DESA CILEMBU

8 Kesalahan Medis Mengerikan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampurasun...Rampes.
Desa Cilembu, kita lewatkan post yang kemarin soal Purnama untuk Plestine (bila sohib berkesempatan menyimaknya bakal terharu birukan)... Untuk pemenuhan kebutuhan label Tips Sehat, kali ini cilembu share soal 
Kesalahan Medis Mengerikan ~ Sudah tak terhitung kesalahan medis yang dilakukan para pelaku medis, baik yang terdeteksi ataupun yang tersembunyi atau disembunyikan....alasan klisenya adalah "Petugas medis juga manusia yang sangat mungkin melakukan kesalahan".
Berikut 8 kealahan medis mengerikan yang seharusnya dapat dihindari jika ada strategi yang tepat dan benar antara dokter dan perawat :
1.  Salah memasukkan tabung
Tabung untuk dada dan makan(tabung menuju lambung) sekilas tampak mirip, sebagai iliustrasi, seperti yang dialami Alicia Coleman yang meninggal akibat perawat salah memasukkan tabung untuk makan kedalam dada Alicia hingga menyebabkan Alicia meninggal, karena obat yang dimasukkan kedalam tabung menghentikan jantungnya.
Mintakan pada pihak rumah sakit agar berhati hati, jangan sampai tabung gas elpizi 3 kg dimasukkan ketempat yang salah...:o(
2.  Barang tertinggal setelah operasi
ilustrasi, terjadi pada pasien Nelson Bailey yang menemukan spons bekas operasi yang dilakukan tertinggal didalam perut yang membusuk dan menyebabkan infeksi diususnya.
Jika memiliki rasa sakit, demam, atau bengkak setelah operasi, segera tanyakan dokter atau perawat penyebabnya, siapa tahu ada buldozer tertinggal didalamnya....:o)
3.  Operasi bagian tubuh yang salah
Kemungkinan ini dapat terjadi seperti yang dialami Jesse Matlock yang dioperasi mata kiri, padahal yang bermaslah adalah mata kanannya, ahli bedah tidak menyadari hal tersebut sampai operasi berakhir, hal ini terjadi karena dokter salah membaca catatan medis pasien.
Sebelum melaksanakan operasi, tegaskan kembali pada dokter dan perawat bagian mana yang sakit.
4.  Mengobati pasien yang salah
Seperti yang dialami Kerry Higuera yang diminta melakukan scan CT perut saat tengah hamil 3 bulan, padahal yang seharusnya melakukan prosedur itu adalah orang lain yang kebetulan namanya hampir mirip, masih beruntung bayi dalam kandungannya tidak memiliki cacat lahir.
Sebelum melakukan setiap prosedur di rumah sakit, pastikan nama, tanggal lahir, dan barcode pada gelang dipergelangan tangan.
5.  Bangun saat operasi
Penyebab hal ini dapat terjadi karena dosis anestesi yang kurang tepat sehingga pasien terbangun saat operasi masih berlangsung, ilustrasinya seperti apa yang dialami Erin Cook yang menjalani operasi pengangkatan tumor ovarium tiba-tiba terbangun, ternyata baru diketahui vaporizer gas bocor selama operasi sehingga dia hanya mendapatkan 5 persen anestesi yang dibutuhkan.
Tanyakan pada dokter atau perawat bius apa yang digunakan beserta efeknya.
6.  Ada gelembung udara dalam darah
Setelah tabung yang terhubung kedada dicabut, lubang harus disegel kedap udara agar tidak ada gelembung udara yang dapat masuk yang dapat memotong suplai darah ke paru-paru, jantung, ginjal, dan otak.
Sebagai ilustrasinya seperti yang dialami Blake Fought meninggal akibat perawat yang mencabut tabung hanya menutup lubang dadanya dengan kain kasa, sehingga udara masuk dan menggangu suplai darah ke organ-organ utama yang disebutkan diatas.
7.  Pasien hilang
Dialami Marie Cole seorang penderita dementia yang menghilang dari kamar rumah sakit dan ditemukan 4 hari kemudian terkunsi didalam lemari penyimpanan sehingga mengalami dehidrasi parah dan kemudian meninggal beberapa saat setelah ditemukan. Cole diketahui mendrita Alzheimer, lalu ia berjalan sendiri kedalam lemari lalu terperangkap selama 4 hari sebelum ditemukan.
8.  Dokter palsu
Jangan langsung percaya dengan iklan-iklan kesehatan yang belum jelas, jangan sampai apa yang dialami Sarafina Gerling yang percaya pada sebuah iklan arthur Copes yang mengklaim dapat meluruskan punggung yang bengkok yang bisa memperbaiki skoliosis, setelah menggunakan alat selama 6 bulan lekuk tubuhnya malah bertambah parah. 
Ternyata Cole hanyalah seorang seniman, jadi pastikan dokter yang akan mengobati kita memiliki lisensi resmi[clb]
[]Semoga bermanfaat
dari : sumber : gbr.by.google
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

makasih infonya kang, yang lucu nomer 7 tuh, ada pasien hilang hehe..

btw tulisannya digedein lagi kang, sampe keriting tarangna hehe..

Balas

Poin 8 ingat film bobodoran Warkop DKI,hehe. Yang jadi dr Mas Bokir yang ternyata pasien RS Jiwa yang kabur,hehe.
Nice share Kang,nuhun tos berbagi,salam sehat.

Balas

hehe..iyah euy..sejak dikomres, tulisannya jadi segede upret...kumaha atuh nya'...cape deh..ngutak-ngatik na'...ilmuna na diantos lah.

Balas

yg poin 7 dan 8 itu? kok kayak di sinetron ya...? Beneran pasiennya bisa hilang ? DAn dokternya, bisa dokter palsu...?

Balas

wahahaaaa....kayanya jadi film paporit ya kang.
salam sehat juga n haturnuhun kasumpinganna

Balas

hehee..begitu itu cerita dari link nya tuh...:o)
seneng banget dikunjungi m'ba Ririe deh. makasih yah
salam sehat selalu azh yah

Balas

Kisah Alicia di atas itu membuat saya merinding. Miris. Bisa sekonyol itu ya Kang? Di point 3 juga tu kerap terjadi pada operasi usus buntu. Ya ampun, bisa gegabah sekali ya. Na'udzubillah.

Salam sehat selalu.

Balas

memang kang yang namanya manusia tidak terlepas dari kesalahan.
tapi kalau buat sayamah masalah kedokteran atau masalah diatas,tergantung dari ketelitian mereka.
nice info terima kasih sudah sharing.

Balas

solusinamah didieu kang:
http://kampungkuini.blogspot.com/2012/02/cara-pasang-tukar-font-pada-blog.html
Manawi bahan katampi.simpen widgetna di luhuren postingan jiga nu simkuring.

Balas

Dalam menjalankan setiap prosedur tindakan apalagi tindakan medis dan juga keperawatan kita memang harus nerhati-hati sekali sahabat.

Terima kasih atas kritikan yang membangun ini sahabat...

Balas

Kesalahan medis tambahan

Sudah tau pasien sekarat tapi masih tetap mikirin uang untuk jaminan awal
atau menanyakan siapa penjamin nya

hehehe

Balas

tos dicobian ngan teu jalan a?

Balas

Di mana nyimpeuna ieu teh geuning,hebat ah si akangmah.

Balas

puguh ge, sayah teh lieur kang...:o)
di coba ku sayah dilepaskeun, naha kalahkah jadi normal...lieur lah...hehee

Balas

moga jadi pelajaran berharga bagi pelaku medis diEndonesia ya kang.

nuhun silaturahminya.

Balas

sip atuh ai kitu mah...enakeun macana nya' ayeuna mah....:o)

Balas

cuma buat kewaspadaan kita semua azh kang, soalnya awal bulan ini baru melaksanakn operasi pada bungsuku.

sama-sama, hayo maju terus pelaku medis Endonesia
salam sehat selalu kang.

Balas

..ini Endonesia bos...:o)
tengkyu ya.

Balas

Kesalahan-kesalahan rumah sakit (malpraktek), yang sering justru tidak mau mengakui itu kesalahannya ya kang

Balas

biasa itu mah...inikan Endonesia...wakakak

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger