DESA CILEMBU

Visi dan Misi Kec. Pamulihan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampurasun...Rampes.
Setelah postingan terdahulu tentang sekilas dari profil Kecamatan di "(Desa Cilembu, Kec. Pamulihan)", kurang lengkap bila tidak disertakan Visi dan Misi nya, inilah dia:
Visi merupakan cara pandang jauh ke depan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat eksis, antisipasif dan inovatif. Misi suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu rumusan Visi dan Misi  harus mencakup : 
  1. Tujuan terluas dan terumum, termasuk semua yang berarti memperjelas   arah yang akan dicapai organisasi;
  2. Gambaran aspirasi di masa depan;
  3. Inspirasi untuk mendapatkan yang terbaik;
  4. Pencapaian pada hasil;
  5. Komunikasi dan pernyataan misi dan persuasive pimpinan


Mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten Sumedang, maka yang menjadi Visi dan Misi Kecamatan Pamulihan adalah : “Terwujudnya Kecamatan Pamulihan sebagai daerah penopang agribisnis yang didukung oleh masyarakat yang sejahtera, tangguh, beriman dan taqwa, demokratis, berkesadaran hukum serta inovatif.”

Kondisi yang ingin dicapai dalam kurun waktu 2011-2012 melalui tiga agenda utama tersebut adalah sebagai berikut :
Misi Pertama : “Menegakan tata pemerintahan daerah yang makin baik, bersih dan amanah dengan berlandaskan kepada kedaulatan rakyat, demokratis, menjunjung tinggi supermasi hukum dan hak asasi manusia”.
  1. Terselenggaranya manajemen Pemerintahan Daerah yang makin baik, bersih dan amanah dalam rangka mewujudkan citra dan kepercayaan masyarakat melalui pemberian pelayanan umum yang makin aspiratif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif.
  2. Terciptanya situasi dan kondisi stabilitas politik daerah yang makin kondusif bagi terselenggaranya pemerintahan di segala bidang yang ditunjang oleh partisipasi politik masyarakat yang makin aktif, dinamis serta memperhatikan norma – norma hukum dan hak asasi manusia.
  3. Terselenggaranya penegakan hukum di daerah dalam rangka tertib penyelenggaraan tata pemerintahan serta pemeliharaan ketertiban dan ketentraman masyarakat yang makin manusiawi.


Sedangkan sasaran dan target yang hendak dicapai dari tujuan yang dirumuskan dalam misi pertamatersebut adalah :

  • Meningkatnya penindakan terhadap penyalahgunaan tugas dan wewenang dalam pelaksanaan pelayanan oleh para penyelenggara pemerintah dibidangnya masing-masing.
  • Meningkatnya kesadaran dan budaya politik masyarakat di daerah yang makin demokratis, yang ditandai dengan tingkat partisipasi politik masyarakat.
  • Meningkatnya peran media komunikasi dan informasi penyelenggaraan pemerintah yang makin dapat diakses oleh masyarakat, dengan meningkatnya capaian informasi kebijakan pemerintah kecamatan ke masyarakat desa.
  • Meningkatnya kualitas hubungan kepemerintahan di antara institusi penyelenggaraan pemerintahan yang ditandai dengan pelaksanaan koordinasi dan integrasi, sinkronisasi dan simplikasi (KISS) yang baik.
  • Makin tertatanya kesadaran dan tertib hukum wilayah kecamatan, meningkatnya kesadaran hukum masyarakat yang ditunjang oleh kemampuan aparatur hukum yang makin baik dengan makin tercukupinya sarana dan prasarana penegakan hukum di wilayah.
  • Tersusunnya tata ruang kecamatan dalam rangka meningkatkan tertib penataan ruang untuk kawasan budidaya dan non budidaya.


Misi Kedua : “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif yang ditopang oleh pembinaan akhlak mulia serta lingkungan dan modal sosial yang makin menjamin solidaritas sosial”.

  1. Terwujudnya kapasitas masyarakat yang berdaya saing optimal di tingkat regional maupun nasional, berakhlakul karimah, sehat, mandiri dan berkeadilan gender dengan ditopang oleh pengalaman nilai – nilai religius yang makin memasyarakat di lingkungannya.
  2. Terpeliharanya suasana kegotongroyongan dalam kehidupan bermasyarakat yang makin memperkokoh kesejahteraan keluargadri integritas sosial.
  3. Terwujudnya kualitas pelayanan kesejahteraan sosial yang makin meningkat kualitasnya pada setiap tahun, terutama dalam pengentasan kemiskinan dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).
  4. Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas dalam bidang pengelolaan pendidikan, yang mencerminkan pemerataan kesempatan berpendidikan terutama wajib belajar pendidikan sembilan tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun) mutu dan relevansi hasil pendidikan yang makin sesuai dengan kebutuhan lingkungan, serta keterlibatan partisipasi pendidikan yang makin baik.
  5. Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas dibidang kesehatan masyarakat, yang berbasiskan pada upaya – upaya yang bersifat preventif dan promotif dengan upaya – upaya yang bersifat kuratif dan rehabilitatif.


Sedangkan sasaran dan target yang hendak dicapai dari tujuan yang dirumuskan dalam misi kedua tersebut adalah :

  • Kontribusi tercapainya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia pada setiap tahunnya.
  • Tertanganinya semua lapisan masyarakat saat mengalami dampak bencana alam dan sosial, serta terus meningkatkan kesetiakawanan masyarakat dalam penanggulangan bencana.
  • Meningkatnya upaya rehabilitasi infrastruktur pendidikan dasar dan menengah, disertai dengan pendidikan kurikulum muatan lokal, kompetensi tenaga kependidikan serta kualitas relevansi pendidikan bagi kebutuhan peserta didik dalam kehidupan sosial ekonomi dilingkungannya.
  • Meningkatnya kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk menyukseskan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (wajar dikdas 9 tahun) terutama pada jenjang pendidikan SLTP, dalam rangka menunjang target APM SLTP sekurang-kurangnya 92.50 dan APK SLTA sekurang-kurangnya 95.2 pada tahun 2011.
  • Menurunnya biaya penyelenggaraan pendidikan yang bersumber dari peserta didik, khususnya pada jenjang pendidikan SD dan SLTP yang pembiayaannya diusahakan melalui peningkatan Biaya Operasional Sekolah (BOS).
  • Meningkatnya upaya pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur kesehatan, terutama di desa yang memiliki hambatan menuju pusat kesehatan masyarakat yang refresentatif, yang disertai dengan perbaikan penyediaan obat-obatan, kompetensi tenaga kesehatan dengan tingkat capaian 100% dari kebutuhan, serta fasilitasi pengobatan alternatife yang makin terkontrol.
  • Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan keikutsertaannya dalam pengelolaan layanan kesehatan umum yang kredibel dan reliable. Dalam rangka menunjang target penurunan angka kesakitan setiap tahunnya sekitar 10%.
  • Meningkatnya fasilitasi pemerintah dalam pemberdayaan kelembagaan masyarakat yang bergerak dalam bidang kesejahteraan masyarakat dan keluarga dengan capaian setiap tahunnya 100% dari kelembagaan yang ada, dengan terus mengupayakan pengarusutamaan gender di berbagai sektor pembangunan daerah.
  • Meningkatnya fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana keagamaan, baik sesama umat, antar umat beragama dan antar umat beragama dengan para penyelengara pemerintahan daerah, yang ditandai dengan tidak adanya konflik SARA.


Misi Ketiga: “Meningkatkan pemanfaatan dan pembangunan potensi sumber daya alam dan ekonomi yang makin berwawasan lingkungan dan berkelanjutan menuju tercapaiya kesejahteraan masyarakat yang layak dan bermartabat”.

Misi ini bertujuan untuk mengembangkan basis ekonomi dan kesempatan kerja yang beragam memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, sehingga mencapai stabilitas ekonomi desa. Sedangkan sasaran dan target yang hendak dicapai dari tujuan yang dirumuskan dalam misi ketiga tersebut adalah :
  • Laju pertumbuhan ekonomi dapat mencapai rata-rata 5 % pertahun.
  • Terewujudnya Kecamatan Pamulihan sebagai daerah agrobisnis dan pendidikan yang didukung oleh upaya pengembangan satuan kawasan wisata.
  • Teratasinya masalah sampah/limbah rumah tangga/limbah pabrik.
  • Tercapainya reklamasi lahan galian C secara bertahap.
  • Berkurangya jumlah penduduk miskin.
  • Meningkatnya partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan untuk menunjang pengurangan pengangguran, penyelesaian kasus-kasus hubungan industrial, serta terlaksananya penerapan ketentuan normatif dan tidak terjadinya kecelakaan kerja.
  • Meningkatnya fasilitasi penyediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terus terjamin di pusat-pusat perekonomian masyarakat, yang ditandai tersedianya kebutuhan pokok masyarakat.


[]Sumber disini 
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

cuma bisa memberi energi semangat ,,,
"Selamat berjuang untuk kemakmuran rakyat !!!"

wilujeng ngeblog

Balas

@Kang Asep.nuhun dukungan dan do'a na kang.
hepi ng'blog dan sehatlah hari ini

Balas

tetap semangat mas cilembu :)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger