DESA CILEMBU

Sehat dengan Berahlak Mulia

Desa Cilembu, Sehat dengan Berahlak Mulia ~  Beberapa bulan terakhir admin sedang kena virus rusuh, jengkelan, dan penyakit hati lainnya yang kecil-kecil....pokoknya ngga boleh ngelihat dan denger sesuatu yang ngga pas dihati, langsung nyolot wae'...contohnya seperti beberapa peristiwa ini: 
  1. Gocap sajah
  2. Wamek Aceng H.M Fikri Bupati Garut
  3. PSSI Pasti Kena Sangsi FIFA
  4. Zainudin Maidin Babi_Malaysia
Sehat dengan Berahlak Mulia

Direnungkan setelahnya, ngapain juga buang-buang energi dan mengotori hati sendiri...sia-sia dan berdosa, tapi ngga bisa jamin juga setelah merenung kemudian hidup jadi sempurna, tapi minimal saat ini admin lagi "nyadar"...hehe
Sekali lagi ditegaskan, artikel ini cermin untuk admin pribadi agar selalu Istighfar, karena ternyata betapa ajaibnya Istigfar bila kita sering mengucapkannya.

Setiap orang ingin dijauhkan dari azab Allah SWT, terutama yang berupa sakit. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar dari kita kadang ditimpa musibah berupa sakit jantung, sakit gigi, sesak nafas, gagal ginjal, diabetes dan lain sebagainya. Kalau sudah menderita begini, kita sering bingung bagaimana mengobatinya. Padahal jawabannya ada dekat dengan kita. Ya… itulah Al Qur’an.

Jika kita bisa mengamalkan Al Qur’an dengan baik, insyaAllah penyakit kita akan sembuh.  Lalu adakah hubungan antara akhlak dan kesehatan, Allah telah menjelaskan di salah satu ayat-Nya :

Qs.Yunus ( 10 ) : 57

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.


Qs.Asy-Syuuraa[42]:30
Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). Kita diingatkan dengan sakit agar kita segera sadar dan segera kembali kejalan yang benar, jalan Allah SWT yang sesuai dengan Al-Qur’an dan itu semua dimata Allah SWT hanya azab yang kecil saja.

Qs. Al-A’Raaf [7] : 56.

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.


Bagaimana aplikasi dalam kehidupan sehari-hari kita?



Dalam hati kita ada “nafsu”
  1. Nafsu inilah yang menggerakkan kita untuk saling mencaci orang di sekitar kita. 
  2. Nafsu itu membuat kita menjadi meremehkan orang lain. 
  3. Nafsu itu menggerakkan telinga kita untuk menolak nasehat. 
  4. Nafsu menggerakkan otak kita menjadi su’udzon, curiga dan selalu merasa yang kita pikirkan adalah yang paling benar. 
  5. Nafsu ini yang menggerakkan jantung kita sehingga kita merasa pandai, sombong dan kaku. 
  6. Nafsu ini yang menggerakkan kaki dan tangan kita untuk marah dalam menyikapi hidup. 
Penyakit yang nanti akan muncul, biasanya berupa stroke, pusing, sariawan, radang tenggorokan,kanker (segala jenis), bengkak jantung dan penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara menyembuhkannya? Caranya adalah dengan kembali pada Allah SWT., memohon ampun, “Wama ashobaka min sayyiati fa minnafsi” bahwa semua bencana karena perbuatan kita. 

Prinsip dasar terjadinya kesembuhan disini adalah dengan menekankan pemahaman bahwa: semua penyakit berasal dari perbuatan tangan kita sendiri, yaitu dari tingkah laku kita sehari-hari yang kurangbaik atau dengan kata lain akhlak kita yang tidak sejalan dengan tuntunan Al Qur’an. Sehingga menyebabkan Allah SWT menurunkan suatu musibah berupa penyakit salah satunya agar semata-mata kita kembali ke jalan yang benar.
Hal ini sesuai dengan salah satu ayat diatas ; Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah. QS: As-Syuura 42 :30-31.[AMC]

[]semoga berguna
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

bener banget tuh kang,,jangan sampe kaya kisahnya si Acen tuh dalam artikel Wamek Aceng H.M Fikri Bupati Garut

Balas

yang baik datangnya dari ALLAH SWT
dan yang buruk dari diri kita sendiri
mari sama2 saling mengingatkan untuk tetap jadi yg terbaik....:)
salam sehat kang

Balas

Kang Cilembu lagi cooling nih...
momentum pas banget buat kontemplasi kali ya Kang,
kita hanyalah makhluk kecil yang tak berdaya, tapi kita juga dikaruniai nafsu. semoga nafsu kita dibingkai oleh nafsu paripurna: mutmainah.
salam buat keluarga Kang, salam sehat selalu

Balas

mantap Kang Reo benar2 sejuk kali ini (nabuh panci)

Balas

bener banget tu , ,sehat dengan akhlak mulia , , allah pun suka :D

Balas

nafsu hanya merugikan diri sendir ya kang, buktinya banyak penyakit yang timbul seperti disebutkan diatas...mari kita jaga hati-hati kita

Balas

di dalam kalbu yang sehat terdapat tubuh yang sehat dan kuat juga :)

Balas

Marah, iri dengki bs jd penyakit jg y kak, hem memang harus santai jalani hdup

Balas

Emang ngucapinya mudah, namun ngejalaninya susah banget! tapi ya harus berusaha aja! maju terus pantang mundur!

Balas

nuhun kang, pangelingna. penting nih buat saya yg masih punya penyakit hati.
wilujeng, salam baktos

Balas

ya, mari kita jaga bersama. Insya Allah bisa!

Balas

hehee...aceng sudah akan segera dipecat.

Balas

kang Reo :aaaamiiin....setuju
segalanya emang kembali pada diri kita masing2.
nuhun kang. salam sehat juga

Balas

Kang Zach : sampe sekarang saya ngga mudeng dengan (tabeuh panci) aslina kang...:o)

Balas

terimakasih do'anya kang.
punten lagi rada sibuk jadi telat balesin komennya.
terimakasih salam sudah disampaikan.
sehat selalu y kang

Balas

pastinya begitu kang...:o)

Balas

Kang El :iyh nih..saya suka khilaf wae kang.
nuhun ah

Balas

kang Zach :..yu mariiii
...;o)

Balas

berarti mensini erkorporesono kali ya han...wkwkwk

Balas

bener tuh, muley sekarang mo nyantey terus ah..kaya dipantey...:o)
salam sehat selalu ya hany

Balas

beneran banget kang, sayah ge' belom bisa ampe sekarang..huh!!
m e r d e k a...

Balas

sami-sami kang, kangge abdi ieu teh da.
salam sehat selalu..salam kangge urang congeang

Balas

.. widichhhh,, acenk nya disebut^ nich. he..86x ..

Balas

marah karena melihat kedzoliman adalah wajar kang dan memang harusnya marah, hanya untuk melawan kedzoliman itu jangan sampai menimbulkan kedzoliman yang baru

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger