logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

8 Langkah Mencegah Stroke

www.desacilembu.com
Sore saat nongkrong di pangkalan ojeg depan rumah, tiba-tiba, salah satu mamang ojeg mohon pamit untuk meninggalkan obrolan untuk segera pulang karena mendapat sms bahwa ibundanya terserang stroke...dengan paniknya mamang ojeg itu segera pulang. Stroke tidak lagi hanya menyerang kelompok lansia, namun kini cenderung menyerang pula generasi muda yang masih produktif, stroke juga tidak lagi menjadi penyakit orang kota yangg berkecukupan, namunsudah merambah menjadi penyakit orang desa yang hidup dengan serba keterbatasan secara ekonomi.
8 Langkah Mencegah Stroke
Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya produktifitas dan terganggunya sosial ekonomi keluarga,selain karena mahalnya biaya pengobatanpasca stroke, yang menderita penyakit ini kebanyakan adalah tulang punggung keluarga yang biasanya kurang memperhatikan pola dan gaya hidup sehat, akibat kesibukan yang padat.
Ada banyak faktor yang dapat memicu timbulnya stroke seperti :
  1. Hipertensi,
  2. Diabetes melitus,
  3. Rokok,
  4. Hiperkolesterolemia,
  5. Sindrom metabolik,
  6. Penyakit jantung,
  7. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan.
ketujuh penyebab diatas sesungguhnya dapat diubah dengan cara melakukan perubahan gaya hidup yang sehat, 

Berikut ini adalah 8 Langkah Pencegahan Stroke :
  1. Diet sehat dan seimbang, maksudnya adalah pengaturan dan pemilihan jenis makanan yang sehat secara seimbang, konsumsi banyak buah dan sayuran segar, susu renah lemak, rendah kolesterol, dan rendah garam(asupan garam tidak boleh melebihi 1 sendok serta mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari)
  2. Olah raga  teratur, Jalan santai, jogging, bersepeda dan berenang secara teratur sangatlah disarankan.
  3. Kendalikan berat badan, Untuk orang Indonesia Indeks Massa Tubuh(IMT) yang ideal adalah 18,5 - 24,9 kg/m2. Rumus IMT adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan(meter) kuadrat.
  4. Berhenti merokok, Rokok adalah faktor pemicu terbesar bagi stroke.
  5. Batasi konsumsi alkohol, Mengonsumsi alkohol pada dasarnya sama berbahayanya dengan rokok
  6. Kontrol tekanan darah, Tekanan darah yang ideal adalah kurang dari 140/90. Jika tekanan darah lebih dari itu dan bersifat menetap, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.
  7. Kontrol gula darah, kontrol gula darah dengan tes HbA1C untu dapat menilai kadar gula darah 3 bulan terakhir secara seksama. Nilai ideal bagu gula darah yang diharapkan adalah HbA1C < 6,5%
  8. Kontrol kadar kolesterol darah, Kolesterol darah LDL harus kurang dari 100mg/dl, bila lebih dari itu, maka perlu pemberian obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol dan modifikasi gaya hidup sehingga tercapai kadar kolesterol yang ideal.
Delapan langkah Mencegah Stroke diatas sangatlah sederhana, tapi cukup sulit untuk dapat melaksanakannya, karena penyembuhan dan pencegahan penyakit stroke ini dibutuhkan kedisiplinan dalam menjalankan pola hidup sehatnya.
Stroke sangat dapat dicegah, perlu diketahui bahwa 85% kasus stroke sesungguhnya dapat dicegah, tinggal bagaimana niat dan keinginan anda untuk terhindar dari penyakit yang merupakan penyebab kematian dankecacatan terbanyak, terdapat 8,3 kasus stroke setiap 10.000 penduduk di Indonesia.
Semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger