DESA CILEMBU

BioGas Untuk Listrik

BioGas : Lokasinya di tetangga desa Cilembu, tepatnya berada di desa Haurngombong masuk kedalam wilayah kecamatan Pamulihan - Sumedang. Dibuat pada awal tahun 2004 hasil binaan UNPAD, konstruksi awalnya terbuat dari plastik, pada tahun 2008 konstruksinya diganti dengan fiber, seiring dengan perkembangannya pada tahun 2010 BioGas ini mendapat bantuan dari  SIPOS (Belanda),dan konstruksinya diganti total dengan beton yang berisi 6 kubik, sehingga biogas ini dapat menyala 7 - 8 hari dengan menggunakan bahan baku kotoran 45 Kg/hari.
BioGas Untuk Listrik
Kotoran...?!..widiiih...Biogas memang dihasilkan dari aktivitas anaerobik atau hasil fermentasi dari bahan-bahan organik, diantaranya kotoran ternak, kotoran manusia, dan limbah rumah tangga, kandungan utama dari biogas ini adalah metana dan karbondioksida yang dapat menghasilkan bahan bakar kendaraan atau untuk listrik.
BioGas yang dihasilkan dari aktivitas fermentasi sangat populer digunakan untuk mengolah limbah bidegradable karena bahan bakar dapat dihasilkan sambil menguraikan bakteri patogen yang sekaligus dapat mengurangi volume limbah buangan, Metana dalam biogas relatif lebih bersih daripada batu bara, dan energi yang dihasilkannyapun jauh lebih besar dengan emisi karbondioksida yang lebih sedikit. 
Metana dalam pemanfaatan biogas ini memegang peranan penting dalam manajemen limbah, karena metana adalah gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbondioksida, sedangkan karbon pada biogas adalah karbon yang diambil dari atmosfir oleh fotosintesis tanaman, yang artinya bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon di atmosfir, berbeda dengan bahan bakar yang dihasilkan dari bahan bakar fosil
Dewasa ini, negara-negara maju berupaya meningkatkan penggunaan biogas sebagai bahan bakar baik untuk kendaraan, maupun untuk listrik, pertimbangannya adalah :
Manfaat biogas diantaranya :
1. bahan bakunya mudah didapat (kotoran)
2. Ramah lingkungan.
3. Menambah nilai pendapatan dari tingkat peternak.
4. bisa menghasilkan pupuk yang berkualitas.
Desa Haurngombong sudah selangkah lebih maju, karena jauh hari sudah melaksanakan program "Bumiku Yang Lestari".

Semoga post Biogas untuk Listrik berguna

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

BioGas Untuk Listrik

Balas

Jika bahan baku dan pembuatannya cukup sederhana, mengapa tidak diproduksi secara massal ya kang? Khan lumayan bisa menghemat biaya bahan bakar, khususnya untuk listrik.

Apa ada spec khusus tempat dan lahan yang bisa dipakai membuat biogas? Sbb bahan bakunya khan setiap rumah pasti punya tuh.. :)

Balas

yah beginilah negeri kita, selama masih ada yang sudah tersedia, malas membuat sesuatu yang masih baru, walaupun lebih murah dan ramah lingkungan..manja.
yang adapun tidak dimaksimalkan penggunaannya, malah diabaikan kang.

tunggu kalau sudah habis persediaan baru pada ribut, jadinya ya selalu ketinggalan oleh bangsa lain

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger