DESA CILEMBU

Cara Pengajuan Hak Paten

DEFINISI HAK PATENHak eksklusif yang diberikan negara kepada inventor atas hasil invensinya dibidang teknologi, yang untuk waktu tertentu yang melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanaknnya.


INVENSI YANG DAPAT DIPATENKAN
Paten dapat diberikan untuk invensi yang :
  • Baru, Jika pada saat pengajuan permohonan paten invensi tersebut tidak sama dengan teknologi yang diungkapkan sebelumnya
  • Mengandung langkah inventif, jika inventif tersebut merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya bagi seseorang yang mempunyai keahlian tertentu dibidang teknik
  • Dapat diterapkan dalam industri. Jika invensi tersebut dapat diproduksi atau dapat digunakan dalam berbagai jenis industri.
JANGKA WAKTU PERLINDUNGAN
Paten  : 20 tahun sejak tanggal penerimaan permohonan paten
Paten Sederhana  : 10 tahun sejak tenggal permohonan paten sederhana.

TATA CARA MENGAJUKAN PERMOHONAN
Mengajukan surat permohonan ke kantor DJHKI dalambahasa Indonesia dengan menggunakan formulir permohonan paten yang memuat :
Hak Paten Ubi Cilembu
contoh produk Ubi Cilembu yang telah memiliki HAK PATEN
  • tanggal, bulan dan tahun permohonan;
  • alamat lengkap dan alamat jelas orang yang mengajukan permohonan;
  • nama lengkap dan kewarganegaraan investro;
  • nama lengkap dan alamat kuasa(apabila permohonan melalui kuasa);
  • surat kuasa khusus, dalam hal permohonan yang diajukan;
  • pernyataan permohonan untuk diberi paten;
  • judul invensi;
  • klaim yang terkandung didalam invensi;
  • deskripsi tentang invensi yang secara lengkap memuat keterangan tentang cara melakukan invensi;
  • judul invensi, yaitu susunan kata kata yang dipilih untuk menjadi topik invensi, Judul tersebut harus dapat menjiwai inti invensi;
Dalam menentukan judul harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Kata-kata atau singkatan yang tidak dipahami maksudnya sebaiknya dihindari;
  • tidak boleh menggunakan istilah merek perdagangan atau perniagaan;
  • bidang teknik invensi, yaitu menyatakan tentang bidang teknik yang berkaitan dengan invensi; 
  • latar belakang invensi yang mengungkapkan tentang invensi terdahulu beserta kelemahannya dan bagaimana mengatasinya yang merupakan tujuan invensi;
  • uraian singkat invensi yang menguraikan secara ringkas tentang fitur-fitur dari klaim mandiri;
  • uraian singkat gambar (bila ada) yang menjelaskan secara ringkas keadaan seluruh gambar yang disertakan;
  • uraian lengkap invensi yang mengungkapkan isi invensi sejelas jelasnya terutama fitur yang terdapat pada invensi tersebut dan gambar yang disertakan digunakan untuk membantu memperjelas invensi.
#Adakah yang mau membantu meng HAK PATEN kan UBI CILEMBU ?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

51 komentar

cilembu udah paten kok
ga perlu dipatenkan lagi

Balas

saran saya:ubi cilembu nya di paku saja biar paten pake paku jure

Balas

Wah ternyata ubi juga ada hak patennya juga ya, hehe

Balas

saya juga mendukung kang, ubi cilembu dihak patenkan, nanti malah dicuri sama negara tetangga hehe, tpi saya ga bisa bantu kang, support bae:}

Balas

malem jum'at berhantu...modemku ngeselin banget, semoga modem ini dimakan hantu blao

Balas

biar lebih paten, pakunya dijidatku sendiri ya kang...hehehe

Balas

dukungan seratus prosen untuk ubi cilembu atas kepemilikan hak paten :-)

Balas

ho'oh...sayah juga heran..;o)

Balas

ini juga sudah di patenkan pake paku ya kang,ya sama akang akang kang pakuwu he...he...sip deh.mantap surantap lah.

Balas

wah keren nih sudah di patenkan ubinya hehehe..

tapi setau saya, di tempat saya ubinya kecil kecil banget dech sob, itu di tempat sobat bisa sebesar besar itu ya ubinya,,mantap dech...

Balas

Ubinya besar - besar ya mas, boleh donk dikirim...

Balas

saya kira blog akang yang di patenkan.
ternyata oh ternyata....

*bersambung..

Balas

udah jadi dimakan hantu belum tuh modem Kang?

Balas

sudah jadi dipaku kang, jidatnya?

Balas

ihh pelit banget. ada bersambungnya

Balas

kalo itu, saya mauu

Balas

ubi cilembu ini inensi, berarti persilangan ya Kang?

kalo persilangan, jelas bisa banget dipatenkan. terus, kenapa nggak ambil langkah segera Kang?

Balas

ubi celembu emang milik akang ,, dan sudah terbukti :D

Balas

Kepengen makan ubi yg dipatenkan. :)

Balas

persilangan tuh blasteran ya bang?
kang Hadi blasteran ya....

Balas

kalau pakunya nggak ada, nih ada linggis...

Balas

Sundul Magetan hanyabisa support dan Doa Kang, semoga Ubi madu Cilembu bisa semakin mendunia dan dapat pengakuan yang sesungguhnya dengan hak paten seperti yang di inginkan. jadi tidak bisa lagi diakui oleh daerah lain.

Balas

invensi maksudnya

Balas

halahh malah heran.

Balas

kayak ketela mukibat dulu ya Kang?
itu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Balas

untungnya hantu blaonya malah takut liat mukaku kang...hehehe

Balas

buwahahaaaa...lagian iseng banget nyletukin bae' seh.

Balas

emangnya seh...jepun udah mulai budidayain. seperti biasanya nunggu ada yang ngaku, baru kebakaran jenggot demo sana sini...kalau belum ada yang nagaku sih...nyantey azh dulu kaya di puncak....hehehe

Balas

mau dong rasain ubi cilembunya

Balas

guegugee iya bener bener kata Bang Zachflazz. Dari Ketela juga bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia. Masa berita Korupsi melulu sih hiheiehiheiehiheiehiee

Balas

Ya gitulah kang kondisi kita mah..

Balas

Semangat mang, mudah2an ada yg peduli dan mendengarkan suara warga desa cilembu.

Balas

Ubi cilembu sekarang sudah banyak cabang, di tempat saya juga ada loh..

Balas

Nama asli kang Desa siapa sih..penasaran

Balas

kayak vampire. atau mamang memang vampire?

Balas

nah mulai rendah hati

Balas

Kang Tuvlihadi, Mas. Panggilan kecilnya Tutuv. Kalo orang Bogor nyebutnya Tutup.

Balas

numpang disini yah,komen orang cantik hihihi

Balas

baru niat kang

unsur tanah dan cara tanamnya yang berbeda kang

Balas

boleh boleh..silahkan diicipi

Balas

aaaaamiiiiin, terimakasih suportnya selalu kang, semoga sehat selalu

Balas

saya sepupunya kang...hehe

Balas

terimakasih atas suportnya selalu bang

Balas

okehmerokeh atuh ai kitu mah kang, haturnuhun kasumpinganna mugi kenging anu mencrangna

Balas

aaaamiiiin...semua berkat do'a akang akang semua.

Balas

kang zach..terimakasih suportnya, butuh fokus, dan biaya dan sosialisasi keseluruh warga, upayanya sudah dimulai sejak 2007 selalu tersendat, dinas terkaitpun tidak sigap, karena emang banyak faktor non teknisnya.
yang paling efektif, minta tolong kang REO(dimalaysia) untuk pura2 mengaku2...pasti bakal kebakaran jenggot bangsa ini, kalau sudah begituh...pasti prung dan pasti jadi...bener ngga?

Balas

kang El:..kenapa gituh?,,,nah tuh tanpa ekspresi kang zach ngasih tau...huuuuuu

yowis kang EL, sekalian dido'a do'ain dan diwiridkan nama saya ya kang, supaya banyak rezeki dan dagang ubinya tambah laris...hehehe

Balas

bukan...saya cuman pemanfaat, milik gusti ALLAH SWT kang...;o)

Balas

ambil sendiri didapur gih...;o)

Balas

aaaamiiiin...makasih y

Balas

Bos bos sekalian..
Please deh..apa yg akan dipaten kan utk ubi cilembu ini..proses membuat ubi nya kah, metode membuat ubi menjadi makanan lain kah..atau ubi itu sendiri..tahukah anda paten itu ada untuk suatu invensi..lalu invensi itu adalah ide kegiatan pemecahan masalah di bidang teknokogi yg bisa produk, proses atau penyempurnaanya.Jadi kalo tdak ada unsur invensi maka tdk ada yg dpt dipatenkan..setahu saya kl utk ubi cilembu ini bidang HKI yg tepat namanya adakah perlindungan indikasi geografis..silakan dipelajari lagi deh..salam

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger