DESA CILEMBU

Mesin Pencuci Ubi Cilembu

Mesin Pencuci Ubi Cilembu ~ setelah dikhitan(sunat), dan kesehatanpun sudah berangsur pulih serta telah dapat dipergunakan lagi seutuhnya, kini saatnya kembali beraktifitas, (bagi sohib yang hendak berlibur panjang bolehlah melihat wisata yang ada di Desa Cilembu (sebagai referensi), bagi anak desa tentu ngga ada cerita libur panjang, menanam, memanen, dan menjual ubi 'madu' cilembu adalah aktifitas yang tidak dapat ditinggalkan...mengawali hari yang baru dengan burung yang baru tentunya, mari saya kenalkan sohib semua pada mesin pencuci ubi. Kapasitas mesin pencuci ubi cilembu buatan jepang ini adalah 1,5 sampai dengan 2 ton perhari, dengan menggunakan mesin  pencuci ini, dapat menghemat tenaga dan biaya produksi hingga 50 persen. Selain mencuci ubi, mesin inipun dapat digunakan untuk mencuci produk pertanian lain seperti kentang, singkong dan lain-lain.
Mesin Pencuci Ubi Cilembu
Mesin Pencuci Ubi Cilembu ini belum dianggap efektif dan efisien, karena proses pencucian hars dilakukan dua kali terutama apabila kotoran/tanah yang menempel pada ubi cilembu cukup tebal, dan hasil akhirnya sering sekali membuat kulit ari dari ubi cilembu menjadi rusak(lecet), padahal bila kulit ari ubi cilembu ini rusak akan mengakibatkan kualitas menjadi turun karena kulit yang rusak tersebut dapat mengakibatkan rasa ubi akan pahit dan keras pada daging ubi saat dilakukan pe-ovenan. 

Harga mesin inipun cukup mahal untuk pe-wirausaha kelas kecil dan menengah sehingga tidak semua pengusaha ubi cilembu dapat membeli alat ini, hal tersebut jadi sebuah tantangan bagi para mahasiswa teknik mesin dan para pelaku industri juga pelaku pendidikan, untuk dapat berinovasi menciptakan mesin sejenis yang lebih efektif, murah dan memiliki kapasitas yang lebih besar, dan yang terpenting adalah tidak merusak kulit ari ubi cilembu, sehingga kwalitas ubi cilembu tetap terjaga. Bila hal ini dapat dilakukan tidak hanya jepang sebagai tujuan ekspor, akan tetapi dapat berkembang kenegara-negara lainnya, seperti Korea, Singgapura, Malaysia, dan China.

Hayooo...bangkitlah Indonesia-ku, mahasiswa-ku...dari pada demonstrasi anarkis, mending berbuat saja kalian untuk rakyatmu, ciptakan sesuatu yang berguna untuk lingkunganmu...jangan mencari pekerjaan, tapi ciptakan, walau secuil....abangmu ini sudah lelah melihat polah kalian, kalau ngga tawuran...demonstrasi...mau jadi apa dan hendak dibawa kemana negri ini?


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

mudah mudahan makin tambah maju desanya.merdekaaaaa....

Balas

heheee...can merdeka kang..masih berjuang keneh..

Balas

Semoga ada perbaikan bug pada versi selanjutnya yah xD

o iya, ieu nu khitanan teh saha ?
Waduh, kudu ngamplop yeh xD

Balas

jaman sekarang memang serba bisa, hebat :)

Balas

betul kang..segala sesuatunya pasti akan bertambah menjadi lebih baik.

hehe..silahkan ditebak-tebak buah manggis..siapakah yang di khitan?..:)

Balas

dibutuhkan semangat dan kreatifitas tiada henti brad...hayuu ah

Balas

Mesin Pencuci Ubi Cilembu masih mahal dan hasilnya blom sempurna.Semoga atuh para sainer dan ilmuwan kita bisa menciptakan yang lebih unggul dalam kualitas dan hasil.
Nice Kang,happy bloging.

Balas

sumuhun kang...gliran aya nu canggih pasti masih buatan luar bari jeung mahal, iraha nya' batur siga urang?

hepi ngopi dan semoga sehat selalu...salam u/raihan..udah segede apa c ya?

Balas

Assalaamu'alaikum...kunjungan silaturrahim ke desa cilembu...mesinya sedrhana tapi mempersingkat proses kerja juga kan...mantab lah...maju terus

salam sehat dan bahagia selalu

Balas

Alat ini sebenarnya cukup sederhana kang, tapi saya tidak tahu berapa harga jual dipasaran atau seberapa harga yang bisa dikatakan mahal untuk masyarakat desa. Sebetulnya bisa saja memodifikasi mesin dg memanfaatkan alat/mesin yg disesuaikan dg kemampuan. Tapi ya kembali semuanya itu pada keuntungan yg bisa diperoleh bagi si pembuat. Moga aja makin banyak engineer Indonesia yg mau berbakti untuk desa, shg bisa menciptakan mesin yg murah dan layak pakai

Balas

amiin...amin...terimakasih sudah suport.

sehat juga untuk keluarga pasarherbal

Balas

insyaallah pihak UNPAD segera merapat kedesa.

terimakasih suportnya selalu

Balas

salam sukses buat desa cilembu,.. waktu itu ada wawaran mau bagi² dodol apa pa iya nini lupa mana kang di tunggu bingkisannya dari desa cilembu heheh....

Balas

ai kahoyong mah ageung ni...ngan geuningan rada macet deliperi na ieu teh lah..wkwkwk

Balas

oh pantes, pernah dpt ubi cilembu pahit, ternyata krn kulitnya rusak ya.. hrs teliti nih

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger