DESA CILEMBU

Aman di Dunia Maya 2

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampurasun...Rampes.
Setelah sohib membaca Post yang lalu "Aman di Dunia Maya", sohib akan dibawa kehalaman "Membuat Sandi yang Aman"....betul??
Nah...Pada Aman di Dunia Maya 2, sohib desa mau tak ajak ke Phishing (bukan pesing yah...ingat!!)....
Apa  itu Phishing

Penjahat online mencuri informasi Anda dengan alasan finansial, terlepas dari apakah mereka mengenal Anda atau tidak. Mereka berusaha agar tampak meyakinkan, dan dengan berpura-pura menjadi seseorang atau sesuatu yang lain, mereka mencoba mendapatkan detail pribadi Anda. Situs web atau pesan phishing mencoba menjebak Anda agar mengungkap informasi pribadi dengan berpenampilan seperti sumber resmi, seperti bank, jaringan sosial, atau bahkan Google. Kami selalu waspada terhadap percobaan phishing, situs palsu dan penipuan internet, dan kami melindungi pengguna web agar tidak mengunjungi situs berbahaya kira-kira 3 juta kali tiap harinya.

Memeriksa lagi tidaklah merugikan

Sebaiknya Anda mencermati semua layar untuk masuk saat online. Anda harus selalu waspada terhadap segala pesan yang menanyakan informasi pribadi atau pesan yang mengarahkan Anda ke suatu laman web yang menanyakan detail tersebut.

Pesan atau situs web yang melakukan phishing untuk mendapatkan informasi mungkin meminta Anda memasukkan detail berikut:

  • Nama pengguna dan sandi
  • Nomor Jaminan Sosial
  • Nomor rekening bank
  • PIN (Nomor Identifikasi Pribadi)
  • Nomor kartu kredit lengkap
  • Nama gadis ibu Anda
  • Ulang tahun Anda
Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri terhadap phishing:
  1. Yang terpenting, jangan pernah membalas email, tweet, atau pos mencurigakan dengan memberikan informasi pribadi atau finansial Anda. Selain itu, jangan mengisi formulir atau layar untuk masuk yang tertaut dari pesan tersebut.
  2. Jangan pernah memasukkan sandi setelah mengikuti tautan pada email atau obrolan tidak tepercaya. Lebih baik membuka situs langsung menggunakan bookmark yang tepercaya.
  3. Jangan mengirimkan sandi Anda melalui email.
  4. Hanya masuk ke akun jika Anda yakin 100% bahwa situs tersebut asli. Jika ragu-ragu, periksa alamat internetnya di peramban web Anda. Ini adalah contoh URL palsu: www.goog.le.com
  5. Segera pasang pembaruan peramban atau pilih peramban seperti Chrome yang memperbarui ke versi terbaru secara otomatis. Kebanyakan peramban akan memberi peringatan jika Anda mencoba membuka situs web yang diduga melakukan phishing. Google menawarkan API Penjelajahan Aman  yang digunakan oleh Firefox, Safari, dan Chrome. Kami menganalisis jutaan laman web setiap hari dan tiap tahun kami menemukan ratusan ribu laman phishing yang kami tambahkan ke daftar hitam di API Penjelajahan Aman yang kemudian melindungi pengguna dari laman ini.
  6. Sebagian besar penyedia email, termasuk Gmail, memungkinkan Anda melaporkan email mencurigakan dan penipuan phishing . Dengan melaporkan pesan sebagai phishing, pengguna tersebut tidak akan dapat mengirimkan email lagi kepada Anda, dan tim penyalahgunaan kami akan menggunakan laporan tersebut untuk membantu menghentikan serangan serupa.
Tenang rasanya mengetahui bahwa ada beberapa cara sederhana untuk melindungi diri sendiri dari phishing. Baca topik berikutnya: Cara melindungi diri Anda dari perangkat lunak jahat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger