Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012


Assalam'muallaiqum.wr.wb...Sampurasun...Rampes.
Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012
DAMPAK RENDAHNYA SANITASI

Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012 ~ Kecuali orang kesehatan, banyak yang ngga ngeh apa itu ODF, soalnya saya ge' baru tau dua minggu yang lalu dan sampe tulisan ini tayang, saya masih nanya singkatan ODF, yang ditanya malah cengengesan..."sama kang saya ge' teu apal...soalnya pake bahasa Ingris, kalau bahasa sundanya kira kira "BEBAS DARI BERAK SEMBARANGAN".
Mau nyari di google ODF itu apa....ko' ya males...Yo wis-lah lain kali kita bahas lebih lanjut ODF versi Inggrisnya, sementara ini cukup dipahami dulu lah yah, bahwa ODF itu, erat kaitannya dengan TAI (baca: kotoran manusia yang kadang berwarna kuning, kadang item, kadang menggumpal, kadang cair, kadang malah tak berbentuk tergantung seleranya sendiri, bau dan aromanyapun bervareasi tergantung dari kasta dan trah mana dia keluar, TAI nya para menteri tentu berbeda dengan TAI miliknya tukang ubi...begitulah kira-kira).

"idiih..inilah, artikel paling jorok dan paling ngga sopan sedunia"...kira-kira begitulah yang terlintas dipikiran sohib yang baca ini...iya kan...ngaku deh ngaku...!!

Menurut para ahli dan pelaku sanitasi serta orang dari Dinas Kesehatan, bahasa TAI, pada saat menjelaskan tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat(STBM)malah disarankan, harapannya agar yang mendengar menjadi jiji', dijey, jorok, jorse, lalu kemudian mules perut saat mendengarnya, lalu pengen berak bin beol bin e'o bin modol bin BAB...setelah itu terjadi, pasti akan mencari Jamban, kloset, wc, cubluk, sungai, got, selokan, sawah, kebun, semak-semak dan plastik kresek warna hitam.

Bila berhasil...membuat orang menjadi mules perut, bersiaplah untuk menjelaskan bagaimana pentingnya  (STBM)Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Apa pula STBM ini? STBM adalah pendekatan untuk merubah prilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicu.
Program STBM ini memiliki dua indikator yaitu:
Indikator Outcame : 
  • Menurunnya angka kejadian penyakit diare dan penyakit yang berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan prilaku masyarakat
Indikator Output :
Setiap individu dan komunitas masyarakat mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar, sehingga dapat mewujudkan komunitas masyarakat yang bebas dari BAB SEMBARANGAN, untuk mencapainya, masyarakat harus merubah prilaku yang biasa disebut dengan menjadi 5 pilar STBM yaitu :
  1. Setiap keluarga STOP BAB SEMBARANGAN,
  2. Mencuci tangan pake sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan yang aman dan sehat dirumah tangga
  4. Pengelolaan limbah dengan benar
  5. Pengelolaan sampah dengan benar.
Sebagai acuan bagi petugas kesehatan, dan para pelaku sanitarian dan pencinta lingkungan dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat adalah Kepmenkes No. 852/Menkes/SK/X/2008 

Sebagai pengejawantah STBM diatas, untuk memicu seluruh warga Sumedang khususnya dan rakyat Indonesia umumnya untuk Tidak BAB Sembarangan, tak kasih tau Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012


NO PUSKESMASDESA DESA ODF Nama desa ODF
1Cimanggung 110
2Jatinangor 121Cileles
3Tanjungsari 75Jatisari,pasigaran,tanjungsari,Gudang,
Margaluyu
4Margajaya 53Margajaya,Raharja,Gunungmanik
5Sukasari 71Sukarapih
6Haurngombong 63Cilembu, haurngombong,mekarbakti
7Pamulihan 55Semua desa
8Rancakalong 105Nagarawangi,cibunar,cibungur,
pangadegan
9Sumedang Selatan90
10Sukagalih 60
11Kota Kaler 30
12Situ107Sirnamulya, kebonjati, jatimulya,
mekarjaya,padasuka,girimukti,jatihurip
13Ganeas 88Semua desa
14Situraja 146Siturajautara,cikadu,cijati,bangbayang,
kaduwulung,ambit,karangheuleut
15Cisitu 103Pajagan,sundamekar,cisitu
16Darmaraja 162Neglasari,sukaratu
17Cibugel 72Cibugel, Jayamandiri
18Wado 113Sukapura,cimungkal,cisurat
19Jatinunggal 90
20Jatigede 122Mekarasih,kadujaya
21Tomo 92Jembarwangi,cicarimanah
22Ujungjaya 92Kudangwangi,cipelang
23Conggeang 123Cacaban,Congkul,Jambu
24Paseh 1010Semua desa
25Cimalaka 1414Semua desa
26Cisarua 74Cisalakak,bantarmara,ciuyah,cisarua
27Sukamantri 53Gunturmekar,sukamantri,cigentur
28Tanjungkerta 71Kertamekar
29Tanjungmedar 99Semua desa
30Buahdua 94Cibitung,bojongloa,cilangkap,ciawitali
31Hariang 53Karangbungur,citaleus,hariang
32Surian 95Surian,suriamedal,wanasari,suriamukti,
wanajaya
JUMLAH283116SISANYA 167 DESA
[]Semoga diperiode 2013 dan Periode selanjutnya 
Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012
MENJADI LEBIH BANYAK LAGI  

85 komentar

Click here for komentar
Thursday, May 02, 2013 11:11:00 PM ×

wah banyak temen saya disini juga jadi penyuluh ODF kang, ya gitu kerjaannya, menyadarkan masyarakat akan pentingnya BAB pada tempatnya, alias tidak DOLBON hehe...

Balas
avatar
admin
Thursday, May 02, 2013 11:22:00 PM ×

Moga moga saja semua banyak yang pada sadar dengan kesehatan tidak BAB sembarangan. *eh mangkakno aku dewe jik sok beol neng kali hihihihi.

Balas
avatar
admin
Thursday, May 02, 2013 11:59:00 PM ×

ikan asin ikan tongkol ,
enaknya dimasak pedas ,
duh jadi ingin beol ,
baca artikelmu tambah mulas ...

hahaha

sekarang sudah banyak warga yang sadar ga BAB di kali atau disemak-semak , baunya itu lo ih

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 12:41:00 AM ×

sukarelawan pyur banget itu kang...kasih ongkos yah kalau ketemu...hehehe

salam sehat selalu untuk mereka kang...buat akang juga

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 12:46:00 AM ×

kesian yang didepan sana...kena bom dukuh matesih

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 1:23:00 AM ×

mantap tuh postingannya kang, paling mantap sedunia hehehe... mungkin untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan harus mencontoh seperti di Kota Mataram, Nusa Tenggara barat kalau terlihat ada warga yang terbukti Buang Air Besar (BAB) sembarang akan dipermalukan dan diumumkan lewat pengeras suara di masjid ehheheh...

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 4:48:00 AM ×

hahaha...nggak jorok kok kang postingannya..malah keren. selera makan saya semakin bertambah :D
hehe

wah itu peraturannya stop BAB sembarangan, memang banyak yg sembarangan ya kang sebelumnya??

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 6:39:00 AM ×

alinea pertama sangat meyakinkan...hahahahha. pagi2 disuguhin sperti ini. Huh

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:45:00 AM ×

selamat paagi kang cilembu ubi, program yang berhasil tergantung dari masyarakatnya juga, masyarakat sumedang insya Allah sudah mempunyai kesadaran tinggi untuk hidup bersih ya kang.
hidup bersih sehat sejahtera bahagia itu tujuaanya. karena kebersihan adalah sebagian dari iman,

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:46:00 AM ×

kalau ngengek saya warnanya hujau itu tandanya tai nya orang kasta apa kang ?

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:47:00 AM ×

artikel ini sebenarnya komplain atas kelakuan tetangganya kang cilembu, karena sering buang hajat di depan gudang ubinya kang cilembu

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:48:00 AM ×

wah bagus tuh mang, bisa diaplikasikan dimana aja

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:56:00 AM ×

wah, saya baru tahu loh mang kalo ODF ini sampe di data seperti itu ... kalo di uji hipotesisnya pasti kesimpulannya orang di Indonesia ini masih sering BAB sembarangan , melihat sebaran data sample yang mencil-mencil seperti itu ... wahh ....

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 9:36:00 AM ×

ekstrim banget tuh mang...tapi metoda paling efektif sedunia banget tuh...kang agus Setya sepertinya setuju y

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 9:49:00 AM ×

n'tar tunggu yah...tak mikir dulu bikin pantunnya

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 10:26:00 AM ×

lihat gambar nyaa aku jdi merinding mas , kalau bsa jangan BAB smbrangan lagi deh :(

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:12:00 AM ×

kang fian..syukur deh kalau tambah lahap...selamat menikmati y kang.

kang agus bisa ajah deh ih

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 12:52:00 PM ×

lagi makan baca beginian , mantef kang :D

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 1:13:00 PM ×

kirain ove dosis food
ternyata ooo di fodolin...

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:00:00 PM ×

selamat pagi, selamat menikmati...semoga pagi ini menjadi indah P

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:11:00 PM ×

aaaaamiiiin, insyaallah, cilembu mah juara 1 tingkat Jawa Barat PHBS(Pola Hidup Bersih dan Sehat)...keren kan?

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:17:00 PM ×

tanya m'ba dini, atau Indah P..mereka ahlinya

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:25:00 PM ×

iya emang...padahal tanda yang mendasar dari negara maju adalah tidak ada bau tai disembarang tempat loh...diamerika/jepang...tai mereka sudah tertata rapih ditempatnya loh...hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:34:00 PM ×

iya jangan, kalau masih sembarangan nanti burungnya ngga jelas bentuknya...hiiii celem

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:42:00 PM ×

selamat menikmati, jangan terpengaruh

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 2:53:00 PM ×

BAB 1..BAB 2 ..BAB 3... dengan judul BAB... jadi bingung nih hihihihi...untung tidak terjadi di daerahku yah... mudah2an tetap semangat sosialisasi demi sesama... hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 3:16:00 PM ×

emangnya masih banyak yang kaya gtuh ya kang ?
ya ampun ga kebayang deh . hehhe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 5:43:00 PM ×

itu gambar apa Kang yang di pohon pisang?
ngeri banget liatnya..hoho.. huhuhu..

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 7:57:00 PM ×

jangan bingung cukup tidak BAB sembarangan saja sudah cukup kang...hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:04:00 PM ×

dicilembu mah alhamdulillah udah ngga ada, kalau di indonesia masih banyaaaaak

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 8:12:00 PM ×

tergantung dari sudut mana akang ng'liatnya...lagian pengangguran merhatiin gambar yang itu sih kang....hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 9:06:00 PM ×

Daripada begituan di semak2 mending numpang k wc tetangga hehe
Calon suster tidak terpengaruh ketika baca artikel ini sambil makan!suer ta kewer2

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 9:24:00 PM ×

kelama'an mikir jadi botak..wkwkwk

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 9:32:00 PM ×

wkwkwkwk... soalnya unik tuh Kang.

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 10:47:00 PM ×

kesadaran demi kshatan memang harus di mulai dari lingkup paling kecil.
makasih kang kades

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:03:00 PM ×

untuk akang tak smpen dikolong ranjang noh...

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:14:00 PM ×

adminnya lah yang keren..hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:25:00 PM ×

yang gede bukan batangnya, tapi bijinya tuh...hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:32:00 PM ×

di wc tetangga, emang ngga takut digerebek hansip kang?...hehehe

Balas
avatar
admin
Friday, May 03, 2013 11:44:00 PM ×

Susahnya kalo pas musim kemarau Kang, Pasti aromanya khas:) heheheh...syukur kalau desa Cilembu sudah ƍäªќ ăĎª ♧☀ yang demikian.

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 2:40:00 AM ×

Klo sembarangan entar kayak kucingku dong kang.. hehehe...terkadang masalahnya BAB datang tidak disangka2 dan sepeti jaelangkung.. datang tak diundang..pulang tak diantar... wekekeke..

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 2:44:00 AM ×

Kalo besar bijinya bakalan tahan lama tuh...karena stock cadangannya lebih gedean... wkwkwkwwk

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 5:55:00 AM ×

pantesan pake topi terus ya...he3..

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 6:08:00 AM ×

biasanya yang suka BAB sembarangan orang 2 yang tinggal didesa apalagi yang deket sungai wah..jadi tempat nangkring vaforit tu...padahal BAB ditempat terbuka dilarang dalam sudut pandang islam..

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 7:51:00 AM ×

emangnya di desa colembu masih ada masyarakan yg eek sembarangan yah?
wahhh...gimana nih lurah dan camatnya?

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 9:02:00 AM ×

hmm seharusnya pemerintah sesegra menindak lanjut

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 9:39:00 AM ×

jaman sekarang apa masih ada masyarakat yang BAB sembarangan? kebangetan tu pemerintahnya kalo masih membebaskan masyarakatnya untuk BAB sembarangan. Selain merusak penciuman, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan orang disekitarnya.

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 10:18:00 AM ×

kecil, segede upil ya kang...hehehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 10:26:00 AM ×

kalau musim hujam semerbak mewangi gituh?...alhamdulillah kang.

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 11:05:00 AM ×

banyak m'ba...malah ngga pake nongrong, ada yang sambil lari, ada juga yang sambil makan bakso....crut sajah disitu.

seperti biasanya lurahnya tetap ganteng, dan camatnya tetap seksi tuh...hehehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 11:08:00 AM ×

selain dari pada itu, topi juga buat nutupin jidat yang lebar...halaaah

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 11:18:00 AM ×

sudah, dan sedang..cuman berak yang paling nikmat, ya disembarang tempat itu...baunya menikmatkan gituh...katanya...hehehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 11:30:00 AM ×

masih banyak, kita peringkat 3 dunia BAB sembarangan...hebatkan?
negara ini kan menganut demokrasi tea kang...jadi bebas saja....hehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 11:33:00 AM ×

pengalaman pribadi ya kang...hehehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 12:36:00 PM ×

waduh, kayaknya pemerintah musti menerapkan program pembuatan WC umum gratis sebanyak 1000 buah nih, biar sukses.
apalagi kan katanya kotoran kita itu bisa dijadikan bahan bakar gas alami loh... harusnya itu musti diterapkan. dengan begitu kan berarti bs memanfaatkan sesuatu yg terbuang. tul gak sob?

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 12:58:00 PM ×

betul...tapi kurang tepat, karena hal yang terpenting yang harus didahulukan adalah perubahan kebiasaan, banayak program MCK yang akhirnya ngga berfungsi karena warga belom terbiasa berak di kloset...susah keluar kalau pantat ngga kena air sungai, atau pantatnya ngga diintip oleh ikan2 dibawahnya(berak dikolamikan)..gituh ceritanya kang.

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 1:19:00 PM ×

bener banget tuh... nyari WC umum sekarang sulit... jorok

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 3:22:00 PM ×

hapunten nembe kadieu 4 hari server gangguan,malahan malam juga njam 8 serverna langsung eroor.baru sekarang bisa blogwalking,oh ya mudah-mudahan masyarakat selalu sada r akan kesehatan ya kang.

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 4:43:00 PM ×

hahahah....klw mbil lari kan seperti guguk mang. akakak

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 5:23:00 PM ×

Klo pas lagi lari sama makan bakso diabadikan tidak momennya Kang hehehe...klo lurah ganteng camat seksi tapi klo ee' sembarangan juga akan jadi lurah ganteng ee' sembarangan dan camat seksi ee' mbil berlari hehehe

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 7:30:00 PM ×

kalo ketahuan BAB sembarangan gitu ...bisa di arak keliling kampubg ya kang :)

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 7:30:00 PM ×

masa sih...iya gituh?..iya kale ya?

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 7:31:00 PM ×

yang buntelen kresek item tuh mas KS :)

Balas
avatar
admin
Saturday, May 04, 2013 7:34:00 PM ×

haha hihi hehe hoho....pantunnya mbak ayu sungguh lucu.. :D

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 9:03:00 AM ×

teu sawios kang.
aaaaamiiiin mugi we bangsa ieu oge jadi sararehat sadayana nya' kang

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 9:07:00 AM ×

ngga se-ekstrim gitu juga kang....palingan kalau ketauan BAB sembarangan, tainya kita suruh ambil dan dicium cium sendiri selama 24 jam terus menerus.....hehehe

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 10:56:00 AM ×

mampir dulu ahh, nyruput kopi. ntar mampir lagi. harus nyetir nih Kang. hehe.. supir tembak sabtu minggu!

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 12:26:00 PM ×

Wah buat pembelajaran nih biar ga sembarangan asal boker, bisa2 merugikan orang banyak.

Hehe

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 2:04:00 PM ×

mangga kang, lumayan ampasnya ge'...
asal jangan SIM dapet nembak juga sajah....hati2 kang, jangan lupa salam manis kalau dijalan ketemu yang seksi..okeh

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 2:10:00 PM ×

masa berak harus belajar dulu seh...masih suka blepetan ya....hehehe

Balas
avatar
admin
Sunday, May 05, 2013 5:09:00 PM ×

waduuuh...salah obat deh nih...hihihihiii

Balas
avatar
admin
Monday, May 06, 2013 8:22:00 AM ×

yang seksi nggak bisa terlihat, soalnya ada yang lebih seksi di samping, yuhuiii

Balas
avatar
admin
Monday, May 06, 2013 8:23:00 AM ×

pake pampers adalah solusi

Balas
avatar
admin
Monday, May 06, 2013 8:24:00 AM ×

Mas KS berwujud buntelan ya sekarang?

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar, terimalah kecup basah dariku