DESA CILEMBU

Komisi Komisi DPRD

Desa Cilembu, kita tinggalkan bagaimana mengembangkan bisnis UKM,  share kali ini mau cerita sedikit..boleh yah?semalam berkesempatan nga'gading(baca: ngobrol ngalor ngidul) dipos ronda dengan para tetangga, tentu ngga lupa sambil ngopi ditemani ubi cilembu hangat, namanya juga nga'gading...tema obrolan suka ngga jelas arahnya, ditengah obrolan ada yang bertanya tentang "Apa tugas dari Komisi komisi yang ada di DPRD Kab.Sumedang, lingkup kerja dan tanggungjawabnya" sambil agul kalau dia punya sodara dari kakak dari adik ibunya, punya tetangga yang bertugas dikomisi C DPRD Kab.Sumedang (praduga: entah nanya beneran atau mau agul...entahlah?!)
Komisi Komisi DPRD
Seperti umumnya lagi kumpul, ada yang sotoy, ada yang kalem, ada juga yang bingung atas pertanyaan itu, kalau saya malah dapet ide buat bikin postingan, dari pada ikutan menjawab tapi salah karena memang ternyata cukup banyak jawaban dari pertanyaan tersebut, saat itu saya tersenyum, "kenapa ngga tanya langsung?sambil berkelit, besok saya akan bawa bukunya supaya ngga salah jawab, padahal emang ngga tau jawaban detailnya....hehe
Dan inilah hasilnya :
KOMISI A
Bidang Pemerintahan
Meliputi :
1.
Pemerintahan
2.
Ketentraman
3.
Ketertiban
4.
Kependudukan
5.
Penerangan dan Pers
6.
Hukum perundang undangan dan hak asasi manusia
7.
Kepegawaian
8.
aparatur dan penanganan KKN
9.
Perijinan
10.
Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan
11.
Pertanahan
12.
Kekayaan Daerah
13.
Telematika
14.
Kerjasama dan penyelesaian perselisihan aparatur dan perlindungan konsumen
KOMISI B
Bidang Perekonomian
Meliputi :
1.
Perdagangan dan Perindustrian
2.
Kelautan
3.
Konsevasi alam
4.
Ketahanan Pangan
5.
Pertanian Tanaman Pangan
6.
Perikanan
7.
Perkebunan
8.
Kehutanan
9.
Logistik
10.
Koperasi dan Pengusaha Kecil
11.
Pariwisata
KOMISI C
Bidang Keuangan
Meliputi :
Pendapatan Asli Daerah (PAD), seperti :
1.
Pajak Daerah
2.
Retribusi Daerah
3.
Hasil BUMD
4.
Pengelolaan Kekayaan Daeah dan harta lainnya
Dana Perimbangan :
1.
PBB (Pajak Bumi dan Bngunan
2.
Perolehan hak atas tanah dan bangunan
3.
Dana alokasi umum dan khusus
4.
Penerimaan sektor kehutanan
5.
Pertambangan umum dan perikanan
6.
Penerimaan dari pertambangan minyak dan gas alam
7.
Pajak air
8.
Pinjaman daerah
9.
Perbankan dan dunia usaha
10.
Pemberdayaan dan pengembangan BUMN
11.
Penanaman modal asing dan dalam negeri serta penerimaan yang sah
KOMISI D
Bidang Pembangunan
Meliputi :
Pekerjaan Umum :
1.
Kebina margaan
2.
Pengairan
3.
Tata Ruang dan Permukiman
4.
Perencanaan dan pengendalian
5.
Pembangunan Regional
6.
Pengelolaan Pelabuhan laut dan udara
7.
Perhubungan dan Telekomunikasi
8.
Pertambangan dan Energi
9.
Perumahan Rakyat
10.
Penelitian dan pengembangan daerah
11.
Pengendalian dan perlindungan lingkungan hidup
KOMISI D
Bidang Kesejahteraan Rakyat
Meliputi :
1.
Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2.
Industri Strategis
3.
Ketenaga Kerjaan dan perlindungan TKI
4.
Pendidikan dan kebudayaan
5.
Pemuda dan Olahraga
6.
Agama dan Sosial
7.
Kesehatan dan Keluarga Berencana
8.
Pemberdayaan Perempuan
9.
Transmigrasi
10.
Penanganan Penyandang cacat dan anak terlantar

Lumayan buat bahan obrolan ng'ronda minggu depan

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

56 komentar

yang di poto, kece-kece amat, anggota DPRD juga Kang?

beneran Kang, yang kayak gini (tentang tusi DPRD), saya berani tarohan, jarang orang tau. cenderung cuek dan nggak pengin tau. padahal bagus kan seandainya warga tau kemana mereka dapat menyampaikan aspirasinya.

Balas

Oh jadi itu ya kang tugas dari anggota dewan.baru tau eum..

Balas

tugas Komisi-komisi itu banyak ya, tapi kenapa dinamakan KOMISI, sebaiknya ganti nama saja jadi SEKSI A, SEKSI B ...karena kalau KOMISI...kan urusannya hanya membahas komisi ..entah darimana komisi-nya...wallahualam

Balas

comot satu buat oleh2 pak zach :p

Balas

Jadi lebih mengenal akan beberapa komisi di DPRD...sebelumnya hanya mengenal sedikit saja. yang bersentuhan dengan dunia kesehatan saja

Balas

komisi teh lamun saur sundamah buruh nya,berarti para buruh teh eta gawena tah nya kang.he...he...lieur ah.

Balas

comot dua buat campuran bubur...

Balas

saya tidak tau kan soal ini. dan baru tau saat baca disini..hehehe

ternyata banyak juga ya daftarnya.

Balas

Bingung ngapalinnya, Kang! #__#

Balas

Mau dong di Komisi D, ketenaga kerjaan dan perlindungan TKI :D
pengen bisa melindungi dan membantu TKI khususnya TKW yg sering dapat masalah penyiksaan dll :D
hehe...

Balas

saya gak paham :D .

Balas

wah kalo gini ngobrol yang ada manfaatnya kang...haturnuhun kang, saya oge baru tahu disini...

Balas

Ijin menyimak artikel,

Balas

selesai nggak selesai dikumpulkAAAAANN!

Balas

besok ulangan ya? apalin!!

Balas

kemana ajaa sih baru tahu ginian.
saya dong udah tahu. setelah kalian tahu duluan. wkwkwk

Balas

ya elah itu pa ajengan ngajak taruhan...

Balas

kalo itu ane juga mau pak...

Balas

4 x 4 16 dong...?

ah elah...

Balas

ga ah mau bolos ajah...

Balas

urus ijinnya ke kapolda sono
jangan disini woooi...

Balas

mang embu...
kalo ada komisi proyek aku mau dah ikutan...

Balas

saya seneng banget seh dipanggil mamang ya...
entar y tak tanyain dulu

Balas

idihh, ada panggilan sayang disini...

Balas

ah elah dimana-mana

Balas

nice info kang :D

Balas

terimakasih untuk
1. Kang Zach yang ganteng
2. M'ba Cii yang cuantiik
3. Kang bli Ks yang seksi
4. Kang Rudy yang manis
5. Kang Rawins yang....
salam sehat selalu untuk keluarga

Balas

ceuk bukuna mah kitu...matak lieureun maranehna teh

Balas

hehee...kalau diganti jadi seksi, malah jadi alay semua bang

lebih enak pake bekicot kang?....hihihiii

Balas

masih bagus kang, walau sedikit, daripada saya baru ngeh.

btw..udah lahirankah?

Balas

buruh yang ngga pernah demo kang...;O)

Balas

Alhamdulillah...ternyata ada temen.

m'ba Mis : *maca_ci

saya taunya gituan...wakwaw

Balas

cita cita yang sungguh mulia, semoga ada malaikat lewat dan mencatat mimpinya dan suatu saat bisa diwujudkan oleh Yang maha Kuasa....aaaaaamiiiiin

Balas

mau paham?tambahin ketumbar dan irisan bawang putih deh!!

Balas

aaaamiiiin...
obrolan intermeso doang kang, selebihnya seh...obrolan om2 lagi ng'ronda...ngga jauh2 dari ketiak...;o)

Balas

waduh..jauh amat, emang di polsek ngga bisa gituh?...;o)

Balas

kang zach baru ngeh y?...terr...la..luu

Balas

pak. mohon yg no 5 diteruskan kata-katanya.. saya penasaran ama kelanjutannya :p

Balas

baru belajar satu bab kepalaku udah puyeng

Balas

mmmmmmm....

#ngemut permen

Balas

bekicot A, bekicot B, ...

Balas

sama..dong gituan :)

Balas

ta foto copy ya kang daftarnya...buat bahan gosipan. di post ronda juga hehe :)

Balas

biar diisi sendiri sama beliau deh

Balas

jelas dong...wong mas zac yg pertamax,ya tau duluan

Balas

ini pasti yang di gosipin ntu empok2 di pos security :D

Balas

polbek ya
hmm...
#ngemut panci

Balas

komisi A,B,C,D...
kebanyakan komisi....bandar tekor dong.

tu security cantik semua,seger2 ya....pasti penggemar ubi madu cilembu

Balas

bini ke 1, 2, 3, dst...hehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger