DESA CILEMBU

Puasa Sunnah Ayyaamul Bidh

Assalamuallaikum
Jangan lupa.....besok bulan Shafar,  (senin, selasa, rabu)tanggal 16,17,18 Desember 2013, bertepatan dengan tanggal 13, 14 dan 15 bulan-bulan Hijriyyah ~ Disunnahkan untuk ber Puasa selama 3 hari tersebut pada setiap bulannya.

Namanya Puasa Sunnah Ayyaamul Bidh atau Hari-hari Terang etika Bulan Purnama.
Niat Puasa Sunnah Ayyaamul Bidh 
Keutamaannya banyak, sebagai bekal di akherat,seperti puasa sebulan(kalau dikerjakan rutin setiap bulan, seperti puasa setahun) dan bagus untuk kesehatan

Diantara Dalil-Dalilnya:
  • Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam berwasiat kepada tiga orang Sahabat Beliau supaya puasa tiga hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda' dan Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhum.[HR. Bukhari, Muslim, dll]

Puasa Sunnah Ayyaamul Bidh
  • Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma,  "Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.” [HR. Bukhari dan Muslim]
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu tentang pelaksanaannya: “Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam setiap bulannya maka berpuasalah pada (tanggal) 13, 14 dan 15 (maksudnya bulan hijriyyah).” [HR. Tirmidzi dg sanad hasan]
Puasa Sunnah Ayyaamul Bidh ini supaya mendapat ridha dan pahala dari Allah.Semoga Allah memudahkan dan mengabulkan, amien.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 komentar

semoga kita bisa mendapat semua manfaat kebaikan dari puasa sunnah ini dan bisa menjadi hamba Allah yang lebih bertakwa, demi mendapat ridho dan kasih sayang dari Sang Khaliq......

Balas

makasih sudah mengingatkan,,,,

Balas

amin
yaarobbal'alamin

Balas

kebetulan pas dimulai hari senin

Balas

Semoga kita bisa mendapat semua manfaat kebaikan dari puasa sunnah ayyaamul bidh bagi yang menjalankannya.

Salam,

Balas

kalau saya sih kang ,dapatnya cuma hari senen doangan kang, gimana coba ?kang lembu postingnya telat, jadi niat puasa sunnahnya keduluan yang lain, coba kalau posting tadi jam 1 pasti deh saya dobel-dobel niatnya. Huh....
Tentang niat puasa sunnah dobel-dobel, misal senen kamis, dan puasa sunnah lain, menurut guru agama saya, itu boleh, dan menurut guru ngaji saya itu juga boleh.
perkara diterima apa tidak , kita belum tau. dan yang pasti satu amalan sudah kita dapatkan dari salah satu niat puasa itu.
betul gak ya ?

Balas

alhamdulillaah... terimakasih sudah diingatkan kang.. ^^

Balas

Insya Allah, terimakasih kang sudah di ingatkan... asyik dong nih, ngeblog seperti ada "alarm" untuk sentiasa tetap beribadah :)

Balas

Mudah2an yang puasa hari ini di kasih kemudahan!saya mah g bsa melaksanakan.sekarang lagi ng-blog sambil ngopi + ngaroko

Balas

Amin di aman kan

Balas

makasih kang udh mengingatkan, insyaAllah besok puasa ;)

Balas

aaaaammiiiiiin.....semoga do'anya bang har, melimpah ruah untuk kita semua.

Balas

sama-sama....ngga mau peluk dulu gituh...?

Balas

hiyah...pas banget kan.

Balas

aaaaamiiiiin....dan moga yang mendo'akan juga dapet pahalanya.

Balas

tumben.....pasti obatnya ngga kelupaan diminumnya.... kan...?

Balas

ini dia Kang, berat banget puasa tahun ini buat saya. ampuun, saya cuma dapet puasa syawal kemaren itu aja. payah banget ya

Balas

sejuk banget nih komen

Balas

masya allaah, pahal ituh Kang

Balas

aamiin
asyik saya juga kecipratann

Balas

terima kasih maz,,,sudah mengingatkan . . .

Balas

aaaamiiiin....sama-sama, moga makjleb sampe kehati yah.

Balas

kecipratan...semburannya kang asep kalee....?!

Balas

dikiit...doangan atuh kang...;o)

Balas

Bismillah, semoga diringankan puasanya..terima kasih Pak Ci...inshaa Alloh menjadi tabungan pahala buat panjenengan karena sudah mengingatkan

Balas

panjenengan.

tau nggak artinya Kang?

Balas

maz?

pasti ada misinformasi di sini nih.

Balas

Rajin puasa selain buat ibaah juga bisa bikin badan lebih sehat.. cuma itu ya kalau puasa sunnah lebih banyak godaannya di jalan.

Balas

itulah kelebihannya puasa sunnah...kang

Balas

aaaamiiiiin...tau dong....panjenengan artinya "saya panjang" kan?

Balas

semoga...aaaamiiiiin, yang ng'do'ain juga dapet pahala dan dimudahkan juga atuh...

Balas

paha nyasiapa coba?

Balas

sama kang....
#nyumput di dalem sarung..

Balas

Heran, kalo pas ada puasa sunah kenapa pas selalu lagi sakit ya..? :(

Met puasa teman2...semoga berkah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger