DESA CILEMBU

Perimbon Sunda 3 (Waktu Kawin Nu Hade')

Desa Cilembu, bergaya kembali dengan Perimbon Sunda 3 (Waktu Kawin Nu Hade') setelah kemarin ribut soal "Penjual Obat  Kuat sekuat kuatnya" yang meresahkan, kini mari kita lanjutkan hidup ini dengan tebaran Cinta dan kasih sayang...cieee...MantaP.
TAPI.....!!!, sebelum sohib melanjutkan m'baca artikel Paririmbon Sunda 3 (waktu kawin nu hade) alangkah baiknya sohib baca terlebih dulu "Paririmbon Sunda 1 dan 2" 
Perimbon Sunda 3 (Waktu Kawin Nu Hade')
  • buku paririmbon ini baru ditemukan kembali dari tumpukan koleksi buku, setelah bersembunyi lamaaa banget disela-sela buku yang lain. kondisinya sekarang lebih parah dari sebelumnya...sebagian tulisannya dimakan rayap. 
WAKTU KAWIN NU HADE
No.
Dina Bulan
Hartina
1.
Muharam
Loba pacekcokan, papaseaan
2.
Sapar
Loba kasusah, gede hutang
3.
Mulud
Hade tapi diseling kasusahan
4.
Silihmulud
Hade tapi aya gangguan tinu lian
5.
Jumadilawal
Bakal meunang karugian
6.
Jumadilakhir
Hade, sugih mukti sarta salamet
7.
Rajab
Bakal rea anak hidup cukupan
8.
Rewah
Hade rahayu lan salamet
9.
Puasa
Hade ngan aya kaprihatinan
10.
syawal
Mimiti susah, akhirna senang
11.
Hapit
Salaki jeung pamajukan mindeng geringan
12.
Rayagung
Hirupna sarenang didunia lan akheratna


ITUNGAN LAKI RABI
Aksara lalaki dijumlahkeun jeung aksara awewe, aksara nu di pake aksara jawa anu dua puluh:

h - 1
n - 2 ca - 3r - 4k - 5d - 6t - 7s - 8w - 9l - 10
p - 11
dz - 12
ja - 13
j - 14
n y - 15
m - 16
g - 17
b - 18
th - 19
ng - 20

Jumlahna aksara awewe jeung lalaki tea tuluy dipake milang, kana patokan ieu :

No.PatokannaHartina
1.Pisang PunggelApes, moal lulus, moal aya kabungahan
2.sangar waringinDijadikeun pangiuhan, panyalindungan jalma rea
3.Gajah PalisunganMoal berkah, hese, kurang berkah
4.Bali bandunghade, bagja, meunang kabungahan, kenging pangkat, dijadikeun tokoh
5.Gedong KunaAlus, makmur, teu cape tapi rijki mayeng
6.Waru kaparungteu hade, susah usaha
7.Pancuran mancurhade, gampang rizkina, rea nu asih
CONTOHNA:
Lalakina namina AHMAD, bade nikah ka awewe namina SALMAH
Kumargi dina aksara jawa teu aya A biasana ditulis jadi HA
jadina :
AHMAD    dihitung jadi  ah = 1,  ma = 16   jumlahna  1 + 16 = 17
SALMAH  dihitung jadi     s = 8,  ma = 16   jumlahna  8 + 16 = 24
AHMAD  +  SALMAH ( 17 + 24  = 41 dibagi 7 = 5 SISA 6)
SISA 6 patokkanna " WARU KAPARUNG" artina " teu hade, susah usaha

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

63 komentar

waalaikumsalam,
leluhur kita memang mengagumkan, mewariskan budaya yang sudah tertata dengan aturan yang jelas, salah satunya primbon ini...bahkan waktu kawin pun sudah ada tatanannya...luarbiasa :)

Balas

Sae kang mending di posting.Insyaalloh postingan mah moal di makan rayap.janten paririmbona aman.tiasa diwariskeun ka anak sareng cucu.kantun pasihan bae link ieu

Balas

hehe, bener Mas Har... berani taruhan, orang sekarang kagak ada yang bisa bikin buku sekelas ini.

Balas

itukah kenapa di sasi rayagung menjadi pilihan best seller untuk melangsungkan pernikahan ya Kang?

Balas

tenda, panggung dan semua alat pesta yang ada digudang banyak yang rusak dan hilang...sepre juga jadi sering di londri gara2 bau prengus...;O)

Balas

kitu maksadna mah kang, bari minuhan blog oge sih...wkwkwk
wayahna mun kang agus bade merit pun bapak sareng calon mitoha bakal ngitung heula siga itung2an ieu...tah

Balas

aaaamiiiin,bang har
dan kita anak muda ngga bisa nolak kalau orang tua dan yang dituakan menghitung hari pernikahan, soalnya kalau ngga nurut, takut juga kan?..adakah yang berani menolak, dari pada ngga jadi kawin...hehe
salam sehat selalu bang.

kang zach:..kalau nulis diblog ada kang...dapet copas tapinya, wakwaw


Balas

primbon jawa,primbon sunda....hmpir sama ya kang,cuma beda dalam penuturan bahasa saja.
tapi dulu aku kawin ga merujuk pada primbon,lah wong ketemu terus kawin....eh nikah maksudnya :D

Balas

ni orang pada ga tidur apa ya?
siskamlin ya....:D

Balas

mas zac....boro2 bikin buku sekelas primbon,untuk baca aja aku yakin generasi sekarang jarang ada yg menyentuhnya bahkan mungkin ada yg tidak mengenal primbon sama sekali.
tapi kalo urusan buku dewasa,komik,novel....itu mah banyak penggemarnya :D

Balas

Wa'alaikum salam Wr. Wb.

saya nggak ngerti tentang beginian.. nyimak aja dulu saya pak..

Balas

Wah pantesab bulan sapar jarang un hajatan kang hehe..
Tapi ya tergantung sugestina ya kang, haturhunun

Balas

waduh ada primbonnya , izin menyimak kang

Balas

saya gak ngerti bahasanya. bukan bahasanya aja yang gak ngerti, tapi mengartikanya juga...hehehehe

maaf diriku telat datang di karenakan macet dijalan.

Balas

seperti buku tafsir mimpi..hehehe banyak sekali penggemarnya.

*kalau diriku penggemar buku Nota.

Balas

pasti patrol malming.

Balas

pasti merujuk buku mimpi....

Balas

ini buat kawin ya..?
kalo ngitung buat nikah ada kah..?

Balas

malah didukung sama tukang obat kuat tar mang..

Balas

gapapa rusak semua jug. biar dagangan panci laku...

Balas

namanya kearifan lokal nusantara mah pasti ga bakal jauh beda. orang akarnya juga sama. sunda wiwitan itu kan dari jawa juga. karena faktor seleksi alam saja yang membuat sekarang kesannya beda. yang lari ke timur berkembang jadi jawa gagrak surakarta yang ke barat berkembang jadi budaya sunda.

Balas

sekalian dipasang konverter penanggalannya mang. biar bisa tahu tanggal 27 januari itu masuknya mulud apa sapar...

Balas

kalau kang rawins udah serius dan ngga lagi kesambet, malah pusing ngikutinnya..ternyata nehnik banget aslinya mah geuiningan nya'...wakwaw

Balas

hmm....
dibuku yang udah sowek ini ngga ada kang, ntar ditanyain dulu deh sama c m'bahku, beliau tau cara ngitung bulan dan tanggal dengan kepalan tangannya.


Balas

jalan tolnya belum kelar ya kang...;o)

Balas

aaaamiiiin.. terimakasih. silahkan dengan senang hati

Balas

betul kang sugestinya dikembalikan kepada masing2.
makanya usaha rias penganten bulan sapar mah sepi order kang.
nuhun silaturahmina.

Balas

siip cak...lanjut

Balas

kang reo sama kang KSteiawan: fenomena alam

kang rawins:..emang mau lagih?

Balas

ikhlaskan saja, mereka cari sesuap nasi kang...karunya (sambil clingukan..siap2 ngibrit)

Balas

lumayan tah gadu elmu,bisi aya anu tataros kasimkuring bade dituduhkeun kadieu.punteun nembe kadieu,simkuring tos pangpayuna ngalike facebook akangmah wewwww.akang nu telak ngalike.hatur nuhun.

Balas

Di bulan Muharam memang jarang ada hajatan barangkali karena di primbon spt itu ya mas ?
Hmmm..... saya kog trus kepingin nikah lagi..... hhe

Balas

buwahahaaa....ditunggu undangannya, tapi sebelum milih bulan baiknya, pilih dulu pasangannya kang

Balas

elmu kenging mulungan tina handapeun eta tea ningan...(bari ngicepan)
xixii..apan like fb na ge' nembe dialihkeun ka handapeun postingan tea...(alesan tingkat putri raja)

Balas

Saya baca dari bawah mpe ke atas, ttp ndak paham bahasanya. bisa di translate ke bhs yunani atau arab mas? please dunk :D

Balas

mas mas...cb deh tengok di follower, ada yg beda tuh :D

Balas

lah baru tau tah kang....,kang rawins ntu insiwur teknologi serba serbi loh.

Balas

wah katrok juga nih mba Indah P.......:P
#sama dong dengan sayah

Balas

wahahahahaha....aku jadi ngiri

Balas

maulah dipolibek...

Balas

ini yang namanya viral marketing
nyemangatin orang kawin akan mendukung pemasaran obat kuat
haha

Balas

kesurupan ciung wanara, mang...
haha

Balas

m'ba indah dan kang Reo : dibawah laman (sebelah kiri logo KPK)ada gambar bendera merah putih bulet..nah itu translate nya coba diklik....#sambil cengengesan...:o)

Balas

nah itu yang penting untuk dilestarikan. kalo cuma buat itung secara program sih banyak. sayang mang kalo sampai hilang kekayaan intelektual leluhur kita...

Balas

yunani masih di kampung mau hajatan anaknya
digantiin yu jum apa yu sri mau kah..?

Balas

didalem rumahku ada 3 buah pilar malahan kang.

#jadi punya ide bikin postingan kenapa ditengah rumah ada 3 buah pilar, soalnya ada beberapa tetangga juga yang nanya2 ko' ada pilarnya seh?
makasih idenya kang

salam sehat selalu yah

Balas

dipolibeg??nyaru jadi cacing.

Balas

betul mau ditanam sama jagung

Balas

Diundang plus dijemput...., Jangan lupa sumbangan alias salam tempelnya .... hhe

Balas

Dikira teh primbon itu dari jawa doang... ternyata aya nu sundana oge!

Balas

kalm kang. nanti sebelum salaman tak olesi lem dulu telapakku yah...heheee

Balas

ternyata selain ada primbon jawa ada juga primbon sunda ckckck

Balas

pariririririririmbon panjang juga ririnya, kalo aku taunya primbon *orang miyen* :D .

Balas

ikutan gabung ah.. habisnya rame...

Balas

sumuhun ceu...geuningan nyunda oge'
der ah...

Balas

sunda mah gituh...contoh lainnya..ini contoh azh lo' yah..
"Miz Tia", kalau pake logat sunda jadi "Mimiz Titia"...(sambil nyengir polos ngga pake dosa)

Balas

ngga takut diserbu gituh?

Balas

ada juga suara cecek...ckckck..;o)

Balas

punten kang bade tumaros..naha ari ngaran AHMAD jadi HA sareng MA hungkul, ari hurup D teu di etang jadi DA. cobi pangngetangkeun ngaran tempat CANGKUANG, RANCAMANYAR, sareng cibaduyut CIBADUYUT. abdi nuju milarian bumi daerah didinya. hatur nuhun.

Balas

ke'nya'...tungguan sakedap...abdi'na bade semedi heula diteun aki juned, lebakeungunung kareumbi pengkereun bumi...sing sabar nya' ayi pipin na...;o)

Balas

Bapak saya juga masih pakai itungan spt itu klo mau mantu lohpak. Ngitungnya pakei biji jagunb

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger