DESA CILEMBU

Ubi Cilembu di Blog Sohib

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalam'muallaiqum.Wr.Wb...Sampurasun...Rampes.
Ubi Cilembu di Blog Sohib ~ Ijinkan Mamang memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih kepada sohib desa yang telah dengan keikhlasannya mereview Ubi Cilembu di blognya, secara langsung maupun tidak langsung langkah ini akan berdampak positif bagi perkembangan Cilembu, khususnya para petani Ubi Cilembu yang pada akhirnya, Insyaallah kesejahteraan yang didambakan dapat diraih...[semoga jadi pahala]
Dibawah ini salah satu contohnya, (langsung dari Blog:ahad-an)
Ubi Cilembu di Blog Sohib
SMPN3                                       Jalan Desa
1.  Ubi Cilembu Dongkrak Perekonomian Desa
Pada hari libur dari pada jalan-jalan ke mall atau supermarket, saya lebih memilih jalan-jalan keliling kampung sambil menikmati indahnya alam pedesaan yang sejuk dan jauh dari polusi kota yang memusingkan kepala. Seperti yang saya lakukan di hari Selasa 17 Mei 2011, saya berkeliling dengan anak ke daerah Cileunyi sambil kebetulan ada keperluan ke teman.
Dari Cileunyi saya dan anak saya tidak langsung pulang ke rumah, kami jalan-jalan berdua. Kendaraan saya arahkan ke wilayah Dangdeur, sebelum sampai ke kawasan industri Jarum Super saya berbelok memotong jalan ke Sawah Dadap dan bertemu jalan Parakan muncang-Simpang, singkat cerita dalam perjalanan terbersit ide untuk tidak langsung ke Simpang, di warung kawat saya berbelok ke kanan dan kendaraan dipacu menuju Desa Cilembu.
Setibanya di wilayah Desa Cilembu, saya kaget dan kagum akan suasana desa Cilembu yang jauh lebih maju dibandingkan pada tahun 2000an terakhir kali saya mengunjungi desa Cilembu. Sepanjang jalan desa rumah-rumah berdiri dengan gaya arsitektur modern, ada pula rumah-rumah dahulu namun ditata dengan apik sehingga kelihatan Desa Cilembu yang cantik nan asri. Betapa pesatnya perekonomian Cilembu, ternyata saya temukan jawabannya…. Ubi cilembu. Yah betul ubi cilembu lah yang membuat masyarakat Desa Cilembu terdongkrak perekonomiannya selama ini.
Seingat saya, dulu ubi cilembu hanya terkenal di seputaran Kabupaten Sumedang, namun sekarang dengan pemasaran ke berbagai pelosok wilayah nusantara, ubi cilembu merupakan komoditas nasional bahkan manca Negara.
Ubi cilembu adalah sebuah komoditi pertanian yang khas dan susah untuk ditemukan di wilayah lain. Walaupun kita mengambil benihnya dari Cilembu, kita tanam di Bogor misalnya cita rasa ubi yang sudah matang tidak akan sama dengan ubi cilembu yang ditanam di wilayah Desa Cilembu. Dengan potensi unggulnya komoditas ubi cilembu, masyarakat cilembu selain menjual ubi yang matang (di bakar/open) juga menjual ubi mentahnya. Dari situ lah perlahan-lahan masyarakat Desa Cilembu mulai mengais rupiah demi rupiah dan hasilnya tadi, begitu saya melihat wajah masyarakat Cilembu yang luar biasa kemajuannya.
Mendapatkan ubi cilembu lebih terjamin keasliannya langsung membeli di wilayah Desa Cilembu. Lokasinya tidak susah kita temukan, kalau berangkat dari Bandung ke Cirebon setibanyak di kawasan Tanjungsari bisa langsung belok kanan (tikungan PLN Tanjungsari) menyusuri jalan desa Margajaya/Ciluluk lurus terus sampai kita menemukan jalan Parakanmuncang-Simpang (Warung Kawat) jangan berbelok langsung nyebrang menuju kawasan pengamatan matahari Haurngombong dan kurang lebih 10 menit sampailah di Desa Cilembu, Kalau dari arah Cirebon, belok kiri di Simpang dan seterusnya seperti jalur di atas, demikian pula dari Cilacap, wilayah Priangan Timur ke Bandung sampai di perempatan paramun (Parakan Muncang), putar arah menuju jalan simpang (angkot 05 warna kuning) dan setibanya di perempatan Warung Kawat belok kanan dan seterusnya seperti di atas.
[sumber:http://www.ahadan.co.cc/2011/05/ubi-cilembu-mendongkrak-perekonomian.html]
NoNama BlogURLJudul PostLink
2Cinta Derashttp://www.raihanrn.comUbi Cilembu dari Desa Cilembuhttp://www.raihanrn.com/2012/04/ubi-cilembu-dari-desa-cilembu.html
3Sundulhttp://soendoel.blogspot.comUbiCilembu Menjaga Stamina Bercinta Priahttp://soendoel.blogspot.com/2012/06/ubi-jalar-menjaga-stamina-bercinta-pria.html
Hayo siapa lagi yang senang dengan "Pemberdayaan"..?
Mari menggali potensi desa yang ada disekitar tempat tinggal masing-masing demi para petani kita yang telah lama menjadi warga kelas 8 dinegeri ini.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger