logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Tips Bisnis Kreatif

www.desacilembu.com
Tips Bisnis Kreatif ~ Jangan terlalu banyak mikir, kerja saja, gituh kira-kira kalimat kang BOB Sadino diiklannya, bahasa pengusaha sukses emang begitu, sotoymrotoy kalau menurut saya mah, tapi emang banyak benernya seh...kebanyakan mikir, yang ada usaha yang direncanakan malah ngga pernah dimulai.
Jangan terpaku oleh potensi, minat dan bakat doang, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin awalnya terlihat kecil dan dicibir bahkan oleh orang terdekatnya, jangan berkecil hati, karena apapun jenis usahanya baik jasa maupun
barang yang ada dalam benak, intinya harus mempunyai keyakinan bahwa sohib punya kelebihan dan potensi yang ada didalamdiri yang sangat dahsyat bila digali dengan sungguh sungguh, yang segera harus dilakukan adalah gali potensi tersebut dan segera implementasikan dengan membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan minat serta keinginan. Percayalah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat sohib akan menjadi pengusaha besar, pengusaha sukses, pengusaha yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai keterpurukan.
Tips Bisnis Kreatif


ini adalah 9 (sembilan) tips untuk memulai usaha:

1. Jual keunikan ( Unik dan Kreatif )

Jika sohib tergolong manusia kreatif dan inovatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat dijadikan peluang usaha. Tidak sedikit usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Jika berhasil menciptakan sebuah keunikan, segerakan untuk menjualnya. 

2. Duplikasi Usaha Lain: Amati Tiru dan Modifikasi (ATM)

Bagi yang merasa kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa. Percayalah, ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan di depan mata. yang harus selalu dilakukan adalah membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko. 

3. Usaha Fasilitas tambahan ( Beri Nilai Tambah )

Selain menduplikasi, bisa juga membuka usaha dengan memberikan usaha fasilitas tambahan, tapi ini harus dengan sedikit sentuhan kreatifitas.

4. Jual Keterampilan

Menjual keterampilan yang dimiliki. Jika bisa menggunting rambut, bisa membuka salon. Dengan sedikit sentuhan yang berbeda dengan salon-salon lainnya, pasti salonnya akan ramai di kunjungi konsumen. Bagi yang mahir mengetik 10 jari, tidak ada salahnya membuka usaha jasa pengetikan, seperti skripsi, naskah, makalah, dan lain-lain yang kemudian bisa dikembangkan dengan menerima jasa penerjemahan (translate).
Contohnya memberikan privat bahasa inggris, komputer, matematika, musik, menyanyi atau jasa pengetikan seperti yang disampaikan diatas.

5. Menjadi Agen Produk dan Jasa Milik Orang Lain

Ini paling mudah, modalnya pun biasanya tidak terlalu besar. asal bisa membuka kantor keagenan, baik suatu produk maupun jasa. Banyak sekali produk dan jasa yang sangat memerlukan agen. Selain menjadi agen suatu produk, juga bisa menjadi agen yang menyediakan jasa, seperti agen isi ulang air, isi ulang pulsa, penyalur pembantu rumah tangga, agen modeling/foto model, agen iklan, dan lain-lain. 

6. Jual Barang Bekas (second)

Masih sedikit orang yang peka dengan usaha ini. Barang second, terutama dengan nilai historis yang sangat tinggi, biasanya punya harga yang sangat tinggi pula. Namun, menjual barang bekas (second) ini harus di lakukan dengan teratur dan terencana. sohib bisa membeli suatu barang disuatu tempat dengan harga murah dan menjualnya ditempat lain dengan harga yang lebih tinggi. 

bisa juga menjual barang bekas khusus komputer dengan cara membeli komputer rusak dengan harga murah. Kemudian dengan menggunakan orang yang mengerti perbaikan komputer, sohib bisa menjual komputer yang sudah di perbaiki itu dengan harga yang lebih tinggi. Demikian pula dengan barang bekas, seperti kamera, motor, dan lain-lain.

7. Segera Buka Kantor

Bagi yang memiliki keterampilan/keahlian segera buka kantor sendiri. Jangan takut masalah modal dan SDM. ajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal dan membuka kantor tersebut. Juallah skill dan pengalaman. Jika reputasi bagus dan relasi banyak (network), jangan kuatir kekurangan klien. bisa memulai mendirikan kantor dari rumah atau lebih dikenal dengan sebutan home office. Cukup dengan menyediakan satu komputer, satu telepon, faxs, meja, dan kursi tamu.

8. Beli Waralaba

Bagi yang memiliki modal besar, tapi tidak mau repot untuk memikirikan sesuatu usaha yang baru, alternatif waralaba(franchise) dapat dipilih. Waralaba adala jenis usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memang butuh kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus dan cocok. Saran saya, carilah usaha waralaba yang memiliki track record yang baik dan sudah teruji di lapangan. Kini semakin banyak bermunculan waralaba, dari yang membutuhkan modal besar hingga yang membutuhkan modal kecil.

9. Usaha Bersama

Kadang usaha akan lebih bagus jika didirikan dan di kelola bersama-sama. Misalnya jago pemrograman komputer, tapi hanya memiliki sedikit teman, sementara teman memiliki banyak teman dan punya relasi yang luas dan membutuhkan jasa pemrograman, sohib bisa saja membuka usaha jasa pemrograman (software house). kita yang mengerjakan pekerjaannya, sedangkan temannya yang mencari order. Dari kelebihan masing-masing inilah bisa memperkuat suatu usaha baru sekaligus membesarkannya.

Dan ingatlah, dalam berbisnis itu pasti ada hambatan, tantangan dan rintangan, saya sarankan jangan patah semangat bila hal tersebut menerpa. Selalulah meluangkan waktu untuk selalu berdoa kepadaNYA sehingga akan selalu diberi kemudahan dalam menjalankan usaha. Aaaaaamiiiiin...


Demikianlah 9 (sembilan) tips dan ide untuk memulai usaha yang dapat dikelola sebagai ide pertama dalam tahap memulai menjalankan bisnis. Semoga Tips Bisnis Kreatif ini bermanfaat untuk kita semua.[INFO BISNIS Modal Kecil]
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger