DESA CILEMBU

Nasi(Sega) Jamblang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Nasi jamblangAssalam'muallaiqum.wr.wb...Sampurasun...Rampes.
Desa Cilembu, Nasi(sega) JamblangNama nasi(sega) jamblang berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat kota Cirebon, yakni desa Jamblang, Jamblang, Cirebon, tempat lahir beta, sampai dengan kelas 3 SD setiap hari melihat nenek(kami biasa panggil beliau "m'bah cirebon") menyiapkan banyak sekali porsi nasi jamblang untuk dijual dipasar oleh beberapa orang tetangga(bosnya nasi jamblang gituu deh...:o)
Nasi(sega) Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon.
Sega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar diPelabuhan dan kuli angkut di jalan Pekalipan.
Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.
Sampai sekarang kalau pulang kerumah si m'bah(nenek), menu makannya ngga pernah lepas dari semua menu diatas...mantep sob!

[]Selamat menikmati
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger