DESA CILEMBU

Sunnah-Sunnah Hari Raya Iedul Fitri

Sunnah-Sunnah di Hari Raya Iedul Fitri
  1. Mandi Sebelum Melakukan Shalat Id ~ 
    Dari Malik dari Nafi’, ia berkata bahwa Abdullah bin Umar dahulu mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke mushalla (lapangan).” (Shahih, HR. Malik dalam Al-Muwaththa` dan Al-Imam Asy-Syafi’i dari jalannya dalam Al-Umm)
  2. Memakai Wewangian
    Dari Musa bin ‘Uqbah, dari Nafi’ bahwa Ibnu ‘Umar mandi dan memakai wewangian di hari Idul fitri.” (Riwayat Al-Firyabi dan Abdurrazzaq)
  3. Memakai Pakaian Bagus
    Dari Abdullah bin Umar bahwa Umar mengambil sebuah jubah dari sutera yang dijual di pasar maka dia bawa kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Umar radhiallahu ‘anhu berkata: “Wahai Rasulullah, belilah ini dan berhiaslah dengan pakaian ini untuk hari raya dan menyambut utusan-utusan.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata: “Ini adalah pakaian orang yang tidak akan dapat bagian (di akhirat)….” (HR. Bukhari)
  4. Sunnah-Sunnah Hari Raya Iedul Fitri
    Makan Sebelum Berangkat Shalat Id
    Adalah Rasulullah tidak keluar di hari fitri sebelum beliau makan beberapa kurma. Murajja‘ bin Raja‘ berkata: Abdullah berkata kepadaku, ia mengatakan bahwa Anas berkata kepadanya: “Nabi memakannya dalam jumlah ganjil.” (HR.Bukhari)
  5. Pulang dari Shalat berbeda Jalan
    Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila di hari Id, beliau mengambil jalan yang berbeda. (HR. Bukhari) 
  6. Ucapan Selamat Saat Hari Raya
    Ibnu Hajar mengatakan: ‘Para shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bila bertemu di hari Id, sebagian mereka mengatakan kepada sebagian yang lain:

TAQQABALLAHU MINNA WA MINKA

Semoga Allah menerima (amal) dari kami dan dari kamu. (Majmu’ Fatawa, 24/253, Fathul Bari karya Ibnu Rajab, 6/167-168)



Selamat Hari Raya Iedul Fitri. Mohon Maaf Lahir Batin

sumber : Ust. Ackmanz Lc. M.Si 
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

115 komentar

minal aidzin wal faidzin ya pakdhe ...

Balas

sama-sama bu...saya sering komentar seenak udelku sendiri...maafin y

Balas

taqoballahuminna waminkum,,, taqobal yaakarim,,,
minal aizdin walfa'izdin ,,,,
mohon maaf lahir dan batin

met lebaran mas,,,,

Balas

Mohon maaf lahir batin juga ya, selamat HAri raya Idul Fitri :) Kalo Idul Fitri disunnahkan untuk makan terlebih dahulu, dan kalo gk salah saat Idul Adha justru kebalikannya, disunnahkan makan sesudah sholat Ied-nya

Balas

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin ya mas.. kalau ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati mas cilembu. saya mohon maaf ya...?

Balas

saya, nomor 3 saja yang nggak depet hari ini. ehh, nomor 2 juga nggak ding. tapi nomor yang lain, saya juara dong. hebat kan..

Balas

padahal pakde kan bebas ngomong sampai udel.

Balas

kalo makan enak sunnah apa makruh ya?

Balas

Kang, komen saya memang kadang keterlaluan.
tapi sumpah Kang, itu karena saya merasa dekat sama Akang, merasa sayang sama Akang.
jadi dalam perasaan saya, sebenarnya saya nggak punya salah sama Akang.
tapi sebagai menusia biasa, pasti saya punya salah pasti yang saya tidak sengaja (ehh, sengaja diing).
makanya saya minta maaf lahir batin ya Kang.
semoga kita makin sukses, anak-anak kita makin berjaya.
Salam sehat selalu.

Balas

Ketika jemari tak sempat berjabat.
Ketika raga tak sempat berjumpa.
Untuk komentar yang membekas luka.
Semoga maaf selalu ada.
Selamat hari raya Idul Fitri 1434.

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ.
اَللّهُمَّ اجٌعَلٌنَا مِنَ الٌعَاءِدِيٌنَوَالٌفَاءِزِيٌنَ,
اَللّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا.
آَمِيـــنْ يَا رَبَّ الْعَالَمِينْ

Mohon maaf lahir dan batin.
Muroi El-Barezy sareng kaluwargi.

Balas

Taqaballahu minna wal minkum. Selamat Hari Raya idul fitri 1434H, Minal Aidzin wal
Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Balas

Selamat hari raya idul fitri
minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin :)

Balas

waalaikumsalam,
selamat idul fitri,
ini kunjungan perdana saya,
semoga silaturahmi bisa terjalin :-)

Balas

untung tadi waktu sholat ied diajak keluarga lewat jalan yang beda pak, emang sunnahnya gitu ya

Taqaballahu minna wal minkum. Selamat Hari Raya idul fitri 1434H, Minal Aidzin wal
Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Balas

untung baru dikasih ijinnya cuman sampe udel sama kang zach...kalau sampe bablas kebawahnya...coba?

Balas

sama-sama yah...moga kita kembali ke fitri
met lebaran juga maya....

Balas

om Fahri...hiyah kang begituh kata p ustad ge'

makruh, kalau makannya ngga baca do'a dulu mah kang...;o)

Balas

Minal aidin wal faidin Pak...
Mohon maaf lahir dan batin ya... :)

Balas

maafkan saya juga kang Mas : atas segala komentar saya yang sering ngga nyambung dan mungkin nyinggung kang mas, semua karena kang mas udah saya anggap kakak tertuwa.....sama kepada kang zach juga gituh

Balas

ah kang zach bo'ong niiih...masa no. 3 ngga seh?

Balas

maap lahir batin ya Pak klo ada salah2 kata *smile

“Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
(Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

Balas

akang emang ngga punya salah, tapia akang punya hutang LUKISAN AGRIE tea...udah segituh..titik!!

kang dins : blognya susah pisan dibuka....kecup anget azh deh yah

Balas

sama-sama kang, apalagi saya yang lebih sering errornya daripada betulnya...maafin kami sekeluarga ya kang....salam sehat dan ceria selalu plus kecup hangat dari cilembu

Balas

sama-sama kang, semoga kita semua kembali ke fitri yah

Balas

sama-sama kang, apalagi saya, sering heng kalau komentar diblognya.
maafin yah.

Balas

sama-sama m'ba, maaf lahir batin juga.
semoga betah disini, disinih adem loh...hehehe

Balas

kata pa ustad mah gituh...om

sama-sama y...maaf lahir batin

Balas

sama-sama yah...saya suka becanda kelewatan dikomentar.
moga cuute yanti makin ciut...halaaaa

Balas

pas banget tema postinganya dengan suasana lebaran gan. Dengan melaksanakan sunnah-sunah di atas tentu akan menambah amal ibadah kita ya.

Balas

*smile...langsung goyang cesar....hahaydeuh...
aaaaamiiiiin....sama-sama kang, moga akang makin fesbuk

Balas

pas ya....kan udah di ukur hehehe
aaaaamiiiiiin....lumayan nambah dikit-dikit, buat bekel kita pulang nanti....;o)

Balas

Hehehe... kalo yg itu emang makruh Pak :). O iya sobat Zachflazz, ane juga kagak tau sih, tapi makan enak kok makruh?

Balas

buat mas Cilembu yang ngangeni hati
rasanya ada yang tak lengkap dihari-hari
jika tanpa ada ucapan bermakna suci

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Minal aidin walfaizin
Mohon maaf lahir dan batin

Balas

hahay...senangnya kalau ayu mampir kesini, blogku berasa makjleb gitu loh...

Balas

jangan percaya sama kang zach....beliau mah emang suka gituh...;o)

Balas

kalau telapak kaki kan ada rorombeheunnya kang...

Balas

jangan ditiru adegan ini ya kalau ndak terbiasa dan terlatih hehehe

Balas

coblos nomor 3 ya

Balas

Amiin... Ubinya belum sampai kesini kang

Balas

sama - sama.. saling memaafkan... nyess ademm

Balas

baru bisa sungkeman kesini ...kemarin mau kesini sinyalnya lemot.. mau naik pohon kelapa.. katanya masih walilat...

BILIH AYA LANGKUNG SAUR BAHE CAREK, KACIWIT KULIT KABAWA DAGING, TUNGGUL DIRURUT CATANG DIRUMPAK, NYUNGKELIT ATI TEUGENAH MANAH MUNDUT PANGAMPURA, WILUJENG BOBORAN SHIAM 1434H HAPUNTEN SAMUDAYA KALEPATAN .. MANG YONO DAN KELUARGA

TAQOBBALLAHU MINNA WA MINKUM. TAQOBBAL YA QARIM KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Balas

pulang dari shalat berbeda jalan... harus lewat jendela ya kang...

Balas

Selamat hari raya idul fitri..
kami atas nama blog penyuluh perikanan mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin
dan salam untuk semua

Balas

kalau ndak biasa terlatih, biasanya langasung kram tuh mang, makanya harus streching dulu

Balas

saya juga demikian...ehhh

Balas

tuuuuh, contoh sahabat sejati...asiiik betul

Balas

Pak Ciiiiiiiiii..............
taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum

dengan kerendahan hati, saya sekeluarga mohon maaf lahir batin, semoga dimaafkan atas segala keusilan dan kejahilan saya.........

Balas

Tinggal make salep, kelibas semua dah

Balas

Ohhhh.. ohhh... Ternyata, wkakakaka

Balas

Minal aidzin wal faidzin mas brow, mohon ma'af lahir N batin

Balas

tepatnya: Mas Brown.

Balas

keusilan dan kejahilan?
dia rajanya.
Mbak Khusna patihnya

Balas

Minta coklatnya dooonng Mas

Balas

sama-sama mang maafin saya dan keluarga saya.

hiyah...keluarnya bawa buntelan tv ya mang....;o)

Balas

Nyambung silaturrahim kang, punten masih mudik belum up date postingan hehe...

Balas

sem-sem kang, atas nama Desa Cilembu juga demikian

Balas

KK..aaaamiiiiin, sama-sama.
ratunya KK, rajanya usil dan jail ya kang zach lah

Balas

tetep manis kan?

Balas

haturnuhun silaturahmina, moga jadi pahala...sama we atuh

Balas

Fahri hati2 dengan dua orang yang diatasnya itu y

Balas

salepnya balurin dipipi

Balas

saya ngga demikian, tapi demiituh

Balas

Hohohoho.... Siaaappp Pak!!!!

Balas

Kutu air hinggap di pipi -_-

Balas

kutu airnya cs kang fahri kan....anak itenas pasti gaul dong.

#gaulnya sama kutu air...halaaaa

Balas

Hehehe... kapan2 main ke itenas Pak. hehehe

Balas

makansebelum sholat id itu yang selalu ane lakukan.. pokoknya urusan makan, ane nomer satu. hehehe

yap minal aidin wal faidzin mhn maaf lajir dan batin

Balas

bisnis tetep lancar kan, Kang?

Balas

itenas dulu dan sekarang beda banget...takut nyasar ah

Balas

pak?!..sayakan 95 juga...hehehe

Balas

mumpung sehat dan disunnah kan bang....hajar azh....;o)
samaan ya bang, maaf lahir batin

Balas

rada melemah nih...butuh tutwurihandayani kang

Balas

kalo nyasar..lapor ke pos satpam saja :-)

Balas

jadi penonton saja dech :-)

Balas

yang penting bukan deminor :-)

Balas

yang nomor sembilan sajalah :-)

Balas

aamiinnn,
mohon ijin ikutan minat lukisan agrie juga ya :-)

Balas

kepada siapapun yang ketemu dengan kang zach,tolong diberi kabar

Balas

Yohohoho... Masih anak muda nih berarti, wkwkwk

Pak Hariyanto, ikut nimbrung aja... Jangan cuma nonton doang, hehehe

Balas

Dulu kayak gimana to??

Balas

saya juga mohon maaf kang had..lha piye tho wong saya juga ngomonge sak karepe dewek tanpa pikir dulu

Balas

jer basuki mawa beya

Balas

kang hadi, saya mau sungkem dulu...
mohon maaf lahir batin, kang..

Balas

bang har:...dulu ngga ada pos satpam

dulu....?! pasti om fahri belom lahir to....;o)

Balas

hiyah nih kang agus st lah yang memulai komentar2 sakarepe dewe....kalaw saya kan komentarnya sakarep udelku....hayow ...hayoo...minta maaf sanah!!

Balas

liat tampilannya dong!!

bang har mah emang gituh....maklum sesepuh gerakannya udah ngga lincah, jadi cukup jadi suporter saja ya bang....#cling menghilang

Balas

...sodorin tangan, peluk cium cipika cipiki, tepuk tepuk pundak, sambil berbisik "maafin saya juga kang"...diakhiri kecup basah....emmmmuach

Balas

saya juga sama
oh senangnya
sampai makjlep rasa

met hari raya

Balas

Nyelurup kopi secangkir
Jd pengen mampir :)

Pie kabare kang..

Balas

blogwalking nyari yg baru Pak.. :)

Balas

mampir sinih kang, kalau kebetulan kena macet sekitar sini mah....kebetulan lagi motong domba nih
alhamdulillah selalu ceria, moga kang budi19 juga demikian....aaaaamiiiiin

Balas

ngga ada yang baru, ada juga yang udah layu...mau?

Balas

Mohon maaf lahir batin bang.

Salam kenal ya. :)

Balas

samaan yah....
salam kenal juga, makasih kunjungannya

Balas

dulu itu tidak sama dengan sekarang,
apalagi sekarang tidak sama dengan dulu...
kalo pos satpam tidak ada..lapor ke pos hansip saja

Balas

tekan remote #klik...kang hadi muncul lagi sambil mikul ubi sekarung :-)

Balas

oke makasih mang tlah ngigetin sunah di hari bakda yang terakir itu ga saya lakukan ternyata ada dasarnya ya?
Selamat hariraya untuk kita semua walu telat adanya maafkan segala salah kata yang ga berkenan dan tak sengaja ternyata ga enak di baca. Bukan maksud begitu sebenarnya cuma sok akrab saja ya....

Balas

wah ini nih point 5 yg sy lupa perhatikan..
tapi pulangnya lewat jalan berbeda sedikit saja, selanjutnya lewat jalan yg sama

Balas

tutwurihandayani teh sanes hitut nyeri tikamari kan kang ci

Balas

emang bapak2 dan emak-emaknya disini mah pada sok akrab semuah ya...biarin lah yang penting bisa ketawa.

#ovj

Balas

lewat kedepan rumah gadis inceran yang pernah nolak kan?!...ngaku deh ngaku...;-)

Balas

saya kadang lupa om dengan yang nomor dua itu... :(

Balas

mudah-mudahan setelah ini ngga lupa lagih yah

Balas

Alhamdulillah semoga artikelnya bermanfaat, met lebaran dan mohon maaf lahir bathin. tak lupa saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya

Balas

mudah-mudahan aaaaamiiiiiin.
sama-sama, terimakasih juga mau mampir kesini...mampir lagi besok yah, jangan lupa bawa sarung....;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger