DESA CILEMBU

Strategi UKM untuk Bangkit

Desa Cilembu, bergaya lagi, kali ini dengan Strategi UKM untuk Bangkit dalam rangka menghadapi persaingan ~ Jumlah UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia tumbuh semakin banyak, sayangnya pertumbuhannya tidak diimbangi oleh SDM yang memadai sehingga tidak memiliki daya saing yang kuat, karena pada umumnya (dengan modal yang minimal) UKM yang tumbuh bak jamur tersebut, baru mampu berproduksi, dan berdagang, sehingga kurang mampu berinovasi dan cenderung kurang kreatif dalam menjalankan usahanya.(tips mencari modal usaha) 
Untuk mampu bersaing dalam menghadapi pasar global, para pelaku UKM dituntut untuk dapat menjalankan bisnisnya secara profesional dan mampu melakukan terobosan terobosan baru dan unik dalam rangka menghadapi dan meningkatkan daya saingnya, untuk  itu dibutuhkan beberapa strategi pasar seperti dibawah ini :
  • Tanamkan jiwa Leadership
Sebagai pelaku usaha kecil menengah yang mungkin saat ini belum memiliki karyawan,  jiwa leadership harus tetap ditanamkan agar dapat memimpin, mengatur dan merencanakan kegiatan usahanya dengan baik dan profesional.
  • Tanamkan jiwa Knowledge Management
Begitu memutuskan diri terjun kedunia usaha, modal pengetahuan dapat mendorong sohib menggali potensi diri dan sumber daya yang sohib miliki dengan optimal agar dapat mengurangi resiko kerugian yang besar, ingat didunia usaha tidak selamanya berjalan lancar sesuai dengan rencana.
  • Marketing dan Branding
Umumnya UKM hanya bergerak terbatas pada marketing kuno(baca: dagang) tanpa memikirkan bahwa komponen brandingpun sangat penting dalam memperkenalkan produk yang sohib miliki, jadi mulailah membuat nama perusahaan dan ciptakan logo yang unik dan menarik agar produk yang sohib miliki cepat dikenali pasar, dan buatlah blog seperti blog desa cilembu ini geto...;o) preeett...?!
  • Jangan berhenti Berinovasi
Untuk dapat memenangkan persaingan pelaku UKM harus berusaha ekstra keras dan  harus selalu berupaya untuk menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya, sangat dibutuhkan inovasi dan kreatifitas  yang tinggi untuk dapat menciptakan produk baru yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
  • Beradaptasi dengan Tantangan
Pelaku UKM harus jeli dalam melihat kebutuhan dan tantangan pasar dalam rangka bertahan menghadapi persaingan serta mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam.

Strategi UKM untuk Bangkit pada pelaksanaannya tidaklah semudah mengucapkannya, untuk itu....butuh kerja keras, kesabaran, keikhlasan dan diakhiri dengan do'a,  hasil akhirnya mutlak atas kehendak-NYA. []sumber[]

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

78 komentar

selalu yang pertamax

Balas

tapi kebanyakan UKM banyak yg gulung tikar,karena persaingan modal dengan pengusaha besar kang.

Balas

sayah mah dari dulu uclak aclok teu puguh. bosen kerja, usaha sendiri. mumet ngurus usaha, kerja lagi...
tau nih watak kutu loncat ga sembuh sembuh. yang penting hepi doang...

Balas

keun nupenting mah loba duit komo bari jeung hepi dunia akherat, keluarga sehat lan gumbira..da angger judulna mah neang duit keur ibadah lan keluarga...sanes kitu kang?

Balas

hehee...ni artikel terjadwal, jadinya ujug2 nongol sendiri, jadi pertamax malah diduluin...;o)

Balas

persis kang, mestinya pengusaha itu jadi bapa atau ibunya diangkat kaya jaman orba, efektif dan saling menguntungkan ko'
kenapa yah kolodikita, sesuatu yang baik dari seseorang jadi tak terlihat gara2 nila sebelanga?

Balas

bang, ga ada jampi2 khusus biar ukm maju? haghag

:-D

Balas

nginep nih pasti

Balas

susunya sekarang nggak sebelanga?

Balas

ada...tapinya kudu ng'bongkar daftar isi blog ini, m'ba
apa kabarnya nih, ke'nya udah punya beby yah?

Balas

UKM akan berkibar jika pemerintah mendukung.
kalo program KUR, KUT, kredit2 yang disubsidi bunganya, gitu membantu para UKM nggak ya Kang?

Balas

iiih...ternyata kang reo tidurnya ngeces..tuh bantalku abis satu..wahahaaaa

selamat pagi yang ceria kang.

Balas

pasti kurang makan sayur daun katuk deh

Balas

ini konsep manusia modern bang, biasanya kalo di terapkan ke masyarakat pedesaan akan menuai kontroversi ...

Balas

selain kerja jadi buruh di pabrik orang, saya sekarang juga bikin usaha kecil yaitu warnet, kang. disitu sambil disambi jika ada orderan desain. kerja ikut orang terus-terusan susah dan serba dag dig dug kalo-kalo kena PHK. jadi utk ban serepnya ya bikin usaha sendiri

Balas

kira-kira pinjam modal ukm dengan bunga ringan dimana ya, kang

Balas

saat ini saya masih menikmati kerja ikut orang kang..pengin buka usaha sendiri tapi belum ada niat dan kesempatan..tapi suatu saat pasti bisa kang, haturnuhun sharingnya:}

Balas

kasurnya gak ikut habis kan kang?

Balas

daun katuk itu apa kang?
jenis terong kah?

Balas

di taman aggrek. di jamin ringan.
namanya juga taman....

Balas

alhamdulillah sekarang saya sudah punya usaha sendiri walau kecil..hehe

yang penting tetep semangat menjalankan usahanya.

Balas

iya, soalnya ngompol juga

Balas

kalo katok pasti ngerti.

Balas

saya pernah jadi fasilitator program JPS. ada banyak yang nyangkut ke UKM juga. ada yang berkesinambungan, ada banyak juga yang nggak. yang pasti, jika program dimonitor terus, masyarakat UKM bakalan asyik koq ngejalaninnya.

Balas

sangat membantu mungkin selain kredit2 itu, pemerintah juga perlu membantu peningkatan SDM pelaku ukm tersebut kang.

cari informasinya kebalai desa atau kekantor kecamatan agar puassepuaspuasnya.

taman lawang malah lebih ringan, seringan kapas...wus..wus...wus..heheee

Balas

Assalamu'alaikum. mestinya harus begitu, apa lagi terlaksana program UKM di daerah sana. btw tulisannya kecil banget sih ?

Balas

niat sudah ada, mung modal can kapanggih

Balas

sengaja...supaya m'ba indah nanya-nanya...hehe

Balas

modal ilmu, kreatif dan tekadnya sudah lebih dari cukup kang...semangat!!!

Balas

tok2...saya datang menghabiskan lembu :D

Balas

betul kang, monitoring dan bimbingan yang terus menerus memang harus terus dilakukan, maklum orang desa sdmnya minim, mereka sering bingung kalau ditinggalkan

Balas

abisin dah...tar ge' mletus...;o)

Balas

semoga ban serepnya merk grundik..ituloh ban yang harganya paling mahal..;o)

Balas

bisa kolaborasi ngga dengan ubi cilembu kira2nya kang?..tapi, jangan yang setipis sile..okeh!

Balas

seperti air mengalir azh kang, bila ALLAH SWT sudah berkehendak, harapan dan kesempatan itu pasti akan datang menghampiri....aaaamiiin

Balas

Inspiratif kang .. ilmunya bener2 manfaat buat saya ...

Balas

aaaamiiin, semoga demikian

Balas

Wa'alaikum salam wr.wb...
Yang terpenting do'a dan usaha pak..

#Salam sehat selalu

Balas

wah bentar lagi bungadiman lewat lagi dah...

Balas

jampe jampe harupat
aya embe geura lumpat...

dah gitu doang cukup...

Balas

gundik emang mahal, mang...

Balas

mang...
cuti depan ibue ncip pengen jelajah priangan
ada pelatihan nanem huwi teu..?

Balas

karena namanya JPS lik, wajar kalo ada yang nyasar
coba kalo pake GPS...

Balas

pake Goyang Pinggul Susi?..waduh

Balas

aaaamiiiin...
itu yang menjadi intinya, berdo'a dan berusaha.

salam sehat juga y

Balas

o tidak.
saya pelakunya dan saya didesa cilembu, sebuah desa dikaki gunung kareumbi jalan rayanya berakhir di hutan(buntu).
yang dibutuhkan adalah bimbingan terus menerus dari pihak terkait dalam rangka peningkatan kualitas SDM nya, termasuk saya ini.kang

Balas

kalau ditempat saya kang UKM lagi naik daun nih kang..hahahyy

Balas

di bali mesti ga katuk ya mas wan...

Balas

semua nya tips saling terkait ya kang...
dan ga kalah penting di tunjang kesabaran plus doa ke pada Nya...

ga teraaa hampir jam 2 pagi...molor ahhhhh

Balas

tanamkan jiwa semangat optimisme dan doa juga ^,^ .

Balas

betul betul betul betul .

Balas

weleh weleh suaranya mirip Kentoeeeeeeeeeetsss

Balas

Sayur daun katuk ya? Wah jadi ingat waktu SMP ada lomba memasak antar kelas. Giliran kelas saya dapat kebagian masak daun Katuk hiheiheiheiheiheiheiee

Balas

Kalau lewat ya dipanggil aja. Minta dibuatkan tanpa pake lama. Tanpa pake sambel. Kerupuknya yang banyak ya. Bubur Ayam khan?

Balas

jelas. Pengalaman ya mas Rawins

Balas

UKM kalah dengan pemilik modal besar. Mereka tergius oleh waktu. Selayaknya pemerintah membantu UKM ini.

Balas

biasalah lama di Hutan ya gitu
ya taa mas Rawins?

Balas

wah jadi kang asep mancur dong ASInya

Balas

huss, bu ngadiman itu istrinya anggota DPR

Balas

ada banyak di hutan

Balas

Tarzan juga bisa dapet si Jane meski nggak pake GPS

Balas

lah, mas budi ngapain sampe jam 2 pagi disini? nunggu pertamax nih pasti

Balas

itu bisul kang. mletus.. tus!

Balas

adakah lembaga keuangan yang mengkaper UKM dengan kredit yang lunak-selunak-lunaknya ya kang hehe.......

Balas

Sayanya mah mau buka usaha... tapi gak tau usaha apa yang cocok., hmmm. Coba kang di lain waktu posting macam2 usaha yang paling simple, paling, menguntungkan, paling kecil modal, dll :D

Balas

saya bangkit dan jalan-jalan ke sini pak? apa kabar UKMnya lembu d desanya pak?

Balas

surabaya nggak ada hutan

Balas

semoga tambah maju UKM nya jangan seperti pada umumnya berlangsung cuman sebentar, lalu bangkrut.
salam

Balas

lebih nice yang koment

Balas

sudah, hanya sepertinya kurang maksimal, terutama pemasaran hasil produk UKM nya kang

Balas

itulah yang penting

Balas

biasanya Bank daerah kang, tapi kalau yang selunak lunaknya akang harus ke rumah makan ayam tulang lunak...hehehee

Balas

yang paling saya kuasai ya bisnis ubi cilembu, artikelnya udah cukup banyak di blog ini...coba di lihat di sidbar atau di laman @Ubi Cilembu@

Balas

Alhamdulillah..
untung ngga pake ngesot y m'ba...hehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger