DESA CILEMBU

Perbedaan Amin, Aaamin, Amiiin, dan Aaamiiin

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Semua blogger seringkali menulis kata seperti judul diatas, tapi...sebelum melanjutkan (agar otak kanan dan kiri kita lebih fresh dan mata jadi lebih ce'nghar)

Sangat dianjurkan untuk saling mendo'akan diantara kita, karena do'a yang kita panjatkan untuk orang lain akan berimbas baik juga untuk diri kita sendiri, minimal orang yang kita do'akan membalas dengan mendo'akan kita pula, atau minimal do'a kita kepadanya akan dibalas dengan kata "AMin"...betul tidakk?
Sekedar pencerahan untuk pribadi dan sohib yang juga kebetulan belum tahu, ternyata ada 4(empat) perbedaan dari kata "amin
Lafaz Aamiin, diucapkan di dalam dan di luar sholat, maksudnya di luar sholat amin di ucapkan oleh orang yang mendengar doa orang lain, Aamiin termasuk ini fiil Amr, yaitu isim yang mengandung pekerjaan, maka para ulama Jumhur mengartikan dengan Allhummas istajib ( Ya Allah ijabah-lah).
Makna ini yang paling kuat di bandingkan makna-makna lainnya, seperti bahwa aamiin adalah salah satu nama Asma Allah SWT.
Perbedaan Amin, Aaamin, Amiiin, dan Aaamiiin
Membaca aamiin adalah dengan memanjangkan (alif) dan memanjangkan min, apa bila tidak demikian akan menimbulkan arti yang berbeda.

Baca juga Iwan fals jadi Duta Desa
Dalam bahasa Arab, ada empat perbedaan kata AMIN yaitu:
  1. AMIN (alif dan mim, sama-samapendek), artinya adalah Aman, tentram
  2. AAAAMIN (alif panjang dan mim pendek), artinya Meminta perlindungan dan keamanan
  3. AMIIIIN (alif pendek dan mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA
  4. AAAAAMIIIIIIN (alif dan mim sama-sama panjang), artinya Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami
kesemuanya Arti dan maknanya tetap berarti baik, tetapi benar atau belum benar pemakaian kata tersebut, silahkan di analisa dan di maknai sendiri oleh pengetahuan yang tentu lebih tinggi dari saya tentunya, semoga dengan ini dalam penulisan aaamiiin yang sering kita lakukan sesuai dengan arti yang kita maksudkan
semoga Perbedaan Amin, Aaamin, Amiiin, dan Aaamiiin jadi pencerahan bagi saya dan kita semua...aaaaamiiiin
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

63 komentar

yang beginian kadang terlupakan ya kang, haturnuhun ilmuna

Balas

nuhun Kang elmuna, hrs lebih hati2 cara pengucapannya biar ga salah maksudnya.
salam

Balas

pinter banget si abang ini buat posting,
hal kecil dan sepele itu sering dilupain tapi kalo di amanati beda arti beda makna,juga beda hikmah nya,mantab banget postingannya yang ini,nyumbang G+ yah...

Balas

baru tau kang perbedaanya#smile

Balas

jujur baru tau ane bro, tq ya manfaat banget buat ane :)

Balas

lumayan kang. sami-sami nya'.

Balas

mugi berguna kang.
sami-sami...salam sehat selalu

Balas

ah bisa azh deh...
tengkyu g+ nya yah.
salam sehat selalu

Balas

sama sayah juga baru tau...heehe

Balas

sama saya juga baru tau, semoga berguna :o)
salam sehat selalu

Balas

kalau aa amin kumaha tah kang,he...he....

Balas

nah kan kalo kita makin masuk ke dalam atas suatu hal, kita jadi makin merasa bahwa ilmu itu luas dan kita belumlah apa-apa. makasih sharingnya Kang.

Balas

Nice share ..

Aku pribadi suka sekali meng-'amin' yang terakhir itu. Hehe ^ ^

Balas

Mantap sob artikelnya :D

Balas

sama2 bagus ya artinya.
salam kenal ya mas.

Balas

iya kang banyak orang yang gak tahu / gak sadar mengucapkan 'aamiin' ,,, termasuk saya sendiri hehe,,,

Balas

bagi yang belum tahu perbedaan kata tersebut, maka semua diserahkan pada ALLAH SWT, yang Maha Mengetahui isi hati hamba-NYA dalam berdoa :)

Balas

eta mah abang tukang ubi cilembu yang brewokan..hehee

Balas

bener kang, semakin kita banyak tau, justru semakin kita malah ngga banyak tau.
makasih juga kang

Balas

sudah betul dong....:o)

Balas

iya tuh katanya, tapi yakin namanya do'a pasti bagus semua.
salam kenal juga.
salam sehat selalu

Balas

sama...saya ge' da baru tau...wkwkwk

Balas

persis bang, semua dan apapun yang kita lakukan selama niat kita baik, kita serahkan semua kepada NYA.
terimakasih silaturahminya, semoga sehat selalu

Balas

hehe benar ini kang, bahasa arab itu banya yg mirip namun mempunyai makna yg berbeda...musti hati2..
sebagai contoh lagi kata Kalbu dan Qalbu, Kalbu artinya anjing, dan qalbu artinya hati..berbeda sekali kan? hehehe

Balas

bener banget tuh...tapi sesuai dengan yang dibilang abang "Blogs of Hariyanto, kalau yang ngga tau, segera tau, dan serahkan deh ke pada NYA.
gitu kali y...:o)
tengkyu sharenya

Balas

Kalo saya sih sering gunain yang 'Amin'. Nice share sob :)

Balas

meskipun semuanya artiya baik, yang tepat untuk doa yang no 4 ya sob

Balas

hehe...ya udah kolo gituh...:o)

Balas

betul kang...lumayan buat pencerahan...saya ge' baru tau juga kale'...wkwkwk

Balas

bagus sob,bakalan sering mampir neh ane.ngeblog sambil nyari ilmu agama.hehe

Balas

Dalma sebuah doa, aminkan dengan 4 nada diatas. InsyaAllah berkah ke empat maknanya kita dapat semua

Balas

amin terimakasih sebelumnya...:o)

Balas

bener tuh...gud ide pisan tah kang...baru kepikiran...;o)

Balas

waw ternyata semua bermakna kebaikan, saya kira ada yg salah bila abjadnya dobel, trims sobat pejelasannya.

Balas

sama sama...
salam sehat yah

Balas

sama-sama..salam sehat selalu juga pak :)

Balas

terima kasih ya sobat. ini satu info yang sangat bagus.. kerana aku sendiri pun sebelum ni tidak tau tentang ni. terima kasih ya

Balas

Alhamdulillah kalau kelak berguna. terimakasih silaturahminya sob, semoga jadi pahala bagi kita semua...Aaaaminnn

Balas

ternyata banyak jg arti dr kata Amin ya sob.
thanks ya sob...

Balas

postingan yang sangat bermanfaat, ane juga sudah tau tentang ini sob hehe

Balas

sama-sama.
salam sehat selalu yah

Balas

aq mah biasanya nulisnya AAMIIN
A=2
I=2
betul ga kang...?
moga aja betul...AAMIIN YA ROBB

Balas

Biasanya saya kalau menulis aamiin...aamiin gitu kang

Balas

jadi inget jaman kecil dulu, kalo di mesjid sukanya lomba keras2an teriak aamiin. hehe

Balas

wahahaaa...bener2 bandel nih...untung ngga turun banget ke putranya...:o)

Balas

hehee...betul atau salah mendingan kita kembalikan azh yu kepada NYA.

salam sehat selalu kanh

Balas

hehee...sama saya juga gitu.
makasih kunjungannnya, salam sehat selalu

Balas

hehe karna dulu ga tau, nulisnya suka 'amin' aja kang, sekarang alhamdulilah udah mulai dibiasain nulis 'aamiin' untuk mengaminkan doa.. :)

Balas

aaaamiiiin....;o)

Balas

Saya kira semua Makna/arti tulisan di atas semua nya Baik jadi bisa gunakan apa saja ..terima kasih kang sudah berbagi ilmu ini (Wassalam)

Balas

sama sama kang...saya juga samaaa...ko'

Balas

saya juga terima kasih sudah diingatkan kembali, kang

Balas

Wah wah rupanya masing masing memiliki perbedaan makna ya. Hmmmmmm./ Saya kira ini referensi yang Penting sekali. Jadi paham sekarang deh. Luar biasa. Amazing. Izin sedot dulu nih kayaknya Mang Lembu. Top markotopsssssssss

Balas

wew, ternyata beda penyebutan juga beda arti ya.. btw ko ini aksara cina

Balas

Baru paham Kang.. !
berarti yang biasanya kita sebagai makmum ,..pengucapannya sudah benar ...
Alhamdulilllaah..!,

Sebelum tadi membaca isi.. yang ada di pikiran saya begini Kang (Opini). dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan arti dalam bahasa Arabnya seperti yang diuraikan di atas ataupun makna-makna lainnya (mengejek, Maap)..:

Kalau sekiranya yang saya tuliskan di bawah ini tidak sesuai etika atopun ada unsur menghina di dalamnya Mohon Dimaapkan (dihapus), tidak ada niat sama sekali...!

Artikel Kang Lembu inih Menggelitik/mengasah imajinasi hati saya..
(sering2 saja Kang.. Buat perkongsian Macam nih,, soalnya lagi susun pondasi Kang..!, )

~ AMIN : jika mengucapkan kata ini dengan suara lembut, dapat diartikan kerendahan hati, kalo sebaliknya.. dg suara keras ..Yaa dapt diartikan cuek, malas, bangga dst..

~ AAAAMIN : kalau mengikuti panjang huruf pertama dan berakhir ringkas dengan kata/suara pendek, diibaratkan lagi asik-asiknya makan ubi inih Kang.. tiba.. tiba.. ubiinya nyangkut di leher.. glek..aaa tolong minta air.. minta air.. dan tidak sampai ke hati,, sebatas pengucapan melalui lidah saja Kang..!

AMIIIIN : Idem dgn yang di atas Kang.. cuma ditambah sedikit, ingat Kang..! waktu masih sama2 sekolah dulu,, Kalo kita diabsen sama Bu Guru Kang..?!!
Kang ALDINO SYA.. HADIIIIR..! Bu' titik

AAAAAMIIIIIIN : bila diucapkan dengan suara lantang, diibaratkan seperti orang yang minta tolong .. Tooolooonng...!, keras/lantang, namun begitu mengharapkan bantuan,. begitu pun bila dilafadzkan dengan suara lembut.. mendayu-dayu seperti semilir hembusan angin.. so sweet penuh pengharapan.. karena begitu Mengharapkan dari "Yang Maha Lembut"

Balas

heeii?? Kang..! komentar saya Mana Kang..??

Balas

Belajar di sini ya Mang..
Terima kasih atas pencerahannya..

Balas

Ulasanmu sejukkan lahir batin
Rasa menjadi yakin
Aaaaamin
Terkabul do'a sudah pasti terjamin...

Balas

paling merinding kalau denger amin waktu sholat jum'at atau hari raya , suarantya menggema

Balas

jadi yang bner aaamiiiin ya kang?suka ada juga yang bilangnya amin aja atau amiiiiiiiinn, tapi paling ga enak didengar itu ketika bilang aaaaaamin. pendek min nya..

Balas

Alhamdulillah kang..
Bertambah sedikit ilmu setelah membaca postinga akang lembu diatas saya jadi tahu perbedaan kata amin yang terbagi menjadi empat namun memiliki arti yang keseluruhannya baik

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger