DESA CILEMBU

Keistimewaan Shalat Dhuha

Sampurasun....Rampes.
Keistimewaan Shalat Dhuha
Keistimewaan Shalat Dhuha Tadi pagi sebelum berangkat sekolah, anak gadisku bertanya tentang apakah Keistimewaan Shalat Dhuha, (sebelum menjawab pertanyaannya saya belai rambutnya yang dikepang jadi mirip buntut kuda deh tuh), lalu bertanya balik, kenapa tiba-tiba bertanya tentang Keistimewaan Shalat Dhuha, dia cerita bahwa sahabatnya disekolah diperintahkan oleh ibunya untuk rajin melaksanakan shalat dhuha, karena sekolahnya masuk pagi, dan kondisi musholah disekolahnya kurang memadai(terutama air untuk mengambil wudunya ngga curcor...maklumlah...SD di Desa namanya ge') membuat sahabat anakku itu ngga bisa melaksanakannya disekolah, oleh sebab itu, pada saat jam istirahat(sekitar jam 10an) sahabat anakku itu selalu pulang kerumahnya untuk melaksanakan shalat dhuha dirumahnya yang kebetulan ngga terlalu jauh dari sekolah.
Dari kebiasaan sahabatnya itulah anak gadisku itu bertanya dan berkeinginan juga untuk melaksanakan shalat dhuha...Alhamdulillah, seperti umumnya anak-anak seusianya, keingintahuannya sangat besar tentang apa manfaat dan keajaiban dari shalat dhuha terebut maka, pertanyaan seperti diatas itulah yang pagi itu muncul.

Dengan segala keterbatasan pengetahuan yang saya miliki, saya mencoba menjelaskan dengan bahasa yang sesederhana mungkin, agar mudah dipahami oleh anakku...bla....bla...bla...cas...cis...cus....saya jelaskan juga diblog Desa Cilembu ada artikel yang menyinggung tentang Keistimewaan Shalat Dhuha dan Keajaiban Sedekah yang pernah secara langsung dirasakan, disitu diceritakan bahwa, dengan melaksanakan shalat dhuha dan bersedekah, pintu kehidupan dimudahkan oleh Allah, dan...ayah bersama ibu, selalu berusaha sekuat tenaga untuk dapat melaksanakan shalat dhuha setiap hari , itu dilakukan...pun karena terinspirasi oleh Agrie 10 tahun putranya kang zach.

Untuk melengkapi jawaban dari pertanyaan anak gadisku itu,.....ngga lama setelah anakku berangkat sekolah, dan sebelum saya berangkat jadi kuli, biasa deh.....brow-brow sing-sing diGoogle, ups?!....ternyata buanyak banget artikel yang membahas tentang Keistimewaan Shalat Dhuha, tapi tentu semua artikel yang ada di Google itu bersumber dari Al Quran oleh karenanya isi dari inti artikel itu ya seperti ini nih...:
Dengan rajin melaksanakan Shalat Dhuha,
  •  Kita akan diberi kecukupan dan kelapangan rezeki. 
Pada hadis audsi. Nu'aim bin Hammar berkata, "AKu mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihiwasallamberkata : Allah berfirman, "Wahai anak Adam janganlah sekali0kali engkau malas melakukan Shalat empat rakaat pada pagi hari (shalat Dhuha), karenaakan AKu cukupi kebutuhannu hingga sore hari,"(H.R.Abu Dawud).
  • Shalat Dhuha memiliki nilai yang sepadan dengan Sedekah.
Sebuah Hadis mengatakan, " Hendaklah masing-masing darimu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. 
  1. setiap Tasbih adalah sedekah, 
  2. setiap Tahmid adalah sedekah, 
  3. setiap Tahlil adalah sedekah, 
  4. setiap Takbir adalah sedekah, 
  5. Amar ma'ruf adalah sedekah, 
  6. Nahi munkar adalah sedekah
Dan....cukup mengganti itu semua dengan 2(dua) rekaat yang dilaksanakan di waktu Dhuha (HR.Muslim Ahmad dan Abu Dawud)
  • Masuk ke Pintu Surga melalui Pintu Dhuha
Hadis Rasullullah Shallallaahu'alaihi wasallam, "Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-Dhuha )pintu Dhuha) dan pada hari kiamat kelak ada orang yang memanggil "Dimana orang yang senantiasa mengerjakan Shalat Dhuha?...Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah." (H.R. at-Tabrani)
  • Dibangunkan istana di Surga
Dikisahkan oleh Anas bin Malik, bahwa Rasullullah Shallallaahu'alaihi wasallam berabda. "Barang siapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak 12(dua belas) rakaat, maka Allah akan membangunkan untuknya istana di surga." (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Hadist Hasan)

SHALAT DHUHA ITU MENDATANGKAN REZEKI DAN MENOLAK KEMISKINAN DAN TIDAK ADA YANG MEMELIHARA SHALAT DHUHA KECUALI ORANG YANG BERTAUBAT". (H.R. TARMIDZI)

SALAT DHUHA ADALAH AMALAN YANG RINGAN, TETAPI PAHALANYA 
SANGAT BESAR, YU...KITA MULAI  MELAKSANAKANNYA YU...!!

*Artikel 
Keistimewaan Shalat Dhuha ini sekarang terpasang didalam kamar anak gadisku....semoga jadi pengingat untuk dia, adik-adiknya dan juga pengingat bagi ibunya dan saya dong.... ;o)

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

63 komentar

Blogwalking gan

Balas

Salah satu keistimewahan shalat dhuha itu memang mendatanagkan rejeki bagi para pelakunya ya Kang, apalagi kalau itu bisa dijalankan secara istiqoman. Semoga init mencadi contoh dan nasehat kebaikan bagi kita semua.

Salam,

Balas

Selamat Malam Kang. Artikel sangat Mendidik Tumben nih Kang?
Ternyata banyak sekali Manfaat Sholat Dhuha ini Kang Cilembu
Saya baru dengar lengkapnya dari artikel ini wah gak ada salahnya
Saya coba ini bisa Membawa Umat selamat juga Barrakah Dunya Akherat
Terima kAasih Kang atas Nasihat nya salam hormat selalu
Salam deh Kang sama Anak Gadisnya heheheh :)

Balas

Wadah... semangat deh buat putrerinya kang. Sholat duha adalahgerbang rejeki ... semoga bisa rutin kita amalkan ya kang.

Balas

iyah, daripada pagi2 nonton acara gosip kan mending nonton sinetron, eh mending solat duha... :D

Balas

Alhamdulillah dengan semangat putri mang Ubi. Semoga kita di beri kemampuan melaksanakan sholat dhuha dan mendapat kan manfaat dari fadhillah sholat dhuha yang dilaksanalan saat matahari sepengalah naik atau matahari setinggi tombak dengan kata lain bayangan sama panjang dengan benda

Balas

Ya ampun Kang, postingan ini bisa mendapatkan limpahan pahala deh. keren banget dakwahnya. nahasanya enak, dan tumben, nggak saru. koq bisa hebat begini Kang? hihi..

Balas

asyiik Kang, saya sepenuhnya mengaminkan, sepakat dan setuju. Ayo kita bersama laksanakan shalat Dhuha. tiap hari Insya Allah. semoga kita semua bisa.

Balas

Pak Ciii...saya sudah 3 x nulis tapi hilang terus..di artikel yang kemarin juga...(kenapa eh kenapa?) padahal tadi sudah nulis panjang x lebar...

Hamdalah, turut senang dengan semangat putri Pak Ci...semoga kita dimudahkan dalam menjalankan ibadah, diringankan langkahnya dan dimantabkan niatnya...aamiin

Balas

jempol banget memang Pak Ci...

(tuh kan, seharusnya komentar saya di kolom ini, tapi karena tulisan saya hilang terus jadi ya...)

Balas

kalau dilihat manfaatnya besar sekali ya...malah kalau Sholat Dhuha sampai 12 rakaat, maka di Surga nanti kita akan dibibuatkan sebuah Istana. Wow :)
tapi lebih baik 2 rakaat asal rutin dari pada 12 rakaat setahun sekali :)

Balas

bahasa maksudnya

Balas

masuk kotak SPAM tuh Mbak.
begitu tuh perlakuan si empunya rumah terhadap komen yang kira2 akan menyudutkannya, wkwkwkwkwk

Balas

top Kang Ucup.
Kang Ucup memang top.

Balas

subhanallah, amal jariyah nih kang..saya juga terinspirasi

Balas

mari saling mendoakan untuk bisa enteng dan mudah dalam menjalankan sholat dhuha...
6 rokaat tiap pagi saya rasa cukup...
:)

Balas

atau kalau tidak ya koneksinya yang eror, maksudnya koneksinya admin...
pokoknya admin yang salah, titik.
hehehehehe

Balas

kang ucup kok dilawan..top banget

Balas

eh putrinya kang lembu itu yang namanya geo apa troy ? saya kok ketinggalan infonya nih.
alhamdulillah kang, kalau anaknya sudah mulai suka dengan yang berbau ibadah khususnya sholat. itu tidak terlepas dari peran orang tua dalam hal ini kang lembu dan mama e geo troy yang selalu menyajikan kehidupan di dalam rumah yang aman, nyaman dan penuh kasih sayang. Biasanya hal ini terkait dengan rejeki yang halalan toyyiba.
alhamdulillah kang, saya perlu belajar banyak tentang kebaikan dalam kasus ini.

Balas

sebenernya manfaatnya besar banget, tetep aja males melakukannya :D

Balas

alhamdulillah.. *satu komen ama pak zach* .

Balas

nah kan,.. ternyata banyak komen "tumben" .

Balas

Terima kasih telah diingatkan Kang Hadi..semoga kita dimudahkan untuk menjalankan shalat sunnah dhuha ini aamiin

Balas

Sinetron sekarang juga banyak yang islami kok, mungkin sebagai pengingat buat kita sholat :D

Balas

disingkat BWG...hiyah kan?

Balas

aaaaamiiin....dan semoga kita semua menjadi umat yang disayangni-NYA.

Balas

aaaamiiiiin....semoga jadi pengingat saya juga.

anak gadis saya udah disegel....;o)

Balas

hiyah kang...semoga.
makasih kunjungannya

aaaamiiiiin

Balas

Bangga dengan anak yang punya kreativitas belajar, bertanya akan hal yang tak diketahui itu prestasi yang sangat besar... selamat!

Balas

mendingan nonton mamah dedeh dan Aa

Balas

aaaaamiiiin, moga bisa seumur hidup kita semua melaksanakan shalat dhuha ya kang.

Balas

saya jadi ingat petuah guru saya,mengenai keutamaan sholat duha,,,tapi terkadang harus bertempur dulu dengan rasa malas yang selalu menghalangi niat untuk melaksanakanya,,,,Terimakasih kang telah mengingatkan sya dengan postingan diatas,,,,

Balas

sholat dhuha itu menjadikan diri kita lebih dekat kepada Allah SWT, karena kedekatan itulah maka pintu rezeki terbuka lebar bagi kita

Balas

aaaaamiiiiin....terimakasih do'anya, semoga demikian juga untuk bapak2 dan KK

Balas

aaaamiiiin...harus bisa kang.

yuu mariii

Balas

setuju dengan penjelasan pak tuwa diatas saya KK, diceking ke spam ngga ada KK disana tuh....

pokoknya admin yang salah, titik...(8&^%$&^%##9......

Balas

topmarkotop kang ucup....maka di kecup basah ah....

Balas

berusaha selalu melungkan untuk shalat dhuha, sangat trasa manfaatnya, jasmani rohani, insya Allah

Balas

Alhamdulillah.....aaaaamiiiiin.

walaupun kita kita ini jelek, semoga saja kita termasuk pada umatnya yang disayangi-NYA ya kang.

Balas

itulah tantangannya...;o)

Balas

tapi bukan satu cetakan kan?

Balas

kalau kang zach tumben....berarti beliau lagi dateng M nya

Balas

aaaamiiiin.....
niat awalnya mah untuk mengingatkan diri sendiri dan keluarga seh kang....diposting mah agar apdet blog doang, soalnya mau ganti tahun, sementara apdetan blog jauh dibanding dengan tahun-tahun yang lalu....;o)

Balas

aaaamiiiin....semoga begitu.
demikian juga untuk putra putrinya EM

Balas

jadi isin ah....sabenerna mah ngingetkan kangge abdi nyalira sareng kaluargi...kang, maklum abdi teh teu acan leres janten pemimpin keluarga teh atuh da.

Balas

aaaamiiiin....semoga saya makin bersemangat

Balas

insyaAllah.....aaaaamiiiiin

Balas

Selamat dini hari kang Lembu, ijin menyimak artikel yang sangat bermanfaat ini. Keistimewan shalat Dhuha memang banyak sekali ya kang cuma susah untuk mempraktekannya mungkin harus dibiasakan sedini mungkin agar shalat dhuha menjadi terbiasa dan bukan merupakan suatu beban. Tapi Alhamdulillah dengan banyak munculnya sekolah-sekolah Islam Terpadu sekarang di sekolah-sekolah SD pun sudah banyak yang menganjurkan untuk melaksanakan shalat dhuha terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.

Balas

Waah postingannya bermanfaat banget nih, :D

Balas

Jadi kalau kuran banyak Info , bisa cari di mba GOOGLE hieieiheihiehiehieiehe. Good move :))

Balas

Eala maksudnya nulis "Kurang" dan "Mbah".
Saking semangatnya nulis komen selalu kurang Huruf

Balas

Tidak diragukan lagi manfaat Sholat Dhuha sadulur.

Semoga kita menjadi orang yang mendapatkan Ridho Nya. Aamiin ya Robb

Balas

Subhanallah ternyata manfaatnya banyak sekali yah pak hehe tapi sayangnya tidak semua orang tahu manfaatnya jadi sangatt jarang sekalli oarng yang melaksanakannya Terutama saya :D
dan makasii yah pak atas Ilmu barunya sungguh sangt bermanfaat sekali soalnya ehehe

Balas

Selamat sore kang, seharian baru buka blog nih.
Keren banget kan SD jaman sekarang, ngga seperti jaman kita SD ya...moga azh para alumninya terbiasa dan ngga menjadikan shalat dhuha beban bagi mereka....kita juga

Balas

aaaaamiiiiin....semoga begituh
terimakasih kunjungannya, salam sehat dan ceria selalu yah kang.

Balas

aaaamiiiin....semoga ya kang.

Balas

dari BW ini aku jadi terpengaruh segera rajin sholat dhuha

trimakasih... :)

Balas

memudahkan rezeki

sholat dhuha adalah kunci

seperti sedekah ikhlas hati

rezeki kan datang berkali-kali

Balas

semoga setelah ini kita, saya dan Ainnul jadi tambah rajin ngelaksanain dhuha ya....;o)

Balas

hiyah begituh dari yang saya kopas neng...;o)

Balas

kang asep pas mampir kesinih...pasti salah minum obat deh...;o)

aaaamiiiin...semoga jadi pahala untuk saya, dan kesehatan, rezeki, plus kebahagiaan jadi selalu menyertai neng Anis....;o)

Balas

Jika saja di bayarkontan pahala solat dhuha nya pasti makin banyak yg solat d pagi hari,klo sayah banyak bgadang subuh ge sering kesiangan xixi...

Balas

bersabarlah teman....;o)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger