logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Duta Sanitasi Kabupaten Sumedang

www.desacilembu.com
DUTA SANITASI kabupaten Sumedang Selasa(12/11/2013) dengan memakai kaos bertuliskan STBM, saya mengikuti upacara peringatan Hari Kesehatan Nasionalke-49 yang bertemakan "Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Ibu Selamat Anak Sehat", di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, kegiatan sebelum Upacara puncak ini telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang diantaranya bhakti sosial, khitanan massal, bedah rumah dan sanitasi lingkungan. Pada kesempatan upacara tersebut, kami dari komunitas bank Sampah mengucapkan "Deklarasi duta sanitasi" yang diikuti oleh seluruh peserta upacara :

Kami Duta Sanitasi Kabupaten Sumedang, dengan ini menyatakan :
  1. Siap melaksanakan dan mensukseskan pasar sanitasi di Kabupaten Sumedang
  2. Siap memfasilitasi masyarakat agar STOP Buang Air Besar Sembarangan
Tema HKN ke-49 tahun 2013 adalah : "jika warga mengetahui HKN, akan ingat akan kesehatan dirinya, keluarga serta lingkungannya,”

Tema HKN ke-49 ini adalah, "Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Ibu Selamat Anak Sehat. “Indonesia cinta sehat adalah refleksi dari sikap dan perilaku setiap insan Indonesia menjadikan kesehatan sebagai dasar tindakan dan motivasi dalam kehidupan sehari-harinya, sedang sub tema ibu selamat dan anak sehat itu merupakan sasaran prioritas pembangunan kesehatan,” 
Langkah konkrit dari Tema HKN ke-49 yang diharapkan oleh Kementrian Kesehatan tersebut sepertinya harus kita jawab secara bersama-sama, karena kepentingan yang hakikinya adalah untuk kesehatan keluarga kita sendiri, untuk itu mari kita mengenal SEKILAS STBM, agar keluarga kita lebih sehat secara lahir dan juga sehat secara bathinnya pula....aaaaamiiiiiin

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. 
Program STBM memiliki indikator outcome dan indikator output.
Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Indikator output STBM adalah sebagai berikut :
  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.
Untuk mencapai outcome tersebut, STBM memiliki 6 (enam)strategi nasional yang pada bulan September 2008 telah dikukuhkan melalui Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008. Dengan demikian, strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.

"Bila warga mengetahui dan memaknai HKN, mereka akan ingat pada kesehatan dirinya dan keluarga dan lingkungannya"


Setitik upaya yang telah diusahakan DESA CILEMBU dalam kaitannya dengan DUTA SANITASI kabupaten Sumedang, silahkan baca juga Desa ODF

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger