DESA CILEMBU

Pelatihan Teknik Produksi Pengolahan Umbi-Umbian dan Jagung

Pelatihan Teknik Produksi Pengolahan Umbi-Umbian dan Jagung, Pengembangan Industri Alternatif Berbasis Umbi-umbian dan Jagung ~ Hotel Trias - Jl. R.A Kartini, Cirebon - Jawa Barat 10 - 12 April 2013
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Merdeka...!!!!
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Keripik Cap Suling Bambu
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Kripik Gadung
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Tape Singkong Aneka Rasa
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Keripik Gadung Cap Syafira
Jagung dan Umbi-umbian Desa  Cilembu
Sistik Gadung Asin cap Syafira
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
PROVINSI JAWA BARAT
Kegiatan Pengembangan Industri Alternatif Berbasis Umbi dan Jagung 
Tahun Anggaran 2013
BIMBINGAN DAN PELATIHAN TEKNIK PRODUKSI 
PENGOLAHAN UMBI UMBIAN DAN JAGUNG
CIREBON 10 - 12 APRIL 2013

Teknologi Pengolahan Umbi UBI KAYU / SINGKONG 
(Manihot esculenta)

®  Salah satu jenis umbi-umbian yang penting di daerah tropis.
®  Berprospek baik di masa depan.
®  Kelebihannya yaitu dapat tumbuh di tanah yang relatif kurang subur dan kering, mudah dipelihara, mempunyai daya tahan yang relatif tinggi terhadap penyakit, mampu bersaing dengan berbagai tumbuhan pengganggu, produksinya tinggi.
®  Dapat dimakan sebagai makanan pokok penduduk di beberapa daerah serta dapat digunakan sebagai komoditas ekspor. 
®  Sebagai tanaman rakyat, ubi kayu lebih berperan sebagai pangan penduduk di daerah rawan pangan.

PENGOLAHAN PATI DAN TEPUNG UBI KAYU
®  Pengolahan Tapioka      
®  Pemilihan Bahan Baku
®  Pengupasan dan Pencucian
®  Pemarutan/Penggilingan
®  Penyaringan
®  Pengendapan dan Pemurnian Pati
®  Pengeringan
®  Pengemasan
®  Pengolahan Tepung Ubi kayu (Tepung Kasava)
®  Pembuatan Tepung Asia

Pengolahan Tapioka
(1) Cara tradisional
®  dilakukan oleh para pengusaha kecil atau pabrik tapioka kasar dengan produk  akhir berupa aci kasar yang masih harus diolah  lagi menjadi tapioka halus
 (2) Cara modern
®  dilakukan oleh pabrik-pabrik besar dengan peralatan dan mesin yang dapat mengolah ubi kayu dalam skala besar.
®  Perbedaan utama terletak pada cara penghancuran umbi, pemisahan pati/pengendapan dan pada produk akhir.

®  Tahapan utama pembuatan tapioka adalah
®  Pemisahan granula pati yang terperangkap di dalam sel bersama-sama dengan komponen protoplasma lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat dan komponen lainnya.
®  Pemisahan dilakukan dengan proses purifikasi di dalam fase air. 
Tahapan utama pengolahan pati ubi kayu :
®  Penghancuran sel-sel parenkim dan pemisahan butiran pati dari bahan-bahan lain yang tidak larut. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan pemarutan (tradisional) atau penggilingan dengan mesin crusher (modern). Proses pada tahapan ini meliputi proses pengupasan, pencucian dan pemarutan atau penggilingan.
®  Ekstraksi dan pemisahan pati dan serat/ampas dengan cara pemerasan dan penyaringan hancuran umbi hasil pemarutan dengan alat penyaring yang biasanya terdiri dari kain tipis atau kawat halus. Untuk melepaskan pati dari jaringan serat, peranan air sangat penting.  Jumlah air yang digunakan sangat menentukan rendemen pati yang dihasilkan. Biasanya untuk 1 ton ubi kayu diperlukan sekitar 14.000 – 18.000 liter air.
®  Pengendapan butir-butir pati hasil ekstraksi dalam bak pengendap atau lajur-lajur pengendap diikuti dengan pencucian endapan.  Pada industri besar pemisahan butiran pati dilakukan dengan sentrifugasi.
®  Pengurangan kadar air tapioka basah sampai kadar air tertentu sehingga bahan tersebut menjadi awet. Fase ini terdiri dari proses pengeringan dengan cara penjemuran atau dengan pengering buatan (oven). Hasil dari proses ini adalah berupa butiran-butiran tapioka kasar.
®  Penggilingan tapioka kasar dengan mesin penggiling dilanjutkan pengayakan sampai diperoleh kehalusan tepung dengan ukuran mesh tertentu (60 – 80 mesh).
Selamat bingung...Pelatihan Teknik Produksi Pengolahan Umbi-Umbian dan Jagung


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

mampir dulu kang, bacanya nanti aja yah...

Balas

Pelatihan - pelatihan untuk mengembangkan wira usaha seperti ini patut didukung, karena dengan banyaknya wirausaha kecil maka akan memperkuat perekonomian kita. Terima kasih sharenya Kang..

Balas

Foto yg pertama sangat fenomenal, Seperti tokok Proklamator yg mengebu-gebu dalam menyampaikan orasinya. Sayang kaca matanya ndak warna item.

Balas

ndak papa mas.... bulan depan juga boleh.

Balas

saya ingatnya manihot utilissima. lupa deh nama latin apa tuh ya..

Balas

ntar kalo udah punya cucu juga nggak papa

Balas

kalo warnanya item, mirip stevie wonder nanti

Balas

ada kripik gadungan itu?

Balas

Pelatihan ini mudahan dapat lebih mengembangkan teknik produksi ibu setiap daerahnya,mengingat ubi bisa dijadikan olahan makanan yang luar biasa enaknya.

Balas

semakin sukses dgn membudidayakan hasil lokal :)

salam kenal ditunggu folbeknya yah :)

Balas

gimana kalau komentarnya nanti, kalau PSSI bisa ikut Piala Dunia

Balas

aaamiiin, semoga demikian adanya kang, terimakasih kunjungannya semoga jadi pahala untuk kita

Balas

itu sedang membangkitkan semangat juang para pelaku usaha kecil neng...;o)

kang zach...stevie wondernya pisaaan.hehehe

Balas

nama latin yang keren tuh...halaaah

Balas

ada dong, emangnya polisi doang yang gadungan?

Balas

wedeh...I come back kang,
singkong kalo bahasa saya bodin, ya sama saja sih, makanan kampung yang kalo di olah bisa ngga kampungan lagi, daripada burger, pizza, enakan singkong ya kang...ah masa

Balas

amiin, ikut doanin kang

Balas

betul banget, memang dahsyat umbi umbian teh da.

Balas

aaammiiin terimakasih
salam kenal juga, sip

Balas

emangnya seh...kandungan gizinya dahsyat loh...;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger