DESA CILEMBU

Hasil Pembangunan Desa Cilembu

Desa Cilembu, Hasil Pembangunan Desa Cilembu "Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan" ~ Agar tidak salah presepsi(SARU), sebelumnya kita perlu memahami definisi dari pemberdayaan, sebab ternyata dibelakang saya(ngga berani nanya langsung....soalnya takut di leugleg ku sayah), "Deskripsi blognya keren Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan, tapi dimanakah letak pemberdayaannya dan, "Kenapa blog Desa Cilembu isinya tidak seperti umumnya blog desa lainnya yang menceritakan seputar pemerintahan dan kewilayahan desa?"...saya jawab, 
  1. Blog Desa Cilembu tidak berhubungan langsung dengan pengelolaan pemerintahan desa,
  2. Emang akang sudah pernah buka :
Deskripsi Blog Desa Cilembu
ditanya begitu, malah bingung....jadi paham saya, kalau tokoh masyarakat ini (1)...asem:
Mari kita mulai...Pengertian Pemberdayaan adalah proses pembangunan di mana masyarakat yang bersangkutan berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri (Iowa State University Press, 1989)
Pemberdayaan masyarakat hanya akan berjalan apabila masyarakatnya itu sendiri turut berpartisipasi didalamnya, partisipasi yang dimaksudkan adalah suatu keterlibatan mental dan emosi serta fisik peserta dalam memberikan respon terhadap proses kegiatan dalam rangka mendukung pencapaian tujuan dan bertanggung jawab atas keterlibatannya. 
Kata kunci dari penjabaran diatas, dapat kita lihat dari pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan dalam jangka waktu 5(lima) tahun terakhir. Upaya pemerintahan Desa Cilembu dalam melaksanakan Pemberdayaan dapat kita lihat :

HASIL PEMBANGUNAN DESA CILEMBU PERIODE 2007 - 2013

BIDANG INFRASTRUKTUR


No.NAMA PEMBANGUNAN VOL. SAT.KETERANGAN
1.Jalan Hotmix Desa  6KMJalan Gerbang Desa s/d Ujung Desa
2.Pengaspalan Jalan Pangjugjugan 1,5KMJalan Pangjugjugan
3.Pengaspalan Jalan Cikupa - Cijolang  1kmDusun Cikupa
4.Pengaspalan Jalan Ciceuri  1kmDusun Ciceuri - Gunung Kareumbi
5.Pembangunan TPT 400mLahan pertanian Dusun 2
6.Pembangunan (Kirmir) dan Pecing Jalan Desa  4kmJalan Hotmix desa
7.Pembangunan Tiang Listrik  12buahDusun Cintamulya
8.Listrik Tenaga surya  1buahGerbang Masuk Desa
9. Pengaspalan Jalan pangkalan 500mDusun Pangkalan 1
10.PPIP 2013  2,5kmJalan desa - Cilembu 2

BIDANG SOSIAL dan KESEHATAN


No.NAMA PEMBANGUNANVOL.SAT.KETERANGAN
1.Posyandu  11unitDilaksanakan di 11(sebelas) RW
2.Rutilahu(Rumah Tidak layak Huni)  23unitDilaksanakan di 11(sebelas) RW
3.Renovasi POSKESDES   1UnitDeapan Kantor Desa

BIDANG PENDIDIKAN dan KEAGAMAAN

No.NAMA PEMBANGUNANVOL. Sat.KETERANGAN
1.Gedung SMPN 3 CILEMBU/PAMULIHAN   1unitKLIK Link DISINI
2.MESJID JAMIE ASY SYUHADA   1unitKLIK Link DISINI
3.PKBM DESA CILEMBU   1unitPerumnas Lembusari
4.TBM (Taman Bacaan Masyarakat)   1unitRW.09
5.Renovasi PAUD Kareumbi   1unitRW.08
6.Perpustakaan SDN Cilembu   1unitRW.08

BIDANG EKONOMI

No.NAMA KEGIATANVOL. Sat.     KETERANGAN
1.Kelompok Tani Hamparan   1kel.       Dusun Pangkalan 2
2.BumDes   1           Kantor Desa

BIDANG WISATA/BUDAYA

No.NAMA PEMBANGUNANVOL. Sat.  KETERANGAN
1.Taman Wisata Desa Pangjugjugan   1           50 HA
2.Taman Anggrek   1          1,5 HA

BIDANG PEMUDA dan OLAH RAGA

No.NAMA PEMBANGUNANVOL. Sat.    KETERANGAN
1.Lapangan Sepak Bola/Alun-alun Desa   1 bh          RW.08

NB.
Sebagai tolok ukur sederhana dalam menilai tingkat kesejahteraan warga meningkat dapat dilihat juga:
  • 2006 yang bergelar sarjana tercatat hanya 2 orang, 2013 tercatat 22 orang
  • Yang telah terdaftar sebagai Calon Haji s/d 2013 tercatat sebanyak 36 orang
  • Jumlah kendaraan(Mobil) berbagai jenis yang dimiliki warga Cilembu 105 kendaraan
  • SAYA BOLEH DONG BILANG KALAU BLOG INI, baik langsung ataupun tidak langsung turut berkonstribusi atas Ubi 'madu' Cilembu yang kian mendunia...yang pada akhirnya mensejaHterakan warga Cilembu......iya ga seh?
Data ini akan disempurnakan lebih lanjut...
(1) setelahnya baru diketahui, dia adalah musuh politik PILKADES...haturnuhun bray..kritiknya membuat data ini ada...lumayan, bisa untuk bekal data PILKADES Periode 2013 - 2018...ente mau mencalonkan?..hayu urang berdemokrasi secara JURDIL.

Demikian Hasil Pembangunan Blog Desa agar kiranya dipahami

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

94 komentar

pertomaxx diamankan kang

Balas

setelah pertomaxx ternyata aman, saya cuma kagum dan heran kang, luar biasa pembangungan desa Cilembu..semoga makin maju dan jaya kang

Balas

wah ini sih blognya klompencapir...

Balas

hebat eung desa cilembu sudah banyak kemajuan,kalau melihat dari daftar di atas kang.

Balas

judul artikel ama isinya ko' dikit beda ya.
apa karena saya ga baca artikelnya aklee.xixixixi

*kabur

Balas

klompencapir....?

Balas

pertomax sekarang di ganti sama obor...

Balas

Pertamax simpen digudang kang, parantieun mati listrik
semua berkat pemberdayaan warga yang pingin berubah kang.

Balas

kenal dengan klompencapir, berarti orang lama (baca: tuwa) yah?
hahay

Balas

aaaamiiin..alhamdulillah kang, periode sebelumnya memang sangat vakum dari pembangunan, jadi kesannya maju sekarang ini...padahal biasa2 azh kalau dibandingin dengan desa2 yang lain mah.

Balas

ngaku sapa yang dah tua hayo.....
#aku ngacung

Balas

kang hadi lurahnya desa cilembu nih pasti....makanya desa cilembu cepet maju.

Balas

kebiasaan.....
model baru,komen dulu baru baca

Balas

Wahh...keren..keren !! isi artikelnya sangat lengkap, baik data dan keterangannya.

**Tumben

Balas

memang harus gitu kalau anggota KPK, koment dulu baru baca. itu aturan maen nya. heuheu

Balas

yang perlu dilihat cukup judul dan akhirnya..selebihnya hanya perlu kecerdasan sedikit untuk memahaminya...

#cling..ada dipohon

Balas

ngga tumben sebenernya sih..ini nih gara2 jadi anggota kpk jadi tumben deh tuh....

#cling..ada diatap rumah

Balas

kang KS:..obor olimpiade

Kang Reo:...hmm...

Balas

Kang, Desa Cilembu kalo ditempuh dari Cileunyi kira-kira menghabiskan waktu berapa lama ya?

Balas

yang ngacung malah yang lain euy...wakwaw

Balas

Hehe iya, sekarang memang sudah terbentuk imej kalo anggota KPK itu cuma bisa ngasal doang, padahal kan...

Balas

Ihh...cling mulu nih...

Balas

Aku suka denger kelompencapir waktu aku masih bobok disamping Mamah.

#harus ada yang nanya

Balas

setuju dengan kang reo...iya yah...kenapa ngeblog kita jadi begini.

kayanya m'bah google juga senyum2 liat polah anak2 muda anggota KPK...hihihii

Balas

jangan salah...dari mulai SH, Insinyur, typosi, anggota dewan sampe tukang ubi bercokol di kpk..beuh!!..ora nahaaaan

Balas

cuman 15 menit...telp. azh dulu..nanti dijemput.
eh..SMS dulu ketang..soalnya klw telp. suka teu diangkat kalau blm tersimpen namanya didaftar hp kang...maklum...banyak yang nagih hutang.
no.hp nya ke G+ azh atau ke inbox fb...serius nih? nanti tak siapin gadis desa deh

Balas

Ngeblog itu isinya bisa bervariatif, jadi tidak akan membosankan pengunjung atau pemilik blog itu sendiri. Bagiku blog ini sudah mewakili judulnya. Sukses !

Balas

yang pasti, kita siap diundang makan ubi bersama di desa tercinta

Balas

padahal itu teh ilmunya kang budishinici...biarin ah..mumpung yang punya ilmunya lagi sunah rosulan...hehehe

Balas

saya yang masih imut ini hanya melongo.
tentang kelompok pendengar pembaca dam pemirsa yang digalakkan di era pak Harto.

Balas

langsung cling!

Balas

kayaknya KPK bakal menjadi bayi besar

Balas

katanya 20 menit

Balas

Taman Wisata Desa Pangjugjugan itu isinya apa Kang? kayaknya eksotik kalo liat dari namanya.

Balas

dengan senang hati kukan menunggu kesiapannya, kalau perlu nanti disambut dengan upacara adat "lengser" dah.

Balas

kang rudy..tuh kang zach keceplosan, jadi ketauan kan remaja orba nya..ya kan...wahahaaa

Balas

20 menit klw dari bandung kang...Cileunyi kan pintu tol, lagian cileunyi kan udah bandung nyingcet(baca: bandung Coret)...hehehe

Balas

langsung klik link nya azh kang, kalau u/orang kota pastinya...mantaP banget, karena saya udah jadi orang sini..jadinya malah biasa2 azh.

tapi kalau mau reservasi irit..mendingan hub.saya azh.biar diskon gituh.

Balas

terimakasih kang...dari sekian banyak komentar, cuman akang yang baik hati...hehe

Balas

bayi besar, pasti lahirannya susah banget

Balas

berarti luas banget ya mas?

Balas

ngga manjur akang yang pake mah kang...jangjawokannya kudu dikuasai dulu kalau pengen #Cling nya mantap

Balas

ih ini mba indah muji-muji pasti ada maunya....:D
#mau ubi cilembu....aku juga mau kok

Balas

wah lengkap banget sobat, bisa mudah nih kalau mau main ke desa sobat. sudah jelas semua nama namanya hehehehe makasih sobat.

Balas

mang lengser mau lengser keprabon ya..?

*basa lieur..

Balas

kelompok pengacau tara baca tapi lieur...

Balas

disemir atuh biar cling...

Balas

aku mau bikin bayi saja lah...

Balas

hmmm.. gadis desa ya..?
tar aku telpon deh
tapi jemput di banjarmasin ya...

Balas

judulnya aja cilembu...
ci air lembu sapi...
cilembu berarti sapi ti gujubar...

Balas

ada sapi gak..?

Balas

wilujeng, teu karaos tos lima taun Kang?

Balas

Selamat pagi, hadir menyapa

Balas

berbau mau nyalon jadi kades nih pak.. wkwkwkwk.. keren juga toh kalo misalnya pak kades juga ngeblog, ...

yang mungkin di tambahi ini pak, pendidikan blogging di lingkungan pendidikan, biar semua pada merasakan nikmatnya jadi blogger

Balas

abooonte..abooonte..aw..aw.

Balas

Kang, Mondol artinya apaan sih?

Balas

Nah, kalo gitu kelompencapir bisa dijadikan nama lain dari KPK dong ya?. Ih tapi akumah suka baca dulu loh.

Balas

Supaya bisa menguasai jangjawokannya, kayaknya aku harus berguru dulu di Sancang ya?

Balas

Mas Raw kan udah tau cara bikinnya, lha sekali-kali bikin tutorialnya napa?

Balas

Ai nama pesbuk akang naon?

Balas

Kang, Wisata Desa Pangjugjugan teh kayak Asep Stroberi, bukan?

Balas

Muhun, Alhamdulillah nya.

Balas

pakai semir sepatu kuda...xixixixi

*clong.. loncat pager

Balas

saya setuju sama mas Rudy. biar kita yang belum tau caranya biar tau...xixixixi

Balas

dari denpasar kira-kira brapa lama ya?

gimana kalau gadis desanya dituker ama barong bali?

Balas

berarti air sapi ya....

Balas

Asep Stroberi itu masih kerabatnya kang Asep Haryono sohib kita ya?

Balas

Hampir sama dengan blogku yang "Sundul Magetan" Kang. ada beberapa orang yang beranggapan bahwa blogku adalah blog yang mengkhususkan tentang Magetan saja. Padahal pemberian nama itu aku maksudkan untuk mengenalkan nama Desaku Sundul dan diperjelas dengan keberadaan Desaku di Kabupaten Magetan. Jadi sangat disayangkan kalau ada yang menilai sesuatu itu tanpa memahami isinya. Aku tetap support Ubi Madu Cilembu.

Balas

hahahaaa...carekan ku karuhun cilembu loh kang

Balas

Wisata Desa Cilembu, namanya "Pangjugjugan" mirip2 tapi lebih aduhai dan eksotik pangjugjugan kang Rud.

Kang KS: nah itu..persisi hehehe

Balas

ari angka hiji beureum nu dikurungan eta naon kang ? bulakblik maca teu ngarti2

Balas

jawabannya udah saya jawab di rumahnya kang rawins...coba kesana gih.

Balas

yang laen mah tara maca heula kang, ngan urang duaan we nu rada normal teh...sa'eutik

Balas

semoga pembangunannya lancar ya kang (Y)

Balas

barong balinya setipis silet ngga kang?

Balas

hala....h
sungguh ditunggu mampirnya...salam untuk pegawai PU di muarabungo jambi yah kang..dari jambi kan?

Balas

sumuhun kang...hanjakal akang tara mampir kadieu ah..padahal se'eur pisan ti conggeang ameungan kadieu..naha ateuh jiga nu geleuh(baca:maksa mampir)

heheee...alhamdulillah kang rud

Balas

pagi, siang, sore, menyapa kembali...makasih kunjungannya

Balas

usul yang sedang digodok di sidang paripurna desa kang....heuy deuh!!

Balas

mirip, kalau saya kritiknya ngga didunia maya, tapi saya jawab disini..mudah2an dia baca dan terus baca hingga akhirnya ng'blog dan masuk anggota kpk..lama2 kan kena virus asem tuh...hehehe

#semoga ngga ada anggota kpk yang baca ini.

Balas

hihi masih bahas mondol juga...

Balas

wahahaaa...teliti banget c akang nukasep ini teh.
coba balik ke kalimat ini "...jadi pahamlah saya, kalau tokoh masyarakat ini(1)...angka nya dikasih merah?..nah penjelasannya dibawah dikalimat ini....
"Data ini akan disempurnakan lebih lanjut...
(1)setelahnya baru diketahui,....

gaya buku2 besseller gituh deh....haaalaaa...h

Balas

pertama tama siapin telur dan kocokan roti...

Balas

yo-ai cak..tengkyu yah

Balas

janganlupa sabun colek berikut odol dan handuk warna merah.

Balas

kang rudy..fb ku Geotroy tuvlithea, kalau ngga ketemu cek dipertemanan fb nya kang Reo.

Balas

ooooooo kiiituuu,,,, jd yg dimaksud no (1) warna merah itu 'SESEORANG' ,,, sanes kitu ???

*bari mikir bener apa salah jawabana*

Balas

jiaah..ci akang mah sok api api sibuah manggis wae ah...hehehe

Balas

waah, hebat sekali ini pemerintahan desa Cliembu yaa, listrik tenaga surya sudah ada, coba bayangin kota metropolitan aja dengan apbd yang besar belum bisa bangun tuh, semoga desa ini menjadi contoh untuk kota - kota metropolitan
kecup basah buat desa Cilembu, hahahahaa

Balas

desa terasa kota, tapi bangga dengan desa sendiri itu hebat lho...
benar kang, blognya ini sedikit banyak ikut berkontribusi dengan desa cilembu.

Balas

siapa dulu pemimpinnya dong....hlaaaa....;o)

aaaamiiiin...aaaamiiiiin....
makasihatensinya ya kang.

Balas

aaaamiiiin....kalau bukanoleh kita, oleh siapa lagi coba...;o)

Balas

Bagus juga kang.. data potensi desa cilembu bisa
di akses oleh semua orang..
salut..

Balas
New comments are not allowed.
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger