DESA CILEMBU

Dampak Negatif Makan Larut Malam

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampurasun...Rampes.
Makan Larut Malam ~ Lebih sering dilakukan oleh para begadangisme, anak kost, dan peronda malam, PSK juga termasuk...pastinya?!
Para ahli kesehatan sering mengingatkan agar tidak membiasakan diri makan terlalu malam. Ada beberapa dampak negatif bila sohib sering makan larut malam. Makan sebelum tidur atau larut malam dapat menyebabkan berbagai masalah, baik masalah kesehatan, mental dan lainnya.

Berikut beberapa dampak yang terjadi pada orang yang suka makan larut malam :


1. Nighttime Eating Syndrome

Makan larut malam mungkin merupakan gejala depresi yang berkaitan dengan kondisi yang disebut Nighttime Eating Syndrome (NES atau sindrom makan malam hari). Orang dengan NES makan sebagian besar kebutuhan kalori setelah jam 6 sore, menurut Dr. Michael Craig Miller dari Harvard Health Publications.

Orang dengan NES kebanyakan mengalami depresi dan makan larut malam karena ketidakseimbangan hormon. Makan larut malam biasanya melibatkan gula dan karbohidrat, yang merupakan makanan pemicu rasa nyaman sehingga dapat mengobati diri sendiri.

2. Berat badan naik

Makan larut malam sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan berat badan naik, tetapi orang yang makan tengah malam cenderung makan dengan cepat, makan makanan cepat saji seperti burger, pizza atau makanan berminyak dan berlemak, bukan buah atau sayuran.

Selain itu, jika sohib makan lebih malam tentu saja perut lebih lapar dari biasanya, sehingga makan pun dengan porsi yang lebih besar. Semua faktor tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tidak langsung.


3. Mengganggu tidur

Makan makanan yang mengandung lemak saat larut malam dan 3 jam sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan terus bekerja sepanjang malam dan dapat mengganggu tidur, menurut Ask Men. Selain itu, makan makanan pedas larut malam dapat menyebabkan rasa panas, mulas dan gangguan pencernaan pada hari berikutnya.


4. Efek lain

Meningkatkan peluang mengembangkan diabetes tipe 2, karena gula dan insulin mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain setelah periode kelaparan.



Konsumsi kafein larut malam cenderung menyebabkan insomnia dan konsumsi alkohol larut malam dapat menyebabkan periode panjang insomnia jika sohib minum dengan jumlah berlebihan. 

Sumber : http://www.info-asik.com

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

padahal saya suka banget kalo begadang makan tengah malam tuh. liwet bareng temen-temen. wahh, makasih ilmunya nih sob. bikin jadi ngerti

Balas

tapi saya alhamdulillah kang,saya sering makan malam.
tapi mudah mudahan saja tidak terjadi apa apa ya kang.
hatur nuhun infona kang.

wilujeung ngeblog

Balas

Itulah Kang,penyakit "lapar" tengah malam ini kadang tak bisa kita hindari,maen celebek bae,hehe.
Wuih ternyata berbahaya,tacut klo badan kaya dalam pic diatas,hiiiih.

Balas

hehee..saya sendiri hampir tiap malem begadang, pastinya sudah jadi kebiasaan makan tengah malem..kumaha deui da laper...bismillah azh kang, moga kita sehat selalu..amin

Balas

aku juga sering makan terlalu malam. mungkin karena itu ya ... perutku jadi semakin buncit aja.

Balas

Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuan kesehatannya ini.
Banyak juga efek negatif bila kita makan terlalu malam. Padahal kalau pas kebagian Jaga / Dinas Malam saya juga makan sekitar jam 11 malaman nih

Balas

wahahaa...sepertinya rata-rata para bloger tukang makan tengah malem semua kali ya..jeun we mun akang sagede kitu mah..asal ulah sayah we...:o)
salam sehat selalu

Balas

lanjutkan saja kang..kalau laparkan ngga baik juga menahannya, bisa kurus kering nantinya, biarlah buncit sedikit mah...lucu....wkwkwk

Balas

kalau lapar pas dines malem kayanya perkecualian deh..hehee
yang akan bermasalah itu yang kerjaannya ng'blog sampe pagi...:o)
salam sehat kang

Balas

moal nanaon dido'akeun...paling perut bucitrek sakeudik....:o)

wilujeng ngajar

Balas

Malam ngopi aja saya mah sob,,,,

:)

Balas

sama ajah malah lebih parah, soalnya abis ngopi, 10 menit kemudian terus ngopi...:o)
salam sehat selalu tentunya

Balas

yah kalo saya sieh mas kalo gak gopi ama ngembil malam2 aduh kagak tahan nie mata.,
moga aja sehat selalu,.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger