DESA CILEMBU

Jamkesda

Desa Cilembu, Jamkesda ~ Innocence Of Muslim kita tinggalkan, tapi semangat persatuan umat harus terus terpatri dalam dada kita sebagai umatnya...aaaamiiiin...

Jamkesda sangat membantu masyarakat miskin, selain gratis mengambil obat, ketika opname di rumah sakit pun tak dikenai biaya.  "Perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, terutama keluarga tak mampu sangat besar, tinggal bagaimana untuk terus meningkatkan pelayanan dan sikap profesionalisme para pelaku kesehatan 
Kriteria mendapatkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) adalah : 
  1. berpenghasilan maksimal Rp 1.030.000/bln.  
  2. belum punya rumah. 
Persyaratan lainnya, 
  1. ada salah satu anggota keluarga gizi buruk karena alasan ekonomi, 
  2. tidak mempunyai kendaraan roda dua, kecuali untuk keperluan usaha atau mengojek dan ada anak dari anggota keluarga putus sekolah karena alasan ekonomi.
Jamkesda

Jamkesda merupakan program bantuan sosial pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin yang tidak masuk dalam program jaminan kesehatan masarakat (Jamkesmas).

Tujuan program ini 

  1. untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat miskin agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien.
Sasaran Jamkesda adalah 
  1. masyarakat miskin yang tercantum dalam daftar yang telah ditentukan pemerintah daerah setempat.
Bantuan program Jamkesda meliputi :
  1. pelayanan kesehatan dasar rawatinap di puskesmas rawatinap, 
  2. klinik dan rumah sakit, rumah sakit jiwa sesuai ketentuan Jamkesda. Berikutnya, bantuan paket persalinan normal anak pertama dan kedua, 
  3. pelayanan gawat darurat  di puskesmas dan rumah Sakit.
Biasanya, pelayanan obat di rumah sakit dan puskesmas beserta jaringannya menggunakan obat generik. Apabila terjadi pemberian resep di luar obat generik, maka menjadi tanggung jawab pemberi pelayanan kesehatan. Penggunaan obat di luar jenis obat generik masih dapat dimungkinkan sepanjang sesuai dengan indikasi medis berdasarkan protokol terapi yang diusulkan ole komite medik, dan disetujui direktur rumah sakit atau pejabat lain yang berwenang.

Harus Ada Surat Rujukan
Sasaran Program Jamkesda adalah seluruh warga Kota yang belum memiliki jaminan kesehatan berupa Jamkesmas, Askes dan asuransi kesehatan lainnya.
jaminan pembiayaannya meliputi 
  1. pelayanan rawat jalan tingkat pertama (RJTP) dilakukan pada puskesmas dan jaringannya, 
  2. pelayanan rawat jalan tngkat lanjutan (RJTL) pada rumah sakit dan 
  3. pelayanan rawatinap tingkat pertama (RITP) dilaksanakan pada puskesmas rawatinap 
  4. pelayanan rawatinap kelas III di rumah sakit.
Untuk Pelayanan penderita gangguan jiwa dilaksanakan pada Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) terdekat.  Ada pun Jenis-jenis pelayanan kesehatan yang ditanggung Program Jamkesda antara lain berupa :
  1. pelayanan kesehatan di puskesmas dan jaringannya, meliputi rawat jalan tingkat pertama (RJTP) di seluruh puskesmas di Kota/Kabupaten.
Sedangkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, meliputi 
  1. rawat jalan tingkat lanjutan, 
  2. rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) serta 
  3. pelayanan gawat darurat. "Semua biaya perawatan, obat dan operasi ditanggung pemerintah," .
Setiap peserta Jamskesda mendapat layanan di puskesmas sedang ke rumah sakit, selain menunjukkan kartu Jamkesda juga ada surat rujukan, kecuali dalam kondisi gawat darurat bisa langsung ke rumah sakit.

Dirawat di Kelas III
PERHATIAN pemerintah terhadap warga kurang mampu agar mendapat pelayanan kesehatan cukup besar. Selain jaminan kesehatan daerah, ada juga yang jaminanan kesehatan masyarakat miskin (Jamkesmas) dan jaminan kesehatan provinsi (Jamkesprov).
Keempatnya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, sehingga tercapai derajat kesehatan yang optimal secara efektif dan efesien bagi peserta Jamkesda, Jamkesmas maupun Jamkesprov.
Tujuan ketiganya sama untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada keluarga tak mampu. Perbedaannya hanya sumber pembiayaan dan pelayanan rumah sakit.
  • Jamkesda sumber pembiayaan dari pemkab. dan pemkot. 
  • Jamkesprov dari pemprov sedangkan 
  • Jamkesmas berasal dari pemerintah pusat.
Perbedaan lainnya, 
  1. peserta Jamkesda hanya bisa mendapat pelayanan di rumah sakit kabupaten dan kota, tidak bisa ke luar provinsi. Sementara peserta 
  2. Jamkesprov bisa dirujuk ke Rumah Sakit besar yang ada diprovinsi.
  3. Jamkesmas selain bisa mendapat perawatan di seluruh Indonesia, juga bisa dirujuk ke Rumah Sakit di seluruh Indonesia.
Cara Mengunakankannya
Prosedur pelayanan kesehatan Jamkesmas terdiri atas pelayanan kesehatan dasar. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dasar di puskesmas dan jaringannya, peserta harus menunjukkan 
  1. kartu Jamkesmas atau surat keterangan atau rekomendasi dari dinas sosial setempat bagi gelandangan, pengemis, anak dan orang terlantar. 
  2. Bisa pula dengan menggunakan kartu program keluarga harapan (PKH) bagi peserta PKH yang belum memiliki kartu Jamkesmas.
Pelayanan tingkat lanjut peserta Jamkesmas dirujuk dari puskesmas ke jaringan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut disertai kartu peserta Jamkesmas atau surat lainnya dan surat rujukan,  ditunjukkan sejak awal sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun pada kasus emergensi tidak memerlukan surat rujukan.
Pelayanan tingkat lanjut Jamkesmas meliputi pelayanan rawat jalan lanjutan di rumah sakit, pelayanan rawatinap kelas III di rumah sakit dan tidak diperkenankan pindah kelas atas permintaannya.
--------------------------------------------
Kriteria  Mendapatkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda):
  • Penghasilan maksimal Rp 1.030.000
  • Belum punya rumah
  • Kalau punya rumah terbuat dari kayu dengan ukuran 9 meter persegi
  • Ada salah satu anggota keluarga gizi buruk karena alasan ekonomi
  • Tidak mempunyai kendaraan roda dua, kecuali untuk keperluan usaha atau mengojek
  • Ada anak dari anggota keluarga putus sekolah karena alasan ekonomi
Tentang Jamkesda:
  • Kartunya warna merah
  • Tanpa dipungut bayaran
  • Data peserta Jamkesda berdasarkan BPS 
Pelayanan yang Diberikan:
  • Rawat jalan di Puskesmas
  • Rawat jalan di rumah sakit
  • Rawat inap di rumah sakit
  • Pelayanan rawat darurat
[]Semoga Jamkesda nya bermanfaat
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

semoga program ini terus ada ya kang, karena ada beberapa wilayah sudah menghentikan pelayanan ini.

Balas

aaaammiiin...semoga begitu kang, soalnya banyak bantu rakyat miskin..lumayan lah gitu.
makasih kunjungannya yah, salam sehat selalu

Balas

Pada prakteknya Jamkesda kadang terkendala dengan ruwetnya birokrasi....sehingga si pasie mengalami keterlambatan untuk mendapatkan perawatan.

Smeoga saja penerapannya ke depan lebih baik, cepat dan kooperatif untuk semua yang berhak mendapakan Jamkesda:)

Balas

hehe masih blum ngerti hal bginian.. knapa ??? gk baca samape abiss hhehe (jujur aja lagi) :D

keep post.

Balas

denger2 susah ya registrasinya..

Balas

semoga bisa terealisasi dan membantu rakyat kecil.

Balas

Kalau ikutin prosedur bisa keburu koit tuh yang sakit, memang penekanan kemanusiaan dah roso hati yang tinggi lah bisa mengurangi angka miskin sosial di kota besar di Indonesia ini

Balas

saya pun kuatir yang demikian ini. maklumlah, askes untuk PNS saja, pasti disepelekan dalam prioritas.

Balas

inline dengan programnya Jokowi, kartu sehat.
ini pas kalo diterapkan. konstitusi kita saja mengamanatkan demikian koq. semoga ini program tetap eksis, nggak ada gangguan dan dilaksanakan dengan konsekuen. salam sehat kang

Balas

xixiii...kebiasaanku juga deh tuh.

salam sehat selalu

Balas

aaaamiiiin....tengkyu yah.
salam sehat selalu

Balas

walaikumsalam...
Maaf kang,ni saya coba komentar melalu handphone.

Balas

wah mantep mas artikelnya

Balas

Bisa tuh,,,wuih keren euy

Balas

implementasinya yang seringkali ngawur teh ya kang.
makasih silaturahminya, sehat juga ya.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger