DESA CILEMBU

Tips Mencari Modal Usaha

ini adalah lanjutan dari postingan cilembu terdahulu soal "Membangun Desa dengan Wirausaha", oleh karenanya agar ngga salah presepsi dengan suguhan kali ini, sohib wajib klik artikel sebelumnya itu.
Sebuah usaha seperti biasanya yang membuat kepala nyut-nyutan adalah permodalan?...betul tidak?
disini kita berbagi pengalaman azh yu...!? Tips cara mendapatkan modal usaha ini sudah dipraktekan oleh cilembu CS...dan berhasil!!

Tips Mencari Modal Usaha
Sumber Modal dan Usaha dan Cara Memperolehnya
1.   Sumber Internal /Modal Sendiri (Pemilik Usaha)
Modal sendiri adalah modal yang diperoleh dari pemilik usaha. Keuntungan menggunakan modal sendiri untuk membiayai suatu usaha adalah tidak adanya beban biaya bunga. Kerugian menggunakan modal sendiri jumlahnya sangat terbatas dan relatif sulit memperolehnya. Perolehan dana dari modal sendiri biasanya berasal dari:
  1. Tabungan sendiri
  2. Setoran dari pemegang saham,
  3. Menjual barang yang kurang produktif
  4. Menjual barang yang menguntungkan (pada saat menjual, lebih  mahal serta lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan saat membeli)
  5. Fasilitas/tempat milik sendiri (tanah, bangunan, garasi, mesin dan sebagainya)
2.   Sumber Eksternal
Modal pinjaman merupakan modal yang diperoleh dari pihak luar perusahaan dan biasanya diperoleh secara pinjaman. Menggunakan modal pinjaman untuk membiayai suatu usaha akan terkena beban biaya, biaya administrasi, provisi dan komisi serta bunga yang besarnya relative. Kemudian adanya kewajiban untuk mengembalikan pinjaman setelah jangka waktu tertentu sesuai perjanjian sebelumnya.

Cara memperoleh modal usaha dari sumber ekternal, diantaranya :
a.   Modal Pinjaman
  1. Pinjaman dari lembaga keuangan syariah, seperti :dari Baitul Maal wa Tamwil (BMT), pegadaian syari’ah, bank syari’ah, dan sebagainya.
  2. Pinjaman dari perbankan : Bank, BPR
  3. Pinjaman dari lembaga lain, diantaranya: pinjaman dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), asuransi, kelurahan, koperasi, dan lain-lain.
  4. Pinjaman dari perorangan: pinjaman dari isteri/suami, orang tua/mertua, saudara, tetangga, teman sekolah/kuliah, teman kerja, dan sebagainya.
  5. Pinjam ke teman-teman Anda (teman bermain, kuliah, olah raga, santai, band, dan sebagainya).
Tips untuk mencari modal Usaha dengan cara ini, ikuti langkah berkut ini :
  1. Tetapkan berapa jumlah modal yang  butuhkan.Misalnya 2 juta atau 5 juta atau berapa saja terserah Anda , yang penting logis.
  2. Buatlah daftar nama teman-teman , semakin banyak makin bagus
  3. Bikinlah sebuah surat yang isinya permohonan pinjam uang ke teman-teman Anda itu
  4. Jadikan surat permohonan ini sebagai jaminan Anda, dan buatlah teman Anda untuk percaya kepada Anda.
  5. Fotocopy surat tadi sebanyak nama yang telah Anda buat di daftar nama
  6. Mulailah datangi teman-teman Anda satu persatu dan berikan surat permohonan Anda tadi
  7. Jika anda beruntung , dan Allah menghendaki, Insya Allah i'tikad baik Anda akan mudah terpenuhi.
Ilustrasi :
  • Jika umpamanya anda membutuhkan modal 2 juta, Dan anda telah mendaftar sebanyak 100 nama teman.
  • Maka untuk setiap nama teman itu akan anda pinjam uangnya : 2 jt /100 = 20 rb .
  • Jika anda punya 200 teman : maka satu teman = 2 jt/200 = 10 rb .
  • Semakin banyak nama teman anda , akan semakin kecil jumlah pinjaman ke masing-masing teman, dan akan semakin besar peluang anda mendapatkan pinjaman itu.

[] Semoga bermanfaat....

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

pertamak...wah manteup yeuh,..patutt di contoh.htr nuhun kang tif na,
kapan2 punya modal,nyoba trik cilembu
mdh mdhan,....amin

happy blogging

Balas

Boleh dicoba nih sahabat tipsnya ini

Balas

MAu di bookmark ach tipsnya Kang,buat panduan nanti bila sudah di lembur lagi,makasih tuk info bermanfaat ini.Salam kangen ti Papua.

Balas

@Raihan Marie Ramadhanmangga di antospulang kampungna, karunya potensi desana kalahkah aya di papua, diantos kuwarga bade diangkat janten kades cenah teh...sehat selalu ya kang

Balas

nyumpingan wengi, aduh templatena digentos yeuh?

Balas

sumuhun kang, haturnuhun silaturahmi na, mugi janten pahala..amin

Balas

waalaikumsalam, ada yang saya mau tambahkan, kadang kita bisa berusaha tanpa modal..dengan hanya berbekal kepercayaan saja,,,oleh karena itu selalu berlaku jujur dalam setiap kehidupan..agar menjadi orang yang terpercaya dan amanah :)

Balas

numpang hadir..izin menyimak postingannya yang sangat menarik untuk mencari modal usaha

Balas

Elehhh..elehh..siakang teh manyoz pisan tips nya...moga2 aku bisa ya kang nerapinnya,mohon do'anya ya kang.

Balas

amin..setuju bang, usaha yang clb jalankan pun modal dengkul nih...:o)
yang penting niat kuat, dan berupaya selalu menjaga kepercayaan.
terimakasih silaturahminya.

Balas

silahkan dengan senang hati

Balas

didoain bang, semoga sukses

Balas

wahh iyaa bener mantap tu.. tapi kalo orang seperti ane kayaknya musti dapat dari sumber eksternal.. karena kalo dari internalnya dikit. paling kalo kemauan kuat mungkin tanpa modal lain udah cukup.. karena modal terbesar yaitu kemauan yang kuat. heheh

Balas

setuju kang, clb pun awalannya hanya modal dengkul, yang penting niat ibadah, ikhlas, tekun, dan do'a..cuma itu modal awalnya.
hasilnya..?! koleksi mobil anakku buanyak banget, sampe luber tuh kotak garasinya saking banyaknya...:o)

Balas

Tah sayahmah tertarik kana modal pinjaman Pak Kades,,, kumaha mun sayah pinjam ka Pak Kades? satuju?

wilujeng sibuk wae ,,,

Balas

hahaha ,,, baru nyadar ,,, aya kamera CCTV ,,,, :)

Balas

wwkwkwkwk....mantab nih tips pak kades, bayangin klo punya daftar teman 200 orang wahhh...bisa cepat th dapat modalnya haha...mantabbbbsss, ntar jurus ini kan dicoba deh :D

Balas

pinjaman ubi 3 kwintal segera dikirim ke lampung lah....

hehee...matak ulah macem2, segala kegiatan akang didinya terdeteksi tidieu...wkwkwk
cctv gitu loh

salam sehat selalu

Balas

hehee...tetep jangan lupa dibayar ya...xixixii...

makasih kunjungannya, moga jadi pahala dan kang tonnynya tambah ganteng selalu...:o)

Balas

Terimakasih tips dan info nya.bank syari’ah layak di jadikan pertimbangan

Balas

Siap kang erek di cobaan ku kuring sugan jadi jalmi nu sukses.
Nuhun kang tips na.

Balas

Wah mantap ini...sepertinya cara di atas wajib di tiru dan di praktekin..hehe

Kebetulan dulu pernah buat usaha yang di kelola oleh karang taruna (salah satunya adalah saya pengurusnya), berhubung modal tidak cukup maka diputuskan untuk menggalang dana/modal secara swadaya...dengan berbekal proposal yg di bawa, alhamdulilah akhirnya dana/modal yg di perlukan bisa terkumpul.

Mungkin cerita saya ini hampir mirip dengan yg ada di artikel ini, namun saya katakan cara seperti ini bisa efektif dan semoga tips dari Kang Cilembu bisa menginspirasi semua orang



Balas

Gimana kalo cari modalnya ke tetangga aja Mas?

Balas

tips cara pinjamnya itu mantabs banget mas.. bisa diterapkan tuh.. tapi yang penting itu adalah menabung, karena bagaimana pun, kita tetap membutuhkannya sewaktu-waktu,, kalau pinjam terus bakalan sering di tolak nanti karena sering pinjam..

Balas

Wooow begitu ya Mang detil rincianya....bagus perlu di terapkan nanti suatu saat biar tambah maknyus lagi usahanya...iya kan Mang lembu...

Balas

Nanti jadi pesaing nya mas admin lho.....

Balas

Weee ternyata Mang lembu tugas sebagai Pak Kades..ya..keren banget baru tahu...

Balas

Ada tips modal usaha
Saya terkesima
Hingga hampir lupa
Harus memuji apa...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger