logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Bapak, Anak dan Gembala

www.desacilembu.com
LEADERSHIP (Bapak, Anak dan Gembala) ~ Diskusi dipos ronda RW 09 Desa Cilembu, seperti biasa diawali dengan kelakar segar seputar selangkangan, serta rekapitulasi Janda muda yang ada dikampung sebelah, tiba-tiba menghangat menjadi diskusi panas dan lumayan bikin kepala jadi berkeringat...suasana PILKADES yang telah lewat hampir satu bulan yang lalu, memang masih asik untuk diangkat, mengingat Calon Kades no. 2 yang KALAH ternyata masih belum mampu menyikapi kekalahannya dengan lapangdada.
Status facebook inilah salah satu buktinya :
LEADERSHIP (Bapak, Anak dan Gembala)
A Supriatna Yusup
sekitar sejam yang lalu
Alloh maha tahu semuanya itu, silahkan ketawa dan bergembira sesukamu, tp tunggulah ajab dr Alloh sebentar lg akan diturunkan untuk kalian wahai para penghianat nurani rakyat..!!! bkn kesenangan yg kalian akan dapatkan tp beban didada yg akan membebani kehidupan kalian wahai para penghianat..!!!

Dari status facebook inilah diskusi mengalir hingga berujung publishnya artikel ini.
  
"Saya lebih takut dengan seratus domba yang dipimpin oleh seekor singa, daripada seratus singa yang dipimpin seekor domba" artinya, kesuksesan ngga bisa dipisahkan dari bagaimana cara seorang pemimpin untuk mampu mempengaruhi orang lain, mengarahkan keinginan dan kemampuan dalam kegiatannya untuk mencapai tujuan secara bersama-sama.
Pemimpin yang berhasil biasanya melakukan "pendekatan Bapak pada anaknya" terhadap orang-orang yang dipimpinnya.
  1. Hubungan Bapak dan anak tentulah sangat dekat maksudnya : Pemimpin harus dekat dengan orang-orang yang dipimpinnya, pemimpin tidak hanya sekedar memerintah, tapi juga harus berani turun untuk ikut melayani dan mengerjakan orang-orang yang dipimpinnya.
  2. Bapak dan anak memiliki kedekatan dan ikatan emosional yang kuat. maksudnya : Hubungan yang dijalin antara pemimpin dan yang dipimpin tidak hanya terbatas pada tugas, sebuah hirarki, atau sebuah struktur jabatan. Hubungan yang dijalin jangan hanya terbatas pada perhitungan untung dan rugi, tetapi harus terjalin sampai kepada ikatan emosional sehingga akan tejadi kesetiaan dan loyalitas dalam hubungannya.
  3. Hubungan Bapak dan anak memiliki timbal balik yang positif. maksudnya : Seorang bapak akan bertanggungjawab kepada anaknya, sebaliknya seorang anak akan menghormati bapaknya.
Jack Welch adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan besar General Electrc(GE) dia dinobatkan menjadi pemimpin yang paling berhasil dan kemudian dianugerahi "Manager abad 21" oleh majalah Fortune U.S.A, karena ia mampu menggabungkan kelembutan dan ketegasan, memberi apresiasi dan juga sangsi, memberi reward tapi juga punishment kepada orang-orang yang dipimpinnya, sehingga GE yang hampir bangkrut itu mampu ia sulap menjadi sebuah perusahaan paling top didunia.
Kepemimpinan jack Welch menerapkan gaya kepemimpinannya dengan menggunakan analogi diatas, dengan menempatkan dirinya selain sebagai bapak(pemimpin) tapi juga sebagai Gembala....maksudnya : 

Seorang pemimpin harus mampus menempatkan dirinya sebagai :
  1. Guard (menjaga) Tugas utama dari gembala adalah menjaga, seorang gembala yang baik akan menempatkan dirinya berdiri paling depan untuk menjaga dan menghadapi musuh, seorang gembala tidak boleh cuek, apatis, dan lemah.
  2. Guide (menuntun/mengarahkan) Seorang gembala bertanggungjawab atas kelangsungan hidup kawanan dombanya, seorang gembala yang baik akan terus berusaha untuk menuntun, mengarahkan, dan membawa kawanan dombanya untuk menikmati rumput yang segar dan hijau. Strategi yang tepat, perencanaan yang matang, dan motivasi yang terus menerus sebagai bapak/pemimpin harus terus dilakukan agar tujuan dapat dicapai secara bersama-sama.
  3. Govern (mengayomi) Tugas seorang gembala itu adalah mengayomi dan memberikan rasa aman kepada seluruh kawanan dombanya, dan berusaha sekuat tenaga agar dombanya mencapai kesejahteraan yang tinggi, karena apabila kawanan dombanya mencapai pada tingkat sejahtera, itu sama saja telah mensejahterakan sigembalanya itu sendiri.
Disimpulkan :
Apapun hasil dari kepemimpinannya, berhasil ataupun gagal....seorang Pemimpin/calon pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu bertanggungjawab pada hasil akhir dari tujuan dan cita-cita yang diharapkan, tidak menyalahkan siapapun karena kegagalan meraih cita-cita itu, berada dipundaknya bukan pada pundak orang lain.
Yang paling penting pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi Bapak, anak dan Gembala gituh loh
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | DMCA.com Protection Status | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger