DESA CILEMBU

Visi Misi dan 10 Program PKK

Sampurasun....Rampes.
Visi Misi dan 10 Program PKK
Visi Misi dan 10 Program PKK
Berdasarkan Tap MPR No. II/MPR/1983 Tentang GBHN, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga(PKK) ditetapkan sebagai salah satu wahana untuk meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan. Berawal dari sebuah seminar Home Economi yang dilaksanakan di Bogor 1957 dan kemudian menghasilkan 10 segi kehidupan keluarga, maka sejak itulah awal kisah yang menjadikan PKK kemudian menjadi mesin penggerak bagi sendi kehidupan kaum perempuan indonesia dalam rangka ikut serta dalam pembangunan, terutama pembangunan disektor keluarga sejahtera.
Pada RAKERNAS IV, tahun 1983 Tanggal 27 Desember ditetapkan sebagai HARI KESATUAN GERAK PKK

Pada perkembangannya, dari hasil kesepakatan Rakernaslub PKK selanjutnya ditetapkan menjadi Keputusan menteri Dalam Negeri dan otonomi Daerah No. 53 tahun2000 disusunlah Pedoman Umum Gerakan PKK sebagaipanduan pelaksanaan Gerakan PKK, yang terwujud dalam bentuk VISI dan MISI Gerakan PKK

Visi PKK
  • Terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.
Misi PKK
  • Meningkatkan spiritual, perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila serta meningkatkan pelaksanaan hak dan kewajiban sesuai dengan hak asasi manusia (HAM), demokrasi, meningkatkan kesetiakawanan sosial dan kegotong royongan serta pembentukan watak bangsa yang selaras, serasi dan seimbang.
  • Meningkatkan pendidikan dan keterampilan yang diperlukan, dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkakan pendapatan keluarga.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, serta upaya peningkatan pemanfaatan pekarangan melalui HATINYA PKK, sandang dan perumahan serta tatalaksana rumah tangga yang sehat.
  • Meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan hidup serta membiasakan hidup berencana dalam semua aspek kehidupan dan perencanaan ekonomi keluarga dengan membiasakan menabung.
  • Meningkatkan pengelolaan Gerakan PKK baik kegiatan pengorganisasian maupun pelaksanaan program-programnya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat. 
10 Program PKK
  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Keterampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat
Pada tahap 
  • perencanaan, 
  • pelaksanaan, 
  • pembinaan sampai 
  • fasilitasi,  
Tim penggerak PKK dalam pelaksanaan dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan 10 Program itu di bagi menjadi 4 Kelompok Kerja yaitu :
    1.  Pokja I :
           a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
           b. Bidang Gotong Royong.

   
     2. Pokja II :
           a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan;
           b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

     3. Pokja III :
            a. Bidang Pangan;
            b. Bidang Sandang;
            c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.

      4. Pokja IV :
            a. Bidang Kesehatan;
            b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup;
            c. Perencanaan Sehat. Sejak

Sejak 2009 Ketua Umum TP PKK Ibu Hj. Vita Gamawan Fausi, SH pada Rakernas tahun 2010 menetapkan perubahan Hari Kesatuan Gerakan PKK yang semula jatuh pada tanggal 27 Desember, berubah menjadi  4 Maret.....apakah alasannya?...ngga usah banyak tanya deh luh...!!
[]semoga manfaat
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

58 komentar

percaya nggak Kang, saya dari SD, apaaal!

Balas

jadi siapa kang nama ketua pkk desa cilembu yang baru?

Balas

percaya..akang kan pencetus PKK...hehe

Balas

saya malah baru tahu, visi dan misi pkk..makasih sudah berbagi kang.

Balas

dijamin ngga akan melongo kalau dikasih tau? nih

Balas

wuah...kang lili bo'ong ah...suka gituh deh ih.

Balas

owh gitu ya kang :)

Balas

dijamin sich iya,,,melongo juga iya :-)

Balas

saya juga baru ketahuan :-)

Balas

misinya bagus...
cuma terkadang tdk dipahami sepenuh hati

Balas

tambah pengetahuan baru nih dari Om Cilembu..
makasih ;)

Balas

jaman orba sering baca 10 program pokok PKK, sebab tertempel di hampir seluruh rumah...

Balas

rumah tawon perlu juga, biar tawonnya beradab

Balas

bener banget emang suka begituh ya.

Balas

alhamdulillah, kalau bener begituh teh...atuh
moga manfaat sajah yah

Balas

untung saya orang baru, jadi ngga pernah ngalamin jaman orba....hehehe

Balas

ijin nyimak aja, soalnya gak pernah ikut PKK :)

Balas

masuk KPK deh kalau gituh...;o)

Balas

PKK bukannya husus ibu - ibu ya kang?

Balas

lah ...ini malah bapak-bapak yg bikin postingan PKK. Mestinya ka Ibu-ibu
Apakah sudah berubah adminnya ....?

Oh iya mang.
1. sy masih sibuk di sekolah, ngurusin pendaftaran siswa baru dan jawang BW
2. sy belum bisa aktif di forum KPK, isya allah abis puasa. saya akan sumbang artikel
3. saya udah daftar jd member, tp saya lupa pass dan Id nya. apa perlu buat nick name lagi?

Balas

adminnya kadang emang sekali dalam setahun suka berubah wujud m'ba...puas?!!...;o)

ngga usah ngapa mgapain deh soal KPK mah...de' Indah adalah member yang diistimewakan oleh kang KS nya juga ko'...hihihiii
selamat sibuk dan sehat serta ceria selalu yeh..

Balas

bukan mang...ibu2 ngga akan pungsi kalau ngga ada kita2 ini...pasti bener kan?!

Balas

hiyah..emang begituh bang...;o)

Balas

hati hati ada kodok masuk bang...hehehe

Balas

semoga visi misi ini dibuktikan tanpa embel2 politik :)

Balas

kalo 10 program pokok kpk apah..?

Balas

namanya bibi lembu...

Balas

suka begituh..?
kirain sukanya begituan...?

Balas

orba bukannya orang baru..?
kalo si amang mah harusnya orbu
orang butut...

Balas

ya iyalah
ibu ibu kan sawahnya
paculnya kita kita ini kan mang..?
tosss ah..

Balas

besok bahas p4 mang...

Balas

pengen kumpul dg ibu - ibu PKK , tapi belum kegapai juga

Balas

saya belum percaya

Balas

bibir lembu juga boleh mas raw

Balas

jadi ladang amal dong

Balas

nganu banget deh

Balas

perasaan di visi misi nya komunitas blogger pkk tidak begitu deh, salah satunya kan penggalang kebaikan, dan anti kewarasan, komen dulu baru mikir bukan mikir untuk komen, ya kan
wah nipu nih nipu...

Balas

sekali kali pengen bahas kancut kang raw yang side A side B...apa jadinya kalau dicuci coba?

Balas

ya udah mending kumpul dengan kita kita azh dulu yah.

Balas

kalau Politik, pasti belom POL udah di KITIK-KITIK

Balas

oke deh :D mampir ya gan :)

Balas

NAH KAN...COBA KANG AGUS JAWAB PERTANYAAN KANG RAWIN SOAL 10 program KPK

Balas

masak sudah ada 10 visi misinya ?
salah satu yang saya tahu misi amal dan silaturohim, bener yang itu kang ?

Balas

percayalah hanya kepada -NYA kang

Balas

bibir lembu ada jawernya kang

Balas

ladang ubi...lumayan kang ngga luas, tapi ada lah..

Balas


Cilembu theaJuly 15, 2013 at 12:26 PM
buat model saya asik banget bisa bebas tanpa takut rusuh dan ditangkep plisi ya...bogor emang asik ya kang....;o)
Reply
Replies

Agus SetyaJuly 15, 2013 at 12:55 PM
lho kok bogor kota, ini bogor nama pohon siwalan, susu bogor nama lainnya , hehe

zachflazzJuly 15, 2013 at 1:20 PM
hahahahahahaha...................................................
kuik smes!.......................................................

ternyata yang nggak baca postingan jelas siapanya bukan?

terjawab tuh pertanyaan di postingan sendiri.

Satu- Kosong!
Delete

cc: semua yang mau jawab pertanyaan di atas

Balas

jadi ingat jaman saya kecil (kayaknya belum sekolah deh waktu itu) suka diajak mamak saya kumpulan PKK, trus ada lagunya, yang teringat cuma

kembangkanlah koperasi jagalah lingkungan
dan sekitarnya
aman dan bahagia keluarga berencana
hidup jaya PKK (sambil tangan mengepal trus diacungkan ke atas)

*huhuhu...kangen mamak di kampung

sekarang setelah berkeluarga sendiri, malah blas nggak ngerti PKK. kumpul PKK apalagi, nggak ada di sekitar rumah. warga sudah pada masing-masing, tetangga 10 langkah we kadang nggak kenal atau nggak saling sapa. sedihnya.

Balas

nyuruh mampirmulu...mending di kasih ngopi...huh..;o)

Balas

kalau ngga menjurus bukan kang rawins pasti...;o)

Balas

hihihii...emang ada gituh jaman orbu...aya aya wae si om mah ih

Balas

padahal sawah disini ngga dipacul, tapi diacak acak kerbau kang...hehehe

Balas

bwahahaa...dasar iseng si raja jail, tunggu sesaat lagi yah...;o)

Balas

hah...separah itukah...?!
segeralah kembali kejalan yang benar atuh K...!!

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger