DESA CILEMBU

Arti Logo Kabupaten Sumedang

Arti Logo Kabupaten Sumedang
Desa Cilembu, artikel Arti Logo Kabupaten Sumedang ini adalah tugas sekolah anak gadisku yang duduk dikelas 5 SD. Saat lagi mati gaia bikin postingan, tugas sekolahnya ini semacam rangsangan dan pancingan untuk isi kepala saya yang sekian lama korslet akut ini untuk mergangkan otot ototnya....semoga azh setelah ototnya meregang, ide-ide kemudian muncul secara otomatis seperti yang dulu lagi.

Di tengah kota Sumedang, tepatnya di Alun-alun kota, terdapat Mesjid Agung, Kantor Pemerintahan, Penjara  dan sebagai tanda bahwa kota Sumedang merupakan salah  kota kuno di Pulau Jawa ini, terdapat sebuah tugu bernama Tugu LINGGA sebagai tugu peringatan diresmikan oleh Gubernur Jenderal Mr.Dr. Dirk Fock pada 22 Juli 1922 yang desainnya diciptakan oleh Pangeran Siching dari Belanda yang kemudian dihadiahkan kepada Pangeran Aria Soeriaatmadja atas jasa jasanya mengembangkan Kabupaten Sumedang.
Tugu Lingga ini kemudian dijadikan Logo Kabupaten Sumedang hasil ciptaan dari R. Maharmartanagara anak Bupati Bandung Rd. Adipatu Aria Martanagara yang keturunan Sumedang. (lihat Raja dan Bupati Sumedang)
Logo Sumedang ini resmi digunakan sebagai lambang Kota tanggal 13 Mei 1959

Arti Logo Kabupaten Sumedang

Hal-hal yang terkandung pada logo Lingga:
  1. Perisai : Melambangkan jiwa ksatria utama, percaya kepada diri sendiri
  2. Sisi Merah : Melambangkan semangat keberanian
  3. Dasar Hijau : Melambangkan kesuburan pertanian
  4. Bentuk Setengah Bola dan Bentuk Setengah Kubus Pada Lingga : Melambangkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna
  5. Sinar Matahari : Melambangkan semangat dalam mencapai kemajuan
  6. Warna Kuning Emas : Melambangkan keluhuran budi dan kebesaran jiwa
  7. Sinar yang ke 17 Angka : Melambangkan Angka Sakti tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
  8. Delapan Bentuk Pada Lingga : Lambang Bulan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
  9. 19 Buah Batu Pada Lingga, 4 Buah Kaki Tembik dan 5 Buah Anak Tangga : Lambang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1945
  10. Tulisan Insun Medal : Tulisan Insun Medal erat kaitannya dengan kata Sumedang yang mengandung arti:
  • Berdasarkan Prabu Tajimalela, seorang tokoh legendaris dalam sejarah Sumedang, Insun Medal berarti (Insun : Aku, Medal : Keluar).
  • Berdasarkan data di Museum Prabu Geusan Ulun; Insun berarti (Insun: Daya, Madangan: Terang) Kedua pengertian ini bersifat mistik.
  • Berdasarkan keterangan Prof. Anwas Adiwilaga, Insun Medal berasal dari kata Su dan Medang
(Su: bagus dan Medang: sejenis kayu yang bagus pada Jati, yaitu huru yang banyak tumbuh di Sumedang dulu), dan pengertian ini bersifat etimologi.

Begitulah Arti Logo Kabupaten Sumedang, moga ada manfaatnya, khususnya untuk para penerus Sumedang
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

90 komentar

Setiap logo pasti ada makna yang terkandung didalam'nya..

Balas

dapat pertamax nih.. :)

Balas

terimakasih udah mampir, silahkan di icipi hidangannya

Balas

Ini ya ternyata artinya ..sya gk pernah ke sumedang

Balas

setiap logo memiliki filososfi masing-masing, dan biasanya filosofi yang diambil sangat besar maknanya. Semoga setiap arti dari pembuatan logo Kab. Sumedang bisa terwujud dengan baik :)

Balas

Semoga apa yang diharapkan bisa terwujud :)

Balas

Yah, tika singgah nih baca halaman 214 buku RPUL hehehe

Balas

Dalam juga filosofinya dari logo sumedang, gambaran karakteristik warga sumedang termasuk wujud rasa nasionalisme, btw sekarang otot-ototnya sudah meregang apa belum ..?

Balas

Siiippp, nyimak nih arti logo sumedang :)

Balas

pantean saya ngga pernah ketemu kang VF ya.

Balas

saya suka logo insun medal.

Balas

aaaamiiiin...terimakasih atas atensinya kang.
salam sehat dan ceria selalu

Balas

kirain itu sinarnya yang hijau eh ternyata dasarnya yang hijau hehehe

Balas

saya kira akang yang buat logo,

Balas

memang setiap logo mempunyai arti mas baik itu ditempat saya juga sama memiliki sebuah arti :D

Balas

wah saya ge jadi tahu nih kang tentang arti dari logo Sumedang ini yang selama ini saya suka makan tahu-nya hehe...nais inpoh kang....

Balas

banyak yang menjadikan alun2 sumedang, tepatnya dekat tugu lingga ini sebagai tempat janjian untuk kopdar atau ketemuan, biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah berteman di dunia maya tapi belum ketemu di dunia nyata. Jika yang bertemu itu berlainan jenis, biasanya kebanyakan hub mereka akan berlanjut jadi pacaran bahkan sampai menikah (termasuk saya dengan pasangan hehe), ini jadi semacam mitos baru di kalangan anak muda sumedang karena banyak yang sudah mengalami seperti itu (itu sebabnya saya pikir2 lagi untuk ngajak ketemuan dengan kang hadi di tempat ini)...lain halnya kalau ketemuan di cipanteuneun atau gunung kunci justru kalau dikunjungi oleh sepasang insan, katanya akan membuat hub pereka pecah atau terpisah (saya juga sudah mengalami hal ini ckckck)....

itu mungkin kang yg sya ketahui dari tugu lingga atau alun2 smd ini mah...sangat melenceng jauh dari arti logo kab sumedang berupa lingga diatas ya heheh

Balas

keren ya orang Sumedang...;o)
yang meregang cuman bagian tertentu doang tuh.

Balas

ooo paggilannya bu tika ya....jadi inget nama salah satu mantan pacar deh...;o)
RPUL= Rencana Pemilihan Umum Loch....bener ngga yah?

Balas

monggo disingkapin sampe kebuka yey

Balas

saya suka Adi alghani

Balas

hehehe...daripada dasarnya polkadot...ngga banget kan?

Balas

emangnya saya orang purba gituh...saya kan anak muda jaman sekarang...huh...;o)

Balas

bisa lebih spesifik lagi, bagian mana tuh .. wkwkkwk

Balas

sama juga cuma bisa makan tahunya saja, btw, kenapa juga logo kabupatan Sumedang gak ada gambar tahu-nya ?

Balas

kalau begitu, kang WS jangan ketemuan dengan kang Hadi di dekat tugu lingga, ntar bisa jadian lho kang .. hehehe

Balas

hiyah yah...kenapa bisa gituh ya...;o)

Balas

kalau suka...hayo atuh diborong atuh tahu nya, bantu meningkatkan UMKM gituh kang....;o)

Balas

walaupun saya belum pernah ke sumedang, kalau melihat dan membaca arti yang terkandung dalam logonya...serasa sudah merasakan sejuknya hawa pertanian di sana...(ciee...lebay ya, biarin...) oh iya, tentang insun medal sudah pernah membaca di blog Kang Ws...

Hai Pak Ci, apa kabar? lama tak sua...

Balas

jadi penasaran gimana jadinya kalau kang Ws dan Mang lembu...

Balas

dulunya sich orang-orang kalau membuat lambang atau simbol ataukah tugu selalu sarat dengan makna dan budaya warisan leluhur....dan itu yang sudah jarang saya temui dengan lambang, simbol ataukah benda semacam tugu yang dihasilkan oleh generasi yang katanya hidup di zaman modern sekarang ini....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

jadi sekolah lagy ya kang,,,,,
hehehe,,,,

Balas

Wah banyak juga makna yang terkadung dalam logo sumedang nya ya kang. Dan saya yakin bukan hanya daerah sumedang saja kang. Tapi logo setiap daerah pasti ada arti atau maknanya.?

Halah.. Saya jadi sok tau kan jadi nya.? Hehehe

Balas

mas andi curang ah, seharusnya saya yang dapat pertomax

Balas

itu akibat ulah setipis silet pake renda ya ?

Balas

yang saya tahu asal mula sumedang sih dari penjual tahu di dalam kereta, medang..medang..medang,...seribuan yang medang...itu dia kang.
dan konon katanya kacang di sumedang sangat langka, karena dipakai membuat tahu sumedang...

Balas

kirain medal itu medali hehe...

Balas

sangat bermanfaatkang, saya masih harus banyak tahu tentang logo-logo daerah kang, lanjutkan dan salam.

Balas

hehehee...yang pasti ngga bakalan jadi anak dong...KK

Balas

hiyah...itukan..trademarknya kang agus...huh

Balas

sesejuk hati saya hari ini, denger berita keluarga KK kembali sehat dan ceria lagi.

Alhamdulillah...masih korslet selalu...;o)...KK masih kan?

Balas

hiyah bang...bener banget gituh...sayah teh jadi setuju pisan dengan pendapatnya....padahal jaman dulu belom ada handuk khusus warna putih ya bang....;o)

kecup basah untuk abang dari seluruh warga Cilembu.

Balas

ho'oh...kelas 5 SD pulaa...

Balas

pastinya begitu kang...ini kan endonesa

#emang....hehe

Balas

ih kang agus emang maknyus deh ih...cipok basah ah....emmmmuaaach
,,,,,;o)

Balas

jiaah....yang lagi nyandu ng'brik.
udah dapet selingkuhan diudara belom kang?

Balas

hiyah...saya juga heran?!

Balas

baru tau ane bang, yang sya tau tahu sumedang yang enak itu bang..hehe..:D
thanks infonya..:)

Balas

lambang atau logo selalu ada arti dan maknanya. tapi tidak semua orang mengetahuinya..hehe

Balas

Loga dari setiap daerah di kawasan Indonesia sangat beragam ya Kang, dan memiliki arti dan makna tersendiri bagi masyarakatnya. banyak pembelajaran seloka di sana.

Salam

Balas

Simbol dibuat untuk menggambarkan pegguna simbol itu.... hehe. Secara tidak langsung berarti itu merupakan sebuah doa bagi penggunanya .... maka sepantasnyalah kita mengucap Amiiiin .... hehe.

Balas

Kalau dengar Nama SUmedang saya taunya cuma TAHU aja. TAHU Sumedang hiehiehiheie. Tapi kalau PUNCAK kan wilayah SUMEDANG juga ya

Balas

Saya sudah nginep dari semalam. Pasang Tenda, Sudah dipasang TV Flat, Kulkas, Bed , bantal biar dapat pertamax.

Balas

itu semua malah ngga penting kang, yang terpenting kalau mau pertamax disini kudu pake kolor dan sarung batik...gituh...tauuuu

Balas

makanya dikasih tau sama sayah...;o)

Balas

Baru tahu ada tugu yang sama dnegan logo sumedang itu.. Aku kalo ke sumedang cuma numpang lewat doang biasanya.

Balas

bener kang, wong saya ge' baru tau sekarang...;o)

Balas

ho'oh kang, untuk bekal pengetahuan penerus sumedang, agar kelak memiliki jiwa nasionalis...ngga kaya bapaknya

Balas

setuju kang...yu kita bilang....aaaaamiiiiin bareng bareng yu.

Balas

folosofi nomer empat, yang manusia tiada yang sempurna itu sangat menarik sekali, dan saya baru tahu ada logo yang sangat baik artinya dari kab sumedang ini

Balas

Kok gak ada sangkut pautnya dengan "tahu" ya mang. hehe kan sumedang kota tahu "tahu sumedang"

Balas

yang membuat logo dan arti logo ini puasa mutih dulu ya kang ?

Balas

makananya pasti menggambarkan karakter masyarakatnya, luar biasa

Balas

Gak ada lambang tahunya ya Kang Cil?, hehehehe...terima kasih jadi menambah wawasan Boku..., o, iya terima kasih idenya yang suruh ganti HP di Blognya Boku..

Balas

Iya betul Kang so pasti deh..

Balas

Puasa 40 hari 40 malam, hehehehe...:)

Balas

Tahu nya menyusul Mas..

Balas

Pantesan orang jaman dahulu bahasa nya memang susah di tebak

Balas

Kapan2 aq jg bikin postingan tentangg logo ah,,,

Balas

hiyah kang, tapi puncak yang disini mah, lebih kecil dibandingin Puncak Pass mah...;o)

Balas

kapan lagi mah, mampir dulu ke tugunya kang...banyak abegeh pada beraktifitas loch disitu teh, terutama kalo senja hari

Balas

keren ya bang...beda tipis kerennya sama adminnya kan?

Balas

Hahhahaha kolor lagi Kolor lagi
Ntar diplorotin lagi hiheiheihee

Balas

di kota kami, logo hasil lomba kreatifitas.. dan mencoba di hubung-hubungkan dengan daerah...

Balas

kalau gituh akang harus punya anak gadis yang sekolah di SD kelas 5...kang...;o)

Balas

hiyah...tungguin dipertigaan deket warung kopi ya.

Balas

udah kaya bini baru melahirkan azh deh kang boku, segala puasa 40hari...;o)

Balas

deh pasti so kang

Balas

alhamdulillah atuh kalo udah ganti Hp yang tercanggih mah...yang bututnya sedekahin kang, nambah nambah pahala....;o)

Balas

abisnya hobi kang asep doang yang unik....plorotin kolor didepan umum...ngga banget deh ih.

Balas

daripada bahasanya para Caleg yang promo pengen dicolok itu...
makanya saya mah melanjutkan ke GOLPUT an sayah sajah-lah

Balas

bagus tuh...mancing kreatifitas dan kecintaan warganya pada kotanya....emang kota ya?!...;o)

Balas

klo tempat saya asli kota.. Surabaya gitu loh...

Balas

temennya Ahmad Dhani dong...pantesan..."tiitttt"....*sensor

Balas

emang nggak deh, ihh

Balas

saya mendhing temenan sama Maia deh

Balas

clingak clinguuk

Balas

puncak asmara mungkin

Balas

kalau gak jadi anak, jadi enak dong .. hehehe

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger