DESA CILEMBU

Istri Simpanan di Buku Kelas 2 SD

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampuasun...Rampes.
Desa Cilembu ~ Istri Simpanan di Buku Kelas 2 SD ~ "Aduh biung...bade dicandak kamana  barudak SD teh atuh nya'?", gerutuan pagi hari setelah menyimak berita MetroTV hari ini (13/04),walaupun belum membaca secara detail/langsung dari buku pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta, mendengar paparan dan diskusi para pembicara, ko ya...rasanya hati kecil cilembu (sedikit banyak punya basic seorang pendidik ...walau setetes)...miris juga...mau dikemanakan anak-anak SD itu,

padahal usia SD adalah "usia emas" yang seharusnya ditempa dan dibentuk dengan apik, rapih, dan hati-hati agar kelak menjadi "emas-emas yang memiliki bentuk dan kualitas yang baik".
Cilembu sengaja mengcopi secara penuh, karena ini masih dalam perdebatan, ada yang pro dan kontra, cilembu ingin sohib yang kebetulan nyasar kesini, dapat memberi wacana menurut pribadi dan wawasan sohib, juga agar cerita yang tertulis disini menjadi utuh....silahkan beropini...!?

JAKARTA--MICOM: Cerita "Istri Simpanan" dalam buku pelajaran kelas 2 SD telah menuai kontroversi. Kisah Bang Maman Dari Kali Pasir ini menjadi bahan pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta. 


Bang Maman adalah pedagang buah di Kali Pasir. Bang Maman mempunyai anak perempuan bernama Ijah dan berkata ingin menjodohkannya dengan Salim anak Pak Darip orang kaya di Kali Pasir. Tak lama setelah Salim dan Ijah menikah, Pak Darip meninggal dunia. Pak Darip meninggalkan harta warisan berupa kebun yang sangat luas kepada Salim. 

Salim tidak bisa mengurus kebun peninggalan ayahnya, dan minta Kusen mengurusnya. Istri Kusen mempunyai rencana jahat, dia meminta suaminya menjual kebun Salim. Setelah kebun dijual mereka melarikan diri. Salim menjadi miskin, harta warisan ayahnya sudah habis. Akhirnya Salim berjualan buah di pasar. 

Bang Maman mengetahui Salim telah jatuh miskin. Bang Maman ingin Ijah bercerai dengan Salim, karena Salim telah jatuh miskin. Ijah tidak mau, biar miskin Ijah tetap setia kepada Salim. 

Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Patme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim. Patme setuju atas permintaan Bang Maman. Kemudian Patme datang ke rumah Salim dan berbicara dengan Ijah. Patme mengaku sebagai istri Salim. Patme dan Ijah bertengkar. Ijah merasa kecewa dan marah kepada Salim. 

Kemudian Salim memberikan penjelasan kepada Ijah, namun Ijah tidak percaya. Akhirnya Salim pergi meninggalkan Ijah. 

Suatu hari Ijah berkenalan dengan Ujang. Ujang Adalah seorang perampok yang sudah lama dicari polisi. Dengan menyamar seperti orang kaya Ujang datang melamar Ijah. Lamaran Ujang diterima dan akhirnya Ujang dan Ijah menikah. 

Pada saat pernikahan berlangsung datanglah polisi menangkap Ujang dan gentong. Mereka sudah lama dicari polisi karena sebagai perampok. Namun Ijah tidak tahu kalau mereka sebagai perampok. Mereka akhirnya dibawa ke kantor polisi dan Bang Maman sebagai saksi. 

Polisi minta agar semuanya tenang. Dijelaskan oleh polisi bahwa yang ditangkap itu adalah buronan. Mereka ditangkap karena sering berbuat jahat. Mereka suka merampok dan menipu. Akhirnya pesta perkawinan berangsur-angsur bubar. (*)


[]Semoga berguna

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger