logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

PUASA SEHAT bagi yang sakit MAAG

www.desacilembu.com
Assalam'muallaikum....Sampurasun...Rampes.
PUASA SEHAT bagi yang sakit MAAGPuasa Sehat bagi yang sakit Maag ~ Pada minggu kedua puasa ramadhan ini, sudah banyak umat muslim yang mulai batal berpuasa, terutama bagi yang memiliki penyakit pada lambung khususnya sakit maag, akibatnya rasa sakitnya itu dijadikan alesan kenapa puasanya tidak sampe POL, padahal sakitnya itu sebenernya akibat ulahnya sendiri dengan tidak melakukan pola makan dan minum yang benar....sungguh alesan yang aneh!!
Pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang bagaimana cara puasa yang sehat bagi para penderita penyakit maag, agar pasangan anda yang beralasan tidak menjalankan ibadah puasa karena punya maag jadi malu...
Nah...buat yang punya maag....supaya sakit maagnya tidak kambuh selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa asupan makanan dan minuman yang harus dihindari :
  1. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan yang terlalu banyak mengandung banyak serat, diantaranya : sawi, kol, nangka, pisang, kedongdong, buah yang dikeringkan, dan minuman yang banyak mengandung bayi dan soda.
  2. Hindari makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, diantanya adalah : kopi, minuman yang beralkohol 5 - 20 %(lagian masa sih bulan puasa mabok...ngga banget kan?), anggur, sari buah, susu full cream....kalau susu murni gimana pa'...?!
  3. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung seperti batu bata dan batu belah...tentu, selain memang bukan makanan, pastinya kalau dimakan akan sangat sulit untu dicerna. Karena makanan yang sulit dicerna dapat menyebabkan peningkatan peregangan dilambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, makanan tersebut contohnya adalah : makanan yang banyak mengandung lemak seperti batu bata dan batu belah tadi, kue tart, coklat dan keju.
  4. Hindari makanan yang secara langsung dapat merusak dinding lambung(bukan lambung kapal loh...) contoh makanannya adalah : makanan yang banyak mengandung cuka, sambel colek pedas buatan si bibi, merica dan bumbu bumbu lainnya yang merangsang...bukan merangsang nafsu tauuu....!!
  5. Hindari makanan  yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik kekerongkongan, seperti : alkohol, coklat, makanan berlemak tinggi dan gorengan seperti goreng oncom, goreng dage, goreng pisang dan mang yono goreng pisan...hehehe
  6. Bebrapa sumber karbohidrat yang harus dihindari bagi penderita penyakit maag, diantaranya : beras ketan, mie instan dan mie baso, bihun, jagung, singkong, tales, dan dodol....kalau Ubi Cilembu justru disarankan oleh saya....hayo order ubi nya atuh!!
  7. Hindari juga makan permen karet, apalagi karet ban motor C70 nya kang Agus Setya sangatlah dilarang, dan hindari juga merokok yang berlebihan....;o)

Bagi para orang tuwa yang kemarin ngga sempet baca artikel "5 Cara sehat bagi orang tua" silahkan dibaca, karena jika tidak, sohib akan menyesal karena disana dijelaskan kriteria orang tuwa yang sesungguhnya yang wajib sohib ketahui, ini sengaja disampaikan agar menjadi pengetahuan dan perhatian untuk kita semua, janganlah terlalu dininabobokan oleh usia yang masih muda, kita semua harus waspada, karena penyakit tidak pernah pandangbulu, bulu siapa saja baik yang masih usia muda ataupun bulu yang sudah tuwa, semua bisa sangat mudah terkena penyakit bila kita tidak waspada dan tidak memiliki kedispilinan diri...sudah dilaksanaknkah 5 langkah tersebut?...saya yakin semua yang hadir disini akan menjawab dengan tegas....BELOOOM KANG!!

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger