logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Listrik dari Sampah

www.desacilembu.com
Listrik dari Sampah ~ bagi kita yang hidup dinegara terbelakang, m'baca judul diatas, sebagian orang, bahkan saya pernah ngobrol dengan salah seorang yang 2014 pengen jadi anggota DPRD Kab. Sumedang dari salah satu Partai katro.....gambar dirinya sudah narsis dipinggir jalan minta do'a restu dan dukungan.....(obrolan yang terjadi-pun, awalnya meminta dukungan dari saya, tapi....dengan nyantainya saya bilang kalau saya adalah Golput sejati.....) walaupun menghadapi saya yang orang Golput ini, bapak calon dewan ini pantang menyerah, hampir 2 jam dengan berbagai cara, janji dan iming-iming dia merayu saya untuk memberikan dukungannya...halaaaa.....waduk pisan lah pokokna' mah...
Disela obrolan, saya melempar sebuah topik tentang "Listrik dari Sampah", sang calon dewan cuma bisa melongo dan bilang :"hanya orang gila yang berpikir bisa melakukannya"
Buset...berarti saya dianggap orang gila...dasar kampret...calon dewan gelo teh euy...!!
Udah ah...ngga' usah ngomongin calon dewan yang katro itu...lagian siapa coba yang mau nyoblos gambar dia di tahun 2014...hii....males banget kan.
Listrik dari Sampah
Gara-gara obrolan dengan calon dewan itulah,(saking pengen nunjukin bahwa Listrik yang dihasilkan dari Sampah bisa dan sudah ada yang melakukannya, saya sengaja nyari referensinyadi Google dan nemu di Lintas me.
Semoga bapak calon dewan itu ng'baca postingan ini...tapi 1000% saya yakin sampe kuda kawin sama kambing-pun bapak calon dewan itu ngga akan ng'baca postingan ini...wong ngadepin PC/laptop azh masih nerpes ko'....apalagi maen internet atau ng'blog....
Tolong bayangin deh!...seandainya bapak calon dewan ini bener-bener jadi dewan...apa yang terjadi dengan istrinya coba?

Kenapa akhir-akhir ini banyak postingan yang berhubungan dengan pola hidup bersih coba?....karena warga Desa Cilembu sedang berlomba-lomba menerapkan :
Referensi yang saya dapetin :
Di Belanda ada "City of Amsterdam Wate and Energy Company" sebuah perusahaan yang khusus mengelola sampah dan limbah untuk dijadikan Listrik

Di Amsterdam, setiap harinya lalu lalang 600 truk yang mengangkut sebanyak 4400 ton sampah rumah tangga dan sampah industri. Sampah sebanyak itu awalnya ditampung, kemudian dibakar dengan panas mencapai 1000-1200 derajat selama 24 jam, uap panas yang dihasilkan dari pembakaran tersebut dapat memutar turbin generator, kemudian diubah menjadi energi listrik, dari proses yang dilakukan perusahaan ini, limbah yang tidak dapat digunakan hanya tersisa 1/2 kg saja.

Sementara energi yang dihasilkan dari turbin generator tersebut dapat menyuplai 50.000 pemanas rumah tangga dengan kekuatan 91 kw. Listrik yang di produksi mencapai 900kw perjamnya yang dipakai untuk menerangi lampu-lampu di jalanan kota.

Dalam setahun perusahaan ini mampu menghasilkan 1000.000 mwh listrik atau setara dengan kebutuhan 1% energi listrik di Belanda. Dan menghasilkan 17.740 ton besi serta 2,6 ton metal. 

Desa Cilembu dengan sekala sangat kecil dengan alat sangat sederhana ala pedesaan sedang berupaya melakukan apa yang telah dilakukan oleh kota Alkmaar (masih tetangga dengan Amsterdam)..cie...cie...cie.....loba gaya pisan euy.

Di kota tersebut dibuat sebuah perusahaan yang mengelola sampah hijau organik yang berasal dari sekitarnya untuk diolah dengan teknologi kompos dan menggunakan  bantuan  bakteri sampah dan meproduksi biogas. 
Dari 1 ton sampah hijau organik dapat menghasilkan 61 m2 biogas hijau yang dapat mensuplai kebutuhan gas untuk memasak di rumah-rumah warga.

Membuat perusahaan seperti di Amsterdam tentu sangat mahal biayanya, tapi.....kalau menurut saya mah...mending mahal tapi bermanfaat, dari pada setiap saat kita selalu menyalahkan sampah yang telah kita buang sembarangan itu menjadi masalah...hiyah kan?

Karena itu....kenapa juga kita ngga mencoba dengan kemampuan dan segala keterbatasan, mencontek apa yang telah dilakukan kota Alkmaar seperti yang telah dilakukan oleh Desa Cilembu....halaaaa...
Begitulah Listrik dari sampah oleh cilembuthea emang kampret banget kan?!
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | DMCA.com Protection Status | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger