DESA CILEMBU

8 Langkah Mencegah Stroke

Sore saat nongkrong di pangkalan ojeg depan rumah, tiba-tiba, salah satu mamang ojeg mohon pamit untuk meninggalkan obrolan untuk segera pulang karena mendapat sms bahwa ibundanya terserang stroke...dengan paniknya mamang ojeg itu segera pulang. Stroke tidak lagi hanya menyerang kelompok lansia, namun kini cenderung menyerang pula generasi muda yang masih produktif, stroke juga tidak lagi menjadi penyakit orang kota yangg berkecukupan, namunsudah merambah menjadi penyakit orang desa yang hidup dengan serba keterbatasan secara ekonomi.
8 Langkah Mencegah Stroke
Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya produktifitas dan terganggunya sosial ekonomi keluarga,selain karena mahalnya biaya pengobatanpasca stroke, yang menderita penyakit ini kebanyakan adalah tulang punggung keluarga yang biasanya kurang memperhatikan pola dan gaya hidup sehat, akibat kesibukan yang padat.
Ada banyak faktor yang dapat memicu timbulnya stroke seperti :
  1. Hipertensi,
  2. Diabetes melitus,
  3. Rokok,
  4. Hiperkolesterolemia,
  5. Sindrom metabolik,
  6. Penyakit jantung,
  7. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan.
ketujuh penyebab diatas sesungguhnya dapat diubah dengan cara melakukan perubahan gaya hidup yang sehat, 

Berikut ini adalah 8 Langkah Pencegahan Stroke :
  1. Diet sehat dan seimbang, maksudnya adalah pengaturan dan pemilihan jenis makanan yang sehat secara seimbang, konsumsi banyak buah dan sayuran segar, susu renah lemak, rendah kolesterol, dan rendah garam(asupan garam tidak boleh melebihi 1 sendok serta mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari)
  2. Olah raga  teratur, Jalan santai, jogging, bersepeda dan berenang secara teratur sangatlah disarankan.
  3. Kendalikan berat badan, Untuk orang Indonesia Indeks Massa Tubuh(IMT) yang ideal adalah 18,5 - 24,9 kg/m2. Rumus IMT adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan(meter) kuadrat.
  4. Berhenti merokok, Rokok adalah faktor pemicu terbesar bagi stroke.
  5. Batasi konsumsi alkohol, Mengonsumsi alkohol pada dasarnya sama berbahayanya dengan rokok
  6. Kontrol tekanan darah, Tekanan darah yang ideal adalah kurang dari 140/90. Jika tekanan darah lebih dari itu dan bersifat menetap, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.
  7. Kontrol gula darah, kontrol gula darah dengan tes HbA1C untu dapat menilai kadar gula darah 3 bulan terakhir secara seksama. Nilai ideal bagu gula darah yang diharapkan adalah HbA1C < 6,5%
  8. Kontrol kadar kolesterol darah, Kolesterol darah LDL harus kurang dari 100mg/dl, bila lebih dari itu, maka perlu pemberian obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol dan modifikasi gaya hidup sehingga tercapai kadar kolesterol yang ideal.
Delapan langkah Mencegah Stroke diatas sangatlah sederhana, tapi cukup sulit untuk dapat melaksanakannya, karena penyembuhan dan pencegahan penyakit stroke ini dibutuhkan kedisiplinan dalam menjalankan pola hidup sehatnya.
Stroke sangat dapat dicegah, perlu diketahui bahwa 85% kasus stroke sesungguhnya dapat dicegah, tinggal bagaimana niat dan keinginan anda untuk terhindar dari penyakit yang merupakan penyebab kematian dankecacatan terbanyak, terdapat 8,3 kasus stroke setiap 10.000 penduduk di Indonesia.
Semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

143 komentar

waalaikumsalam,
kalo melihat dari kedelapan saran yang ada, mungkin kalo dirangkum menjadi mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari stroke :-)

Balas

Penyakit Struk dari jaman dulu sudah banyak sebenarnya terjadi di desa desa cuman belum tahu nama penyakitnya saja.
Tahunya orang di desa saya mati separo gitu. Dimana badan yang sebelah matirasa dan susah untuk mengerakannya.
So marikita laksanakan delapan caranya agar kita tercegah dari Stroke.

Balas

Begitu kayaknya kira kira, kali saja, Sepertinya.

Balas

saya kalau berhenti merokok kayaknya belum bisa kang

Balas

mungkin begitu

Balas

yuk laksanakan supaya terhindar dari mati separo

Balas

Khusus nya Alkohol nggak pernah nyentuh mas :) tapi kalo rokok sih pernah cuman nyobain ..hehehe


btw tips diatas juga bisa yah mas mencegah diabetes :)

Balas

stroke memang sangat berbahaya...bisa menyerang seseorang dengan tiba2. hidup sehat dan pola makan teratur serta olah raga adalah hal penting utk menghindari stroke. betul ndak sih?

Balas

harus berusaha menerapkan dari sekarang...daripada susah nantinya ya kang

Balas

Kunjungan perdana,sambil baca artikel kesehatan disini. Salam kenal. Makasih infonya.

Balas

peternak bebek sulit menghindari stroke gan. Apalagi di madura, ada bebek sinjay

Balas

kalau singkat nanti artikelnya sedikit dong, kasihan kang cilembu ubi kan

Balas

oh mang yono ini perokok berat ya , makanya kok kayak sepur, hehe

Balas

penyakit stroke itu enak nya di hindari dengan pola makan dan pola hidup sehat, seperti 8 tulisan di atas kurang satu sih sebenarnya, berdoa

Balas

nah ini infonya baru benar..hehee

Balas

alhamdulillah kalau olahraga setiap hari saya teratur kang :)

Balas

lama saya tidak berkunjung ke blog ini...
terima kasih atas informasinya,,yang paling gak bisa,,berhenti merokok ini,,susah,,hehe

Balas

Untuk saya pribadi sulit Berhenti merokok.klo kena penyakit itu(amit" mudah2an ga kena penyakit tsb)
apakah orang yang kena penyakit tsb bisa ngasih nafkah "batin"istri nya??

Balas

jangan sampai kena stroke deh....
tekanan darah tuh yang susah, pa lagi orangnya emosional aku tuh mang...?

Balas

siap laksanakan :-)

Balas

kalo begitu berhenti bakar rokok saja :-)

Balas

salam kenal juga..sama2 terimakasih ya

Balas

jadi selama ini infonya tidak benar ya :-)

Balas

susah bukan berarti tidak bisa kan

Balas

sulit bukan berarti tidak bisa kan :-)

Balas

bebek sinjai..jauh amat tuch bebek jalan2..dari sinjai ke madura...sinjai kan terletak di sulawesi selatan..dekat makassar

Balas

paling enak lagi kalau tidak kena stroke :-)

Balas

adminnya mana yaaa..ayo dijawab dong pertanyaan ini :-)

Balas

waaduuuhhh....ingat anak dan cucu bang...kasih kesempatan saya yang masih muda ini dong.... ;-)

Balas

emang ngga kena stroke tu bebek...tapi pasti bebeknya stres, buktinya masa dari Sulawesi Selatan, bisa ada di madura...stres stadium dewa kayanya tuh bebek ya....;o)
coba tolong laporkan ke kang zach...biar diselidiki lebih lanjut oleh beliau...!!

Balas

hehehe...ngga kena stroke, istri cantik dan masih belia, anak2 sehat dan soleh, deposito 100 milyar, punya rumah didesa cilembu...cukuplah

Balas

hihihi...kebetulan baru pulang dari RS Grogol m'ba..obatnya resep baru semua....
gituh bang...PUASS?!

Balas

Cuute...berarti kita sama dong, gampang emosian, gimana kalau kita bikin "komunitas blogger yang emosian" bakal keren banget tuh.

bang har....kasih senyum mulu kalau sama wanita...nih?!

Balas

kang agus : kalau soal batin mendingan tanya ke bang har. beliau punya mata batin loh...;o)

Balas

Mudahan bisa membantu ya Mas,penyakit ini memang tergolong penyakit yang mengerikan karena menyerang sistem saraf.

Balas

heheee...makanya obatnya rutin diminum kang, biar bener terus.

Balas

wuis tips-nya mantep...mudah-mudahan ini hnya untuk wawasan saja, jangan sampai terjadi penyakit ini sama saya...aamiiin.

Balas

maaf adminnya sedang nonton OVJ

Balas

mendingan bakar ikan ya bang

Balas

yg paling susah itu, keluar dari jerat merokok :o

Balas

adminnya lagi minum obat dulu kang...obat khusus pencegah setres...;o)

Balas

jangan percaya sama bang har, belom pasti juga m'ba...hihihii

Balas

daripada susah nantinya ya kang...emang harus berusaha mdari sekarang

itu harus

Balas

dengar tuch apa kata mbak Iis :-)

Balas

maunya sih gituh....

Balas

jalan kaki kesekolah ya...

bang har...kecup basah ah

Balas

tidak bisa berarti tidak susah ya bang...;o)

bang hermawan :..sama saya juga lama tak berkunjung kesana.

Balas

ho'oh..yang ngerinya lagi...bikin kasian pasangan kita kang

Balas

aaaamiiiin...jangan juga kepada saya,juga kita semua

Balas

buka ajah jeratannya, kalau ngga bisa juga minta tolong diprosotin ke kang zach...;o)

Balas

bang har...saya begini kan gara2 bertemen sama bang har...dulu saya ngga terlalu parah ko'...hehehe

Balas

wah point nomer dua kang yang susah saya lakukan, nais inpoh kang

Balas

kalo udah nyandu memang susah ya kang

Balas

waalaikumsalam wr wb

dari delapan kriteria diatas, rokok yang sampai sekarang menjadi penghalang berat untuk menjauhi,karena sudah berusaha berkali selalu gagal.

yang yang lain itu mesti perlu dikontrol karena terus terang sampai hari ini ane tidak bernah mengantrolkan diri tentang kesehatan.

share yang menarik dan sangat bermanfaat sob, thanks

Balas

hehe..si nais udah berangkat ke malaysia minggu lalu kang...;o)

Balas

rokok emang jadi momok menakutkan bagi perokok berat....bismillah saja lah kang, semoga kita ngga kena penyakit ini....amit-amit deh ih

Balas

waduuhh.,

kalo udah terserang gimana ya gan,.

nyokap ane lagi kena struk tuh,.

Balas

keluarga saya juga ada yang kena kang...dan sekarang sudah almarhum

semoga kita semoga bisa terhindar dari penyakit stroke ini...makasih infonya kang

Balas

Begitu mungkin juga

Balas

Sebenarnya cukup mudah apabila mau berhenti merokok, nih tips nya
ketika kita sedang berjalan-jalan, kemudian ada tempat yg enak buat berhenti maka berhentilah,... setelah itu nyalakan rokok dan hisap.

Mudah to berhenti merokok

Balas

Berkunjung lagi,sambil mencari manfaat disini,maksih kunjunganya. Salam !

Balas

Bismillah, semoga kita semua dikaruniai kesehatan.
Gaya hidup modern yang memilih praktisnya dan lari ke junk food, makanan instan (dengan berbagai zat aditif: pengawet, pemanis, penguat rasa, pengenyal dll) dan cemilan ber MSG bisa jadi salah satu penyebab penyakit ini.
Makanan cepat saji yang berdaging-danging, kaya lemak dan kalori (...tapi enak) menjadi favorit dan pilihan, bahkan anak-anak pun sangat menyukainya. Akhirnya masakan rumahan terlupakan...lha wong tinggal telpon saja, nunggu sebentar...makanan nyampe rumah je...

Balas

juga begitu mungkin

Balas

hahaha, kang ratno malah nambahi ......
hahaha

Balas

alhamdulilah itu point banget kang , kang hari tuh yang paling top

Balas

dengenrin tuh kang har

Balas

jadi klomoh nih yeee

Balas

berarti punya mata dua dong

Balas

apalagi gak bayar mbak itu lah enaknya makanan sekarang, eh....

Balas

Mantap kang, info ini benar2 sangat bermanfaat

Balas

saya abegeh malah

Balas

lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi mengobatinya susah seperti penyakit ini ya kang

Balas

apalagi candunya asli

Balas

pakek kaca mata hitam lagi

Balas

begitu adminnya kang Hadi

Balas

akhir2 ini komentar KK sangat menyentuh dan berisi...kenapa coba?

Balas

@ cilembu : gak parah cuma melebihi ya...heheeee

Balas

bener kang..."mensanainkorpore sano"....bener kan?!

Balas

semoga saja begituh....kan emang begitu, sebab kalau ngga begitu ya ngga asik kan...;o)

Balas

menjawab lagi sambil memandangi poto profilnya berlama2.... salam senyum ah

Balas

semoga almarhum berbahagia disana ya kang....
aaaamiiiiin.....yu kita ubah pola hidup tidak sehat kita, sekarang!!

Balas

gimana ya...harus disiplin kali ya....
semoga ibunya lekas sembuh ya om.

Balas

Ubi madu Cilembu ASLI

Balas

ada juga mata sapi

Balas

salam sehat !!.

Balas

begitu juga penontonnya..

Balas

maksudnya berhenti saat merokok. boleh juga tuh tipsnya..xixixi

Balas

trus percaya sama sapa? sama Admin..? wegah.. tar di ajarin nyari yang setipis silet.

Balas

saya belum punya cucu..

Balas

deposito 100 milyar? boleh donk bagi-bagi..

Balas

mbok ya sekali2 setipis singlet...

Balas

mas Kenthus..izin ta copas ya komen nya... :)

Balas

warna nya merah ke iteman..mesti

Balas

susah itu ga ada gunanya...tapi sulit di jalanin

Balas

bang Hari...Ababeh... :)

Balas

olahraga saya rajin, merokok saya juga anti. tapi kalo ngontrol gula darah dsb itu yang belum telaten. mentang2 saya masih muda, kadang yang begini kelupaan.

Balas

salam sehat pangkal kaya

Balas

koq tulisannya begitu?
bukannya begini:
"mensanainkorpore sano"

Balas

buwahahahaha..
(ketawa apa ya)

Balas

Saya setuju dengan tulisan sobat, ini sangat bermanfaat. Mari kita jaga kesehatan diri kita :D

Balas

coba kenapa Pak Ci...saya lagi sensi nih...jadi disenggol sedikit saja langsung muntab...hahaha

Balas

sekarang katanya ada mie sehat lho Pak...
*lho kok mie?

Balas

wah komen mas kenthus, sangat bermanfaat, terima kasih sudah berbagi

Balas

100 milyar, luar biasa

Balas

lebih enak setengah matang

Balas

mie sehat... mikirin yang sehat - sehat

Balas

biasanya begitu mas, kalau masih sehat ndah telaten, kalau udah banyak yang dirasa - rasa, ada manis, asem,pahit pasti desempetin

Balas

yg namanya stroke kok rasa2nya menyeramkan yah....sering banget saya dengar org terkena stroke dgn tiba2.

Balas

yang paling setres pasti komentator yang ada dibawah saya....pasti

Balas

sama...saya juga ijin kopas deh

Balas

silahken oleh kang budi19 dibumingkan, tapi kalh seksi deh dgn setipis silet mah

Balas

untuk olahraga yang teratur terasa sudah, aras-arasan kalau bahasa jawanya.
Penyakut yang banyak ditakutkan semua orang.

Balas

kang budi19 ayahnya abegeh

Balas

berapa no. rekeningnya kang...biar tak transfer semua ke akang...nanti saya menghayal lagi...

Balas

tuh dengerin nasehat dari mang yono, blogger paling sepuh...tuh, hayo dicek kadarnya

Balas

nanti deh saya bilangin ke si stroke...kalau mau nyerang orang kudu bilang2 dulu...supaya bisa siap2 gituh...;o)

Balas

mari kita berdo'a agar penyakit itu ngga kena ke kita.

Balas

itu foto yang di atas bukannya Ruth Wlson yang main di film Lone Ranger ya Kang?

Balas

waduuhhh merokok juga bisa menyebabkan struk ya mas.. dan cara mengatasinya berhenti merokok juga.. wah susah mas hehehe gimana ya.??????

Balas

bukan kang...mantan saya itu mah... ;o)

Balas

gimana coba?..mending kita tanyain sama bang Hariyanto

Balas

pingin berhenti merokok gampang...tutup saja pabriknya, paling di ganti sama bulu jagung hahahayyyy.

Balas

no 3 dan no 4 ,,,masih susah tuh kang,,,BTW nice info Kang,,,

Balas

kalau sampai ditutup, akanglah yang pertama didemo oleh para buruh rokok itu....hehehe

Balas

Dapat ilmu lagi setelah berkujung kemari. Entar saya kasih tau ke kakek saya cara-cara mencegah penkit Stroke.

Balas

tips yang bermanfaat untuk kesehatan kita semua
makasih bang

Balas

Tarikkk Mang Yono

Balas

asal jangan bakar rumah orang saja kang bro

Balas

apane mas Budi merah keiteman??

Balas

Terimakasih gan tipsnya..

Balas

ini adminnya masih merok kah.....? :D

http://lh4.googleusercontent.com/-p4F9WoUSjBo/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAFY8/6Tq56rnviac/s45-c/photo.jpg

Balas

komentar unik tuh .. ;)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger