DESA CILEMBU

Kewirausahaan

Kewirausahaan
hubungannya apa coba?
Sampurasun....Rampes.
Kewirausahaan, Arti, Tujuan, Sasaran dan Manfaatnya ~ lumayan buat nambah-nambah mumet isi kepala, makanya....
"kalau enak  bilangin ketemen-temennya, kalau ngga enak, laporkan kesaya"
(#banner dipintu keluar rumah makan Padang)

1. Pengertian Kewirausahaan
Wirausaha merupakan istilah yang diterjemahkan dari kata entrepreneur. Dalam bahasa Indonesia, pada awalnya dikenal istilah wiraswasta yang mempunyai arti berdiri di atas kekuatan sendiri. Istilah tersebut kemudian berkembang menjadi wirausaha, dan entrepreneurship diterjemahkan menjadi kewirausahaan (Kamus Manajemen-LPPM). 
Apabila dilihat dari asal katanya, wirausaha berasal dari kata wira dan usaha.
  • Wira   :  Perwira, gagah, berani
  • Usaha  :  Perbuatan untuk mencapai suatu tujuan
Berdasarkan dua kata di atas dapat diberikan pengertian bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani melakukan suatu perbuatan dalam mencapai suatu tujuan.

Adapun yang dimaksud dengan kewirausahaan adalah:
  1. mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha mening­katkan hasil karyanya dalam arti meningkatkan penghasilan;
  2. suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang me­me­nuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan;
  3. proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran;
  4. proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal jasa dan risiko serta menerima balas jasa, ke­puasan, dan kebebasan pribadi;
  5. semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan mening­katkan efisiensi dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar. 

Tujuan yang  diharapkan dari kewirausahaan yang dilakukan, yaitu:
  1. mampu membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan yang handal dan unggul;
  2. mampu mengenali potensi kewirausahaan yang ada di dalam diri;
  3. mampu memilih suatu bidang usaha atau pekerjaan yang sesuai dengan potensi, kemampuan, dan sumber daya yang dimiliki;
  4. mampu mengembangkan pengetahuan teknis kewirausahaan yang dipilih (kelompok ataupun individual);
  5. mampu mengaplikasikan pengetahuan kewirausahaan, manajemen, dan kreativitas untuk mengembangkan suatu bidang usaha (individual ataupun kelompok);
  6. mampu melakukan pemasaran terhadap produk-produk keterampilan yang dihasilkan atau jasa yang dikuasai;
  7. mampu mengidentifikasi perseorangan atau lembaga yang dapat mendukung usaha yang akan dikembangkan;
  8. mampu membangun jaringan dengan perseorangan atau lembaga yang dapat mendukung usaha yang akan dikembangkan.
3. Sasaran Kewirausahaan
Sasaran kewira­usahaan adalah sebagai berikut.
  1. Para generasi muda, khususnya peserta pendidikan nonformal, anak-anak putus sekolah, dan para calon wirausahawan.
  2. Para pelaku ekonomi yang terdiri atas para pengusaha mikro (kecil), dan menengah, serta koperasi.
  3. Instansi pemerintah yang melakukan kegiatan kemitraan dengan usaha kecil, menengah, dan koperasi, juga untuk organisasi profesi dan kelompok-kelompok masyarakat.
4. Manfaat Kewirausahaan
Beberapa manfaat dari kewirausahaan yang dilakukan .
  1. Berusaha memberi bantuan kepada orang lain sesuai dengan kemampuannya.
  2. Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  3. Memberi contoh begaimana harus bekerja keras, tekun, tetapi tidak melupakan perintah agama.Menjadi contoh bagi anggota masyarakat sebagai pribadi unggul yang patut diteladani.
  4. Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, dan kesejahteraan.
  5. Berusaha mendidik karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, dan jujur dalam menghadapi pekerjaan.
  6. Berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, ekonomis, tidak berpoya poya, dan tidak boros.

Buku Kewirausahaan yang saya baca ini, tebelnya 125 halaman, kalau dilanjutin kapan saya memenuhi kewajiban untuk keluarga coba? 
makanya....sementara segitu dulu azh ya...kalau saya konslet lagi gara-gara ngopas buku ini...sapah nyeng tanggungjawab hayoo...?


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

51 komentar

Saya menjadi paham tentang definisi wirausaha atau kewirausahaan. saya ingin berwirausaha tapi blm punya modal yg cukup, hehehe ^_^
jadi sementara ini bikin usaha jadi blogger aja, hmmm :)

kalau blogger itu termasuk kewirausahaan atau bukan mas?

Balas

Saya suka ama slogan padang itu :D
Nanti saya ikutin ahhh :D

Balas

kalo udah ngomongin wirausaha....mentok mang,berat di modal'na :D

Balas

ITU sih Mamang Baca Buku Wira usaha Tapi Masih Kebawa saja sama WRO SABLENG.

Cara copas dari buku gimanasoh Mang Kok kasih tahu aku dpng.. belum tahu carnya?

Balas

ongkosnya juga berat atuh kang

Balas

harus bertapa dulu kang mus...

Balas

orang tua tidak ikut menjadi sasaran wirausaha ya kang ? alhamdulillah saya masih muda berarti boleh ikut dong ya?

Balas

sama azh...kan berdiri dikaki sendiri juga....malah bisa lebih kaya dari wirausaha konvensional....tuh

Balas

ditunggu kabar selanjutnya ya

Balas

yang paling berat adalah buldozer yang lagi kawin dengan stum kale'...

Balas

hehehe....caranya mudah ko' kang....syarat utamanya akang harus mengganti poto profilnya dengan bekron warna merah..itu tuh kaya poto propilnya kang agus...;o)

Balas

bolehbanget kang...selain masih muda akang kan yang paling cakep...halaaaa

Balas

bachoe juga ikut kaleee

Balas

asemm , jadi saya sableng gitu ? dasar saya lagi konslet ketularan kang lembu

Balas

alhamdulillah..cakep berarti pantas jadi wirausahawan ya kang ?

Balas

jangan lupa kirim kabar

Balas

wirausaha konvensional itu bijimana kang ?

Balas

contohnya dagang ubi cilembu diatas gerbong kereta,api, dibawah lampu merah gituh deh...sapa yang mo beli coba dagangnya diatas gerbong..jeh.

Balas

emangnya saya cowo alay gituh..?

Balas

beko mah biar dikawin sama kang agus azh lah...

Balas

ish...akang suka lempar batu sembunyi tangan deh ih...

Balas

hiyah kang...gali potensi kereta api...pasti banyak peluang disana.

Balas

lengkap nih ngebahas mngenai kewirausahaan...
bisa mnjadi motivasi utk saya

Balas

buka kursus berwirausaha g mang?

Balas

Kalau wira bermakna berani, gagah, dan perwira. Lha kalau wira sableng itu artinya apa pak? hehe ^^

Balas

Wah mantep artikelnya, bermanfaat untuk yang sedang mencari info tentang wira usaha.

Balas

aaaamiiiin....cuman dapet ngopas dari buku doangan ko'

Balas

ikutan jadi siswi PKBM azh dirumahku yu..

Balas

artinya Konslet stadium 9

Balas

yang cari banyak...cuman males kalau kudu kesinih mah...;o)

Balas

wah ini mengingatkan saya kembali ke materi kuliah dulu pak.. masih inget dapat nilai C pada mata kuliah kewirausahaan hahaha...
tepat sekali yang disampaikan antara pengertian tujuan dan manfaat kewirausahaan ini dapat saya pahami kembali biar lebih jelas :)

Balas

aku lagi mencoba berwirausaha nih, karena ngelamar di perusahaan selalu ditolak, karena ijazah belum sssss gitu :)

Balas

ngga penting nilai C, yang penting sekarang jadi wirausahawan sukses...hiyah kan?
aaaamiiiiin....

Balas

sabar kang...jadi usahawan lebih menjanjikan ko'...sukses selalu ya

Balas

lempar batu intan tak tangqep dah..

Balas

ya iyalah.. Dimana mana klo banyak nggali ya bayak luangan

Balas

nah looo di atas blm ada jawaban tak ulang lagi. Gimana caranya mang...

Balas

di atap gerbong, yang beli burung-burung

Balas

gali itu nama orang bukan?

Balas

cieee, fotonya bawa cangkul. padahal nggak bisa pake, taruhan!

Balas

kalau master wira usaha sedang berbagi ilmu...alangkah baiknya saya baca dan pahami baik-baik, siapa tau nanti ketularan jadi wirausahawan sukses seperti beliau....

Balas

bawak cangkul mau kemana kang, wehehehehehehe

Balas

temennya bang iwan fals...sugali

Balas

kalo tebang ngadu balap nyangkul vs akang mah berani lah

Balas

halaaa....muji-muji, ntar lagih juga bakal ngebanting deh nih...;o)

Balas

mau ke kantor dewan.....

Balas

plorotin celana tetangganya dulu....langkah keduanya, larii yang kenceng....;o)

Balas

intan kusumawardani....abegeh desa cilembu.

Balas

burung kuntul pala botak kan?!

Balas

waduhhh jadi ingat swaktu kuliah,mirip poko bahasanya,jelas tuntas,good job Akang,Lanjutkan hehe

Balas

Makasih sharenya bermanfaat...
Jika Anda butuh Dus Makanan Jangan sungkan hubungi saya.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger