DESA CILEMBU

Duta Sanitasi Kabupaten Sumedang

DUTA SANITASI kabupaten Sumedang Selasa(12/11/2013) dengan memakai kaos bertuliskan STBM, saya mengikuti upacara peringatan Hari Kesehatan Nasionalke-49 yang bertemakan "Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Ibu Selamat Anak Sehat", di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, kegiatan sebelum Upacara puncak ini telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang diantaranya bhakti sosial, khitanan massal, bedah rumah dan sanitasi lingkungan. Pada kesempatan upacara tersebut, kami dari komunitas bank Sampah mengucapkan "Deklarasi duta sanitasi" yang diikuti oleh seluruh peserta upacara :

Kami Duta Sanitasi Kabupaten Sumedang, dengan ini menyatakan :
  1. Siap melaksanakan dan mensukseskan pasar sanitasi di Kabupaten Sumedang
  2. Siap memfasilitasi masyarakat agar STOP Buang Air Besar Sembarangan
Tema HKN ke-49 tahun 2013 adalah : "jika warga mengetahui HKN, akan ingat akan kesehatan dirinya, keluarga serta lingkungannya,”

Tema HKN ke-49 ini adalah, "Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Ibu Selamat Anak Sehat. “Indonesia cinta sehat adalah refleksi dari sikap dan perilaku setiap insan Indonesia menjadikan kesehatan sebagai dasar tindakan dan motivasi dalam kehidupan sehari-harinya, sedang sub tema ibu selamat dan anak sehat itu merupakan sasaran prioritas pembangunan kesehatan,” 
Langkah konkrit dari Tema HKN ke-49 yang diharapkan oleh Kementrian Kesehatan tersebut sepertinya harus kita jawab secara bersama-sama, karena kepentingan yang hakikinya adalah untuk kesehatan keluarga kita sendiri, untuk itu mari kita mengenal SEKILAS STBM, agar keluarga kita lebih sehat secara lahir dan juga sehat secara bathinnya pula....aaaaamiiiiiin

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. 
Program STBM memiliki indikator outcome dan indikator output.
Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Indikator output STBM adalah sebagai berikut :
  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.
Untuk mencapai outcome tersebut, STBM memiliki 6 (enam)strategi nasional yang pada bulan September 2008 telah dikukuhkan melalui Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008. Dengan demikian, strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.

"Bila warga mengetahui dan memaknai HKN, mereka akan ingat pada kesehatan dirinya dan keluarga dan lingkungannya"


Setitik upaya yang telah diusahakan DESA CILEMBU dalam kaitannya dengan DUTA SANITASI kabupaten Sumedang, silahkan baca juga Desa ODF

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

41 komentar

Ternyata saya .. Pertama ya ?

Balas

Gambarnya itu yang buat saya ngakak gegulingan kang!
Wkkkwjwjwj,,,nemu aja gambar kek gitu.
Makasih sharingnya

Balas

Ternyata lebih lancar disitu BABnya mas gak susah-susah menyiram dan membersihkannya,tapi dampak buruknya kurang sehat bagi sanitasi lingkungan.

Balas

Betul kang enakan nongeng di walungan tuh lancar, di bandingkan dengan sanitasi yang kadang jutjet caina. he..he...

Balas

Untung nya yg lgi bab bukan nenek2,selain bisa merusak lingkungan juga bisa merusak pemandangan hik hik.....

Balas

Tapi untuk membiasakan kebiasaan buruk masyarakat STBM kayaknya perlu juga yah kang.

Balas

heheh setuju sama kang agus :D

Balas

memang koplak nih blogger sesepuh yang satu ini. kalau bikin postingan tanpa gambar setipis silet pasti kurang abdol...hohoho

Balas

Program pemerintah dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat memang bagus, tapi yang namanya manusia memang cara berfikirnya yg berbeda, mungkin menurut orang yg digambar itu barangkali begitulah cara yang sehat..hehe...
Mantap sob.

Balas

ini bukan koplak Mas, tapi super.

super koplak

Balas

baru ngeh kalo ada Hari Kesehatan Nasional.
selama ini taunya Hari Olahraga Nasional
kapan ya ada Hari Kesehatan Nasional?
ehhh...

Balas

saya sebenarnya, tapi saya ngalah deh

Balas

dua bapak sedang beradu konslet...siapa yang paling konslet coba?

Balas

hati-hati celananya sendiri mlorot gara-gara guling guling kang...;o)

Balas

menyehatkan juga bagi fotografernya kan...;o)

Balas

bener banget kang, dulu waktu saya masih manggul senjata melawan belanda, modol model gituh jadi barang mewah loch...coba azh kalau berani modol ditempat terbuka gituh...apa ngga mati ditembak musuh coba?...tapikan ituuuuu dulu....;o) sekarang mah bukan ditembak musuh, tapi di tembak tukang poto jail...hehehe

Balas

nini-nini ge' apanan sarua bae eusi na mah...wkwkwk

Balas

kan kang KS sendiri yang menggurui....;o)
kang zach kakak guru nya

Balas

mungkin juga karena terpaksa,karena udah sangat diujung tanduk kang....;o)

Balas

tunggu azh di stasiun cilebut bulan depan...ntar juga lewat kesituh ko'....jangan lupa bawa sarung nungguin nya yah...;o)

Balas

saya nggak ikutan

Balas

Mang Ci sengaja tiap pagi berburu gambar seperti ini dari balik semak-semak sampai guling-guling segala

Balas

apalagi sensasi aliran derasnya air, mengenai sasaran. Geli geli gimana gitu

Balas

ngeri lagi kalo ditembak dari belakang

Balas

begitulah sesama konsleter saling menyanjung

Balas

ough HKN udah ultah ke-49 yah. Dah lumayan matang usianya. Tuh si Embak lagi ngasih makan ikan asik banget kayaknya..

Balas

wkakakakakakakaka fotonya mantap kang

Balas

bukan hasilnya yang diharapkan, tapi proses nya yang ditunggu.

Balas

apalagi kalau rambutnya gondrong ya kang...;o)

Balas

bukannya posisi paporitnya kang?

Balas

jarang banget diantara kita saling menjatuhkan kan ya?...;o)

Balas

hampir sama umurnya dengan kang mus kan?

Balas

jiaah..malah merhatiin potonya

Balas

bukanya hasil dari proses itu merupakan kekayaan alam ?

Balas

tempat berlindung yang nyaman buat kepiting sungai

Balas

apalagi kalo dilumuri kaporit terlebih dulu

Balas

fotonya klop bgt ama isi artikelnya...
di daerahku jg sob, msh seringkali ditemukan yg seperti itu sob, kira2 solusinya gmn ya...

nulis komen sambil cengar cengir sendiri

Balas

Udah 2 jam nungguin si mbak gak berdiri berdiri padahal saya tuh penasaran bagaimana caranya memakai celana wkwkwkwk koplak...

Balas

solusi yang paling mudah, budidayakan ikan piranha di sungainya....biar dipatokin dah tu orang....;o)

Balas

ngga ada kerjaan banget deh ih....;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger