DESA CILEMBU

Ground Penetrating Radar (GPR)

Sampurasun....Rampes.
Ground Penetrating Radar (GPR) adalah metode geofisika dengan menggunakan teknik elektromagnetik yang dirancang untuk kondisi dan karakteristik lapisan bawah tanah/permukaan tanpa mengebor ataupun menggali.

Sistem GPR terdiri atas antena pengirim (transmitter(, yaitu antena yang terhubung kesumber pulsa (generator pulsa) dengan adanya pengaturan timing circuit, dan bagian penerima (receiver), terhubung ke unit pengelolaan (data processing) serta display sebagai tampilan autputnya.
Prinsip Kerja GPR



Faktor yang berpengaruh
Antena memegang peranan penting,karena menentukan unjuk kerja dari sistem GPR itu sendiri. Adapun faktor yang berpengaruh dalam menentukan tipe antena yang digunakan, sinyal yang ditransmisikan, dan metode pengolahan sinyal yaitu :
  1. Jenis objek yang akan dideteksi
  2. Kedalaman objek
  3. Karakteristik elektrik medium tanah/lapisan atau properti elektrik.
Aplikasi GPR 




Komponen Alat GPR

Metode Survey :
  1. Pasang alat pada kendaraan
  2. Kalibrasi Distance Measuring Instrument
  3. Kalibrasi tinggi antena terhadap permukaan
  4. Input data parameter sesuai jenis antena dan kecepatan rencana survey
  5. Lakukan pengambilan data dengan kecepatan konstan ( 30 - 60 km/jam)

Data Processing

Pelaporan




                       VS







Untuk temen-temen Bina Marga....selamat menikmati....suguhan Ground Penetrating Radar (GPR) dari wong n'deso kie'

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

47 komentar

waduhh saya langsung bingung nih. kalibrasi juga apaa. jelasin dulu ya Kang, biar saya nggak nyampur sama Kali Ciliwung

Balas

keren nich informasinya :D pasti mas cilembu seorang ahli teknik ya mas, hmmm hebat :)

Balas

ah...cuman wong n'deso tukang UBI CILEMBU yang sok inti doangan ko' de'...

Balas

saya juga bingung dan heran ko' kang.
mendingan berendem barengan yu di Ciliwung..sapa tau ada putri duyung lewat...;o)

Balas

Wah saya jadi nambah bingung dan agak nambah Konrsletnya nih Kang
Soale ora ngerti dengan yang namanya Radar radar gituan. ternyata budidaya
Ubi Cilembu dan Kang Cilembu memakai Ground penetrating radar juga yah Kang?
Saya gak Mudeng ini Kang. tapi sebatas Silaturahmi dan berbagi salam hormat yah Kang?

Balas

hahhaha yang Nanya sama Admnya juga sama-sama bingung hahhahaha
Numpang Tertawa dulu deh wuakakakhahahhahhhhehe. apa lagi saya Kang
Yang gak tau kaler kidul ngetan kulon na beuuuh jadi nambah pusing meureun :D

Balas

Saya fahami dulu ya Kang, maklum ngak ngerti sama sekali soal beginian, tahunya soal begonoan ajah. Mau comment juga bingung, mau coment apa heee...

Balas

ijin membaca ulang dan mencoba memahami, soalnya saya benar2 tidak mengerti

Balas

kalo boleh jawab ya :D

kalibrasi, pengukuran yang dilakukan untuk mendapatkan ukuran yang sebenarnya. hehe.. kalo gk salah sih gitu :D

Balas

teknologinya keren ya mang

Balas

semoga kang saud stadium nya meningkat deh yah...;o)

beneer begituh kali ya kang....nah tuh kang Intan udah ngerti tuh....;o)

Balas

kebetulan sekali Kang saya bukan anak Bina Marga :D, hehehe

Balas

hehehe...moga ngga mudengnya tambah farah ya kang....
haturnuhun silaturahmi na mugi janten pahala....kecup basah ah dikit..;o)

Balas

yang saya paham malah vibrasi

Balas

kalau pengen faham...ketok kepalanya pake fanci kang...;o)

Balas

pake sarung dan banwa handuk kang kalau pengen faham mah...;o)

Balas

yang bisa bergeter geter gituh ya....akang sepertinya punya deh

Balas

Saya gelar kardus sambil nyimak kang..masalahnya saya nggak mudeng e

Balas

saya benarbenar tidak mengerti hal yang begini,
kalau urusan dapur boleh saya pahami,
salam dari Kalimantan Selatan

Balas

silahkan...bawa sarung dan handuk kecil kan?

Balas

ko' cuman urusan dapurnya doang yang diperjelas...urusan kasurnya gimana...?!

#cling menghilang, ada panci terbang...;o)

Balas

Mau nyimak dulu ya mas.. kunjungan siank

Balas

ruanya jago juga ya kang hadi tentang teknik ground penetrating radas. sungguh beruntung saya membaca artikel yang sangat bermanfaat ini,, karena wawasan jadi bertambah,,, jadi keoingin iseng iseng pasang juga kek ya, hehe

Balas

wah terlalu teknis, gak paham saya

Balas

klo yg masalah ini saya jujur nggak paham blas. waktu kuliah sastra inggris dulu nggak pernah diajarin kayak ginian, mang

Balas

mending kita minum kopi aja, mas Hasan

Balas

gayungnya jgn lupa

Balas

sial salah masuk....



*mumet

Balas

bawa derijen kan?....janganlupa bawa sarung ya

Balas

ah abang bisa ajah deh ih....jadi merah muka saya tuh....;o)

Balas

hihihii...saya juga ngga paham ko'...suwer

Balas

buwahahaaa.....dasar koreah korslet

Balas

jadi ginuh.......dong

Balas

Ini fisika waktu SMA diajarin gak yah yg ini, lupaaa :D

Balas

heheheee.....teknik sipil kale....ini teh laporan kerjaan tukang ngawasin jalan raya nasional neng...;o)
nulis laporan...kebetulan ngga ada ide buat postingan...ya udah tak tempelin azh disinih....#lebay banget kan?

Balas

ngintip yang setipis silet mah ngga perlu diajarin kan?...;o)

Balas

wah wahhh...saya dapet ilmu baru ini...baru baca ilmunya ...makasih matur nuhun mas cilembu... :)

Balas

radarnya diadepin ke bawah
maksudnya kalo ada pesawat di tanah biar keliatan gitu..?

Balas

engga ah ga keren sama sekali
buktinya aku gak ngerti...

Balas

yang beginian memang ga ngerti
tapi yang begituan jagonya ya..?

Balas

dicabut koneng ya..?

Balas

si mamang mah udah kawakan
beliau selevel sama andang bachtiar atau dany hilman

Balas

saya baca-baca aja dulu ya kang,

Balas

keren mas, makasih udah share artikelnya! sukses selalu

Balas

si mamang kehedna parah ah...
komeng ga ada yang dibales...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger