanya mimpi sekarang sudah tahap promo produk, pelan-pelan we..namanya juga ngimpi.
nuhun nya' suportnya. semoga keinginannya segera terwujud.

Balas

saya izin foto copi ya kang point point kunci suksesnya.,....
biar bisa sukses juga kayak kang hadi

Balas

Bisa jadi icon ya kang kalau disuatu desa berkembang karena WIRAUSAHANYA
keren-keren
makasih kang postinganya membuat saya memiliki ide cemerlang

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger