DESA CILEMBU

Merubah Sagu Jadi Beras, dapat Avanza

Merubah Sagu Jadi Beras
sumber.gbr
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalm'muallaiqum.Wr.Wb....Sampurasun...Rampes.
Merubah Sagu Jadi Beras, dapat Avanza ~ Setelah kemarin cilembu share soal panduan membuat Proposal, kali ini kita sama-sama menyimak mengenai Janji menteri BUMN Dahlan Iskan didepan mahasiswa ITS (3/4/2012) saat menjadi pembicara pada kuliah umum  di Gedung Pusat Robotika, dia akan menghadiahi Toyota Avanza bagi mahasiswa yang mampu merubah sagu menjadi beras, bukan hanya bentuk, tapi rasa, warna, dan aroma harus persis seperti beras.
Tantangan yang dilontarkan mentri BUMN ini mengingat di Papua ada satu hektar hutan sagu yang harus diolah dengan baik dan tentunya harus diberi sentuhan inovasi lebih modern agar lebih berdayaguna. Pihaknya akan membangun pabrik pengolahan sagu di Sorong, bila dapat tercipta sagu menjadi beras, hal ini dapat membantu pasokan pangan tidak hanya sagunya saja untuk Indonesia bagian barat tetapi hasil rekayasanya dapat didistribusikan keseluruh pelosok negeri.
Kemampuan warga ITS sudah tidak diragukan, sudah banyak karya cipta mereka yang telah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, diantaranya : 
  1. Penggilingan padi yang tidak hanya dapat menuai padi tapi juga dapat memotong sisa batang padi untuk pakan ternak
  2. Kapal three in one, sebuah kapal yang dapat menganggkut orang, barang dan ternak,
  3. Mobil Listrik "Naga Geni" karya cipta mahasiswa D3 Teknik Mesin ITS,
  4. Kran air wudu sensor proximity (kran hanya terbuka bila tangan berada dibawahnya, karya mahasiswa D3 Teknik Elektro ITS, (Yoga Uta Nugraha, Ayuning Fitri Desanti, dan Riscy Madina), kran wudu ini dapat menghemat air hingga 100 ml.
  5. ...dan masih banyak lagi karya seluruh sivitas akademi ITS.
"Sungguh kita perlu kebijakan dan keberpihakan pemerintah dalam tangka membela dan membangun produk-produk dalam negeri," ujar Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono, beliau meyakini kemampuan peneliti dan insinyur di Indonesia tidak kalah dengan peneliti dari luar negeri, selama ini bangsa kita hanya diminta untuk merawat dan menjalankan mesin import saja, sejak saat ini mari kita mulai dan dukung sepenuhnya agar anak bangsa ini diberikan keleluasaan dan dukungan penuh untuk membuat, menjalankan, dan merawat mesin-mesin buatan sendiri.
M E R D E K A.......

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger