DESA CILEMBU

Hari Bakti PU ke 68

Sampurasun....Rampes.
Hari Bakti PU ke 68
Hari Bakti PU ke 68Selasa(3/11/2013), bagi Kementerian Pekerjaan Umum merupakan hari yang bersejarah yang diperingati sebagai Hari Bakti PU, tema yang diambil pada peringatan kali ini adalah "Dengan Ethos kerja dan semangat septa taruna, kita tingkatkan pembangunan Intrastruktur PU mendukung kesejahtraan rakyat yang berkeadilan". 

Kilas Sejarah
68 tahun yang lalu, 3 Desember 1945 tepatnya jam 11.00 pagi, gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat (Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia), di Jl. Diponegoro Nomor 22 Bandung (Gedung Sate sekarang).telah terjadi pertempuran antara pemuda pegawai Pekerjaan Umum yang di tugaskan untuk mempertahankan dan menyelamatkan segala aset yang ada didalamnya, setelah 4 jam melakukan perlawanan sengit, dari ke 21 pemuda tersebut diketahui 7 pemuda telah gugur dan tidak diketahui jasadnya sampai sekarang, 1 orang luka ringan, nama ke 7 pemuda yang dinyatakan gugur itu adalah :
  1. Rana
  2. Surjono
  3. Subengat
  4. Rio Susilo
  5. Suhodo
  6. Didi Hadianto Kamarga
  7. Muchtaruddin
Hari Bakti PU ke 68Untuk mengenang keberanian mereka, di halaman Gedung Sate hingga sekarang berdiri dengan gagah sebuah prasasti yang didalamnya tertulis nama-nama mereka pemuda pemberani yang telah rela bertaruh nyawa demi kehormatan bangsa dan negara, atas Keputusan Menteri Koordinator Departemen Pekerjaan Umum dan tenaga Kerja no. 58/KPTS/MENKO/1965 ditetapkan bahwa tanggal 3 Desember sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum.
Menteri Pekerjaan Umum pada waktu itu, Ir. Ukar Bratakusuma, Pada tanggal 3 Desember 1951, ketujuh pemuda pahlawan tersebut dihormati sebagai "PEMUDA YANG BERJASA"

Pekerjaan Umum Republik Indonesia pada peristiwa ini telah mempersembahkan "Sapta Taruna Kesatria" keharibaan Ibu Pertiwi, melahirkan suatu korps Pemuda/Pegawai Pekerjaan Umum yang mempunyai kesadaran sosial, jiwa kesatuan(Corp-geest), rasa kesetiakawanan(Solidaritas) serta kebanggaan akan tugasnya sebagai abdi masyarakat, khususnya dalam bidang pekerjaan umum
Pegawai Departemen Pekerjaan Umum, khususnya Pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat terus melanjutkan pengabdian mereka terhadap nusa dan bangsa dengan kegiatan pembangunan yang saat ini sedang giat dilaksanakan.
Hari Bakti PU ke 68
moto Kementerian Pekerjaan Umum (P.U)
"Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak Tepat"

Selamat Hari Bakti PU ke 68

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

125 komentar

7 orang itu layak jadi pahlawan ya Kang. tapi beliau-beliau kayaknya kurang dikenang ya Kang?

Balas

yuhuiii si boys pada nampang di depan gedung sate. pasti yang motret paling kenyang makan satenya.

Balas

wah, sekarang hari bakti dinas pekerjaan umum ya mas, selamat dech,,,, semoga DPU senantiasa terus berbakti pada nusa dan bangsa, amin ^^

Balas

"keras-cepat-tepat", i like it. ^_^

Balas

selamat hari PU, dan semoga motonya benar2 dijalankan dan diterapkan senerap2nya...aamiin.

beberapa hari ini saya banyak menjumpai papan2 bertuliskan "PU" dijalan alternatif jatihurip - licin yang sekarang ramai dilalui kendaraan mulai dari motor sampai elf karena jalan raya bandung - cirebon via sumedang sedang dibetulkan di blok serang kecamatan cimalaka.

Papan2 bertuliskan "PU" ini lengkap disertai dengan sasair yang melambai2 menanti recehan...kira2 tulisan "PU" di papan2 itu apa maksudnya ya ??

Balas

Selamat Hari Bakti PU ke 68

kalau membaca tulisan "PU" saya langsung ingat ke perbaikan jalan lho Pak Ci...semoga ke depannya Dinas Pekerjaan Umum semakin tangguh dalam melaksanakan tugas...membangun negeri supaya lebih 'kokoh" dan "gagah"

Balas

Sampurasun Pun Raka Kang Cileumbu anu Emouut deh hh
Wileujeng sonten Kang mugi aya dina ginanjar kawileujengan nya Kang
Hatur punten ngiring nyimak artikelna nu kacida endah tur sae na Kang
Hari Bakti PU Nu ka-68 Upami eu lepat mah nya Kang ? selamat hari
Bakti saja atuh nya Kang Mugi Kang Cilembua sareng Hum Masyarakat
Atau sub dan Intansi yang terkait tiasa ngawangun Provinsi Jawa Barat terus melanjutkan pengabdian mereka terhadap nusa dan bangsa agar lebih
Baik di kemudian hari (Amien) salam hormat selalu Kanggo Kang Cilembu :))

Balas

Salam juga dari saya yah Mbak Khusna, sudah jauh-jauh datang ka Kota
Sumedang. Kang Cilembu Pasian Leueuteun sareng Tuangeun naha Kang?

Balas

di tanggal 3 ini banyak hari bersejarah ya. saya kok tahunya hari ini cuman hari selasa saja .....

Balas

kenapa sampai tidak diketahui begitu mayatnya ya? jangan2 mereka masih hidup, dibawa ke dunia lain hadeuhhh :)

semoga peringatan seperti ini menjadi sebuah semangat atau penggugah untuk lebih menghargai para pahlawan maupun perjuangan bangsa :)

Balas

setuju dengan pendapat mas zac

Balas

emangnya ada satenya

Balas

berarti sama dengan sayah kang....

Balas

suer mang,yg ini saya baru tau....
ketauan sekali kan saya gak tau pelajaran sejarah.....payah

Balas

Semoga kinerja PU sesuai dengan motonya "Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak
Tepat"

Balas

lha itu di puncak gedung.

Balas

itulah salah satu kelemahan bangsa Anda.
makanya daripada jadi pahlawan, mendingan jadi koruptor...yakin, bakal dikenang sepanjang masa....kecian banget negeri nyah.

Balas

payah pangkal kaya

Balas

dan tentu saja hidup enak....

Balas

sama kayak saya juga.. baru tau.

Balas

huh...dasar orang luar negeri.
kang zach juga taunya cuman via google kan?...huh juga deh

Balas

kang budi :....niiih....#sambil ngepalin tinju

Balas

moto yang luarbiasa, smoga bisa diterapkan dg sungguh2 di era sekarang

Balas

aaaamiiiin....semoga harapan seluruh rakyat dapat dipenuhi

Balas

yu laik mi..?!...cipok basah dong

Balas

yaps...persis di cimalaka itulah saya bertugas...tapi cuman sakapeng wungkul nonggol kadinya na....maklum saya kan atasan....halaaaaa.

PU disitu artinya Pasihan Uang euy....;o)

Balas

KK kokoh dan gagahnya kenapa di kasih tanda kutip coba?....pasti maksud dan artinya di plesetkan kan yah..?

Balas

Tapi kayaknya sekarang ini semua pekerjaan PU di tenderkan,, dan pengerjaan oleh CV atau pelaksana kurang memenuhi standart,,, misal saja pengaspalan jalan,,,, aspalnya tidak awet, jalan cepat berlubang dan rusak..

Balas

weleh padahal kemarin WS cineten disitu lumayan lama sambil berbasah2 ria...akang belah mana kenapa tidak mengupai-gupai ??

Balas

yang dikenang sekarang hanya yang berbau militer sih ;-)

Balas

tega banget ya si bapak ninggali anak kecil berpanas-panasan begitu di depan gedung sate..... nggak bekalin handuk lagi buat ngelap keringatnya...eh malah dipotret.......siapa sih juru potretnya itu...apa kang hadi kenal dengan dia ya.....

Balas

udah kering cipoknya dilap pake handuk putih ;-D

Balas

merasa banget ya mau diplesetkan...kan bisa kepleset sendiri...lagian kang hadi kan sudah gede...nggak usah diplesetkan pasti bisa terpleset sendiri..... ....(kabooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr)

Balas

aamiiiiinnnnnn .....

Balas

kalo jaman dulu..semua orang mau berjuang mati2an membela negara..bahkan orang sipil pun rela mengorbankan nyawanya untuk negara...
kalo sekarang...orang sipil lebih mementingkan urusan kantong masing2..berjuang agar tidak ketahuan kalo korup...
kalo negara diserang...palingan mereka akan berteriak...kemana semua tentara.....
;-)

Balas

Selamat hari Pekerjaan Umum mas, jujur saya tidak begitu tahu banyak mengenai bidang tersebut. Hanya berharap semoga semakin hari semakin semangat dalam melayani dan mengabdi kepada bangsa dan negara. Agar baik rakyat kecil atau rakyat besar dapat merasakan fasilitas dan pelayanan secara adil.

Balas

berbau ubi nggak ya bang?

Balas

bukan kenal lagi. melainkan solmetnya..

Balas

saya juga. kalau tempe saya tau..

Balas

jawabanya. tentaranya lagi cuti..

Balas

Selamat Hari Bakti PU ke 68

gitu aja Kang komen saya.

Balas

Selamat Hari Bakti PU ke 68
intinya sejarah gk boleh di lupakan

Balas

kata motivator suruh jadidin kelemahan menjadi kekuatan trus gimana caranya coba?

Balas

itu hasil kerja keras gerak cepatnya ya?

Balas

3 Desember sebagai Hari bakti PU.
Walau jazad sampai sekarang tidak diketemukan dan dak tentu dimana kuburnya Setidaknya dengan di jadikan hari wafat beliau beeliau sebagai hari bakti dapat mengenang dan menghormati jasa Ketujuh Pahlawan itu, walau tak sebanding dengan besarnya pengorbanan yang telah diberikanNya.

Balas

layak dapat doa dari kita kita

Balas

geo and troy memang keren seperti mamanya

Balas

kalau gak keras pasti lemes kan? dan mana mungkin bisa tepat. untuk cepat ini saya gak mau niru kang lembu...
masak baru mulai sudah selesai...
kan gak enak banget

Balas

Mengheningkan cipta!

Balas

sekarang DPU kok malah jadi perkejaan yang enak ya kang, enak di pekerjaan karena tidak kerja jika tidak ada proyek. ada proyekpun malah senang karena bisa dapat keuntungan mark up material. eh pulang-pulang dapat aspal curah 1000 liter. mayan buat ngaspal jalan desa siapa tau nanti kepilih jadi anggota DPRD ya kan.
kok beda sama jalam dahulu 7 pemuda mati-matian memperjuangkan cikal balak PU eh sekarang malah enak-enakan...

Balas

DPU sekarang proyek kerjanya berulang-ulang. .
Sistem kerja Multiyears. . Tahun ini sudah selesai. .tahun depan rusak. .
tahun depan lagi dikerjain lagi. .uang mengalir terus ke kantong. .:(

Balas

# ngepel ...biar Pak Ci nggak kepleset

Balas

wah saya malah baru tahu pak kalau ternyata ada juga hari bakti pu, soalnya hari peringatannya nggak ada di kalender saya hehe :D

Balas

Selamat hari bakti PU ke 68... saya juga punya saudara kang, tapi di PU Pengairan Lebak, Banten Selatan...lain ya sama Bina Marga .

itu bulannya gak keliru kang ( 3/11/2013) bukannya desember ya?.

Balas

untung gen-nya banyakan mirip ke mamanya ya mas ... heheheh

Balas

buka sikit joss hehehe

Balas

orang sayah barudug tidur dibangunan kang WS hehehe

Balas

kokoh dan gagah dengan tanda kutip ... iya saya baru maksud dan baru kepikiran nih hehehe

Balas

sekarang bukannya rabu kang

Balas

Sukses terus ya. salam perkenalan. Silahkan berkunjung ke web kami , kami tawarkan vcd interaktif untuk anak-anak, mungkin anda mempunyai anak/adik / keponakan yang masih kecil, silahkan dilihat lihat dahulu, Ini sangat bagus untuk mendidik dan membangun karakter isalami anak sejak dini, semoga bermanfaat dan semoga anda tertarik. Mohon maaf bila tdk berkenan. Terima kasih

Balas

selamat hari bakti DPU, salam kenal

Balas

wah ada ya hari bakti PU, baru tau saya. salam kenal ya pak

Balas

besok hari kamis ya mang

Balas

pakdhe maaf nih baru sempat mampir .... seperti biasa saya cuman suka baca komentnya aja hehehehe ........

Balas

buat lik zach aku setuju aja lah
*timbang benjut

Balas

biasanya motret banci konvoi...

Balas

keras dan tepatnya sih asik...
cepatnya itu loh..?

Balas

kalo gituh saya juga mendingan ikutan setuju juga deh

Balas

loh...kan saya yang jadi raj bancinya

Balas

2 menit doangan y

Balas

barudug mah enak pisan kalo di garo an tah

Balas

sama sama ....
kita jai jarang saling ledek ya

Balas

biasanya mamang paling cepet kalo soal yang bginian mah ya mang?

Balas

ada mang....salam kenal juga

Balas

terimakasih...kenal juga yah

Balas

nanti malem sunah rosul

Balas

salam kenal juga....tengkyu infonya

Balas

hehehe...hiyah kale.

aaamiiiin...

Balas

kasih tau ngga yaaa...

sengaja mang, supaya mamang ngoreksi...;o)

Balas

apa lagi kalau tempenya dibacem...makjleb banget deh

Balas

kalendernya pasti dapet dukasih y...gratisan mah emang gituh....;o)

Balas

itulah kelebihan sayah...keren kan?

Balas

itulah salah satu kelebihan saya....hebat kan?

Balas

saya emang begituh kang...kan akang juga tau saya ini emang keren..;o)

Balas

tentaranya lagi upacara hari baki PU...sebagian

Balas

hiyah..saya juga heran

Balas

ooo gituh ya....

Balas

aaaamiiin....tengkyu yah

Balas

mendingan begituh kang....dari pada ngacow...;o)

Balas

jangan lupa kasih garam biar sedap

Balas

ditunggu posting baruna atu kang, hmmm :)

Balas

tuh kan bener,ternyata kang cilembu ngetes para pembaca ya.. itu kan bulannya seharusnya 12 bukan 11. saya sampe mikir karena emang saya ga tau hari bakti PU :D
pahlawan yang tak dikenang......

Balas

Whew... salut untuk perjuangan pemuda2 di atas... kira2 waktu itu perang lawan apa ya? Jepang or Belanda?

Balas

Wah masih selamatan nih kang, makan-makan ah...

Balas

keren kan saya ya...;o)
mulai sekarang mah tau kan?

Balas

sekarang masih boleh nggak :)

Balas

Kang Cilembu, kayaknya ada sesuatu pada laman daftar isi kalau dibuka lewat chrome ada peringatan berbahaya-nya

Balas

lawan musuh dong....;o)

Balas

Terasa nuansa perjuangan yang membara di konten ini. Siap.....

Balas

Selamat hari Bakti PU ke-68.

Salam

Balas

Diledek dong Mang.....! he,, he,, he,,,

Balas

hiyah nih....silahkan mencuci piringnya kang,...kehabisan seh...;o)

Balas

gituh ya....pasti akang belom mandi yah?..emang kalau ke blogger yang belom mandi mah....blog saya suka otomatis ada peringatannya gituh kang...;o)

Balas

hiyah...selamat ya kang..terimakasih akangku yang ganteng.

salama wisata

Balas

pake ubi cilembu atuh....diserang pake gas nya....hehehe

Balas

Bu Nia...tuh ada musuh baru yang siap diledekin tuh....

Balas

kecup basah juga ya kang.

Balas

di cabe in juga supaya berkeringat

Balas

jangan lupa berdo'a...supaya berasa jadi judul lagu dangdut "perjuangan dan do'a"

Balas

gedung sate itu cuma sebatas nama atau gedung penuh dengan jualan sate kang? maklum lom pernah kesana

mengenang jasa pahlawan

Balas

banyak yang jualan sate di pinggir gedungnya....;o)

ngga deng say...penangkal petirnya dibuat seperti tusukan sate, nagkring dipuncak gedung...gituh yang bener mah...;o)

Balas

perjuangan an an an an...
*asa nonton layar tancep jaman baheula...

Balas

teu ngalarti ah...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger