DESA CILEMBU

Makanan Olahan Berbahan Dasar TEPUNG JALEJO

Jalejo adalah singkatan dari Jagung, Kedelai dan Kacang Hijau yang merupakan tepung komposit dari tiga jenis bahan pangan yaitu jagung, kedelai dan kacang hijau. Tepung ini memiliki kandungan gizi per 100 gr yaitu protein 18.9 gr, kalsium 94 mg, zat besi 4.9 mg, kalori 397 kalori, vitamin A 322 SI dan Vitamin B1 0.62 mg (Dinas Pertanian, 2008).Tepung pada umumnya, Jalejo juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam olahan makanan dan dapat mensubtitusi tepung terigu. Karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, Jalejo dapat dimanfaatkan sebagai tambahan makanan bayi dengan mencampur ke dalam bubur susu (MPASI). Selain itu penggunaan tepung jalejo sangat baik bagi penderita autis karena tidak mengandung terigu.
MAKANAN OLAHAN BERBAHAN DASAR TEPUNG JALEJO
Artikel sebelumnya kita sama sama telah menyimak tentang Apa yang dimaksud dengan Tepung Komposit Jalejo, 
kali ini yu kita simak Makanan olahan berbahan dasar tepung jalejo.

NASI JALEJO
Bahan : Singkong kering (rasi) 100 g, 25 g tepung Jalejo, air 100 cc
Cara membuat :
  • Campur singkong kering dan tepung jalejo
  • Aduk sampai rata
  • Tambahkan air sedikit demi sedikt, aduk sampai tercampur merata
  • Kukus sampai matang
  • Hidangkan dengan sayur lauk pauk
NASI GURIH JALEJO 
Bahan :
Singkong kering (rasi) 100 g, tepung jalejo 25 g, garam ½ sendok teh,santan kental 100 cc., samlam 2 lembar, sere 1 potong dan jahe 2 iris
Cara membuat :
  1. Campur singkong kering dana tepung jalejo
  2. Aduk sampai tercampur merata
  3. Tambahkan santan yang telah diberi garam
sedikit demi sedikit sampai tercampur merata
NASI GORENG JALEJO
Bahan : 100 g  singkong kerin (rasi) , 25 g tepung jalejo air 100 cc, bumbu nasi goreng, daun bawang, telur, daging ayam, minyak goreng
Cara membuat :
  • Campur singkong kering dan tepung jalejo
  •  Aduk sampai rata
  • Tambahkan air sedikit demi sedikt, aduk sampai tercampur merata
  • Kukus sampai matang
  • Tumis bumbu nasi goreng dengan sedikit minyak
  • Masukan telur dan aduk
  • Tambahkan daging ayam yang telah dipotong dadu
  • Masukan nasi sijalejo
  • Tambahkan daun bawang, aduk sampai rata dan matang
  • Hidangkan
MAKANAN OLAHAN BERBAHAN DASAR TEPUNG JALEJO jadi tambahan ilmu bagi chef sedunia.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

69 komentar

kalo kedelai mahal mungkin bisa di akali dengan ampas tahu bang, katanya kandungan vitaminnya hampir sama

Balas

nasi goreng jalejo, tapi bahan bakunya tidak ada nasinya sama sekali. kalau nasi goreng mestinya harus ada bahan baku nasi mang.
tapi rasanya gimana tuh? ....penasaran mang

Balas

rasanya gimana kang cilembu,apa kayak nasi dari padi?

Balas

tambahan ilmu lagi nih kang, walau saya bukan chef...
tepung Jalejo semoga bisa mendunia

Balas

wah baru tau nih. Rasanya gimana ya? pnasaran..

Balas

termasuk mpasi juga ya..?
aku ga boleh nyentuh asi gimana dong mang..?
masa harus pake air susu umum..

Balas

jajelo.. pernah denger tapi baru paham.. ternyata ada isi kacang ya.

Balas

so pasti mudah di praktekan kang ,, mudah dipahami resepnya :D

Balas

Jalejo... hehe kayak nama tetangga sebelah tuh, kirain apa tuh jalejo rupanya singkatan jagung kedelai kacang hijau

Balas

Kalau bentuk gambar hidangannya ada Mas,,saya pingin lihat sebenarnya gimana hasil hidangannya soalnya baru dengar dengan namanya jalejo :)

Balas

Lapar euy!sok lah kirim yang sudah jadi.resep nya di bungkus aja

Balas

tentu beda ,mas agus !(padahal belum nyoba)wxwxwx...

Balas

wah unik jadi penasaran ama rasanya....

Balas

hehe..namanya juga nasi jalejo, kalau ada bahan baku nasi(beras maksudnya kan?)..namanya nasi goreng mang udin atuh neng.

Balas

kenapa ngga...
inovatif banget kan?!

Balas

jaljo,terus terang saya bru tahu ada tepung merek jalejo.jadi saya nggak koment duu kang.he...he...belum tahu barangnya.

Balas

lebih gurih kalau kata lidah saya mah...kita udah coba bikin tepung jalejonya saat seminar ituh

belom nyobain ya..ksian deh lu...#sambil goyangin telunjuk

Balas

seperti biasanya orang Indonesia, kalau masih ada beras padi, ngapain repot2 kang...hehehe

Balas

persis ice cream Magnum m'ba

Balas

air susu ibue' udah saat y kang.

Balas

hehehe...isi kacang, saya jadi gimanaaaaa gituh.

Balas

sudah..dan sedang persiapan bikin pabrik tepung sekala rumahan.

Balas

tetangganya pasti manis y kang?

Balas

ada sih, cuman belom sempet tak aplud kang..bayangin dulu deh yah...;o)

Balas

ogah ah...yang duluan ge' belom dibayar

Balas

tong hilaaap nyaa...

Balas

semoga penasaran juga sama adminnya...halaaah

Balas

belom tau y....kecian deh lu...#sambil goyangin telunjuk...;o)

Balas

diman kalau mau beli JALEJO ,,,, apa harus buat sendiri kang... teu gaduh mesin kupas kulitna

Balas

kita sudah produksi, tapi baru skala kecil, belum bisa menuhin pasar kang...justru Dinas Perindag memberi peluang untuk masyarakat memproduksi jalejo ini, permintaan pasar masih banyak dan produsennya masih dikit.

bisa dibeli dipasar seputaran Bandung

Balas

kasina deh saya yang tidak pernah merasakannya, aduhai pakai goyang jari pengen tak gigit ajah deh..ihh..

Balas

nah itu dia kang ubi, penyuluhan dari kang ubi lah ujung tombaknya buat promosi

Balas

Penasaran ane dengan rasanya?

Balas

Pingin nyobain nasi goreng Jalejo nya Kang, apakah kalau tidak pakai singkong atau ubi dari cilembu, bisa pengaruh ke rasannya Kang?

Balas

nyanyi lagunya bang Haji dong

Balas

terpaksa harus buat sendiri kang...pengaruhnya pasti kenyang juga ko'...hehehe

Balas

paknyesss..adeeem banget kang

Balas

itu baru jari, kalau saya kasih goyang itik, bakal gigit pantatku dong..aw.a.aw..aw

Balas

hahaha...kalau itik beneran ya mau lah kang, kalau itiknya kang ubi sendiri biar istrinya aja yang gigit, haha
link sudah saya anchor kan ke blog

Balas

ternyata tepung jalejo juga bisa menyembuhan penyakit autis ya mang. bagus banget utk di promosikan, biar menambah penghasilan kepada petani ubbi cilembu

Balas

saya juga adem habis digebyur air sama kang ubi

Balas

penyakit kurap bisa gak ?

Balas

kenapa namanya bukan Jakejo ??

Balas

boleh tak kasih itik beneran, tapi pantat itiknya ada kurapnya...mau?..hiii...dijay deh ih

Balas

awalnya mau dikasih nama JARISAMCIL = jagung Ahmad Rizal Samsi Kecil...hehehe

Balas

aaaamiiin, petani tepung tepatnya de' ind.

kang agus, bisa..kurapnya digosok pake kunyit lalu taburi air keras, abis ituh...Jalejo nya dimakan

Balas

mas agus, orangnya di kasih tepung trus masukin minyak goreng.

Balas

jangan lupa taburi kemiri dan lada ietm

Balas

saya mau yang nasi goreng jalejo...!!
kapan kita makan bareng menu itu Kang...?

Balas

JARISAMCIL CITE = jagung Ahmad Rizal Samsi Kecil Cilembu Tea.

Balas

Mbak Indah sama Kang Cilembu sama kejamnya

Balas

kecuali Kang Cilembu ngasih ke kita sesendok doang

Balas

Pemasaran lain lagi

Balas

wah jujur kang,
aku malah baru denger itu jalejo , hehe aduh kasian ya baru tau :D

Balas

Goyang karawang..

Balas

Lebih adem di lemari ES

Balas

Tar bayar nya sekalian,takut amat sh!

Balas

Besok kang!tar saya suapin ya hhe...

Balas

semoga sukses kang..amiin

Balas

de' in : disini ngga boleh jujur, kalau jujur nanti diledekin kang zach...;o)

#berhubung cewe, jarinya ngga digoyang2in...kecian deh yey

Balas

sayangnya ga ada gambarnya sih...

Balas

kirain jalejo itu, jajanan drai kacang ijo.mantap tuh patut di coba .

Balas

gambar pake krayonn aja

Balas

baliho kayaknya lebih pas

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger