DESA CILEMBU

LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) DESA CILEMBU

LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) DESA CILEMBUAssalam'muallaikum.....Sampurasun...Rampes.
LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) adalah salah satu Lembaga yang berkedudukan di Desa/Kelurahan, melaksanakan tugas sebagai mitra kerja yang bekerja secara berdampingan dan bersinergi dengan aparatur pemerintah desa dan BPD(pedoman pemilihan BPD klik disini), berfungsi sebagai penampung serta mewujudkan aspirasi dan kebutuhan warga dibidang pembangunan Desa/kelurahan, yang dibentuk oleh Peraturan Desa(Perdes) berdasarkan atas aspirasi dan kebutuhan warga. 
LPM mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa/Kelurahan dalam bidang Pengelolaan pembangunan yang meliputi :
  1. Menyusun rencana pembangunan yang aspiratif
  2. Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat
  3. Melaksanakan dan mengendalikan pembangunan, dan
  4. Memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan.
dalam menjalankan tugasnya LPM mempunyai Fungsi :
  1. Penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat,
  2. Pengkoordinasian perencanaan pembangunan
  3. Pengkoordinasian perencanaan lembaga kemayarakatan yang ada di desa/kelurahan
  4. Perencanaan kegiatan pembangunan secara pastisipatif dan terpadu, dan
  5. penggalian dan pemanfaatan sumberdaya kelembagaan untuk pembangunan.
Susunan Pengurus LPM terdiri dari :
  1. Ketua
  2. Wakil Ketua
  3. Sekretaris
  4. Bendahara
  5. Seksi 
  • Keagamaan
  • Keamanan, ketentraman dan ketertiban
  • Pendidikan, pemuda dan olehraga
  • Pembanguna dan Lingkungan hidup
  • Perekonomian dan Koperasi
  • Kedehatan dan KB
  • Teknologi Tepat Guna
  • Kebudayaan dan Pariwisata
  • Pembinaan kesejahteraan Keluarga dan pemberdayaan perempuan
Jumlah seksi diseuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan desa/kelurahan, pada tiap wilayah tentu berbeda beda kebutuhan dan kemampuan keuangannya.

Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pengurus LPM adalah :
  1. Mempunyai KTP Desa/kelurahan setempat
  2. Usia minimal 25tahun
  3. baik, jujur, adil dan berwibawa
  4. Memiliki kemampuan dan kemauan serta komitmen untuk membangun desa
  5. sehat jasmani dan rohani
  6. Mampu membaca dan menulis
  7. Bukan anggota BPD
  8. Bukan aparat desa
Tambahan :
  • Calon pengurus yang memenuhi persyaratan diatas dipilih dalam suatu musyawarah desa
  • Calon pengurus terpilih dikukuhkan oleh Keputusan Kepala Desa dan dilaporkan kepada Kepala Daerah melalui Camat
  • Masa bakti pengurus LPM adalah 5(lima) tahun selanjutnya dapat dipilih kembali
  • Pengurus dapat diberhentikan sebelum masa bakti apabila : yang bersangkutan mengundurkan diri, tidak mampu melaksanakn tugas dengan baik, pindah tempat tinggal dan menjadi penduduk desa lain, dan apabila melakukan pelanggaran norma atau tersangkut tindak pidana.
Dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya LPM harus dilakukan selalu atas dasar musyawarah pengurus dengan memperhatikan aspirasi dan kepentingan masyarakat desa.
[] Semoga berguna untuk Desa lain
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

83 komentar

kalo semua desa dengan segala potensinya bener2 aktif memberdayakan masyarakat, sy yakin gerakan membangun negeri dari desa2 seperti yg dicanangkan pemerintah akan akan berhasil mengubah negara ini. dan akan mengurangi jumlah TKI yg keluar negeri.

permasalahan semakin banyaknya menjadi TKI hanya kerena ketidakmampuan mereka diberdayakan di desa, asal tempat mereka berada. pemerintah gagal memberikan lapangan pekerjaan, kerjaan semakin sulit. meningkatkan jumlah angkatan kerja, tidak sebanding dengan peningkatan lapangan pekerjaan. akhirnya menjadi buruh di negeri orang dianggap lebih baik.

Balas

setuju kang...rakyat kita sudah tertanamkan dalam jiwa mereka segala sesuatu yang instan, segalanya pengen cepet, cepet kaya, cepet punya duit, tanpa mau menggali kekayaan yang terpendam dilingkungannya, padahal jika saja penggalian potensi desa dilakukan secara maksimal, dan tentu didukung oleh seluruh komponen.
TKI ngga perlu ada...masalahnya komponen yang ada jalan sendiri2 dan u/kepentingannya masing2...masalah ini adalah masalah kita semua, mari kita bergandengan tangan dan saling berpelukan untuk membangunnya...tapi awas jangan sampe saling mengecup...itu berbahaya

Balas

kolom komentar blognya dikunci ya...kena pirus kang zach yah...?tapi bagus deh...pokus puasa...tadinya sy juga mo begitu mengunci sementara komentar...cuman gengsi nanti dikira ikut2an kang zach...padahal diakan tom n jery nya saya

Balas

saya nggak ngerti sama sekali tentang lpm Kang.
apa saya harus tanya dulu ya sama Bang Zach soal lpm..

Balas

waduh lpm... teu ngarti ah kang

Balas

iya mendingan nanya dulu sama beliau gih!!

Balas

padahal LPM disinih mah Lembaga Perempuan Manis tauuu....;o)

Balas

usia minimal 25? saya masuk dong...

Balas

mau nanya ke saya nih pasti.

Balas

buwahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

Balas

Mas Rusydi aktif Kang. banyak alternatif ke blog beliau. beliau keren, sekeren kita. akur nggak?

Balas

..buwah bener bener nih kakak pertama!!
bener bener iseng, padahal lagi bergelantungan digerbong kereta ini teh....sempet2nya isengin blog saya coba!!

Balas

Pak Ci...sumprit, saya belum baca...mau nyuci dulu...

Balas

walaupun saya kurang mengerti mas, ikut nyimak aja :D
intip2 jga mas blog saya :D

Balas

ilmu baru buat saya mang, karena saya kurang begitu pahan seluk beluk pengurus di desa..haturnuhun kang

wilujeung shiyam

Balas

lpm = lembaga penelitian masyarakat ya..

Balas

ikutan kang cilembu saja ah, menimba ilmu bertukar pengalaman saja...ujung-ujungnamah saya masih belum paham kang he,...he...

Balas

jam seginih pasti lagi ng'gantung di gerbong Kereta Cilebut - Kota kan...?

Balas

maen betul sajah...apanya yang betul coba?

Balas

dibalik jadi 52...tapi sih kalau liat profilnya awet muda...padahal?

Balas

emangnya diblognya ada yang mandi yah...disuruh ngintip..?

Balas

sawangsulna kang, mugi aya gunana...sugan isuk pageta ujug2 akang diangkat jadi kades...lumayan atuh tos gaduh ilmu lpm sakedik tidieu...halaaaaa

Balas

IPS = Ilmu Pengetahuan Sosial

Balas

kata si sule mah Sharing on de way...gituh y kang....!?

Balas

ihh, kan jam 07.30 udah harus absen di kantor.

Balas

ada perempuan manis kayak sayah
kalo situ mah.. pahit

Balas

mending begitu. daripada foto profil lebih tua daripada sebenernya yang juga udah tua

Balas

supaya sekalian dicuciin

Balas

semoga desanya makin maju ya

Balas

maaf kang hadi saya belum baca, tapi berani komen keren kan

Balas

nyimak kakak pertamax dan kaka keduax aja ah

Balas

haha kakak pertamax dan kakak keduax pada manis

Balas

IPA = Ilmu pengetahuan Alam

Balas

haha ada mass Nenek gayung

Balas

saya nyimak kakak ketiga..

*salaman

Balas

absen ngisi fomulir buat buka puasa ya..

Balas

kenapa kakak ketiga pahit ya...wkwkwk

Balas

sama-sama tua nggak boleh saling mendahului...

Balas

kalau KPK =...?

Balas

keren banget Mas.

Balas

KPK = Komisi Pemberantasan Kelaparan..heheee

Balas

siapa dulu dong orangnya...

Balas

wah desa saya kok kyak nya nggak ada ya kang >.< apa saya yang nggak tau :D

Balas

setelah kakak ketiga, adiknya semuanya pahit

Balas

bukan.
buat formulir kirim salam di radio AM.

Balas

lha terus yang buncit malah sepo, pahit tidak manis tidak

Balas

gelar spanduk dulu ah

Balas

jangan mang nanti basah uangnya

Balas

emangnya ada cewek ganti baju, ikut dong

Balas

komunitas penggalang kebaikan dong

Balas

saya temannya mas ks dan mas zach mbak

Balas

ini memang khusus di desa cilembu aja kok mas, di desa-desa jawa timur memang tidak ada

Balas

kayanya wahyunya yang ngga pernah masuk kekantor desa.

masa iyah yah....dulunya disebut LKMD...kalau ngga ada berarti jawa timur mah bukan bagian dari indonesia mungkin ya...syukurin deh.....hehehe

Balas

saya dong temennya m'ba Iis

Balas

komisi Pemberantasan Kancut

Balas

saya duduk sambil nyruput kopi

Balas

ada...tapi cewenya nenek2... doyan juga kan?

Balas

Semoga dengan adanya program tsb desa cilembu tambah maju !Kehidupan warga nya tambah sejahtera.Amiiin...........

Balas

Saya bengong aja lah!

Balas

saya yang melongo sambil plarak plirik

Balas

AM Radio kayu manissss...enak suaranya merdu bisikannyaaaa....
#nyanyi

Balas

aaaamiiiin....
terus kalau udah gituh...gimana lagih coba?

Balas

saya pegang talinya kang...

Balas

kalau sepo..kasihin ke kucing azh...!!

Balas

aaaamiiin, makasih do'anya y

Balas

saya tak ndeprok saja

Balas

Kok gak ada seksi budidaya dan pemasaran ubi cilembu ya ..? kalau ada tentu kang Ci yang jadi

Balas

masa jadi seksi...kan yang seksi mah perempuan...masa sayah, emangnya saya cowo apaan gituh

Balas

nyimak aja gan,.
gak ngerti sama yang beginian,.

Balas

hoooorraa paham pak ci -___- ,

tapi kerenlah temenku jadi pemimpin yang uwow .. *sewu oh*.

Balas

doa yang terbaik buat kegiatan-nya, semoga lancar dan desa-nya semakin didepan.

Balas

wah tambah succes saJA nih Cilembu,,,Lanjutkan Kang,,,

Balas

endang cowok alias lekong berondong geetoo

Balas

aaaamiiiin, semoga demikian seterusnya

Balas

aaaamiiiin, makasih do'anya om

Balas

ngga usah paham paham lah...ngga penting juga tuh...;o)
emang udah keren dari dulunya sih!

Balas

baru dalam proses jadi kang...hehehe

Balas

sering saya mendengar istilah LPM, tapi baru dari posting ini saya mengetahui struktur dan cara kerjanya

saya pikir kalau sistem yang bagus dijalankan dengan sungguh sungguh.. ekonomi masyarakat desa se indonesia ini bisa didongkrak secara bersama sama ya sob.

artikel menarik dan sangat bermanfaat

Balas

aaaaamiiiin, semoga kelak jika wisata murah mau jadi kepala desa, udah lebh paham soal LPM...hehehe

aaaamiiiiin semoga demikian.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger