DESA CILEMBU

Dahsyatnya SINGKONG

Sampurasun....Rampes.
ini teh gbr. singkong  seksi.
Singkong/Ubi kayu/Ketela Pohon/Sampeu(bhs. sunda)/(Manihot utilissima) ~ selain jagung, tanaman Ubi kayu/singkong, sampeu(kata orang sunda mah), merupakan tanaman silang yang sering ditanam warga Cilembu setelah menanam  Ubi Cilembu, sengaja petani menanami lahannya dengan mengganti dengan jenis tanaman lain setelah menanam Ubi Cilembu, hal ini dimaksudkan agar unsur hara tanah dapat berubah, sehingga setelah penyilangan tersebut, hasil panen Ubi Cilembu berikutnya tetap berkualitas dan kuantitasnyapun tetap bagus/baik....salah satu cara tanam seperti inilah yang menyebabkan Ubi 'madu" Cilembu menjadi mahal dan istimewa.

Singkong
Peyeum/Tape' Bandung
Dengan demikian hasil panen  Singkong/Ketela Pohon/Ubi kayu(Manihot utilissima) di Desa Cilembu cukup untuk memenuhi bahan baku para pengusaha Tape Gandul/Peyeum Bandung/Colenak yang banyak tersebar di cilembu, bahkan ada seorang pengusaha tape/peyeum yang kreatif, dengan mengolah singkong menjadi Tape/Peyeum Modern, berlabel "Tape La Food" contoh gambar :
Singkong
Tape/Peyeum Modern "La Food"
aneka rasa 
Kulit batang Singkong/Ubi Kayu ini ternyata mengandung tanin, enzim peroksidase glikosida dan kalsium oksalat yang berfungsi sebagai......sebagai apa hayo? pengen tau lebih dalam soal kandungan yang ditulis diatas?....sabar menantijaya, artikel yang membahas soal itu akan tayang dalam waktu sakarepku.....makanya kudu rajin maen kesini supaya ngga ketinggalan sama sayah yah... ;o)
Daun dari tanaman Singkong ini, makjleb banget untuk disayur atau sebagai cocolan sambel ulek terasi buatan pacar atau buatan selingkuhan...kalau buatan sang istri mah , karena udah biasa dan hapal cara nguleknya, malah jadi ngga enak sambel buatannya mah ya...hiyah kan?kenapa bisa gituh coba?
Umbinya....?semua mengenalnya, karena tanaman ini mampu tumbuh di daerah tropika ataupun di subtropika, dan yang lebih penting tanaman singkong ini adalah penghasil karbohidrat yang tinggi sangat cocok sebagai makanan pokok atau sekedar kudapan iseng saat ngopi pagi, kandungan gizi lainnya yang terkandung per 100 gram singkong 
  • Kalori 121 kal
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligra
Keren bangetkan yang terkandung di per 100 gram singkong....padahal selama ini saya yakin, Anda sangat meremehkan bahkan ng'nyek jika saya suguhi singkong rebus kala mampir kerumah saya....huh!!
Tambahan pengetahuan hasil kopas dari rumahnya mang wiki....khusus untuk Anda. 
Produksi singkong dunia (2008) 
Posisi
Negara

Banyaknya

Ton
1
 Nigeria
52.403.500
2
 Brasil
25.441.700
3
 Indonesia
24.009.600
4
 Thailand
21.912.400
5
 Republik Demokratik Kongo
15.569.100
6
 Angola
14.333.500
7
 Ghana
14.240.900
8
 Vietnam
9.875.500
9
 India
8.076.000
10
 Mozambik
6.267.160
Dunia
Selain kandungannya sangat keren....sebenernya, penjelasan yang dibawah inilah yang membuat  Singkong menjadi tambah dahsyat, jadi.....jangan ragu dan malu untuk segera mempraktekan resepnya, jika keluarga atau tetangga ada yang menderita sakit seperti dibawah ini : 
  • Diare, 
  • Cacingan, 
  • Mata kabur;
  • Nafsu makan, 
  • Reumatik, 
  • Demam, 
  • Sakit kepala, 
  • Luka bernanah, 
  • Luka baru kena panas
Diare

Bahan:
  • 7 lembar daun ubi kayu.
  • Cara membuat: direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya.
  • Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Bila anak yang masih menyusui yang kena diare, ibunya yang meminum.
Cacingan

Bahan:
  • kulit batang ubi kayu secukupnya.
  • Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya.
  • Cara menggunakan: diminum menjelang tidur malam.
Mata sering kabur

Bahan:
  • daun ubi kayu secukupnya.
  • Cara membuat: direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya.
  • Cara menggunakan: dimakan bersama nasi setiap hari.
Menambah nafsu makan

Bahan:
  • daun ubi kayu secukupnya.
  • Cara membuat: direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya.
  • Cara menggunakan: dimakan bersama nasi dan sambal tomat.
Reumatik

a. Bahan:  5 lembar daun ubi kayu, 1/4 sendok kapur sirih.

  • Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus.
  • Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak/bobok pada bagian yang sakit.
b. Bahan:
  • 1 potong batang ubi kayu.
  • Cara membuat : direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 4 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya.
  • Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Demam

a. Bahan:
  • 1 potong batang daun ubi kayu.
  • Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
  • Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
b. Bahan:
  • 3 lembar daun ubi kayu.
  • Cara membuat: ditumbuk halus.
  • Cara menggunakan: dipergunakan sebagai kompres.
Sakit Kepala

Bahan:
  • 3 lembar daun ubi kayu.
  • Cara membuat: ditumbuk halus.
  • Cara menggunakan: dipergunakan sebagai kompres.
Luka bernanah

a. Bahan:
  • batang daun ubi kayu yang masih muda.
  • Cara membuat: ditumbuk halus.
b. Bahan:
  • 1 potong buah ubi kayu.
  • Cara membuat: diparut.
  • Cara menggunakan: dibobokan pada bagian tubuh yang luka
Luka baru kena panas (misalnya kena knalpot)

Bahan:
  • 1 potong buah ubi kayu.
  • Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya, dan dibiarkan beberapa saat sampai tepung (patinya = jawa) mengendap.
  • Cara menggunakan: tepung (pati) dioleskan pada bagian tubuh yang luka.
jika sedemikian dahsyat dan kerennya tanaman yang dianggap makanan kelas jelata yang bernama Singkong/Ketela Pohon/Ubi kayu(Manihotutilissima) ini....siapa lagi coba yang berani kepadanya...?



Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

115 komentar

Buanyak banget manfaat Phohong dari akar/ubi, kulit, Batang, Daun, Semua Bermanfaat.
Saya Seh paling sering memanfaatkanya Ubi dan daunya untuk pengobatan sakit perut.

Balas

Kulit kayunya sibgkong hebat bisa mengandung sembilan bulan berhari hari...apalagi daunnya mampu mengobati berbagai penyakit...kalo sakit hati yg banyak dialami remaja bisa nggak ya...
Singkong memang nggak ada lawan....hore bravo kang hadi

Balas

Luar biasa penjelasannya sangat komplit dan runtut terkait dengan tanaman singkong. Saya suka singkong kalau sudah jadi kripik pak, atau yang sudah jadi peuyem hehe :) Apalagi kalau yang gratis, pasti ok banget dech hehe :D

Balas

biasanya kulit dari batang singkong digunakan untuk makanan ternak seperti kambing. pantes saja kambing tidak pernah cacingan ya.

bener-bener dahsyat nih singkong.

Balas

sudah nggak konslet kali mbak :D

Balas

banyak banget ya anfaat ubi kayu nih Pak Ci...bersyukur saya nggak perlu beli, kalau butuh daunnya, tinggal petik aja di dekat rumah. sayuran yang murah meriah namun nikmat disantap...

Balas

Wah dibalik rasanya yang empuk ternyata singkong memiliki manfaat yang sangat dahsyat untuk kesehatan.. tak heran orang2 jaman dulu lebih sehat2 dari pada orang2 jaman sekarang...

Balas

saya suka sekali makan singkong, di bakar atau di rebus.

ternyata banyak manfaatnya ya tuh singkong.

Balas

saya tahunya cuma umbi dan daun saja yang ada manfaatnya kang, ternyata yang yang lain juga ada yah gunanya..haturnuhun kang, nais inpoh pokonamah...

eta singkong beneran nya kang...siga korban kebakaran hehe....

Balas

sakit hati bisa dengan batang singkong daeng...
cari saja yang menyakitin hatinya, trus embat pake batang singkong huehehe.......

Balas

Phohong itu singkong ya mas....

Balas

nah ini buat saya yang matanya sering kabur.

tapi gimana buat orang yang suka kabur Kang?

Balas

kalau untuk mata kabur resepnya udah ada diatas....kalau yang suka kabur...colok matanya pake batang singkong...beres-kan?

Balas

mantap gambar singkongnya gan hehe...wah banyak juga manfaatnya yah

Balas

sakit perut saat lapar kan?

maksudnya sun go kong itu teh kang....;o)

Balas

Bang Har : lahirannya harus di caesar pula...#langsung joget dong...;o)

setuju dengan kang El....tumben kang el maen kasar?!

Balas

M'ba Rini mah....jangankan singkong....mobil mini(maksudnya mobil mobilan maenan sibungsu)kalau gratis bakal doyan...;o)

baru minum obat seh...;o)

Balas

sapa bilang, kambingku pernah ada yang cacingan...cacingnya gundul pula...;o)

Balas

juga banyak mengandung....kan?

Balas

ini di tempat saya namanya Kaspe, kalau di tuban namanya Menyok.

Balas

kulit singkong bisa untuk makanan.
kalau mau lho.

Balas

kalau parah kuin mau gak ?

Balas

lho emang cacing ada yang gondrong

Balas

sayangnya jaman dulu mah ngga bisa ng'blog, jadinya....gimanaaaa geto.

Balas

9 bulan 10 hari bukan ya ?

Balas

oh begitu ya ? saya baru tahu lho dari kang lembu.
kalau singkongnya sendiri buat apa kang ?

Balas

singkongnya kang lembu cocok di buat tape karena singkongnya kang lembu sudah tua dan sudah waktunya.

Balas

padahal dari padadibakar, lebih okeh kalau diprosotin.....lebih makjleb rasanya lo...

Balas

hehehee....kenapa coba kang El merhatiin gambar yang itu coba?

Balas

kapan melahirkannya?

Balas

singkongnya seh...kasih istrinya azh...terserah mau diapa2in ge'....hanya istri dan Tuhan yang tau...;o)

Balas

itu adalah salah satu kebesaran Allah.

Balas

di Bantul disebut telo kaspo kalau dijemur dan dikukus disebut gathot

Balas

makin tuwa justru makin keras, tapi emang...kalau ngga segera di olah, cepet peyo....;o)
#puas...puas..puas?!

Balas

tergantung, ada atao ngga untuk biaya sesarnya...
#kip semail

Balas

bisa dibikin kripik katanya Pak...kripik kulit...kalau kulitnya panuan, kira-kira laku nggak ya?

Balas

coba belai kepala akang.....tuh-kan gondrong kan?

Balas

Saya suka banget sama peyeum, mas... apalagi kl peyeumpuan... :P

#OOT

Balas

itu seh...kedoayannya fang Fucup...atuh...;o)

Balas

kalau peyeumpuannya ada buntut dan tanduknya....mau juga gituh....?

Balas

hehehe...kang agus hari ini lupa minum obat kan?

sebelom dimakan baluri kalpanak dulu atuh KK...!!

Balas

singkong juga efektif buat ngelempar

Balas

saya yang puas.
#ketawa ngakak

Balas

kalau disini mas Ghatot orangnya ganteng pegawai Pemda....sayangnya ditinggal kabur sang istri....kesian banget kan?

Balas

apakah kang lembu mau mempersuntingnya ?

Balas

saya lupa minum mikorek deh

Balas

siapa yang konslet coba?

Balas

benjolan pake singkong dari pada pake klepon mah ya..?

Balas

istri Gatot kabur sembunyi di Cilembu

Balas

yang seneng kulit singkong namanya sapi tanpa i

Balas

artikelnya komplit, nulisnya selam 7 hari 7 malam sambil nunguin munculnya bunga wijaya kusuma

Balas

baru tahu kang klo ternyata daun daun dan batang singkong bsa untuk mengobati reumatik

Balas

hebat nih si singkong, gk bisa dipandang remeh

Balas

lihat banget cari gambar singkongnya, ngomongin tape atau peuyeum saya sangat suka karena cukup pake angkot dari rumah saya menuju lebak siuh (widia) udah bisa dapat satu runtuy peuyeum. hehe :D

Balas

Singkong dibikin tepung kanji terus dibuat Cireng eh.. enak juga tuh sob he he..
Makanan dari singkong kedoyanan saya nih:
Singkong goreng
Singkong rebus
Tape
Getuk singkong
Cireng

Balas

sttt...jangan keras-keras atuh kang....;o)

Balas

nah..emang Maya udah kena rematik gituh...bukannya masih fres dan muda (baca:abegeh)...hehehe

Balas

"remeh" bukannya bahasa betawi dari "rumah" ya kang?

Balas

nyuri...minta...malak...atau beli satu runtuy peyeumnya kang...hihihiii

Balas

loch...ko' bisa sama seh kesukaannya...jangan-jangan kita berjodoh nih...;o)

Balas

berarti akang nganggap kang agus sapi tanpa i....hadeuh saya ngga ikutan ah....;o)

Balas

Wah emang Ubi top markotop ! gak ada tanding.. :)

Balas

singkong neng, bukan ubi...;o)

Balas

keren dah.....singkong sekilas emang kayak biasa aja gt, tapi khasiatnya luaaarr biasaaa...

Balas

wkakakak gambar yang atas seksi amat kang hehehe,
Satu hal yang tidak dapat lepas dari ingata saya kang kalau masalah ubi, kalau sempat tidak ada ubi saya tidak dapat hidup seperti sekarang ini hehehe

Balas

selain enak, gampang diolah, trnyata manfaatx luar biasa.., sy dr kecil cz besarx di papua jd hampir tiap hari memakanx..., cuma sayang disini (Makassar) agak susah didapat..., maux sy sh yg gratis hhehe..

Balas

Sore2 gini nikmat banget menyantap singkong sambil ngupi ya, kang :)
Trims infonya dan selamat tahun baru Hijriah, kang.

Balas

Gambarna seksi pisan kang, jiga gambar bangkong keur nonggeng hehehe :D Banyak banget ya manfaat dari singkong, selain bisa diolah menjadi makanan ternyata bisa juga dijdikan sebagai obat ya :)

Balas

Bukan main nikmatnya mas, komo sampeu na tos diolah jadi gegetuk beureum mah hmmmm...maknyuss pokona mah :)

Balas

Mun di Banten mah "remeh" teh nasi sisa abis makan kang :D

Balas

Jarang-jarang saya menemukan bentuk singkong dari gambar diatas,tapi enak dan dashyat dari olahan ubi ini.

Balas

Ternyata banyak manfaat yang didapat dari tanaman singkong ini Kang...

Balas

singkong seksi....menggoda iman...*usap iler.....hahaha

Balas

merangkul cak Agus sambil basah-basahan

Balas

hihiihiii....
#listrik depan rumah konslet

Balas

Gatot Subroto Macet Yaow..

Kang Zach nyebut Nih Pohong Isrti Pak Harto Pastie..

Balas

Critane Simbah jaman jepang dulu kulit Phong bisa dibikin Gogik, Tiwul kulit singkong gitue

Balas

Jangankan kambing, Bahla Cacing Mang ubi Aja Sempat Kambingan

Balas

Lahir jadi Genjrot...
Dideplok (Ditumbuk coy) Sama Klapa muda dan bumbu bumbu lainya

Balas

Kalau si engkong beda lagi ya pak? hehe :D

Balas

kalau kambing cacingan, pasti gendut-gendut ya pak hehe :)

Balas

Wah keren pak infonya boleh minta ya info tentang kandungan gizi dalam 100gram singkong. Kebetulan di Universitas Jember tadi pagi mengadakan Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong.

Balas

tanaman singkong memang sangat bermanfaat banget dan dari segi fungsinya juga banyak banget bisa di olah menjadi makanan apa saja :)
beruntung sekali kalau bisa menanam tanaman yang satu ini dan kemudian bisa memanennya :)

Balas

Halo ha...
Numpang sapa untuk semua
Dah masuk Taun Baru Pada ternyata
Slamat Tahun Baru 1 Muharam 1435H
Smoga tahun baru Sema lebih Baik dan lebih baik lagi kedepannya Untuk kita Semua.

Balas

Halo ha...
Numpang sapa untuk semua
Dah masuk Taun Baru Pada ternyata
Slamat Tahun Baru 1 Muharam 1435H
Smoga tahun baru Sema lebih Baik dan lebih baik lagi kedepannya Untuk kita Semua.

Balas

kuyup dua duanya atuh?

Balas

wah itu ubinya penampilannya seronoh kang.. wah kang lembu gimana sih kok di biarin bugil gitu ubinya..

oh itu yang di gantung2 tape ya kang.. tak kirain gaplek (ubi kering) hehehe.. kalau tape yang modern menarin itu kang sepertinya.. mbok ya kita kita di kirimin ubi nya kang.. biar kita kita bisa merasakan kenikmatan ubi cilembu... hehehe

Balas

noh kang agus yang pantes dipanggil si engkong mah....(baca: pak tuwa)...;o)

Balas

lumayan bisa dagang kambing, sekaligus dagang cacing untuk makanan burung..."satu kali dayung 2, 3 pulau terlampawi" kan?

Balas

kang mus. ya...mendingan naek transjakarta atuh kalau mau ke Depok mah atuh.

Balas

kalau kata orang Cilacap disebutnya bukan remeh kang, tapi "TLEKTEKAN"....hehehe

Balas

selain itu.....gambar singkong yang diatas itu okeh kan ya......;o)

Balas

kalau lombanya menang saya dapet apa coba?...hehehe

Balas

wuih...berjasa banget kalau gituh ya....terus...apa yang udah akang kasih untuk dia coba?...;o)

Balas

nah kalo gituh...gimana kalau nanam dibelakang sekolahnya...bakal keren dan bisa dikasih rengking 1...minimal 2 lah gituh...;o)

Balas

DirWeb:...hiyah, apalagi kalau disebelahnya ada yang cantik...makjleb banget tuh...;o)
terimakasih...Selamat Tahun Baru Hijriah juga yah...

Balas

naha bet siga bangkong...puguh siga bujurna zaskia gotik eta teh da....;o)

Balas

ketauan cuman liat gambar seksinya doang...ya
singkong...singkong..singkong kang....;o)

Balas

saya juga kata buku seh...hiyah kang....;o)

Balas

biarin sinih saya yang ngusapin...;o)

Balas

lebih keren lagi kalau hasil panennya kita kasih ke kaum du'afa ya...;o)

Balas

aaaamiiiin...terimakasih kang, sama-sama yah

Balas

niat selalu ada dalam hati pengen ngirimi semua blogger ubi cilembu....sayangnya ngga ada yang bilang keren kesaya, selalu saya sendiri yang ngaku keren...gituh kang...;o)

Balas

syamah paling suka kalau singkong yang di beuluem...... dibaturan ku teh manis,,,, bari hujan gerimis,,,,, meni pedooo,,,,

Balas

kang zach masih semedi di gunungnya kang.

Balas

dihandapeun tuur aya nu mringis...bakal leuwih pedo tah.

Balas

Akang Lembu Hadi.... apa kabar?
Sehat selalu ya..
aku juga penyuka singkong... dimasak dibikin keripik hehehehe

Balas

singkong nya sexi . . .

Balas

ups?! ada c om ganteng...ke'nya udah wisuda ya?...lama seh ngga ng'blognya...?

aaaamiiin semoga sehat dan ceria selalu juga yah.

Balas

kalo nyuri saya gk berani, minta pun saya malu, apalagi malak nggk deh.., beli? saya males kalo beli, yah mending nunggu dikasih aja sambil memperagakan wajah melas di depan lapak orang wkwkwkwk :D

Balas

wow hebat nih mas indonesia peringkat tiga penghasil singkong, tapi berita yang pernah saya baca, katanya indonesia mau mengimpor ketela dari luar negri, negara kaya singkong masih impor, nggak habis pikir saya

Balas

ngga aneh...namanya juga Endonesiah...jablay azh import ...padahal disini juga banyak...
#saya pribadi pernah surpey seh....;o)

Balas

buwahahaa...berarti akang kurang konslet nya...;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger