DESA CILEMBU

Bapak, Anak dan Gembala

LEADERSHIP (Bapak, Anak dan Gembala) ~ Diskusi dipos ronda RW 09 Desa Cilembu, seperti biasa diawali dengan kelakar segar seputar selangkangan, serta rekapitulasi Janda muda yang ada dikampung sebelah, tiba-tiba menghangat menjadi diskusi panas dan lumayan bikin kepala jadi berkeringat...suasana PILKADES yang telah lewat hampir satu bulan yang lalu, memang masih asik untuk diangkat, mengingat Calon Kades no. 2 yang KALAH ternyata masih belum mampu menyikapi kekalahannya dengan lapangdada.
Status facebook inilah salah satu buktinya :
LEADERSHIP (Bapak, Anak dan Gembala)
A Supriatna Yusup
sekitar sejam yang lalu
Alloh maha tahu semuanya itu, silahkan ketawa dan bergembira sesukamu, tp tunggulah ajab dr Alloh sebentar lg akan diturunkan untuk kalian wahai para penghianat nurani rakyat..!!! bkn kesenangan yg kalian akan dapatkan tp beban didada yg akan membebani kehidupan kalian wahai para penghianat..!!!

Dari status facebook inilah diskusi mengalir hingga berujung publishnya artikel ini.
  
"Saya lebih takut dengan seratus domba yang dipimpin oleh seekor singa, daripada seratus singa yang dipimpin seekor domba" artinya, kesuksesan ngga bisa dipisahkan dari bagaimana cara seorang pemimpin untuk mampu mempengaruhi orang lain, mengarahkan keinginan dan kemampuan dalam kegiatannya untuk mencapai tujuan secara bersama-sama.
Pemimpin yang berhasil biasanya melakukan "pendekatan Bapak pada anaknya" terhadap orang-orang yang dipimpinnya.
  1. Hubungan Bapak dan anak tentulah sangat dekat maksudnya : Pemimpin harus dekat dengan orang-orang yang dipimpinnya, pemimpin tidak hanya sekedar memerintah, tapi juga harus berani turun untuk ikut melayani dan mengerjakan orang-orang yang dipimpinnya.
  2. Bapak dan anak memiliki kedekatan dan ikatan emosional yang kuat. maksudnya : Hubungan yang dijalin antara pemimpin dan yang dipimpin tidak hanya terbatas pada tugas, sebuah hirarki, atau sebuah struktur jabatan. Hubungan yang dijalin jangan hanya terbatas pada perhitungan untung dan rugi, tetapi harus terjalin sampai kepada ikatan emosional sehingga akan tejadi kesetiaan dan loyalitas dalam hubungannya.
  3. Hubungan Bapak dan anak memiliki timbal balik yang positif. maksudnya : Seorang bapak akan bertanggungjawab kepada anaknya, sebaliknya seorang anak akan menghormati bapaknya.
Jack Welch adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan besar General Electrc(GE) dia dinobatkan menjadi pemimpin yang paling berhasil dan kemudian dianugerahi "Manager abad 21" oleh majalah Fortune U.S.A, karena ia mampu menggabungkan kelembutan dan ketegasan, memberi apresiasi dan juga sangsi, memberi reward tapi juga punishment kepada orang-orang yang dipimpinnya, sehingga GE yang hampir bangkrut itu mampu ia sulap menjadi sebuah perusahaan paling top didunia.
Kepemimpinan jack Welch menerapkan gaya kepemimpinannya dengan menggunakan analogi diatas, dengan menempatkan dirinya selain sebagai bapak(pemimpin) tapi juga sebagai Gembala....maksudnya : 

Seorang pemimpin harus mampus menempatkan dirinya sebagai :
  1. Guard (menjaga) Tugas utama dari gembala adalah menjaga, seorang gembala yang baik akan menempatkan dirinya berdiri paling depan untuk menjaga dan menghadapi musuh, seorang gembala tidak boleh cuek, apatis, dan lemah.
  2. Guide (menuntun/mengarahkan) Seorang gembala bertanggungjawab atas kelangsungan hidup kawanan dombanya, seorang gembala yang baik akan terus berusaha untuk menuntun, mengarahkan, dan membawa kawanan dombanya untuk menikmati rumput yang segar dan hijau. Strategi yang tepat, perencanaan yang matang, dan motivasi yang terus menerus sebagai bapak/pemimpin harus terus dilakukan agar tujuan dapat dicapai secara bersama-sama.
  3. Govern (mengayomi) Tugas seorang gembala itu adalah mengayomi dan memberikan rasa aman kepada seluruh kawanan dombanya, dan berusaha sekuat tenaga agar dombanya mencapai kesejahteraan yang tinggi, karena apabila kawanan dombanya mencapai pada tingkat sejahtera, itu sama saja telah mensejahterakan sigembalanya itu sendiri.
Disimpulkan :
Apapun hasil dari kepemimpinannya, berhasil ataupun gagal....seorang Pemimpin/calon pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu bertanggungjawab pada hasil akhir dari tujuan dan cita-cita yang diharapkan, tidak menyalahkan siapapun karena kegagalan meraih cita-cita itu, berada dipundaknya bukan pada pundak orang lain.
Yang paling penting pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi Bapak, anak dan Gembala gituh loh
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

103 komentar

keren abis.,

bener2 penuh motivasi,.

nice share gan

#kunbaal

Balas

Terima saja dengan lapang dada, toh nggak ada rugi nya!!!

Balas

fenomena yg mirip di kabupaten tempet sy tinggal. yg kalah masih aja gak nerima kekalahannya. malah terkesan memalukan.

Balas

hitungan ruginya tentu yg punya kepentingan di sana

Balas

kerennya udah abis ya...ya udahlah...saya tidur lagi kalau gituh mah-lah

Balas

Kegagalan adalah langkah awal untuk menuju sukses :)

Balas

princ: lapang dada, jadi inget dicilembu baru bikin lapangan bola

RH: rugi bandar...judi totok

Balas

persis kang...emang fenomena alam nya sedang ngga pas kali y

Balas

film koboy jaman dulu juga, kalau jagoan mah kalah duluan, lama-lama...terus mati...hehehe

Balas

Pak Ci memang keren...

3G ternyata nggak cuma di HP atau letop ya, ternyata di rumah, di perusahaan bahkan di Desa Cilembu juga ada...apalagi yang diragukan kalau sudah lengkap gitu...

Balas

3G kalau diindonesiakan jadi 3M ya...menjaga menuntun mengayomi...

Balas

Vote Kang Hadi for President.....

Balas

ya udah deh mang...lupain sja yg lalu, biarin mereka bertindak spt itu. yg jelas tidak berlaku hal itu utk mamang.....

dengerin nih ..... paham kan maksudnya?

Balas

wani piroo ..?

Balas

Sampai kini belum numbuh rumputnya ya mang?

Balas

3M- Mangan Melu Morotuwo
Morotuwo melu mangan

Balas

Bijak Banget..

Balas

Udah sekian Waktu masih hangat juga itu pesta demokrasi di Cilembu.
Masih pakai acara kagak terma pula. Cuexin aja yang kagak terima Mang Maju terus sbg Ayah dan juga pengembala di Cilembu..

Balas

bukunya Jack Welch yang Akang kutip, saya punya dong.. hebat kan sayah..

Balas

setiap kompetisi pasti ada pemenang dan ada yang harus menerima kekalahan. dan ketidakpuasan atas sebuah kekalahan adalah hal yang normal. yang tidak normal adalah, saat yang bersangkutan melakukan perbuatan yang tidak sehat. semoga ini tidak terjadi.

Balas

kalo yang bicara Mbak Indah, saya mungkin paham

Balas

Kang Pacul jadi Menteri Lingkungan Hidup.

Balas

itu film boneka si Unyil, Kang..

Balas

terima kasih udah bilang saya keren

Balas

kekalahan memang menyakitkan kang, sepertinya perlu waktu lama dan terapi khusus agar bisa menerima kekalahan dengan hati yang lapang..apalagi kalo harta habis buat nyalonin kades....

Balas

kita ada hak dalam memilih pemimpinkna? jangan salah pilih

Balas

mantap, lurus dan benar..

Balas

suatu yg wajar bila kekalahan dalam suatu pemilihan disikapi dengan sakit hati, kurangnya legowo dlm menerima kekalahan. mksh buat motivatornya kang..

Balas

saya numpang keren dong

Balas

saya seneng pemimpin cilembu mempunyai konsep yang jelas, mengayomi, melindungi masyarakat, yaaah kayak tulisan di polsek setempat dong, hehe
yang jelas amanah yang diemban oleh pemimpin desa cilembu Insya Allah disalurkan dengan benar, saya percaya dong karena kepala desanya kan teman ngeblog saya.
lho kenapa kok bawa GE segala, itu kan yang tukang bikin lokomotive kereta api tauuuuuuuuu..

Balas

jagan lupa polbek ya..

Balas

y? apa sama dengan "ya" gitu?

Balas

bukan laptop si unyil kan..

Balas

3M tuh yang mantap...

Balas

yang jadi menteri lingkungan mati siapa?

Balas

soalnya bicaranya pakai sound sistem. mantap sambil goyang itik..hehe

Balas

hebat deh pokoknya.

Balas

semoga saja tidak terjadi..

Balas

ternyata GE tukang bikin lokomotive ya...

Balas

kalah menang itu wajar. tapi kalau tidak mau menerima kekalahan itu tidak wajar.

Balas

keren pisan domba garutnya... jangan lupa senggol senggol yang keren hehehe

Balas

haha calon no 2 belum tau gajah putih kang. taunya cuma domba adu, apa adu domba ya heheh

Balas

uji nyali sepertinya

Balas

pasti pas ...pasti paham.... seeerr ... tarik manggg

Balas

kalau ditempat saya malahan reda - reda dah 5 tahun.. pas ada pemilihan lagi...

biasanya calon yang gitu uangnya dah abis banyak dapet pinjaman lagi eheheh

Balas

bisa yey, bisa yoy dan bisa yeyeye..yoyoyo....huh!! iseng banget y

Balas

semoga tidak terjadi apa - apa

Balas

siunyil bisa buka situs yang setipis silet dong...?!

Balas

Dedi dukun, Dian Pramana Putra, Dedy Dores...kan?!

Balas

baru tau nih GE ntu tukang bikin lokomotive... terimakasih infonya mas... kunjungan balik ya hahahah

Balas

yang jelas link nya kang Pacul emang ngga bisa dibuka...cobain deh gih!!

Balas

buwahhahaa...Indah P kalau udah pake gaia gituh...bikin saya makin ehmm..ehm..deh ih

goyang itik mah pinggulnya harus bohay...kalau tepos kurang apdol kang....emang kang KS pigulnya gede' gituh?!

Balas

dan harus di hajar hehehe

Balas

saya kalau soal beginian ndak tau kang... nah kalau soal poto domba di atas jadi penasaran, ndak ada vidionya ya heeheh... kok di pegangin itu pemaksaan kang hahaha...

Balas

kang Mus : sebagai ayah hiyah...sebagai gembala juga hiyah...kan saya punya domba garut perembuan...tanduk dan bodinya bohay loh kang..mau lat ngga?

mang yono: hehehe....persis mang...bangkrut sampe keubun2 deh ah....;o)

Balas

kita berempat emang orang2 hebat.
1. kang zach hebat dengan keluarganya
2. kang Bli KS : hebat dengan jomblonya
3. mang yono : hebat dengan topinya.
4. Dan saya.....saya lah yang paling hebat diantara mereka.....

Balas

apa-apa yang terjadi tidak semoga...

untuk kang Zach :....menjelang puasa ini, obatnya jangan lupa rutin dikonsumsi ya kang...dari komentarnya udah kliatan imbasnya tuh...hehehe

Balas

makanya kalau akang suatu saat nanti nyalonin jadi kades, jangan sampe harta habis, sisain buat bekel....hehehe

Balas

KY jangan salah colok ya

Balas

hebat bangetkan saya...;o)

Balas

masa seh baru tau GE tukang lokomotive...huh dasar orang jaman dulu...udiiik!!

Balas

dan kemudian dikubur hidup hidup ya kang....

Balas

sensasinya beda ceunah teh kang kalau dipaksa mah.....

#ceuk domba na..,eta ge'

Balas

cuma kang hadi yang gak bisa....

Balas

Njawab uluk salam dulu, wa'alaikum salam warrohmatullohi wa barokatuh.
Orang jaman sekarang kie makin aneh melakukan hal-hal yang seharusnya justru dihindari. Kalo kalah ya sudah, nggak usah ngamuk-ngamuk, ngedumel, mbekingi bikin demo tidak puas, menghembuskan isu ini dan itu, termasuk bikin status yang menurut saya sangat aneh. Bukankah dengan menulis status seperti itu, menunjukkan siapa sebenarnya jati diri yang bersangkutan, karena itu adalah gambaran suara dan suasana hati. Yang dengan itu justru bisa menjadi bumerang bagi yang bersangkutan. Bukankah lebih arif kalo legowo, iklhas menerima kekalahan yang dengan itu akan menimbulkan simpati warga, dan siapa tahu dengan itu pada periode berikutnya hati warga bisa kepincut memilih.
meski saya bukan warga Cilembu (tapi saya suka ubi cilembu), tulisan ini memberikan wawasan yang menarik.

Balas

besok tak kasih gambarnya

Balas

waduh.. bahasan kali ini berat nih mas...? hehehe saya nyimak saja dech. lagi males ngomongin pejabat indonesia..

oya gambar di atas itu pelecehan mas. berbau po*no grafi itu. harus di sensor hehehe.. wah kawin paksa nih mascilembu... hehehehe

Balas

Mudah2an abangku ini bisa jadi pemimpin yang baik... minimal bisa dipercaya ama warganya meski nggak dipercaya di dunia maya wkwkwkwkw...met malem kang.. hadir kembali setelah sekian lama absen...

Balas

soal pemerintahan saya pasrahkan saja ka si akang we ah, sayamah bodo da, hok kang diduaken sing jadi orang yang terpercaya, aaamiiin.

Balas

sabar mang...
pemimpin dikatakan baik atau buruk itu oleh orang yang dipimpinnya
bukan oleh diri sendiri ataupun atasannya...

Balas

halah tengah malam baru sempet ngeblog n mampir ni kang, baru sempet baca judulnya juga ini teh...
numpang ngampar aja ya mau ngadon bobo disini hehe

Balas

biar tak suruh dombanya nyruduk in yang ngaku2 keren lah....

#kesel...!?

Balas

kang pami blog list tea hoyong ngangge scroll kawas nu akang ituh di atas gimanah caranyah ?? WS ndak bisa eung, malah manjang rayud ka bawah :(

Balas

persis apa yang dibilang akang, justru dengan polah dia,salah satunya status diatas..massa pendukungnya banyak yang menyesal telah mendukungnya...tapi semoga saja masuk bulanpuasa ini semuanya mereda....aaaamiiiin
haturnuhun sudah respek ke desa kami.
salam sehat dan ceria selalu dan sekaligus mohon maaf lahir dan batin.

Balas

hehehe...untuk kang mas nandy yang menjomblo memang gambar itu jadi paono...tapi bagi kang zach(misalnya) itu biasa2 saja....jadi tergantung, apakah kang mas pake kacamata kuda atau kacamata kreditan....hehehe

@cling ngilang

Balas

hehehe...aaaamiiiiin, keun welah urang bikenka ahlina nya' kang,keun urang mah urang lanjutkeun ng'blog weh nya'...;o)

Balas

mang sabar udah berangkat dagang baso kejakarta, kalau bu sabarnya mah ada dirumahnya...masa kang rawins mau sama dia gituh?.....bodinya sih emang beda tipis sama SPG, tapi wajah mah saya ngga bisa jamin kang...gimana tuh?!

Balas

alhamdulillah, akhirnya kang budi turun gunung juga....udah diurutnya kan kang?

#ngayal diurut cucunya ma erot

Balas

kade ulah ngampar dina amparan sajadah nya'....pamali, komo mun bari ngacay mah...bwahahahaaa

Balas

kang agus: saya ra percoyoooooooooooooooo...

Balas

sate domba pasti tau...kan bisa buat daya tahan...bener teu mang?...pasti mamang mah bakal apal da.

Balas

haduh maap mang
jaman STM dulu ga pernah nyenggol anak SPG
kalo anak SMKK mah sering...

Balas

kebanyakan orang yang kalah itu sulit untuk menerima kekalahannya kang apalagi pilihan

Balas

kesel ya kesek kang ini mau lebaran lho, hayooo

Balas

tenang saja, gambar berbicara nanti

Balas

dah ah 100 ajah gausah nungguin 251...

Balas

lebaran ya lebaran...kesel jalan terus.
95 dikorup 5 tuh

Balas

hihihii...salah presepsi naro komentarnya....makanya di baca dulu ...TAUUUUU!!!

Balas

iyah seh...jaman2 itu anak SPG culun2..apalagi cewenya huuu ngga banget ih.

kalau anak SMKK..kecentilan kesannya gratisan gitu deh....sungguh selera anda sangat minus kang.

Balas

hiyah...biarin deh...semoga saja yang kalah jadi gila...;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger