DESA CILEMBU

PUASA SEHAT bagi yang sakit MAAG

Assalam'muallaikum....Sampurasun...Rampes.
PUASA SEHAT bagi yang sakit MAAGPuasa Sehat bagi yang sakit Maag ~ Pada minggu kedua puasa ramadhan ini, sudah banyak umat muslim yang mulai batal berpuasa, terutama bagi yang memiliki penyakit pada lambung khususnya sakit maag, akibatnya rasa sakitnya itu dijadikan alesan kenapa puasanya tidak sampe POL, padahal sakitnya itu sebenernya akibat ulahnya sendiri dengan tidak melakukan pola makan dan minum yang benar....sungguh alesan yang aneh!!
Pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang bagaimana cara puasa yang sehat bagi para penderita penyakit maag, agar pasangan anda yang beralasan tidak menjalankan ibadah puasa karena punya maag jadi malu...
Nah...buat yang punya maag....supaya sakit maagnya tidak kambuh selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa asupan makanan dan minuman yang harus dihindari :
  1. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan yang terlalu banyak mengandung banyak serat, diantaranya : sawi, kol, nangka, pisang, kedongdong, buah yang dikeringkan, dan minuman yang banyak mengandung bayi dan soda.
  2. Hindari makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, diantanya adalah : kopi, minuman yang beralkohol 5 - 20 %(lagian masa sih bulan puasa mabok...ngga banget kan?), anggur, sari buah, susu full cream....kalau susu murni gimana pa'...?!
  3. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung seperti batu bata dan batu belah...tentu, selain memang bukan makanan, pastinya kalau dimakan akan sangat sulit untu dicerna. Karena makanan yang sulit dicerna dapat menyebabkan peningkatan peregangan dilambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, makanan tersebut contohnya adalah : makanan yang banyak mengandung lemak seperti batu bata dan batu belah tadi, kue tart, coklat dan keju.
  4. Hindari makanan yang secara langsung dapat merusak dinding lambung(bukan lambung kapal loh...) contoh makanannya adalah : makanan yang banyak mengandung cuka, sambel colek pedas buatan si bibi, merica dan bumbu bumbu lainnya yang merangsang...bukan merangsang nafsu tauuu....!!
  5. Hindari makanan  yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik kekerongkongan, seperti : alkohol, coklat, makanan berlemak tinggi dan gorengan seperti goreng oncom, goreng dage, goreng pisang dan mang yono goreng pisan...hehehe
  6. Bebrapa sumber karbohidrat yang harus dihindari bagi penderita penyakit maag, diantaranya : beras ketan, mie instan dan mie baso, bihun, jagung, singkong, tales, dan dodol....kalau Ubi Cilembu justru disarankan oleh saya....hayo order ubi nya atuh!!
  7. Hindari juga makan permen karet, apalagi karet ban motor C70 nya kang Agus Setya sangatlah dilarang, dan hindari juga merokok yang berlebihan....;o)

Bagi para orang tuwa yang kemarin ngga sempet baca artikel "5 Cara sehat bagi orang tua" silahkan dibaca, karena jika tidak, sohib akan menyesal karena disana dijelaskan kriteria orang tuwa yang sesungguhnya yang wajib sohib ketahui, ini sengaja disampaikan agar menjadi pengetahuan dan perhatian untuk kita semua, janganlah terlalu dininabobokan oleh usia yang masih muda, kita semua harus waspada, karena penyakit tidak pernah pandangbulu, bulu siapa saja baik yang masih usia muda ataupun bulu yang sudah tuwa, semua bisa sangat mudah terkena penyakit bila kita tidak waspada dan tidak memiliki kedispilinan diri...sudah dilaksanaknkah 5 langkah tersebut?...saya yakin semua yang hadir disini akan menjawab dengan tegas....BELOOOM KANG!!

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

99 komentar

horeeee pertamaxxxxxxxxxxxxx

Balas

keduaaaaaaxxxxxxx juga... aman.

Balas

sebelum pertamax dan keduax, sy udah baca, sekarang komentarnya. emang masalah bulan ramadhan gak jauh2 dari lambung. dan mesti penanganan yg ekstra buat yg punya gangguan maag, biar shaumnya lancar. terutama gorengan, pas malem emang dianjurkan kurangi makan gorengan. tapi sy belum pernah makan gorengan mang yono gorengan pisan. di mana belinya kang ci? mesti diulas juga berarti cara pembuatannya oleh chef kang dede thea

Balas

inget ya, mie instan juga gak baek, kalo mau menikmati mie, mending mie yg dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan lilin, seperti kebanyakan di mie instan. karena kata bang haji rhoma: ber - ba - ha - ya

Balas

saya pamit dulu online-nya, mau sahur, empat puluh menit lagi imsak. selamat menikmati ibadah ramadhan. semoga semangat dan sehat selalu. aamiin

Balas

Mas Rusdy dah mabok ubi..hahaha...

Eniwei, artikel yang cucok buat hakuuhhh...yeeaaaah .matur suwun.. tapo koq no 1 itu tulisane 'bayi dan soda' ya..?

Aku ga makan bayii sumprit dah...!

Balas

makanan berserat itu seperti kulit kelapa ya kang?kemudian makanan yang mengandung gas itu tabung lpg kan?kalau gak gitu kompresor tambal ban itu banyak gasnya,kalau makanan mengandung karet betul karet ban sepeda saya,
Makanya kok sakit mag lha yang dimakan keliru,huuuu

Balas

makan penggorengan memang membahayakan mas,apalagi belum dicuci dan masih anget,pasti deh hitam semua bibirnya

Balas

Jawaban "Belooom Kang!!" adalah jawaban yang salah! Karena itu hanya tepat buat kakak atau "Akang".

yang benar adalah:
"Belooom Kong!!" Karena sang admins statusnya sudah "Engkong".

Wassalam.

Balas

dasar Mamang Hadi mah, keliru muluu

Balas

buwagwagwagwag....kong zach ini dendem bener romannya ya...bujugbuneng dah

Balas

nah harus kang rusydi, adalah contoh yang baik .baca dulu sampe tuntas, baru komentar....contoh bagi yang muda!! sebentar yah...tak ambil tisyu....nyodorin..loh ko' malah ngasih tisyu....buat nglap bekas gorengan gituh, kalau mau beli di subang bisa di beli via blog juga ko'...

hehehe...ngga cuman item-item, tapi bisa mleleh-leleh bibirnya...sadis!!

Balas

emang ada bahan lilinnya ya...wah kalau gituh, bisa buat kue ulang tahun tuh...tiup lilinnya...tiup lilinnya...sekarang juga

Balas

pesenan sudah saya sajikan kang, silakan di pantengi ya tentang Generel Elektrik kan utang saya, hehee

Balas

lunas apa belum nih utangnya ??????

Balas

beuh potona .. setipis silet euy...

Balas

selamat menjalankan puasa, jangan lupa berbukanya makan ubi cilembu y....ngayalin gituh...;o)

Balas

tuh denger kata yang punya C70 nya juga bilang, ngga boleh memakan karet bannya...orisinil seh.

perkeliruan terjadi sejak bergaul sama akang tea kan?...dulu mah da sayah teh baik pisan

Balas

saya belom cek rekeningnya kang...n'tar siang abis jumatan deh

Balas

hihii...kandel keneh sakitu mah ateuh!!

Balas

kalau susu murni boleh kan, terus air bayi air ketuban pasti... , setuju untuk tida menkonsumsi batu bata, dan ban sepedah motor C70. terutama sayap pesawat .

beuhh...eta goreng dage, goreng pisa Vs goreng ules,.... tulisan merah disensor Tiiiiiiit... heheh

Balas

mas agus pesen ubi ya

Balas

apa lagi mie sejenisnya sangat dilarang agama... miekajengkel mitoha, miekabogoh pamajikan batur, miekageuleuh tatangga... ups mas Rusydi pasti ndak ngerti hihi

Balas

hahah kalau "goreng pisan" meskipun dicuci ndak bakalan guanteng kecuali dicelupin oli tap - tapan C70 nya mas agus hehehe...

mas rusydi kalau pengen GORENG PISAN ndak usah beli mas, geratisss gitu lohh hehehe

Balas

pertamax dan keduax ndak baik untuk yang punya penyakit maagx

Balas

amaan wong jam segituh.

bayinya diabaikan sajah, atau sodanya nya juga boleh yang diabaikan...berarti ceu ay sedang hamil lagi y?...selamat dan semoga bayi dan bundanya sehat selalu yah.

Balas

mang yono memang jeli , mata elang

Balas

biarin mang jangan diapa-apain dia calon kaka ipar saya

Balas

jadi...ngga ada yang salah kan?!
...ngga bisa di tiiiit mang, paling bisa ge' diblur, tapi kesannya malah yang seksi2 kalau di blur...emangnya mang yono seksi gituh?

Balas

mata sapi kalee...

Balas

ayo dong mang order juga....masa kalah sama kang agus yang dari jawa seh...subang kan deket, bisa saya anter sendiri tuh..lewat jalan cagak kan deket

Balas

tambah goreng dicelupin mah ateuh mereun...
hehehe

Balas

buwahahaaa.....untung kang Rusydi ngga ngerti, kalau ngerti pasti dia pipis dicelana saking gelinya

Balas

mang kalo daun srikaya juga b isa gak buat maag?

Balas

mau dong ubinya?

Balas

Si akang kayak nya cocok juga klo jd Dr lambung hehe..

Balas

wah bener sekali itu mas, nais post

Balas

ngga bisa kalau daun SRI KAYA mah, tapi kalau SRI HANDAYANI bisa, coba kasih uangnya suruh deh keapotik beli obat maag....pasti bisa sembuh

Balas

dr. kandungan maksudnya...tapi ngga mungkin euy, kapan kuliahnya lagi coba?...kan udah tuwa...ups?!..keceplosan

Balas

kalo maag sih nggak punya mang :p tapi kalo tipus punya mang :D hehhehe

Balas

telat makan aja maag bisa kambuh. penyakit maag memang menyebalkan..hohoho

Admin punya penyakit maag nggak?

Balas

alhamdulillah ngga punya kang...punya ya....nah tuh dibaca yang seksama dan laksanakan yah tips nyah!!

Balas

Pantesan hari ini puasaku terasa agak gak sehat....lupa makan karet ban bekas...hehe.
Tips sehat puasa yg beda tampil dgn yg lainnya,selalu ceria.
Orang tuwa siap laksanakan...hehe.
Makasih dah berbagi,salam sukses n happpy bloggging.

Balas

loh..saya baru tau kalau cinta deras suka makan karet ban...hehe
apalagi atuh kang...model blog macem saya mah...yang penting ubi cilembunya laku banyak order ge' udah cukup...soal isi post mah...sakarep udel sajah lah...hihihiii
yang penting bisa awet muda

Balas

ohhh itu ya resep awet mudanya Kang Hadi?
udelnya bisa menari rupanya

Balas

si bebek ga nurut tuh
dibilang jangan suka makanan yang mengandung gas, dia mah suka nyiumin hitut...

Balas

saya mah hoream bacanya juga
paling paling bahas batu belah sama karet ban si om agus. mending kalo belahan taeun apa karet buat taeun tah...

Balas

pan jaman udah makin canggih sagala serba instan. milk powder kasih air jadi susu siap minum. mau masak ga usah marut kelapa lagi, cukup beli santan powder kasih air dah jadi. ngan rada bingung mun baby powder kumahanya mang..?

Balas

makanya om jangan suka digaulin si amang
jadinya gitu tah errorejring torejing torejing...

Balas

udah ah modol dulu, mang...

Balas

Sama Sriastuti adiknya yang lebih kinclong

Balas

turut berbahagia atas pertamaxxxx :-)

Balas

karet bannya rasa apa ya , rasa strawberry atau rasa coklat, jangan2 rasa ubi cilembu :-)

Balas

dari ke tujuh saran tersebut, saya sangat senang dengan saran yang ke delapan :-)

Balas

ngga ada...ngga ada...ngga ada yang ke delapan mah bang...hadeuh abang ini ikut ikut error deh ih

Balas

pada ngomongin apa? *cuek

Balas

Alhamduillah saya tidak pernah makan batu, sehingga lambung aman aman saja.

Balas

kurang satu tapi penting buanget nget nget anget....makananya harus halal biar sehat.
coba deh makananya ngambil tempat tetangga pasti bonyok digebukin...nggak sehat kan?

Balas

jadi ingat kelirumologynya jaya suprana nich :-)

Balas

baru tahu kalo sudah engkong rupanya :-)

Balas

kalu ubi bagaimana kang, cukup itu aja pertanyaannya...

Balas

Terima kasih Kang tipsnya, ini sanagt bermanfaat sekali, terutama yang punya sakit Maag.., kalau saya alhamdulillah nggak ada yang terjangkit sakit maag tersebut Kang..

Balas

Ubi masih aman, dan lezat tentunya hehehehe..

Balas

Selain aman buat lambung juga ginjal ya Kang Djangkaru, soalnya bebas batu ginjal..:)

Balas

Siapp.., saya laksnakan Kang ..

Balas

Yang kedelapan digondol kucing kali Kang..

Balas

alhamdulillah....buat jaga diri deh kalau gituh y

Balas

Alhamdulillah....cuman orderan rada menyepi euy

Balas

hiya ya...lupa sayah

Balas

rasa karet atuh bang...;o)

Balas

kucingnya nanti makan ikan piaraan kang boku....semoga

Balas

amit-amit deh ih....jangan sampe yah.....biarin soal batu kita serahkan saja pada ahlinya...kita mah harus sehat selalu...okeh

Balas

aku pesen apa ya :-)

Balas

kucingnya sudah ketemu belom :-)

Balas

bela diri maksudnya?
kan ikut MP?

Balas

tapi kan orderan bisnis lainnya rame Kang..
aamiin

Balas

saya jadi lupa begitu baca komen disini

Balas

tuh kan ketauan... memang sudah tuwa....doktor, ngodok nu kotor- kotor nya

Balas

Kok...saya malah condong perhatiin screen shoot nya ya kang..hehe :D

Pie..kabare kang Hadi...
Mav ya baru bisa mampir di mari :)

Balas

wah gitu ya mas.. makasih ya buat sharinyanya :)

Balas

ini yanti bgt om...
emg dr kecil udh kena sakit lambung. .

Balas

alhamdulillah kang saya tidak sakit maag, tapi ini sangat manfaat kang..haturnuhun..
punten, masih tetapa hehe...

Balas

wah makin tinggi saja ilmunya kang muroi,.tetapanya berapa hari kang.?

Balas

1 hari 40 malam

Balas

silakan pada pakai pertamax, saya jalan kaki saja....

Balas

sana pada teun-teunan...saya nggah paham...jalan lagi ah...

Balas

eeee, ini di dunia antah berantah...saya nggak paham. jalan lagi ah...

Balas

nah kalau yang jaya suprana ini saya baru paham...

Balas

ini modol aja pamitan...biar dibantuin teriak apa ya?

Balas

saya penderita maag, tapi hamdalah sejak puasa baik-baik saja kok Pak Ci...malah segala macam makanan masuk tuh...termasuk sambel terasi...hamdalah.

semoga sehat-sehat bagi semuanya ya...

Balas

itulah dahsyatnya berpuasa....semua bisa menjadi sehat karenanya, asal kita ikhlas menjalankannnya....aaaaaaamiiiiiin

Balas

awas jangan sampe terangsang yah...bisa makruh puasanya...;o)
alhamdulillah sehat, semoga akangpun demikian aaaamiiiin

Balas

abis ini jangan yanti banget lagih yah...;o)

Balas

puasa bareng kang Ci dijamin tidakk kerasa tiba-tiba wae magrib, karena ketawa terus hehe....

Balas

padahal terlanjur terangsang mas Budi

Balas

jiaah, kesempatan ngatain mang yono sama kang agus setya nih.. wkwkwk

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger