logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

MALU

www.desacilembu.com
Membuat jadwal pelajaran
kreasi sendiri
Assalam'muallaiqum.wr.wb...Sampurasun...Rampes.
Desa Cilembu, MALU ~ Terinspirasi dari sohib kpk blog Zachflazz tentang bagaimana memancing anak untuk kreatif tanpa harus mahal yang dilakukan adminnya terhadap putra putrinya, membuat saya terpesona, sebagai orangtua yang tinggal didesa tentu keinginan memiliki putra putri yang kreatif, cerdas, tekun dan selalu bersemangat menimba ilmu, menjadi pemicu untuk dapat melakukan hal yang sama dengan para orang tua yang tinggal dikota besar yang akses kesegala bidangnya lebih mudah, karena sarana dan prasarananya ada dan lengkap.

Lalu saya berfikir keras, apa kira-kira yang bisa dilakukan untuk anak-anak desa yang jelas jelas akses kedunia luar sangat minim, kegiatan sehari-hari mereka selain sekolah adalah mengaji disurau surau kecil yang ada disekitar tempat tinggal mereka, kursus/private ini dan itu yang biasa dilakukan anak kota, jauh dari bayangan mereka....selain juga karena sifat kreatif dari orang tuapun juga minus, bagaimana bisa kreatif kalau keseharian mereka(termasuk saya) bertani dan berdagang, dunia yang digeluti para orang tua sehari harinya dan berlangsung selama bertahun-tahun hanya itu ke itu mulu...
contohnya: tersebutlah seorang muda kaya, sengaja membawa para ibu 30 tahunan keatas piknik kesebuah Mall di kota Bandung, hanya ingin mereka merasakan naik lift dan eskalator yang ada diMall tersebut, dan apa yang terjadi...?ada yang mabuk, bahkan ada yang membuka alas kaki saat akan menaiki eskalator, sungguh miris dan menyedihkan dan seperti itulah kenyataannya.

Apa akibat lainnya?...mereka sangat tidak percaya diri, kalimat "MALU" adalah senjata pamungkas mereka untuk bersembunyi dari keinginan mereka. hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, remaja, bahkan para orang tua pun menjadikan kalimat MALU sebagai alasan untuk tidak berbuat apapun.

Saya tidak ingin anak-anak mengalami hal yang sama dengan contoh diatas, Lalu...apa yang saya lakukan?saya baru bisa berpikir sekeras mungkin, apa yang dapat dilakukan untuk mereka, dan belum dapat berbuat apapun untuk mereka...sabar ya nak!...ayah dagang ubi dulu.

Memang pada Tahun 2011 PNFI Regional 1 Jawa Barat pernah memberi bantuan berupa sarana dan prasarana TBM(Taman Bacaan Masyarakat) dengan tujuan, selain menjadi perpustakaan Desa, juga diharapkan menjadi pusat kegiatan remaja dan anak-anak dalam mengembangkan dan menggali potensi, sayang sarana bantuan itupun tidak berjalan dengan harapan, karena ditinggalkan oleh para pengelolanya, cari duit kekota, atau ditinggalkan begitu saja karena ngurus TBM ngga ada honornya..."ngurusin TMB wae...ari duit teu boga...rek ng'daharan buku, anak jeung pamajikan sayah"(mengurus TBM terus...padahal ngga punya uang...mau makan buku anak dan istri saya)...begitu kira2 keluhan para pengelola itu.

UNTUK DIKETAHUI DINAS TERKAIT
wajarlah bila hampir 80% bantuan pemerintah yang datang untuk desa tidak ada yang berjalan berkesinambungan,(kecuali bantuan yang bersifat usaha dan koperasi)terutama yang pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat, apa sebabnya?
jawaban(persi mamang) adalah : 
  1. warga desa adalah warga petani dan pedagang, bukan pegawai kantoran yang waktu luangnya cukup, hitungan untung rugi kehidupan lebih kentara.
  2. daripada mereka berkegiatan ngga ada juntrungannya mereka lebih suka jadi kuli pacul atau ngojeg untuk cari uang.
  3. para orang tua pun tidak mengikhlaskan anak remaja mereka berkegiatan tanpa dapat menghasilkan apa-apa.
  4. ilmu dan pengalaman yang dapat digali dari berkegiatan, bagi mereka tidaklah menjadi penting.
  5. jadi relawan...relawan hanya cocok untuk mahasiswa dan pelajar, didesa mana ada mahasiswa,(kalaupun ada, mereka pasti ng'kos dikota) pelajar SMU, pulang sekolah lebih banyak membantu orang tua mereka disawah dan ladang.

[]Ada ide... untuk mereka?
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger