DESA CILEMBU

Undang Undang Pilkades

Desa Cilembu, Undang Undang Pilkades ~ adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa yang mengatur tentang tata cara pemilihan Kepala Desa secara langsung oleh warga setempat dalam rangka memilih pemimpin disebuah desa dengan mencoblos tanda gambar calon, berbeda dengan Lurah yang menjabat di Kota/kota Madya (Kodya) yang dijabat oleh Pegawai Negeri Sipil dan tidak dipilih secara langsung, tetapi ditunjuk oleh Kepala Daerah.
Undang Undang Pilkades
Adapun Peraturan Pemerintah Rebuplik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa yang mengatur tata cara Pemilihan Kepala Desa itu, adalah :
  1. BPD memproses pemilihan kepala desa, paling lama 4 (empat) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan kepala desa.
  2. Kepala Desa dipilih langsung oleh penduduk desa dari calon yang memenuhi syarat; Pemilihan Kepala Desa bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil; Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan melalui tahap pencalonan dan tahap pemilihan.
  3. Kepala desa menjabat maksimal dua kali
  4. Untuk pencalonan dan pemilihan Kepala Desa, BPD membentuk Panitia Pemilihan yang terdiri dari unsur perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan, dan tokoh masyarakat.Panitia pemilihan melakukan pemeriksaan identitas bakal calon berdasarkan persyaratan yang ditentukan, melaksanakan peinungutan suara, dan melaporkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa kepada BPD.
  5. Panitia pemilihan melaksanakan penjaringan dan penyaringan Bakal Calon Kepala Desa sesuai persyaratan; Bakal Calon Kepala Desa yang telah memenuhi persyaratan ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa oleh Panitia Pemilihan.
  6. Calon Kepala Desa yang berhak dipilih diumumkan kepada masyarakat ditempat-tempat yang terbuka sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat.
  7. Calon Kepala Desa dapat, melakukan kampanye sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat; Calon Kepala Desa yang dinyatakan terpilih adalah calon yang mendapatkan dukungan suara terbanyak; Panitia Pemilihan Kepala Desa melaporkan hash pemilihan Kepala Desa kepada BPD; Calon Kepala Desa Terpilih sebagaimana dirnaksud pada ayat; ditetapkan dengan Keputusan BPD berdasarkan Laporan dan Berita Acara Pemilihan dari Panitia Pemilihan.
  8. Calon Kepala Desa Terpilih disampaikan oleh BPD kepada Bupati/Walikota melalui Camat untuk disahkan menjadi Kepala Desa Terpilih.
  9. Bupati/Walikota menerbitkan Keputusan Bupati/ Walikota tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih paling lama 15 (lima belas) hari terhitung tanggal diterimanya penyampaian hasil pemilihan dari BPD.
  10. Kepala Desa Terpilih dilantik oleh Bupati/Walikota paling lama 15 (lima belas) hari terhitung tanggal penerbitan keputusan Bupati/Walikota.
  11. Masa jabatan Kepala Desa adalah 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dan dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

[]Semoga Pilkades Desa Cilembu yang akan dilaksanakan awal bulan Juni 2013, berjalan sukses tanpa ekses.....aaaaammiiiin

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

95 komentar

wa'alaikumsalaam warohmatullah, semoga hajatannya sukses kang,
didesa saya april pilihannya kang

Balas

telat pertamax :(

Balas

aamiinn.. kang hadi jadi salah 1 calon kades juga ?

Balas

jangan lupa menu suguhan saat pilkades: ubi cilembu :D

Balas

Kalau syarat-syarat mendaftarkan kades itu apa kang? Trus yang membuat siapa ya?

Balas

Sudah mau Pilkades lagi ya Kang. Di Magetan semua pilkades di tunda dulu, karena menghadapi PilBup dan Pilkada provinsi.
Maju terus Kang. Aku support dengan doa biar Cilembu semakin Jaya.

Balas

kang Desa Cilembu bade nyalon yah, saya dukung kang jadi kades ....

Balas

masak dulu mba hehe...

Balas

semoga lungsur langsar kang pilkades nya :D

Balas

petromax aman :D

Balas

tak kirain mau nyalon bang,,, hehehe .... Siapapun kepala desanya semoga bisa melepas kepentingan politiknya dan bisa menjunjung tinggi kepentingan bersama

Balas

Mudah2an sukses dan tidak ada kecurangan. dan semoga akan tampil Pak Lurah yg sanggup merubah desa cilembu lebih baik dari yg sekarang

Balas

petronas kita duduki

Balas

siip. saya boleh nyoblos nggak?

Balas

orang sana mah udah bosen kali Mbaak.

Balas

saya bade milih deh

Balas

Pak Kades, Mbak

Balas

mau nyalon ya Kang?
saya mendukung pokoknya. majukan desa Cilembu sesuai arah cita-citanya.
salam sehat Kang.

Balas

nyalon koq. beneran pasti

Balas

nyoblos online ya

Balas

berarti lebih banyak peluang buat di kirim ke ibukota ya

Balas

ikutan dukung tim kampanye KPK nih.

Balas

Waalaikumsalam wr.wb.amiiiin...

Balas

kya yang mau lahiran aja kang"lungsur langsar"hehe

Balas

O..jadi itu ya peraturan Pemilihan Kepala Desa th

Balas

Itu di gambar ,buah apa kang?asa teu nyambung jg artikel xixi.,.

Balas

lengkap dan patut dipatuhi kang

Balas

Mungkin admin blog ini yg calon kadesnya

Balas

petrokimia ajah wkwkwk

Balas

kang cilembu nyalon nggak nih?

Balas

dukung kang Hadi sebagai The Next Kades ......
ketik IDOL spasi HADI..
kirim ke rumahnya,,
hehehehe.....

Balas

itu pete belanda

Balas

berhadiah ubi?

Balas

Ikut mendoakan juga Mas agar pilkade di desa cilembu berjalan tentram dan damai :)

Balas

Aaaaaamiiiin...beda tipis y kang, desanya apa namanya sih?

Balas

malahn ditempat saya besok hari minggu.calonnya ada 3,berarti semua daerah lagi pada pesta pilkades.

Balas

#yang punya rumah sidakep tanpa ekspresi

Balas

mumpung menjelang malem jum'at...yang dicoblos siapkan diri...dan yang nyoblos jangan lupa piagranya 3 butir sajah cukup kan?...hihihi

Balas

nyalon kang...kalo nyalon pasti gambarnya Ubi.

Balas

seminggu sekali satu ton saya kirim ke ibu kota lo' kang...hehe

Balas

Semoga lancar Kang BRO,,,,

Subur makmur gemah ripah untuk Cilembu,,,

Balas

syaratnya utamanya harus punya blog, yang buat pastinya bukan anggota komunitas kpk...hehehe

Balas

di Jawa Barat Pilgub dan Pilbup sudah bulan lalu, terimakasih do'anya, semoga pun demikian untuk Desa Sundul...aaaamiiin

Balas

kang El...hehehe.
kang zach. emang yang dirumah kurang? mau milih yang ke'gimana lagi atuh kang?

Balas

Ayo...kang hadi...mulai lobi lobi dari sekarang...hehe

Balas

Sipp...deh kang
semoga aja acara pemihan pilkafes nya nanti...sukses dan yg terpilih bisa membawa desa cilembu lebih ok...
Warganya pun jauh lebih baik kehidipannya dan sejahtera :)

Balas

nuhun pidu'ana kang dins.
kang agus...hehehe

Balas

Pasti nanti rambutnya jadi KRIBO atau Keriting.
NyalON kan. Keren dah.

Balas

Saya jadi ingat saat ada Pemilu Kada di Kubu Raya, kabupaten di Kalimantan Barat. Sore Sore saya kedatangan tamu tak dikenal dan langsung memberikan saya 1 kilo gula pasir. Di dalamnya ada kartu nama salah seorang calon. Weeee. Ini serangan fajar yang kesiangan kayaknya.

Karena ini ada gula, ya udah sikat aja gula pasirnya. Gratis ini hiehiehiee. Pilih sih nda , tapi sikat aja hadiahnya

Balas

aaaamiiiin, tengkyu do'anya kang deb.

kang zach, nyalon?..emangnya saya mirip banci y?...wkwkwk

Balas

wah emangnya ada ya bosen sama poduk sendiri? lah kita ko ga pernah bosen sama nasi hehe

disini juga ada orang jualan cilembu kang, menu andalannya ubi bakar cilembu, limaribu dapet 3 batang ubi, terjangkau banget harganya, rasanya hemmm... dipadukan sama kopi wiiihhh

Balas

6 tahun toh. Lama banget

Balas

huh..klw yg namanya gratisan pasti paling depan.

Balas

eh ada kang asep anu kaseptea...ampe malu sayah..mangap kang

Balas

Wah..calon kades nya udah molor. capek gara2 bagi sembako. hahahah.
Mang...mksh yah, ternyata benar. ada 12 link broken di blog saya, alhamdulillah sekarang bersih.
Sekarang jam 11.02.........♥♥♥saatnya tidur♥♥♥

Balas

aaaamiiiin, terimakasih do'anya neng Indah Pacarku

kuwu kang...;o)

Balas

nyalon lagi bae dah ah...tuh kata kang asep ge' rambutku bisa kribo...hehehe

kang budi..lobi lobi mah buah kecil warna merah kale

Balas

emblem yang dipake kuwu didada sebelah kanan kan namanya jengkol, nah maksudnya gituh kang...orang kota mah moal ngertieun barina ge'...hehehe

Balas

belom ko'..baru nidurin(baca: ngelonin anak bungsu)
loh inikan malem jum'at bukannya dines jagain lilin?

Balas

bisa iya, bisa tidak

Balas

yg penting bisa mmbuat kades sejahtera,,,aku dukung

Balas

hehehe....kang indra bisa wae ah.
hadianya ubi plus plus

Balas

maaf Kang baru bisa mampir kesini. lagi ada acara dikit dirumah saya..hehehe

Balas

hati2 dibaca istrinya kang ..hahaha

Balas

ikut jadi calon nggak kang?? hehe
itu 6 tahun lumayan lama juga ya, hmmm

Balas

desa rengel kecamatan rengel kabupaten tuban kang.
ini sudah mulai seleksi administratif calon2nya

Balas

lihat yang punya rumah tapi pura2 tidak liaht dan tidak tau, hihihi

Balas

saya bisa langsung ke Rengel via "KE CILEMBU" dibawah itu nih, pake mode "Earth" biar seolah olah naik helikopter...yuhuuyy
ada yang mau ikut...lebay

Balas

itu kan kepanjangan dari P nya....sambil clingukan

Balas

palingan potong rambut tiap 3 bulan sekali

Balas

saling popolotot sesama warga yang beda dukungan y kang...hehehe
moga lancar dan aman tentrem dan sukses ah

Balas

aaaaammiiiin terimakasih do'anya, damai itu indah P

Balas

kalau nyalon emang biasanya sambil ngopi dan makan ubi(baca:..pergi kesalon)....hehehe

Balas

aaaammiiin kang bray..
lohjinawi nya ngga kang....aaaaamiiiin. nuhun

Balas

aaaamiiiin, begitulah harapan kami...dukungan do'a khususon nya ya kang.

Balas

salah maksud tuh

Balas

kasih tau ngga ya...?!

Balas

semoga sukses acaranya kang...salamin untuk semua yang hadir yah dari cilembu

Balas

kang asep: politik jadul masih dipake, pasti yang begitu ngga menang dalam pemilihannya kan?

m'ba In...kan emang gaianya beliau...;o)

Balas

kasih ubi gratis aja kang, gak usah kasih tahu :D

Balas

Hayu kang ngopi heula,kirim ubi cilembu na kadieu!

Balas

setipis silet bersaudara nih

Balas

Pernah mampir dirumah teman, disumedang beli oleh2nya ubi cilembu, manis, ngomong2 ikutan nyalon juga kang?

Balas

hayulah...kebeneran belom ngopi yeuh

Balas

rasanya semanis saya kan yah?...hehehe
kebetulan baru kemaren saya nyalon(baca:masuk salon pedikur, menikur...;o)

Balas

isnan...maksud lo'....

Balas

tanya mas.. setahu saya apabila kepala desa tersangkut pidana dan terbukti kemudian ditahan apakah akan diadakan pelaksanaan pilkades lagi atau cukup menggunakan PLT saja sebagai pengganti kades..?

Balas

Wa'alaikum salam Kang,
pantas saja teman saya tetap memilih menjadi sekertaris desa alias Pak Carik, sebab peraturan jadi Kades cuman 2 tahun. Padahal dia memiliki kemampuan menjadi Kades dan disenangi banyak warga.\
Sukses untuk Pilkades desa Cilembu

Balas

yang saya tau di lanjutkan oleh PLT, sampai selesai masa jabatan kades yang tersangkut pidana tersebut, katanya itu ge'...soalnya belum ada pengalaman yang demikian disekitarku.

Balas

aaaaamiiiiin
2 periode kang, kalau Carik bisa jadi PNS, sementara kades mah tidak, gituh...makanya orang lebih betah jadi carik.
terimakasih do'anya kang.
salam sehat selalu

Balas

kayaknya Kang Cilembu ini punya kans besar untuk memenangkan Pilkades, apa juga ikutan? entar saya juga pakai google eart utk lihat2 di sana. he...he...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger