DESA CILEMBU

Tips Bisnis Kreatif

Tips Bisnis Kreatif ~ Jangan terlalu banyak mikir, kerja saja, gituh kira-kira kalimat kang BOB Sadino diiklannya, bahasa pengusaha sukses emang begitu, sotoymrotoy kalau menurut saya mah, tapi emang banyak benernya seh...kebanyakan mikir, yang ada usaha yang direncanakan malah ngga pernah dimulai.
Jangan terpaku oleh potensi, minat dan bakat doang, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin awalnya terlihat kecil dan dicibir bahkan oleh orang terdekatnya, jangan berkecil hati, karena apapun jenis usahanya baik jasa maupun
barang yang ada dalam benak, intinya harus mempunyai keyakinan bahwa sohib punya kelebihan dan potensi yang ada didalamdiri yang sangat dahsyat bila digali dengan sungguh sungguh, yang segera harus dilakukan adalah gali potensi tersebut dan segera implementasikan dengan membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan minat serta keinginan. Percayalah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat sohib akan menjadi pengusaha besar, pengusaha sukses, pengusaha yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai keterpurukan.
Tips Bisnis Kreatif


ini adalah 9 (sembilan) tips untuk memulai usaha:

1. Jual keunikan ( Unik dan Kreatif )

Jika sohib tergolong manusia kreatif dan inovatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat dijadikan peluang usaha. Tidak sedikit usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Jika berhasil menciptakan sebuah keunikan, segerakan untuk menjualnya. 

2. Duplikasi Usaha Lain: Amati Tiru dan Modifikasi (ATM)

Bagi yang merasa kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa. Percayalah, ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan di depan mata. yang harus selalu dilakukan adalah membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko. 

3. Usaha Fasilitas tambahan ( Beri Nilai Tambah )

Selain menduplikasi, bisa juga membuka usaha dengan memberikan usaha fasilitas tambahan, tapi ini harus dengan sedikit sentuhan kreatifitas.

4. Jual Keterampilan

Menjual keterampilan yang dimiliki. Jika bisa menggunting rambut, bisa membuka salon. Dengan sedikit sentuhan yang berbeda dengan salon-salon lainnya, pasti salonnya akan ramai di kunjungi konsumen. Bagi yang mahir mengetik 10 jari, tidak ada salahnya membuka usaha jasa pengetikan, seperti skripsi, naskah, makalah, dan lain-lain yang kemudian bisa dikembangkan dengan menerima jasa penerjemahan (translate).
Contohnya memberikan privat bahasa inggris, komputer, matematika, musik, menyanyi atau jasa pengetikan seperti yang disampaikan diatas.

5. Menjadi Agen Produk dan Jasa Milik Orang Lain

Ini paling mudah, modalnya pun biasanya tidak terlalu besar. asal bisa membuka kantor keagenan, baik suatu produk maupun jasa. Banyak sekali produk dan jasa yang sangat memerlukan agen. Selain menjadi agen suatu produk, juga bisa menjadi agen yang menyediakan jasa, seperti agen isi ulang air, isi ulang pulsa, penyalur pembantu rumah tangga, agen modeling/foto model, agen iklan, dan lain-lain. 

6. Jual Barang Bekas (second)

Masih sedikit orang yang peka dengan usaha ini. Barang second, terutama dengan nilai historis yang sangat tinggi, biasanya punya harga yang sangat tinggi pula. Namun, menjual barang bekas (second) ini harus di lakukan dengan teratur dan terencana. sohib bisa membeli suatu barang disuatu tempat dengan harga murah dan menjualnya ditempat lain dengan harga yang lebih tinggi. 

bisa juga menjual barang bekas khusus komputer dengan cara membeli komputer rusak dengan harga murah. Kemudian dengan menggunakan orang yang mengerti perbaikan komputer, sohib bisa menjual komputer yang sudah di perbaiki itu dengan harga yang lebih tinggi. Demikian pula dengan barang bekas, seperti kamera, motor, dan lain-lain.

7. Segera Buka Kantor

Bagi yang memiliki keterampilan/keahlian segera buka kantor sendiri. Jangan takut masalah modal dan SDM. ajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal dan membuka kantor tersebut. Juallah skill dan pengalaman. Jika reputasi bagus dan relasi banyak (network), jangan kuatir kekurangan klien. bisa memulai mendirikan kantor dari rumah atau lebih dikenal dengan sebutan home office. Cukup dengan menyediakan satu komputer, satu telepon, faxs, meja, dan kursi tamu.

8. Beli Waralaba

Bagi yang memiliki modal besar, tapi tidak mau repot untuk memikirikan sesuatu usaha yang baru, alternatif waralaba(franchise) dapat dipilih. Waralaba adala jenis usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memang butuh kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus dan cocok. Saran saya, carilah usaha waralaba yang memiliki track record yang baik dan sudah teruji di lapangan. Kini semakin banyak bermunculan waralaba, dari yang membutuhkan modal besar hingga yang membutuhkan modal kecil.

9. Usaha Bersama

Kadang usaha akan lebih bagus jika didirikan dan di kelola bersama-sama. Misalnya jago pemrograman komputer, tapi hanya memiliki sedikit teman, sementara teman memiliki banyak teman dan punya relasi yang luas dan membutuhkan jasa pemrograman, sohib bisa saja membuka usaha jasa pemrograman (software house). kita yang mengerjakan pekerjaannya, sedangkan temannya yang mencari order. Dari kelebihan masing-masing inilah bisa memperkuat suatu usaha baru sekaligus membesarkannya.

Dan ingatlah, dalam berbisnis itu pasti ada hambatan, tantangan dan rintangan, saya sarankan jangan patah semangat bila hal tersebut menerpa. Selalulah meluangkan waktu untuk selalu berdoa kepadaNYA sehingga akan selalu diberi kemudahan dalam menjalankan usaha. Aaaaaamiiiiin...


Demikianlah 9 (sembilan) tips dan ide untuk memulai usaha yang dapat dikelola sebagai ide pertama dalam tahap memulai menjalankan bisnis. Semoga Tips Bisnis Kreatif ini bermanfaat untuk kita semua.[INFO BISNIS Modal Kecil]
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

156 komentar

Wah tips bisnisnya kelihatannya top markotop nih..., Kalau kita gak ada modal,gak ada pula ketrampilan/kelebihan lain yang tepat harus gimananih akang, untuk memulai usaha?

Balas

waalaikumsalam,
kalo ke sembilan tips itu digabungkan..jadinya kita harus punya inisiatif dan kemauan yg kuat untuk berusaha...iya kan atau iya nggak :)

Balas

iya he'euh bang...hehehe,
hati hati bang, abang sudah terkena virus kang zach nih.....;o)

Balas

kalau posisinya gituh...ya udah mendingan jalan jalan lagi kepantai pangandaran...n'tar ketemu lagi deh...hihihiii

Balas

Kreatif dalam berbisnis ternyata bisa jadi salah satu hal yang membuat bisnis kita menjadi perbedaan diantara pebisnis lainnya tentunya dengan kreatif seperti yang dijelaskan diatas tadi.

Balas

cucok tuh kepangandaran yang banyak rusa pulang bawa tiga ekor saja dah cukup bwat makan seninggu. mantab lagi bawa pulang yang gituhan tapi yang nasih mulush dong bukan yang amoh amoh (opo jal?)

Balas

dasar pengusaha. feelingnya bagus banget buat nyari kisi2 bisnis. keren Kang. juara banget. nalurinya udah jadi banget nih. kalo saya mah masih membeo, merasakan nyaman dengan sebagai bawahan. bawahan maksudnya bukan under rock, apalagi hard rock lohh

Balas

diatas memang telah dijelaskan, bener.

Balas

buwahahahaha...
saya, lagi.

Balas

ya ampun, jam 3 masih bw

Balas

ketika sang pengusaha ubi berkata,,ciee..hehe

oke banget dah tipsnya..saya mungkin lebih cocok ke bagian nomor 4, jualketerampilan kang,,tapi bukan salon, kalau salon kasian saya ntar digebukin pelanggan karena telah membuat rambut mreka colak..wkwkw

Balas

Terima kasih ats pncerahannya pakdhe yg super sekali.. Kbetulan usaha craft saya lagi macet, mati ide

Balas

kang cilembu ada bisnis baru kang ? ajak ajak dong kang . hehehe .. kira ajah nanti bsa sukses kaya mas cilembu :)

Balas

wah potensi yang bagus nuh bisa memanfaatkan bahan yang ada (banyak) djumpa di sekitar kita dan super kreatip

Balas

saya yakin kalo tips-tips di atas di terapkan bakalan jadi sukses kang, makasih inpona lah...

Balas

bahan apaan mas hehe...

Balas

boleh tuh, ikut ngupasin ubi cilembu hihi...

Balas

Tips yang sangat bagus kang.. akang termasuk yang mana tuh hehehe... ??

Balas

Satu hal yg tidak kalah penting dalam usaha Mang, BERDOA agar 9 tips diatas lancar dan membuahkan hasil yg diinginkan. Bener kan...?

Balas

Hahahha....ada Pak Dhe baru nih

Balas

Terimakasih Kang tipsnya, sebagai kuli saya sedang cari sampingan bisnis buat tambahan mbakar dapur, eh buat tambahan biar dapur ngepul:) salam.

Balas

tipsnya sangat bagus sekali buat yg berbisnis....

Balas

kebangun mau sholat tahajud, bw dulu gituh...aaamiiin

Balas

nikmati saja nasibnya kang...buwahahay

Balas

benar sudah begitulah disananya

Balas

wah cocok buat saya nih,maklum saya belum pernah nyoba bisnis yang mengeluarkan banyak uang,maklum juga saya orang pengangguran jadi mesti harus banyak belajar dari akang,hatur nuhun tipsna kang.Siapa tahu kedepan saya punya bidnisan.

Balas

ketika tutor juara 1 ngdumel..cie..cie..wkwkwk
jadi guru kesenian kan bagus pisan kang..pahlawan tanpa tanda jasa, banyak pahala dan banyak anak.

Balas

bakat..bakat butuh taauuu!!
lebih enak dibawah kang, ngga pusing dan cape....asal bukan rok kesingkap saja lah....bwehehe

Balas

Bu Nia: harus dikolaborasikan dengan Ubi cilembu kalih?!

judulnya "new pak dhe"...halaaaah

Balas

kang yosef:..teteepp...bisnis Ubi cilembu...;o)

kang El, bener kang, sementara baru itu...hehehe

Balas

kang cahyo: ingat!! M.Nuh masih jadi menteri, belom mau turun, ga tau kalau turun ranjang kira-kira mau ngga yah?

bahan UN untuk SMA yang telat kang...hehehe

Balas

kalau belum ada modal bisa afiliasi mas, aduh yang punya artikel kok malah tidak kasih solusi sih, sebel deh

Balas

penggerak utamanya hanya kemauan ya ternyata

Balas

dan sudah jelas

Balas

hehehe..angger kang aslina mah kudu super sabar, dan do'a yang ngga putus2..nuhun oge' kasumpinganna

Balas

saya nyimak yang sudah berpengalaman,

Balas

banyak duit juga

Balas

pak dhe pak dhe...

Balas

kalau saya boleh urun rembuk saya akan bikin olahan ubi cilembu, bisa untuk gethuk tela kesukaan saya

Balas

itu juga betul yang paling super ya komenya kang hari, walaupun secara teoritis oke sundul langit, tapi kalau tidak ada kemauan ya nok besar kang cilembu ubi

Balas

bos tuh ya sudah melewati level segalanya mas bud, hehe

Balas

saya termasuk yang berdo'anya saja kang..hehehe

Balas

betul sekali, super

Balas

baca judul, lalu scroll, liat poin poinnya, kemudian koment...beres...bwahahaaa

Balas

saya cocok dengan tips diatas kang cilembu ubi, saya kan masih kerja sebagai bawahannya bawahan , pengen lah suatu saat punya usaha kreatif dan point2 diatas saya jadikan pijakan ditambah komentar2 yang menyempurnakannya

Balas

kalau ada dizona enak, mendingan pokus saja, pengusaha itu banyak hutangnya...hehehe

Balas

saya malah sedang berupaya untuk nganggur tapi tabungan, deposito, dan uang dikantong ngga abis abis, kaya akang gituh deh....aaaaamiiiin...aaaamiiiin

Balas

tidak untuk kang zach gituh maksudnya kan....iya kan?ngaku deh

Balas

saya udah bilang diatas, bawahan, apalagi dibawahnya lagi, sebenernya posisi paling enak..benerkan?!suka kura kura dalam perahu deh ih...akang ini

Balas

super sama, sekomplotan..bwhehehe

Balas

kang agus setya yang paling ganteng se kpk(dipuji soalnya mendo'akan)

Balas

kang agus st: nok itu kalau bahasa cirebon panggilan sayang untuk para gadis...wkwkwk

Balas

bagus tuh, gethuk rasa strowberi, keju dan rasa kismis, jangan lupa kemasannya yang bagus, yang terpenting pelayannya harus pake bikini...niscaya getuknya akan mendunia dan meng akherat...yakin kang...serius ini mah, ngga pake buwahahaa loh.

Balas

aaaamiiin, tapinya honor pertamanya sih katanya mau di transfer ke rekening kpk,..kata beliau mah gitu...hehehe

Balas

lah itu, jalan2 dipantai pangandaran solusi untuk kang kenthus, untuk akang agus st, solusinya cari sendiri di google..hehehee

Balas

loh, saya malah mau nyimak kang agus..ini gimana to'

Balas

wah tipsnya membuka pintu hati semangat saya makin membara mau niat usaha jualan meskipun bukan bakatnya aku berbisnis

trimakasih

Balas

Ijin nyimak tipsnya bang, lumayan buat motivasi hidup, biar lebih semangat dalam berusaha.

Balas

huahaha selamat ya anda terpilih jadi pakdhe yang penuh kharisma .. panggil mbak aja deh.. jd malu klo dpnggil ibu .. hehe

Balas

saya malah gk tamat bca poinnya :-P

Balas

yang penting bukan virus komputer lah :-)

Balas

hahaha.....boleh juga tuh kang cilembu,

Balas

kalau saya dan teman" saya kang bisnis jualan barang bekas :D

Balas

saya kan murid masak harus menjelaskan pada guru

Balas

saya sangat percaya pada pakar ubi yang sudah membahhana di jagat raya dan di jabalekat sekaligus,
tapi siapa yang pake bikini, cinta laura lagi ?bosen ah

Balas

hahahahaha, manna gadisnya...
maksudnya nol besar kang cilembu ubi yang agak ganteng

Balas

alhamdulilah saya hampir ganteng kurang satu level lagi ya kang? syaratnya apa biar bisa jadi anggota kpk, dan kpk itu apa sih kang ? tolong dong dijelaskan saya bener tidak tau, turs siapa ketua dan sekretarisnya ?

Balas

saya mah sudah hafal dan mafhum kang cilembu ubi

Balas

berarti pinter dong bisa muter duit utangan trus sukses trus bisa naik haji

Balas

enak ndak enak itu kan tergantung dari saya syukur atas pencapaian kang, kalau saya sih enak2 aja lha wong kerja tapi bisa balas komen blog nya kang cilembu ubi yang agak ganteng ini, apalagi pake topi wuiih malah hampir ganteng kayak saya

Balas

amiin..saya ada solusi untuk itu kang, saran saaya peliharalah tuyul, jangan tuyul yang kuno. peliharalah tuyul modern

Balas

jadi kang agus st merangkap juga jadi Chef tah?

Balas

boleh tak panggil m'ba, tapi m'ba nya panggil saya mas...gimana diel?!

bang har kakak tertua pakdhe...diel juga bang?..hehehe

Balas

masa harus kang zach yang pake..ngga banget kan?

Balas

oooo 0 tah..hehehe
kenapa harus agak seh?

Balas

hehehe...kalau mau naik level, harus minta ijin kang zach dulu, soal kpk tanyain ke kang zach juga, wong saya ge' ngaku2 doang jadi kpk...bwehehehee

Balas

bu Nia sudah sedikit...baru sedikit kena virus m'ba Indah P, tunggu saja besok..pasti bakal ngga beda jauh...hehehe

kang agus st:..tentu dong..kita kan sama2 cowo...loh?!

Balas

titelnya jadi Haji hutang..hehehe
ngga ah, saya mau haji ubi mab'rur azh....aaaaamiiiiin

Balas

tuyul modern mah ngga gundul kan?

Balas

berarti kang agus masih polos, belum nyambung dengan apa yang dimaksudkan dengan posisi dibawah, coba kang zach atau kang rawing, apalagi kang asep...pasti langsung klik dengan apa yang tak maksudken....
#plok, tepok jidat lebarnya sendiri

Balas

aaaamiiin, alhamdulillah kalau begitu, semoga niatnya diberkahi dan disegerakan oleh-NYA....aaaaamiiiin

Balas

huss jangan banter2 nanti dengar tetangga, saya ini chef nya kucing saya , mau tak racikkan makanannya ?
jangan agus st dong kang cilembu, saya kan rocker masak harus menyandang nama st 12, yaa kang cilembu.
dirubah jadi agus s aja deh, ya ya

Balas

saya suka sama pemuda seperti anda, bagikan ilmunya pada dunia atuh.

Balas

ya siapa gitu kalau bisa sih diundi lah

Balas

karena belum lulus sertifikasi ganteng, mana sim nggantengnya buktikan coba

Balas

boleh lah nanti saya lobi bair keluar SIM ngganteng saya, kalau dijalan biar tidak kena razia orang belum ngganteng

Balas

kang deni: maksudnya juga begitu, jangan mudah menyerah, nanti dosa...;o)

bang har senyumannya manis kaya ubi saya...;o)

Balas

woow...kalau saya megang tangannya kang cilembu uubi wudhu saya batal apa nggak coba ?

Balas

amiiin..seomga ijabah
sejuk ya

Balas

gondrong rambut dan giginya

Balas

hah..jadi?
itu tho yang dimaksudken, saya jadi gagal paham karena itu.
huh....njambak rambut gundul saya aja ah.....

Balas

saya juga suka jualan, jualan celana saya, jualan sepatu istri saya, jualan panci mertua, jualan kompornya tetangga, pokoknya yang menghasilkan uang dari jualan barang saya suka, soalnya bukan barang saya,

Balas

huh tak kira semanis gula, ternyata kayak ubi saya, saya garuk2 tanah buat sembunyi ah.

Balas

kalau cewek aja cepet jawabnya , huh kah....

Balas

najistralalatralili..hehehe

Balas

waw tipsnya ampuh banget kang,memang jalan salah satu solusi untuk bekerja ya itu tadi,mencitakan lapangan pekerjaan sendiri dengan cara yang di atas sippp.

Balas

hahaa..
saya cukup 4 atau 6 anak saja, hehe ..

udah niat kang, tunggu tanggal maennya aja deh :D

Balas

wahh mas saya cuma satu pakdhe .. yang coment diatas juga

Balas

alhamdulillah saya udah menjalankan usaha yang no lima kang hehehe
semangaatt

Balas

kalau jual diri menurut Akang termasuk kategori usaha apa ya Kang?

*tak tunggu jawabanya di depan pintu

Balas

itu usaha yang kreatif juga, tapi dalam hal negatif hihi...

Balas

jadi pegawai kantorankan sama dengan jual diri juga ..eh jual tenaga gituh kali y kang?

Balas

nah kan..keren nih..ahyu atuh dibagikan pengalamannya, pasti berguna bagi yang lain

Balas

sudah saatnya kita ngga tergantung pada pola pikir yang kuno, jadi pegawai negeri doang..nyo' kite bikin lapangan kerja sendiri..minimal

Balas

dari siang jalan akhirnya nyampek juga disini...

Balas

itu namanya tukang loak kali ya...bagus juga ko' kang..sama sama berusaha ko'...hehehe

Balas

dan begitu terpapar

Balas

jadi kaya kucing mau nylungsumi, garuk garuk tanah...hehehe

Balas

seperti yang sering saya sebut kan mas agus s

Balas

saya kan orang yang sangat menghargai wanita kang...hehehe

Balas

ya sudah di tungggu, kapan? *lhoo...

Balas

makasih mas telah berbagi ilmu bisnis.. yg sangat bermanfaat di tahun ini mengingat tingginya pengangguran dfi negra kita

Balas

anak metal gituh ya...;o)

Balas

iya m'ba saya mahfum ko'...;o)

Balas

boleh, saya jurinya

Balas

ngga fokus sih, pasti dijalan liat yang bening bening kan?

Balas

menerangkan sangat

Balas

sama sama semoga berguna yey

Balas

kreaktif tingking ya..wkwkwk

Balas

Kang, apa kabar?

Balas

inspiratif sekali pals, sudah sepantasnya anak muda sekarang punya pemikiran wirausaha, agar jangan selalu menganggap bahwa membuka usaha adalah pilihan terakhir

Balas

seharusnya berdoa juga di masukkan kedalam point nomer 10. apa susahnya sih? huh

Balas

sepertinya no.7 itu susah mang, kecuali punya modal gede. klw utk usaha kecil mungkin sementara pakai rmh dijadikan kantor utk sementara

Balas

bisa kontrak deket masjid biar adem

Balas

haduh jadi pengen berbisnis nih ._. blogwalking kak

Balas

bang.. situ bawa dompet gak?? aku mau malak nih.. :D .

Balas

sedooot ilmunya.. *skip skip*

Balas

tips yang tentu telah teruji oleh Cilembu ini ya kang

Balas

udah boleh jadi motivator nih kang hadi.. gih ke metro tv, masuk program from zero to hero.. nanti jangan lupa senggol2 pak zach, senggol yg kenceng banget.

Balas

ehh Mbak, kalo Kang Hadi mah bukan mulai dari zero, tapi from hero to hero

Balas

kang Cilembu memang jago ujian Mas

Balas

asoy dipanggil kakak...;o)

Balas

sedot masa bunyinya skip, Mbak

Balas

saya jadi bingung di kolom ini

Balas

kedua mas agus ini ternyata ceriwis ya

Balas

saya hakim garisnya

Balas

kalo saya menghargai orang yang menghargai wanita.

Balas

ada ya kucing begitu?

Balas

ihh...abis di panggil kakak malah pakai semir rambut. huh

Balas

setuju kang agus setya, jangan lupa yang ada pohon beringinnya

Balas

biarin deh ngga mudeng ge'...yang penting tetep cinta

Balas

kang TA n kang zach: teruji dari mana nya kang, wong saya cuman dagang ubi dan olahannya dikit doang ko'...hehehe

Balas

iyah emang tuh...emang udah pantes kan?!

Balas

sesama preman dilarang saling medahului

Balas

hiyah kang..itu yang tak maksudken

Balas

kucing kang agus itu teh kang

Balas

jual diri ah...
aku kan unik...

Balas

wahh mau bagi-bagi di sini..komentarnya udah ribuann..kebaca nggak ya hehee

Balas

tipsnya berguna banged kang buat anak muda,
bisnis dari muda . tuanya leha-leha ,,
semoga aja aku bisa ngelaksanain tahapan" itu . hehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger